Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Traveling Pilgrimage Rutinitas Kapolres Bangkalan Setiap Malam Jum'at

Traveling Pilgrimage Rutinitas Kapolres Bangkalan Setiap Malam Jum'at

Written By indraneri4 on Jumat, 28 Mei 2021 | 10.01

Kapolres bersama kapolsek kwanyar dan tokoh masyarakat
Bangkalan.OposisiNews.Co.Id - Kapolres Bangkalan AKBP Didik Haryanto beserta jajaran melaksanakan Ziaroh ke makam Sayyid Zainal Abidin (SUNAN CENDANA) Kamis 27/05/2021 dini hari.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres menyampaikan kepada seluruh anggota nya dan tokoh masyarakat agar tetap selalu menjaga kekompakan antara kepolisian dan masyrakat dan dimasa pandemi Covid-19 ini kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Lanjut Didik harapan kita semua semoga wabah Covid-19 ini segera di hilangkan dari muka bumi ini Oleh Alloh Subhanahu Wataala "Amin" agara kita semua bisa beraktifitas seperti biasa nya dan semoga kita semua mendapatkan safaat barokah dari wali-wali Yalloh.



Dilanjutkan acara Ngopi Bareng di Seputaran lingkunan Sunan Cendana ngobrol bareng bersama sesepuh dan tokoh-tokoh masyarakat.

Sedikit sejarah "SUNAN CENDANA" Seperti namanya keharuman sosok Sunan Cendana menyelimuti Madura dan sekitar nya Berawal dari wilayah pesisir selatan Bangkalan, jejak nya menyinari Pulau Garam ini.

Lahir dengan nama Sayyid Zainal ‘Abidin di lingkungan tembok istana Giri Kedaton pada sekitar akhir dari abad ke-16 atau sekitar pertengahan kedua dari kurun 1500-an Masehi.

Ibu nya adalah salah satu putri dari Kanjeng Suhunan Kulon alias Sunan Ali Sumodiro. Sunan Kulon merupakan putra ketiga dari salah satu tokoh utama Wali Sango, Kanjeng Susuhunan Giri yang berjuluk Prabu Satmata.

Dari garis ayah Sayyid Zainal Abidin merupakan cucu Kanjeng Susuhunan Drajat, putra Kanjeng Susuhunan Ampel Ayah nya, yaitu Sayyid Khathib alias Raden Bandardaya adalah putra Suhunan Drajat (dalam catatan lain disebut jika Sayyid Khathib adalah putra Pangeran Musa bin Suhunan Drajat)

Dari sinilah nasab kedua orang tua beliau bertemu Ayah Suhunan Giri, yaitu Sayyid Ishaq atau Maulana Ishaq bersaudara dengan Sunan Ampel, alias sama-sama putra Sayyid Ibrahim Zainal Akbar Ba’alawi (Ibrahim Asmara).

Sedangkan Sunan Giri sendiri diambil sebagai menantu oleh Sunan Ampel secara genealogi, garis keluarga ini bersusur galur pada keluarga saadah Ba’alawi di Hadhramaut Yaman, melalui jalur al-Imam al-Quthb ‘Alwi ‘Ammil Faqih hingga Sayyidina al-Husain, putra Sayyidatina Fathimah binti Rasulullah SAW.(AIW)


Reporter : A.Indra Wijay

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip