Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Desa Selopuro Tahun 2021 Terima Dua Program Percepatan Pembangunan Di Luar Alokasi Dana Desa

Desa Selopuro Tahun 2021 Terima Dua Program Percepatan Pembangunan Di Luar Alokasi Dana Desa

Written By BBG Publizer on Senin, 16 Agustus 2021 | 08.56


Selopuro .OposisiNews.Co.Id -
4 Desa di kecamatan Pitu ,Kabupaten Ngawi yaitu : desa Selopuro , Bangunrejo lor , Cantel dan Sonde mendapat angin segar karena tertopang anggaran pembangunan infrastruktur desa diluar Alokasi Dana Desa ( ADD-DD ) yang sempat tersendat akibat Recofusing ( pemotongan anggaran desa ' ADD-DD ) dampak pandemi Covid 19 yang sampai sekarang belum juga mereda .

" Untuk tahun 2021 kecamatan Pitu mengalokasikan anggaran prioritas pembangunan infrastruktur desa sebesar Rp 1 Milyar , teralokasikan merata untuk 4 desa dengan nominal anggaran Rp 250 juta per desa " , terang Anang Heri Prabowo Camat Pitu . Kabupaten Ngawi ,  Sabtu 14/08/2021.

Pemerataan anggaran Prioritas Kecamatan Pitu yang terpantau berita OposisiNews dilakukan bergilir dan telah menjadi komitmen antara pihak Kecamatan dan 9 desa se-kecamatan pitu tiap tahun , diharapkan dengan anggaran yang terserap per desa mampu mengkafer program infrastruktur prioritas desa di anggarkan melalui sumber Dana Desa  yang terdampak akibat Recofusing ADD-DD mendasar intruksi pemerintah. 

Lain halnya yang dirasakan pemdes Selopuro dan tiga desa penerima program prioritas kecamatan pitu , disaat pandemi Covid19 kian meningkat tajam hingga masuk PPKM darurat level 4 , mewajibkan pemdes Se-Kabupaten Ngawi untuk memprioritaskan penganggaran pandemi dari sumber anggaran desa , pada tahun ini ( 2021.red ) . 

Dengan terbantu dana Prioritas Kecamatan Rp 250 juta dan BK Pemkab Ngawi Rp 250 juta , total Rp 500 juta untuk infrastruktur diluar Dana desa .diharapkan pemdes Selopuro bisa memaksimalkan pembangunan infrastruktur desa yang sempat terjeda anggaran. 

Sunarno , Kepala desa Selopuro saat ditemui diruang kerjanya mengatakan , " Sementara ini baru bisa merampungkan pekerjaan infrastruktur jalan Pavingisasi di dusun Jetak RT 003 RW 04 melanjutkan program infrastruktur tahun kemarin ( 2020.red ) dari sumber anggaran BK 2020 sebesar Rp 50.792.000 , untuk tahun ini ( 2021.red ) memanfaatkan anggaran prioritas kecamatan sebesar Rp 250 juta , diharapkan kondisi jalan poros antar dusun yang layak sekarang ini bisa meningkatkan perekonomian warga dan memberikan banyak manfaat  '.

" Begitu juga dengan Anggaran dari Bantuan Keuangan ( BK ) 2021, secepatnya akan desa kerjakan .untuk sementara baru pengedropan matrial bangunan seperti paving , castin dan tanah uruk dilokasi kegiatan di dusun Jetak " , terang kades.

" Untuk Pavingisasi jalan utama antar dusun dan antar kabupaten Ngawi dan Blora , kondisi jalan sudah lama hancur apalagi dimusim hujan ", imbuh Narno panggilan akrab kades selopuro. 

Sementara dilokasi kegiatan di dusun Jetak TPK lapangan , Sunar didampingi ketua RT lingkungan setempat mengatakan , " Khusus jalan poros antar dusun dan kabupaten Ngawi -Blora masih dalam tahap normalisasi jalan dengan melibatkan pekerja dari warga lokal . Kondisi jalan sangat parah karena sering dilalui kendaraan berat mengakut hasil pertanian dan galian C , kondisi jalan semakin parah ketika musim hujan tiba ".

" Besaran anggaran pembangunan jalan paving dari BK senilai Rp 250 juta , tentunya desa Selopuro dengan dikucurkannya dua anggaran BK dan Prioritas Kecamatan Pitu tahun ini ( 2021.red ) bisa mensukseskan prioritas program desa ", ucap Sunar.

" Progres dari kegiatan BK sementara ini telah 50% menyelesaikan normalisasi / penutupan lobang-lobang jalan , sementara untuk droping material paving , castin telah 90% rampung " , imbuhnya . ( Rif )


Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip