Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Recofusing 8% Dana Desa Tidak Surutkan Pemdes Pandean Bangun Infrastruktur

Recofusing 8% Dana Desa Tidak Surutkan Pemdes Pandean Bangun Infrastruktur

Written By BBG Publizer on Minggu, 28 Maret 2021 | 18.54


Ngawi , OposisiNews.Co.Id -
Berbekal komunikasi yang harmonis antara Pemerintah Desa Pandean dan Masyarakat yang diwakili oleh LPMD / BPD , pembangunan infrastruktur desa berjalan tanpa ada gejolak di masyarakat.

Dampak Recofusing 8% dana desa berimbas pada pembangunan infrastruktur yang sudah direncanakan dan tertuang dalam RPJM desa Pandean kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi.

" Dengan adanya pemangkasan anggaran 8% Dana Desa pada tahun ini ( 2021.red ) Pemdes Pandean terpaksa memending satu titik kegiatan infratruktur desa berupa TPT dusun Ngrembeng Rt 06 RW 01 dengan rencana anggaran Rp 69.800.000 ", ujar Agus Wiyono, Kades Pandean . Sabtu 27/03/2021.

"Sebagai konsekwensi TPT dusun Ngrembeng akan diprioritaskan pada dana desa tahun 2020 , alhamdullilah masyarakat bisa menerima dan paham kondisi sekarang , karena desa harus mengagarkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT-DD ) yang diambil dana desa untuk masyarakat yang terimbas pandemi Covid 19 ", terang Kades.

Kepala desa yang didampingi Sekertaris  desa Pandean juga menjelaskan , "Bantuan Keuangan ' BK ' tahun ini , desa Pandean menerima Rp 300 juta yang rencana dimanfaatkan untuk Pavingisasi jalan menuju waduk Pandean , orientasi kedepan desa Pandean bisa memiliki obyek wisata alam berupa waduk dan mampu mendongkrak pendapatan desa ( PAD ) selain berimbas pada perekonomian masyarakat sekitar wisata waduk Pandean ".

"Sementara untuk pengerjaannya masih menunggu SK dari DPMD Ngawi sedang rencana dana Padat Karya Tunai sebesar Rp 40 juta , sesuai kesepakatan bersama BPD dan LPMD akan dimanfaatkan normalisasi jalan poros desa dengan estimasi 50% untuk belanja dan 50% untuk Tenaga Kerja " , imbuh Agus.  


Di lokasi kegiatan infratruktur desa yang sedang dilaksanakan berupa Pavingisasi jalan dusun Nglegok RT 04 RW 03 , awak berita OposisiNews meyaksikan masyarakat dusun Ngelgok bahu membahu mengerjakan proyek desa .

Saridi , Kasun Nglegok yang merangkap sebagai TPK saat dikonfirmasi menjelaskan , Untuk Pavingisasi jalan dusun Nglegok dianggarkan Rp 175 juta dari Dana Desa dengan volume kegiatan 225 x 3 meter .

" Untuk pekerja , semua warga desa khusunya warga terdampak Covid19 , pengangguran akibat pemutusan kerja dan Ibu-ibu sebagai tulang punggung keluarga dipekerjakan sesuai HOK ", imbuhnya. ( RF )


Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip