Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Desa Jatigembol Terima Program Pamsimas III Tahun 2021

Desa Jatigembol Terima Program Pamsimas III Tahun 2021

Written By BBG Publizer on Jumat, 14 Mei 2021 | 12.34


Ngawi,OposisiNews.Co.Id –
Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (BP3D) Kabupaten Ngawi merealisasikan pembangunan sumur dalam untuk mengaplikasikan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) III tahun 2021 di desa Jatigembol Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi yang merupakan kelanjutan program pamsimas I dan pamsimas II 

Peluncuran program Pamsimas III progresnya untuk meningkatkan jumlah masyarakat kurang terlayani termasuk berpendapatan rendah di wilayah pedesaan, sehingga dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi  100 persen yang berkelanjutan.

Selain itu , pamsimas III merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional, untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum dan sanitasi layak berkelanjutan yakni, air bersih untuk rakyat serta sanitasi total berbasis masyarakat.

Sebagai salah satu desa yang dijadikan pailot projek Pamsimas III , no DPA 033.05.1.631128/2021 dengan jenis pelaksanaan kegiatan berupa Peningkatan Kapasitas , Biaya Oprasional ,Pembangunan sarana sanitasi air bersih, PHBS Masyarakat dan Sekolah mendapat dukungan penuh dari masyarakat , sekolah dan pemerintah desa Jatigembol.

“Melalui program Pamsimas III diharapkan akan mampu menghasilkan infrastruktur air minum dan sanitasi berskala kecil dengan pembiayaan yang relatif rendah dan kualitas konstruksi yang baik. Untuk itu, para pelaku program diharapkan dapat meningkatkan dampak positif yang dihasilkan dari program pamsimas III ,” ujar Kades Jati Gembol .Budi.S.

Dia menuturkan, sasaran yang ingin dicapai sesuai arahan BP3D melalui program pamsimas III adalah, tambahan penduduk mengakses sarana air minum aman dan berkelanjutan, mengakses sanitasi yang baik, masyarakat desa  mampu menerapkan program stop buang air besar sembarangan (SBS), mengadopsi perilaku program cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Ada beberapa strategi yang diterapkan dalam program Pamsimas III, yakni mengubah perilaku masyarakat untuk hidup bersih dan sehat melalui pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) dan sanitasi berbasis masyarakat, mengarus utamakan pendekatan penbangunan berbasis masyatakat dalam pembangunan SPAM dan sanitasi, serta penguatan peran pemerintah desa dan sekolah  untuk membina dan mengawasi penyelenggaraan SPAM, meliputi pengembangan dan pengelolaan termasuk dukungan pembiayaan.

Pembangunan Program Pamsimas III di wilayah desa Jatigembol teranggarkan Rp 350 juta dengan perincian sumber anggaran Kontribusi Masyarakat ( In cash Rp 14 juta dan In Kind ' Gotong Royong ' Rp 56 juta ) , APBN Rp 245 juta , APDESA Rp 35 juta .

“Kontribusi desa, masyarakat, serta pihak-pihak yang peduli dengan air minum dan sanitasi sangat diharapkan untuk dapat menyukseskan program pamsimas III sementara untuk pelaksanaan kegiatan dilaksanakan KKM Jati Makmur ,” terang kades Jatigembol.

Dia menambahkan, ada beberapa kriteria desa sasaran program pamsimas III, yakni belum pernah mendapatkan program pamsimas, cakupan akses air minum aman masih rendah, cakupan akses sanitasi layak masih rendah, prevalensi penyakit diare yang ditularkan melalui air dan lingkungan masih tergolong tinggi, memiliki potensi sumber air baku.

“Sejauh ini, antusias masyarakat , sekolah dan desa dalam mengikuti program pamsimas 3 cukup besar. Bagi desa-desa yang berminat untuk mengikuti program ini, harus dapat mengikuti semua aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, terkait persyaratan yang diperlukan untuk dapat mengikuti program ini,” pungkas Budi S. ( BB )

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip