Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » GEBRAKAN BARU DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN NGAWI

GEBRAKAN BARU DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN NGAWI

Written By BBG Publizer on Rabu, 03 Maret 2021 | 19.00


Ngawi,OposisiNews.Co.Id -
Rabu , 3 Maret 2021.Suasana di gedung megah milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi yang terletak di Jalan Imam Bonjol no. 02 B, pagi itu tampak ramai. Gedung perpustakaan yang biasanya sepi pengunjung kali ini benar-benar berbeda. Ruang parkir di lantai bawah penuh sepeda motor para pengunjung. Mereka datang berbondong-bondong untuk memenuhi undangan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi.

Undangan Temu Penulis Lokal Tahun 2021 tersebut merupakan gebrakan baru. Silaturahmi penulis lokal diadakan  dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat tentang Pelestarian Naskah Kuno Milik Daerah. Sebelumnya belum pernah ada kegiatan semacam ini. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi, Ir. Kartikawari Pinilih, dalam sambutannya mengajak para penulis lokal untuk lebih peduli pada naskah kuno dan peninggalan budaya yang belum begitu dikenal masyarakat awam.

Silaturahmi penulis lokal Kabupaten Ngawi dilanjutkan dengan diskusi yang membahas seputar kegiatan literasi. Disepakati bahwa kegiatan akan ditindaklanjuti supaya lebih bermanfaat. Pada kegiatan yang akan datang direncanakan untuk "Bedah Buku" muatan lokal Ngawi. Telah dipilih tiga buku yang akan dikupas tuntas pada acara Bedah Buku tersebut. Tiga buku tersebut adalah: 

1. Bunga Rampai Legenda Ngawi karya Budi Hantara, 

2. Rajiman Widyadiningrat karya Riana Fathonatul, dan

3. Kadipaten Gendingan karya Aris.

Silaturahmi dan diskusi para penulis juga dihadiri Kepala Dispariapora Kabupaten Ngawi, yang diwakili Bapak Sulistyo. Pada kesempatan itu disampaikan bahwa Dispariapora siap memberikan informasi dan kerjasamanya dengan para penulis untuk mengangkat potensi daerah Ngawi. 

Para penulis yang selama ini tidak pernah mendapat perhatian dari pihak pemerintah, berterima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ngawi yang telah menyenggarakan kegiatan tersebut. Para penulis berharap gebrakan ini tidak hanya pencitraan kemudian hilang tanpa ada hasilnya. ( BD,Red )

Oleh Budi Hantara


Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip