Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Dandim 0807/Tulungagung Dukung Program Proiklim Pelestarian Hutan Bambu Desa Kalidawe

Dandim 0807/Tulungagung Dukung Program Proiklim Pelestarian Hutan Bambu Desa Kalidawe

Written By BBG Publizer on Jumat, 22 Januari 2021 | 18.24


Tulungagung ,OposisiNews.Co.Id-
Komandan Kodim (Dandim) 0807/Tulungagung Letkol Inf Mulyo Junaidi S.E, M.Tr (Han), mendukung program kampung proiklim (Proklim) dikawasan kritis (pegunungan kapur) melalui penanaman bambu petung yang kedepannya berpengaruh membuat sumber air dan ekosistim serta berharap dampak pada kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Kalidawe, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung, Jumat (22/1/2021).

Diketahui, Desa Kalidawe sering kekurangan kebutuhan air saat musim kemarau, debet air berkurang  kebutuhan masyarakat meningkat,  oleh sebab itu pemerintah desa  melestarikan sumber air dengan cara menanam 1200 bambu petung sebagai langkah memperkuat ketahanan masyarakat menghadapi perubahan iklim dan peningkatan ekonomi melalui sektor kerajinan bambu. Bak pepatah ' Sekali Gayung Dua Pulau Terlampaui '.

Proiklim digencarkan di sejumlah  lahan wilayah pesisir yang topografisnya gersang menjadi hutan bambu dengan program jangka panjang diyakini banyak manfaat pada masyarakat desa. 

Letkol Inf Mulyo Junaidi, S. E, M. Tr (Han), mengatakan, " Proiklim sangat bagus untuk dampak ekosistem dan kehidupan masyarakat sekitar".

Guna mengaplikasikan Proiklim pemerintah (  kecamatan ), Koramil Pucanglaban, Kodim dan jajarannya akan mengunjungi Desa Kalidawe sebagai desa Pailot projec Proiklim dengan potensi topografis wilayah yang memiliki potensi pengembangan Proiklim dengan tetap menjaga kearifan sosial ,budaya yang sudah ada.   

"Proiklim berbasis pemberdayaan masyarakat dapat dikembangkan serta dilaksanakan di wilayah, upaya mendorong partisipasi aktif masyarakat dan semua pihak dalam melaksanakan aksi lokal meningkatkan ketahanan sumber air terhadap dampak perubahan iklim" 

Pelaksanaan program, mencangkup kegiatan tenaga dan materi,"Bila diperlukan kami siap membantu karena bambu petung ini memiliki  nilai cukup dapat menyerap air dengan baik dan saya mengajak masyarakat di wilayah Kecamatan Pucanglaban untuk menjaga  kelestarian bambu, tanaman penyerap air tersebut kedepannya sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan.air bersih warga," pungkas Dandim Mulyo Junaidi. ( RF ) 

Reporter . Rifai 

Editor.Bambang PW



Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon

OPOSISI RECENT POST

    Oposisi Arsip