Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » "Nguri - Uri Budoyo" Dan Rayakan HUT RI Ke 77 warga Desa Ngaglik Kecamatan Kasiman Gelar kesenian wayang kulit

"Nguri - Uri Budoyo" Dan Rayakan HUT RI Ke 77 warga Desa Ngaglik Kecamatan Kasiman Gelar kesenian wayang kulit

Written By BBG Publizer on Senin, 29 Agustus 2022 | 13.58


Bojonegoro.OposisiNews co id - 
 Bak pepatah sekali gayung dua pulau terlampaui begitulah masyarakat Ngaglik dalam mengisi dan merayakan agenda desa tiap tahun ' Bersih Desa / Nyadran ' yang bertepatan dengan momen Nasional memperingati HUT RI ke 77  ,

Warga  Desa Ngaglik Kec Kasiman Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, terlihat guyup rukun bergotong royong untuk merayakan dua momen penting desa yang bakal digelar pada hari minggu tgl 28 Agustus 2022 .

Setelah dua tahun lebih fakum , tidak ada kegiatan nguri-uri kearifan lokal / budaya adat dan  perayaan HUT kemerdekaan RI yang biasa diadakan rutin tiap tahun , akibat pandemi Covid 19, saat ini warga desa kembali lega dengan menurunnya pasien tertular virus dan adanya kelonggaran oleh pemerintah untuk bisa kembali melakukan kegiatan seperti awal mesti harus tetap patuh prokes.



Lampu hijau dari pemerintah disambut suka cita warga desa Ngaglik untuk kembali merayakan kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh desa.Kegiatan nyadran biasa  dilakukan setiap tahun , kali ini dilaksanakan secara meriah semenjak pandemi. Tercermin warga desa sangat antusias melakukan gotong - royong berswadaya menyediakan biaya yang dibutuhkan untuk acara nyadran / bersih desa. 

Tidak berhenti disitu aja , warga desa juga membawa makanan alakadarnya di tempat  yang di keramatkan ( Pundhen ) didesa yang disakralkan dan sudah berjalan sejak nenek moyang sampai sekarang sebagai kearifal lokal desa Ngalik yang sampai sekarang masih terpelihara. 

Terlihat Warga desa dipimpin pemangku adat berdoa menurut agama dan kepercayaan yang dianutnya , memohon kepada Allah yang maha kuasa  agar di berikan kemudahan, segala urusan dan hasil panen yang melimpah, dijauhkan dari segala macam marabahaya, diberi kesehatan serta ketentraman desa. 

Dengan adanya kegiatan bersih desa yang sempat fakum 2 tahun lebih warga masyarakat desa ngaglik  bersepakat untuk mengelar kesenian wayang kulit bertempat di depan rumah Suncoko , Kepala desa  dengan lakon  ' Petruk Jadi Ratu '    yang dimainkan oleh Ki MPP , Bayu Aji.

Disamping uri - uri budaya lokal dan kesenian wayang kulit , warga lokal desa juga bisa menjajakan dagangannya . Acara ini  dihadiri oleh  forkompincam dan Akd(Asosiasi kepela desa) Kasiman sebagai bentuk rasa sukur masyarakat atas nikmat yang telah di berikan Allah SWT, kepada warga desa setempat. 

Selain itu Kades Ngaglik. Suncoko , disela-sela acara tidak segan mengingatkan warga tetap menjalankan  protokol  kesehatan,memakai masker,dan jaga jarak untuk menjalankan aturan  pemerintah yang berlaku. mengingat negara ini masih belum sepenuhnya bebas dari, covid 19.pungkasnya. ( ARS )

Reporter.Aris. S .

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

CHANAL YOUTUBE

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip