Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » DPMD Kabupaten Ngawi Gelar BIMTEK Kerja Sama Antar Desa Sebagai Dasar Penguatan BUMDesma

DPMD Kabupaten Ngawi Gelar BIMTEK Kerja Sama Antar Desa Sebagai Dasar Penguatan BUMDesma

Written By BBG Publizer on Kamis, 31 Maret 2022 | 21.45


Ngawi , OposisiNews.Co.Id -
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi  membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang – Undangan Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPD) menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) Tahun 2022 dengan mengambil tema Bimbingan Teknis Fasilitasi Kerja Sama Antar Desa.

Dalam Bimtek yang dilaksanakan menyajikan materi dan narasumber meliputi :

- Pengembangan Usaha dan Pembentukan Unit usaha koprasi simpan pinjam.

-Pengbangan unit usaha sesuai klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia dan

- Pembangunan unit usaha di bidang rintel kabupaten Ngawi. 


Kegiatan tersebut digelar di Ruang Pertemuan ' Gedung Bima ' RM Notosuman , yang dibiayai dari documen satuan kerja DPMD ( DPA SKPDPMD Kabupaten Ngawi ), Kamis (31/03/2022).

Adapun peserta yang menghadiri kegiatan itu meliputi,Dinkop Kab Ngawi , Yanmas dan 76 peserta dari unsur : 19 Direktur BUMDesma dan 57 direktur Bumdes di Kabupaten Ngawi .

Dengan berakhirnya pelaksanaan PNPM-MPD per tanggal 31 Desember 2014, DPMD Ngawi selain mengadakan Bimtek juga mengoptimalkan pendataan, inventarisasi, dan penataan aset hasil kegiatan PNPM-MPD, baik yang berupa aset fisik pada masing-masing desa penerima, maupun aset produktif berupa hasil kegiatan SPP yang dikelola oleh UPK menjadi dasar berdirinya BUMDESMA.

Dalam sambutannya Ir.Trisusilo sekdin DPMD menyampaikan terdapat dari 19 kecamatan ada 20 kelembagaan Bumdesma di kabupaten Ngawi. Ia juga mengharapkan PNPM-MPD di Kabupaten Ngawi dapat segera bertransformasi menjadi bumdes bersama. “Hal ini penting, agar dilakukan percepatan dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi desa melalui Bumdes Bersama. Sehingga desa dapat berkembang dari segi ekonomi dan sosial yang dampaknya diharapkan dapat menyejahterakan masyarakat desa dan mengurangi kemiskinan yang ada di desa,”jelasnya.( Red.Adv )

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

CHANAL YOUTUBE

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip