Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Pengerjaan Proyek Di RSUD Dr Soprapto Cepu , Blora - Jawa Tengah Diduga Tidak Transparan

Pengerjaan Proyek Di RSUD Dr Soprapto Cepu , Blora - Jawa Tengah Diduga Tidak Transparan

Written By BBG Publizer on Sabtu, 28 Mei 2022 | 15.41


Blora.oposisinews. co. Id -
Pejabat Pembuat komitmen (PPKom) pejabat yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan proyek bangunan dan penyedia barang dan jasa di lingkungan RSUD Dr soeprapto cepu diduga kurang transparan  dan tanggap serta tidak melaksanakan SOP semestinya,

Keberadaan  PPKOM sendiri sangat berperan dalam menjalankan sirkulasi pengelolaan uang negara untuk pembangunan dan tangung jawab atas penyedia dalam pelayanan informasi publik.

Pada prinsipnya kehadiran Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) itu mampu memberikan semua bentuk informasi setiap pemohon dan publik dengan cepat tepat waktu disaat masyarakat, media,maupun LSM mempertanyakan , meminta atau melihat   salinan dokumen pembagunan proyek dan rincian kegiatan lainya yang mengunakan uang negara. 

Akan tetapi berbeda dengan pejabat pembuat komitmen (ppkom) RSUD Dr soeprapto Cepu itu, pejabat tersebut justru jauh dari apa yang di harapkan masyarakat dan media maupun LSM dikota cepu. 


Di saat salah satu anggota masyarakat dan media ingin melihat salinan dokumen Rencana anggaran biaya pembangunan yang sedang berjalan di dalam lingkungan RSUD Dr Soeprapto cepu ,pihak pejabat pembuat komitmen (ppkom) yang sering disapa BAGUS R justru menolak untuk memperlihatkan atau memberikan salinan dokumen RAB proyek yang sedang berjalan di lingkungan RSUD Dr soeprapto cepu. 

Bahkan saat di konfirmasi awak media oposisinews lewat via washap , PPKom menjawab dengan santai. Ketua PPKom sengaja enggan memberikan informasi publik kepada media dan masyarakat .

Atas sikap dan kejadian itu , diduga pejabat pembuat komitmen (ppkom) RSUD Dr soeprapto cepu dengan sengaja telah melanggar UU keterbukaan informasi publik No. 14 tahun 2008 tetang  keterbukaan informasi publik. 

Sejalan dengan era sekarang , keterbukaan informasi publik itu penting bagi masyarakat melakukan kontrol semua kegiatan yang dibiayai pemerintah , masyarakat berhak tau isi semua rencana  atau rincian anggaran bangunan yang sedang dikerjakan . 

YD salah satunwarga setempat berharap kepada jajaran Pemkab Blora dan Dinas Kesehatan kota Blora  harus menegur atau memberikan arahan kepada pejabat pembuat komitmen (ppkom) setempat. Serta memberikan arahan yang mana seharusnya di laksanakan fungsi -  fungsi sebagai pejabat pembuat komitmen (ppkom) yang mana  sudah di berikan amanah dari pihak Pemkab Blora untuk menekan tidak adanya korupsi di RSUD Dr soeprapto cepu  saat menjalankan kegiatan pembagunan proyek dan penyediaan barang dan jasa di lingkungannya, artinya semua kegiatan yang di lakukan harus terealisasi dan dapat di pertangung jawabkan  secara terbuka dan transparan apa pun itu bentuk kegiatannya.

 Dengan adanya UU keterbukaan informasi publik ,  maka masyarakat berhak tau dan wajib mempertanyakan sekecil apapun kegiatan yang mengunakan uang negara. Why.

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

CHANAL YOUTUBE

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip