Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Peringatan 1 Abad PSHT Sebagai Ajang Kirap Budaya Nusantara

Peringatan 1 Abad PSHT Sebagai Ajang Kirap Budaya Nusantara

Written By BBG Publizer on Rabu, 13 Juli 2022 | 20.49


Ngawi , OposisiNews.Co.Id - 
Peringatan 1 abad berdirinya organisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate ( PSHT ) yang jatuh pada tanggal 2 September 2022 ,  keluarga besar PSHT cabang Ngawi pusat.  Madiun mengelar Kirab Budaya Nusantara , Rabu 13/07/2022 .

Dalam memperingati 1 abad berdirinya PSHT mengambil tema 'Menjaga Konsistensi jati diri Setia Hati Terate dalam memperkokoh nilai-nilai Kebangsaan dan Nasionalisme sebagai pelopor ajaran Budi luhur."ujar ketua umum PSHT R.Moerdjoko HW .


Beliau menjelaskan, dalam menyambut hajatan besar, berbagai kegiatan akan berlangsung secara beriringan di seluruh Indonesia ( dari Sabang-Merauke ) dan juga luar negeri, organisasi yang didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo pada tahun 1922 ini telah merancang acara yang dilaksanakan tingkat atas sampai bawah.

Acara peringatan Kirab Budaya Nusantara  diawali dengan pengambilan tanah dan air ditiap kota/kabupaten yang dilakukan secara serentak dan akan disatukan di Padepokan Agung Madiun,penyatuan tanah dan air ini bermaksud untuk terus mengingatkan akan pentingnya persatuan dalam kebhinekaan,karena kodrat kebhinekaan inilah pondasi kebesaran PSHT dan kebesaran bangsa Indonesia 'kata Moerdjoko dalam keterangannya.

Penyambutan tim kirab dilaksanakan jam 10.45 wib di perbatasan kabupaten Ngawi dengan kabupaten Bojonegoro tepatnya di desa banyuurip kecamatan Ngawi dan disambut dengan tampilan tari kreasi dari SDN Karangtengah 4 Ngawi.

Dalam Kirab Budaya Nusantara tim juga membawa miniatur pembangunan monumen satu abad PSHT yang rencananya akan dibangun di Padepokan Agung Madiun.


Pada kegiatan yang dilakukan secara serentak tanggal 1 Juni kemarin PSHT cabang Ngawi pusat Madiun melakukan pengambilan tanah dan air di 4 penjuru dan 1 pusat ( pancer),yakni :untuk wilayah Utara ( kecamatan Kasreman),wilayah timur ( kecamatan Karangjati ),wilayah selatan ( kecamatan Sine ),wilayah barat ( kecamatan Mantingan) sedang untuk pusat ( pancer ) diambil dari Umbul jambe. 

Sesuai jadwal kegiatan 1 abad PSHT akan mengumpulkan / menerima tanah dan air dari kabupaten Bojonegoro untuk nantinya dijadikan satu dengan kabupaten Ngawi kemudian di teruskan ke Madiun, ungkap Antok sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko ,M.H.,M.Si Ketua cabang PSHT cabang Ngawi pusat Madiun yg kebetulan juga menjabat wakil Bupati Ngawi.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Ngawi  H.Ony Anwar Harsono,S.T.,M.H.dalam sambutan singkatnya di pendopo Widya Graha mengucapkan terima kasih kepada ketua cabang PSHT kabupaten Bojonegoro,ketua Cabang PSHT cabang kabupaten Magetan dan ketua Dewan Cabang,ketua perguruan pencak silat yang ada di Ngawi yang turut memberikan do'a dan ucapan selamat Hari jadi kabupaten Ngawi yang ke 664,ini menjadi komitmen yang sangat luar biasa,bersinergi, berkolaborasi seluruh keluarga besar PSHT di kabupaten Ngawi selama ini cukup bisa bersinergi, berkolaborasi sangat baik sekali sehingga kondusifitas,kenyamanan,keamanan di kabupaten Ngawi sampai detik ini bisa dipertahankan bersama-sama.

Di  kabupaten Ngawi PSHT layak menyandang apresiasi karena PSHT mampu menempatkan posisi mayoritas dan terbukti mampu  mengayomi, memberi perlindungan dan bersinergi, sehingga seluruh perguruan pencak silat di Kabupaten Ngawi bisa guyub rukun . ( YD )

Reporter.Yudi K

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

CHANAL YOUTUBE

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip