Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » WALIKOTA SANTOSO SAMPAIKAN KUA PPAS 2021 KE DPRD KOTA BLITAR

WALIKOTA SANTOSO SAMPAIKAN KUA PPAS 2021 KE DPRD KOTA BLITAR

Written By BBG Publizer on Sabtu, 25 Juli 2020 | 17.51

Blitar,OposisiNews.Co.Id -
Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd menyampaikan nota pengantar rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2021.

Penyampaian KUA PPAS tahun 2021 dilakukan Walikota Blitar Santoso pada rapat paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kota Blitar Yasin Hermanto, di gedung Paripurna kantor DPRD Kota Blitar, Rabu (15/07/2020).

“KUA PPAS merupakan dokumen strategis tahun 2021 adalah periode akhir RPJMD tahun 2016-2021 sekaligus akan meletakkan pondasi untuk RPJMD selanjutnya,” jelas Santoso ditemui awak media usai paripurna.

Lanjutnya, tahun 2021 dicanangkan sebagai tahun kunci pemulihan ekonomi. Diharapkan penguatan ekonomi terutama pada tribulan 3 dan 4 tahun 2021 setelah diperkirakan ekonomi sampai akhir 2020 ini diperkirakan mengalami pelemahan karena Covid-19.

”KUA dan PPAS ini telah memproyeksikan dan mengantisipasi dampak pandemi covid-19, sehingga seluruh program prioritas memiliki spirit penanggulangan Covid-19,” tandasnya.

Santoso mengungkapkan, ada 5 program prioritas ditahun 2021 meliputi, pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas kesejahteraan sosial masyarakat, peningkaran kualitas sumber daya manusia melalui kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

Peningkatan nilai tambah ekonomi untuk mendorong pertumbuhan, peningkatan kualitas infrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan dengan mempertimbangkan pengurangan resiko bencana. Stablitas keamanan dan ketertiban serta reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

“Di tahun 2021 dampak Covid-19 juga mempengaruhi kekuatan anggaran. Dari sisi pendapatan daerah, diperkirakan Rp. 918,15 M, terdiri dari PAD Rp. 177,33 M, pendapatan transfer Rp. 722,89 M dan lain-lain pendapatan yang sah Rp. 17,92 M,” terangnya.

Untuk belanja daerah, sebutnya, Rp. 936,91 M terdiri dari belanja operasi Rp. 825,99 M, belanja modal Rp. 107,41 M dan belanja tidak terduga Rp. 3,5 M.

“Jadi, untuk KUA PPAS tahun ini, karena tahun 2020 kita sedang dilanda Covid-19, maka penganggaran tahun 2021 yakni bagaimana upaya kita untuk memulihkan kembali kondisi perekonomian masyarakat. Kita harus berusaha bagaimana kondisi ekonomi bisa pulih kembali,” pungkasnya. ( Gus )
Home » » SMA 1 TALUN JUARA HARAPAN 2 PERPUSTAKAAN SEKOLAH LANJUTAN ATAS TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR

SMA 1 TALUN JUARA HARAPAN 2 PERPUSTAKAAN SEKOLAH LANJUTAN ATAS TINGKAT PROVINSI JAWA TIMUR

Blitar,OposisiNews.Co.Id -
Perpustakaan SMA 1 Talun (Smanta) berhasil menjadi nominator lomba Perpustakaan Sekolah Lanjutan Atas Tingkat Provinsi Jawa Timur dan masuk nominasi 6 besar. Selasa (30/06/2020).

Tim juri dari Dinas Pendidikan Jawa Timur dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Jawa Timur melakukan kunjungan secara langsung untuk mengamati bagaimana kondisi perpustakaan serta mendengarkan paparan profil perpustakaan yang dimiliki SMA 1 Talun tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Blitar Herman Widodo mengatakan, melihat dari sarana dan prasarana serta koleksi buku yang memadai, perpustakaan SMA 1 Talun diharapkan bisa meraih juara satu dan bisa masuk tingkat Nasional.

“Kami mengapresiasi atas penghargaan yang telah diterima Smanta, prestasi tersebut tidak lepas dari kegigihan serta persiapan yang matang dari semua guru dan siswa siswi SMA 1 Talun,” Kata Herman.

Bahkan saat ini, SMA 1 Talun memiliki terobosan baru dengan membuka perpustakaan untuk umum yakni mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB hari Senin – Jum’at. Tujuannya tidak hanya untuk mencerdaskan anak didik, akan tetapi juga menjadi garda terdepan dalam memberikan layanan pendidikan untuk orang tua wali murid dan masyarakat umum.( Gus )

Home » » STUDI BANDING DPRD PROBOLINGGO KE DPRD KABUPATEN BLITAR

STUDI BANDING DPRD PROBOLINGGO KE DPRD KABUPATEN BLITAR

Blitar,OposisiNews.Co.Id -Pengembangan kompetensi SDM ASN dan peran legislatif dimasa pandemi Covid-19, diantara topik yang dibahas oleh DPRD Probolinggo saat melakukan studi banding ke DPRD Kabupaten Blitar, Selasa (21/7/2020).

Rombongan DPRD Probolinggo, diterima Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Gatot Darwoto. Sedangkan Komisi II, diterima oleh Siti Yulaikah, dan Kabag Fasilitas Penganggaran dan Pengawasan, Muh. Munir Setyobudi.

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Blitar, Hari Margono menyampaikan, selama ini legislatif senantiasa memberikan dukungan terhadap peningkatan kompetensi SDM ASN untuk kapasitas kepemimpinan. Begitu juga terhadap disiplin ASN. Kedua hal itu kata dia, prioritas utama dari Bupati Blitar.

Inovasi pelayanan publik kata dia, juga perlu didukung oleh ASN yang inovatif. Sehingganya, pengembangan kompetensi ASN merupakan hak pegawai dan mutlak diperlukan. Pengembangan kompetensi ASN ini juga untuk memenuhi tuntutan lingkungan strategis, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi, peningkatan daya saing.

Kompetensi SDM ASN juga merupakan harapan masyarakat terhadap kinerja pemerintah yang terus berkembang, sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat. Apresiasi juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Probolinggo Sumarmi Rasit atas sambutan DPRD Kabupaten Blitar.

“Dari agenda ini, tujuan untuk mendapatkan informasi dan memperkaya referensi, seperti yang kita harapkan,” kata Sumarmi.
Penerapan protokol kesehatan juga diterapkan dalam pertemuan yang dilakukan DPRD Kabupaten Blitar, termasuk saat menerima kunjungan dari luar daerah. ( GUS )
Home » » Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Tentang Pelaksanaan APBD 2019

Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Tentang Pelaksanaan APBD 2019

 
Blitar,OposisiNews.Co.Id -DPRD Kabupaten Blitar menggelar rapat paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2019 dan Penjelasan Tukar guling tanah Aset dengan Rumah Sakit An-Nissa pada Senin (6/7/2020).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Mujib, dihadiri Bupati Blitar Rijanto, Wakil Bupati Marhaenis Urip Widodo, Perwakilan Forkopimda, dan segenap anggota dewan. Sementara jajaran Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) mengikuti jalannya rapat paripurna melalui video streaming.

Bupati Blitar Rijanto membacakan pelaksanaan APBD pada tahun 2019 lalu. Dengan menitikberatkan perbandingan anggaran dengan realisasinya. Baik itu anggaran pendapatan dan anggaran belanja atau transfer.

Disampaikan di APBD 2019 anggaran pendapatan Rp 2.420.076.118.870,05 terealisasi sebesar 99,21 persen. Sedang anggaran belanja Rp 2.657.816.702.280,31 terealisasi sebesar 92,64 persen.

Bupati menambahkan sebelum pengajuan Ranperda Pelaksanaan APBD 2019, BPK RI sudah melakukan tiga kali pemeriksaan. Hasilnya pun menunjukkan keuangan Kabupaten Blitar dinilai baik dengan diberikannya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Opini WTP dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Blitar atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2019 merupakan keempat kalinya sejak 2016. Opini WTP ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan kwalitasnya dengan melakukan evaluasi terhadap pengelolaan keuangan daerah,” ujar Bupati.

Sementara terkait pemindahan aset tanah Pemkab Blitar yang merupakan tanah bengkok Kelurahan Kaweron yang kini diminta oleh Rumah Sakit Swasta An-Nissa sudah memenuhi kriteria.

Tanah aset pemerintah seluas 134 meter persegi dipindahkan ke tanah penukar alternatif seluas 274 meter persegi. Bila dilihat luasannya tanah pengganti ini, lebih luas dari tanah aset asli.

“Pemerintah Kabupaten Blitar sangat mengapresiasi dan mendukung perkembangan dalam pelayanan kesehatan di Kabupaten Blitar. PT. AN-Nissa mengajukan permohonan tukar-menukar Aset Tetap Tanah ke Pemerintah Kabupaten Blitar untuk digunakan sebagai akses jalan yang menghubungkan dua bidang tanah milik PT. AN-Nissa, dimana diantara dua tanah tersebut terdapat tanah milik Aset Tetap Pemda yang berasal dari bengkok Kelurahan Kaweron Kecamatan Talun,” ungkapnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD, Mujib menindaklanjuti penyampaian bupati ini akan dibahas oleh anggota dewan dari masing-masing fraksi. Tiap fraksi nantinya akan memberikan pandangan umum terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2019 dan terkait tukar menukar tanah aset ( tukar guling tanah aset ) untuk Rumah Sakit An Nissa.

“Jadi setelah pandangan umum fraksi akan ditindaklanjuti dibahas oleh pansus-pansus. Hingga nanti Ranperda siap diresmikan menjadi perda,” ujar Mujib. ( GUS ).
Home » » PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA TAHAP 2 (DUA) TAHUN 2020 DESA BULU LAWANG KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR BERJALAN DENGAN KONDUSIF

PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA TAHAP 2 (DUA) TAHUN 2020 DESA BULU LAWANG KECAMATAN BAKUNG KABUPATEN BLITAR BERJALAN DENGAN KONDUSIF

Blitar,OposisiNews.Co.Id-
Pembagian BLT DD Desa Bulu Lawang diberikan langsung oleh pihak desa yang didampingi oleh kepala desa beserta Babinsa, Babinkamtibmas, Perangkat Desa dan masyarakat setempat.

Terpantau media OposisiNews, kondisi pembagian BLT-DD tahap II bagi penerima manfaat desa Bulu Lawang bertempat di kantor desa setempat sangat kondusif.

“Untuk penyaluran bantuan lansung tunai (BLT) kepada keluarga penerima manfaat hari ini tahap ke 2 sebanyak 74 keluarga yang menerima bantuan dengan nominal Rp 600.000,-/ KK tanpa adanya potongan seperti apa yang diisukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, ” Ungkap Sutikno, Kades Bulu Lawang.

“Semoga apa yang telah diprogramkan Pemerintah dapat membantu warga, kami selaku pemerintah desa sangat mendukung dalam penyaluran bantuan langsung tunai dana desa dan diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, “Pungkasnya
(GUS).


OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon