Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Mengenang Bioskup Irama ' Misbar ' Dan Sejumlah Aset Warga Tionghoa Ngawi Yang Ditelan Waktu

Mengenang Bioskup Irama ' Misbar ' Dan Sejumlah Aset Warga Tionghoa Ngawi Yang Ditelan Waktu

Written By BBG Publizer on Sabtu, 23 April 2022 | 19.26


Ngawi,OposisiNews.Co.Id -
Bagi warga Ngawi yang kelahiran tahun 70 pasti tidak asing dengan keberadaan gedung bioskop misbar ' Gerimis Bubar ' yang berada di jl .Sultan Agung lokasi strategis dan pusat perdagangan warga Tionghoa .

Mendasar catatan warga Tionghoa Ngawi yang dieranya sudah dewasa sebagai saksi hidup dan cerita turun temurun dari leluhur Tionghoa Ngawi yang terangkum awak berita OposisiNews , salah satu saksi hidup sebut saja NN ( 54 th ) yang sejak awal meminta identitasnya dirahasiakan , menceritakan :

" Sebelum berdiri toko Irama Jaya Elektronik , dulu tahun 70- 80 an tanah yang ditempati toko IJE adalah milih / aset yayasan C.H.T.H (CHUNG HUA TSUNG HUI) NGAWI  yang meliputi :

1. Gedung Kerohanian : KLENTENG

2. Gedung Kesenian :  BIOSKUP IRAMA ( gedung bioskop MISBAR)

3. Gedung Kematian : CONG WA CONG WE.

'' Dulu belakang Apotik Budi tempat / gedung bulutangkis dan  yang sekarang jadi BPR , Itu yang saya ketahui dan cerita orang tua kami . Soal sekarang sudah beralih fungsi dan kepemilikannya , saya tidak paham siapa dibelakangnya , yang saya ingat dulu sebelum dibangun BPR di bekas Apotik Budi , masih ada Kereta Jenasah dan sekarang kereta jenasah ada di Makam Tiong Hwa Joho dipotong - potong (disimpan juru kunci bpk.Bowo) ", terang NN

NN juga menambahkan , "Sebetulnya yang di inginkan warga TIONG HWA NGAWI dari dulu adalah tempat PERSEMAYAMAN JENASAH sebab se-KARESIDENAN MADIUN yang belum punya cuma Ngawi.

" Bila ada warga Tiong Hwa meninggal harus dibawa ke Rumah Persemayaman di Madiun jadi uang orang Ngawi diberikan orang Madiun ,sewa mahal."imbuhnya.

Disinggung Yayasan C.H.T.H dan pengurusannya sekarang , NN menegaskan ,Yayasan itu sudah tidak ada dan semua pengurusnya sudah meninggal , tapi sekarang sudah ada YKMN (YAYASAN KEMATIAN MASYARAKAT NGAWI) ketuanya Bpk.SIGIT SUTANTO. (Pers.Tegel Garuda Grudo) ( Red ***)

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

CHANAL YOUTUBE

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip