Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Rapat Tutup Buku Tahunan Bumdes Bukit Bersemi Desa Sedayugunung Kabupaten Tulunggagung

Rapat Tutup Buku Tahunan Bumdes Bukit Bersemi Desa Sedayugunung Kabupaten Tulunggagung

Written By BBG Publizer on Senin, 11 Januari 2021 | 19.39


Tulungagung.OposisiNews.Co.Id -
Desa Sedayugunung lakukan agenda tahunan  rapat  tutup buku bumdes bukit bersemi bertempat di balai desa. Senin,11/01/2021.


Kegiatan laporan pertanggung jawaban tutup buku tahun 2019 dan 2020 Bumdes Bukit Bersemi“ dimulai pukul 08.30 WIB dengan dihadiri Pendamping Desa kecamatan Besuki,Pemerintah Desa, Kepala Desa , tokoh masyarakat, unsur BPD  LPMD, ketua rt/rw dan  Ketua TP PKK .

Zaenal Arifin Kepala desa SedayuGunung  dalam sambutannya menghimbau ,  agar selalu mematuhi disiplin protokol kesehatan, dan selalu waspada di kondisi pandemi covid-19 ini.

Dalam sambutanya Kepala Desa Sedayugunung menjelaskan Bumdes Bukit bersemi sejak tahun 2020 telah mampu berkontribusi memberi PAD untuk desa, dari hasil usaha unit selep jagung dan penjualan obat obatan pertanian yang hasilnya diharapkan mampu memberi kesejahteraan desa kususnya masyarakat desa Sedayugunung . Seperti moto BUMDES Bukit Bersemi " Bermanfaat untuk masyarakat dan kembali pada masyarakat ".

"Bumdes merupakan pilar kegiatan ekonomi di desa yang berfungsi bebagai lembaga social ( social institusional)dan komersil (commercial institusional).selain itu bumdes juga berperan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumber daya lokal ke pasar ", Imbuh Zaenal Arifin.

Desa dapat mendirikan badan usaha milik desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa.Dalam pasal 1 angka 4 peraturan menteri dalam negeri no 39 tahun 2010 tentang badan usaha milik desa.

Pada kesempatan itu, pengurus BUMDES  akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban kegiatan dan unit unit usaha dalam tahun buku 2019 dan 2020  serta usulan-usulan rencana kerja untuk tahun 2021.

"Rapat tutup tahun Anggaran 2019-2020  diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi yang efektif bagi seluruh anggota koperasi untuk menyampaikan suatu gagasan yang positif agar dapat dihasilkan keputusan yang terbaik bagi kemajuan Bumdes Bukit bersemi untuk kinerja di tahun2019-2020 , ujar Makruz ( Kasipem ) Kecamatan Besuki.

Arfan pendamping Desa sedayu gunung menambahkan , Rapat tutup buku Anggaran Tahun 2019-2020 BUMDES Bukit Bersemi  memiliki peranan yang sangat penting, karena sesuai amanat Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Bumdes Bukit bersemi tutup buku tahun anggaran 2019 dan 2020 juga sebagai evaluasi atas pelaksanaan program kerja tahun 2020 dan hal-hal yang dicapai oleh pengurus  selama satu tahun anggaran . 

"Rapat tutup buku tahun anggaran 2019 dan 2020  juga di­maksudkan untuk menghimpun kembali komitmen anggota untuk mempertahankan semangat dan memajukan Bumdes  Bukit Bersemi secara bersama-sama serta memaksimalkan potensi yang ada didesa sedayugunung”, tambahnya.


M Karyono selaku ketua Bumdes bukit bersemi mengharapkan Pengurus Bumdes Bukit Bersemi  dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk kesejahteraan anggota-anggotanya serta berkembang dalam lingkungan persaingan usaha yang sehat dan kolaboratif melalui unit - unit usaha yang dikelola.

" Untuk meningkatkan kemajuan bumdes bukit bersemi dengan usaha yang sudah berjalan seperti jasa seleb jagung, obat obatan pertanian dan pupuk  pertanian diharapkan tahun 2021 bisa menambah unit usaha seperti  jasa hajatan, agen LPG , menampung hasil pertanian / perkebunan warga desa , jasa pengadaan barang dengan mengandeng TPK wilayah serta persewaan molen ", ujar Ketua BUMDES Bukit Bersemi .

" Berbekal semangat , komitmen dan Rasa saling memiliki , saya yakin Bumdes yang selama ini kita kelola akan memberi manfaat lebih untuk desa Sedayugunung khususnya Masyarakat ", tutup Ketua Bumdes BB.(RFI/ISK)

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip