Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Tari Remo Warnai Sedekah Bumi Desa Tambaksari

Tari Remo Warnai Sedekah Bumi Desa Tambaksari

Written By BBG Publizer on Sabtu, 04 September 2021 | 23.45


Pasuruan, OposisiNews.co.id -
Menghargai Adat dan Budaya leluhur sebagai kearifan lokal masih dipegang teguh Pemerintah Desa Tambaksari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (04/09/2021) pukul 09:00 Wib.


Adanya Pandemi Covid-19, tidak membuat surut masyarakat yang berpenduduk kurang lebih 1,6 ribu jiwa  yang tersebar di 4 Dusun yakni Ampelsari, Krai, Tambakwatu dan Gunungmalang ini memiliki 26 RT dan 8 RW untuk tetap menggelar Sedekah Bumi atau Jabutan.

Tradisi Jabutan berupa tumpeng yang  diganti dengan aneka palawija (Sayur dan buah), serta bermacam snack (Makanan ringan) kesukaan anak-anak dan lainya menjadi incaran warga yang hadir dan mengikuti acara jabutan .

Kepada awak media, Kepala Desa (Kades) Tambaksari, Jatmiko, mengatakan kalau pihaknya hanya meneruskan tradisi leluhur dan Nenek Moyang secara turun menurun sampai sekarang.

"Kami meneruskan tradisi leluhur serta melestarikan budaya. Semoga desa kami tetap sejahtera dan makmur serta rukun antar warga dan syukur Alhamdulillah selama ini warga aman dari Covid-19, " kata Jatmiko

Disinggung soal perijinan kegiatan, pria berpostur tinggi kurus itu menyampaikan, kalau pihaknya hanya pemberitahuan saja ke Forkopimcam Purwodadi.

Sri, salah satu warga Ampelsari sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tambaksari, yang tidak melupakan adat serta tradisi peninggalan leluhur.

"Semoga dengan adanya sedekah bumi ini, kami warga Tambaksari tetap rukun dan damai serta sejahtera, juga terhindar dari pandemi covid-19," Ucap Sri.


Kegiatan Sedekah Bumi atau Jabutan di iringi dengan pertunjukan tari remo, asal Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang diadakan di 2 tempat, sumber kali Petung dan Balai Desa Tambaksari. (M-U).

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip