Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Poskeswara Melati Desa Lego Wetan Laksanakan Kegiatan Tahap Kedua Untuk Pasien Sakit Jiwa

Poskeswara Melati Desa Lego Wetan Laksanakan Kegiatan Tahap Kedua Untuk Pasien Sakit Jiwa

Written By BBG Publizer on Rabu, 25 Mei 2022 | 20.58


Ngawi, OposisiNews.Co.Id -
Pemdes Legowetan Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi gelar pertemuan ke dua di tahun anggaran desa 2022 untuk warga penderita gangguan jiwa melalui wadah Posyandu Kesehatan Jiwa Melati .


Kegiatan dilaksanakan di balai desa , dihadiri Tim Kesehatan Puskesmas Bringin , LPMD , Pengurus dan Penggerak Poskeswa Melati serta kurang lebih 20 penderita ganguan jiwa ringan. Rabu 25/05/2022.

Dalam sambutannya Kepala desa Legowetan , Ida memaparkan , Pertemuan Poskeswa Melati direncanakan 13 kali sejak tahun 2021 , kegiatan dilaksanakan tiap 3 bulan sekali ' Triwulan ' , hal ini bertujuan membantu penyembuhan , menekan penderita ganguan jiwa untuk tidak kambuh dan bisa kembali beraktifitas normal ditengah masyarakat .

'' Tolong untuk yang hadir dipertemuan hari ini selanjutnya teman yang tidak hadir diberi tahu dan mengisi daftar hadir , insyaallah di pertemuan depan Desa dan Dinas Kesehatan ( Puskesmas Bringin ) akan beri DORPRISE bagi yang hadir ", ujar kades.


Sebelum kegiatan utama Poskeswara yaitu : Penimbangan berat badan , cek tensi & gula darah , konsultasi kesehatan anggota dan pemberian obat & suplemen gartis semua yang hadir mengawali kegiatan dengan melakukan senam sehat Desi Gawara dipimpin langsung oleh kepala desa Legowetan.

Disela kegiatan Poskeswara , Kepala Desa pada berita OposisiNews mengatakan , '' Kegiatan Poskeswara dianggarkan Rp 6 juta/Th Anggaran desa Lego wetan , pelaksanaannya rutin tiap 3 bulan sekali ".

" Kegiatan kedua Poskeswara Melati melibatkan Tim kesehatan dari Puskesmas Bringin karena programnya cek kesehatan , konsultasi dan pemberian obat & suplemen gartis pada anggota ( pasien ) , untuk kegiatan sebelumnya ( pertama ) Poskeswara Melati mengajak pasien kerja bakti pembersihan dan pengerjaan gorong-gorong lingkungan , hal itu bertujuan sebagai motifasi pasien untuk percaya diri dan bisa beraktifitas normal seperti sebelum sakit ", terangnya.

Lain halnya yang diungkapkan Pujiati salah satu penggerak / pengurus Poskeswara Melati saat dikonfirmasi media OposisiNews. Dari raut wajahnya Pujiati terlihat sedih , Sayang program yang mulia ini kurang mendapat respek oleh Pemkab Ngawi khusunya Dinas sosial , sudah dua tahun berjalan baru sekali kegiatan Poskeswara Melati dikunjungi dari Pemkab Ngawi itupun dalam contek study banding program desa dan kesehatan masyarakat khususnya pengidap sakit jiwa .

Pujiati juga menjelaskan , '' Setahu saya Poskeswara hanya ada di desa Lego Wetan didesa lain belum ada atau mungkin belum bisa berjalan dan dari jumlah pasien yang awalnya kurang lebih 30-an orang sebagian sudah bisa kembali sembuh total dan diterima kembali beraktifitas ditengah masyarakat , untuk sebagian pasien sudah meninggal karena sakit diusia senja . Sementara anggota ( pasien ) yang masih tercatat dan aktif ikut kegiatan Poskeswara sekitar 20 an orang ".

" Sementara harapan saya mewakili Poskeswara Melati , Pemkab Ngawi melalui Dinsos bisa memfasilitasi alat kerja seperti mesin jahit , alat pertukangan karena pasien sakit jiwa sering kesusahan mencari kerja setelah subuh jika tanpa dibekali skill yang memadai ", Tutup Pujiati . ( Red.adv )






 

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

CHANAL YOUTUBE

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip