Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » KASN; Pengelolaan Manajemen ASN Sidoarjo Sudah Baik

KASN; Pengelolaan Manajemen ASN Sidoarjo Sudah Baik

Written By BBG Publizer on Selasa, 03 November 2020 | 22.09


Sidoarjo,OposisiNews.co.id - 
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meraih predikat baik dalam penilaian penerapan sistem merit yang dilakukan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Prestasi tersebut disampaikan Ketua KASN, Prof. Dr. Agus Pramusinto kepada Pj. Bupati Sidoarjo Dr. Hudiyono,M.Si  dalam acara Penyerahan penghargaan Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit, di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa 3/11/2020.

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014, sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi.

Pemkab Sidoarjo meraih penghargaan sebagai instansi yang telah menerapkan sistem merit kategori baik dari KASN dengan nilai 297 ,yakni peringkat kedua ,setelah kota Bandung dari  Kabupaten/Kota se-Indonesia. Hal ini, kata Hudiyono, menjadi motivasi untuk memberikan upaya maksimal dalam penilaian Sistem Merit kali ini.

Alhamdulillah hari ini Kabupaten Sidoarjo menerima penghargaan dari KASN sebagai peringkat kedua Kabupaten/Kota terbaik di Indonesia yang meraih prestasi dalam penerapan sistem merit. Terima kasih kami untuk para ASN yang sudah terlibat dalam proses ini di Kabupaten Sidoarjo sehingga masuk dalam peringkat kedua terbaik di Indonesia," ungkap Hudiyono. 

Sistem merit adalah kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar tanpa membedakan faktor politik, ras, agama, asal-usul, jenis kelamin, dan kondisi kecacatan.

Ketua KASN, Agus Pramusinto menjelaskan, Sistem Merit ini penting dalam manajemen ASN karena pemerintah membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, dilihat dari sisi kualifikasi, kompetensi, dan pengalamannya.

"Sehingga Sistem Merit memberikan peluang bagi pemerintah daerah untuk mendapatkan sumber daya aparatur yang diharapkan," ucapnya. 

Pj Bupati Sidoarjo Hudiyono berharap bisa memberikan hasil terbaik dari penilaian kali ini, karena mempertahankan apa yang sudah didapat itu lebih sulit. Bahkan kalau bisa nanti mencapai hasil Sangat Baik,".pungkasnya.(Bag)

Home » » DWP Kabupaten Sidoarjo Gelar Muskab IV Secara Virtual

DWP Kabupaten Sidoarjo Gelar Muskab IV Secara Virtual


Sidoarjo,OposisiNews.co.id -
 Dampak pandemi Covid-19, DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kabupaten Sidoarjo menggelar Muskab (Musyawarah Kabupaten) yang IV secara virtual.

Acara 5 tahunan , Muskab IV DWP Kabupaten Sidoarjo dilakukan melalui Daring/Dalam Jaringan melalui aplikasi zoom meeting dilaksanakan sejak pagi di pendopo Delta Wibawa menempati ruang COC ( Command Center ) DisKominfo Selasa, 3/11/2020.

Muskab yang dipimpin oleh Ketua DWP Kabupaten Sidoarjo . Endang Achmad Zaini dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Tampak semua yang hadir mengenakan masker, mencuci tangan saat memasuki ruangan Muskab dengan memanfaatkan hand sanitizer yang tersedia dipintu masuk serta menjaga jarak .

Dalam sambutannya. Endang Achmad Zaini merasa bersyukur DWP Kabupaten Sidoarjo telah dapat melaksanakan Muskab ditengah pandemi Covid-19. Meski melalui zoom meeting tidak menghalangi dalam penyampaian laporan pertanggungjawaban maupun program kerja DWP Kabupaten Sidoarjo kedepan.

Dikatakannya pelaksanaan Muskab IV DWP Kabupaten Sidoarjo sendiri merupakan tindak lanjut Musprov IV DWP Jawa Timur bulan Februari lalu untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban/LPJ ketua DWP Kabupaten Sidoarjo. Selain itu Muskab kali ini juga digunakan untuk menyampaikan hasil Munas ke IV DWP pusat tahun 2019. 

Istri dari Sekda Kabupaten Sidoarjo Drs. Achmad Zaini MM tersebut mengatakan diusianya yang ke 20 tahun ini, DWP patut bersyukur dan berbangga telah menjadi organisasi perempuan yang besar. Sebagai organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri ASN, DWP telah diberi petunjuk dan kemudahan dalam menjalankan program kerja organisasi secara terstruktur. Perkembangan organisasi DWP menuju organisasi yang profesional sebagai mitra stategis pemerintah. 

“Dharma Wanita Persatuan sudah selayaknya memiliki standing position dengan mengambil peran strategis dalam pembangunan nasional,”ucapnya.

Masih dikatakannya. Endang Achmad Zaini bahwa DWP terus bertekad meningkatkan kualitas sumber daya anggota dan keluarganya untuk membangun keluarga bahagia dan sejahtera. Anggota DWP dapat menjadi subyek pendidik yang pertama dan utama dikeluarganya melalui program pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya.

Sekretaris DWP Kabupaten Sidoarjo . Vony Ari Suryono pada kesempatan itu juga menyampaikan berbagai program kerja diberbagai bidang yang akan dilakukan DWP Kabupaten Sidoarjo.

Diantaranya program kerja dibidang usaha seperti pengelolaan toko atau penyelenggaraan  bazar. Pada program kerja dibidang ekonomi produktif, DWP akan melaksanakan program menjadi seorang pengusaha maupun pelatihan batik.

Sedangkan dibidang pendidikan akan dilaksanakan program kerja monitoring pelaksanaan wajib belajar, sosialisasi program gizi anak maupun santunan pendidikan. Terdapat juga program kerja sosial budaya. Seperti ceramah agama, seminar kesehatan, maupun seminar tentang pengaruh penggunaan gadget dan seminar P4GN. (Bag)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon