Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Polisi Jaga Kondusifitas Demo Tolak RUU HIP di Sidoarjo

Polisi Jaga Kondusifitas Demo Tolak RUU HIP di Sidoarjo

Written By BBG Publizer on Selasa, 07 Juli 2020 | 23.25

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Demo menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) juga terjadi di Sidoarjo, Massa yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) berunjukrasa di depan Kantor DPRD Sidoarjo.selasa, 7/7/2020.

Dengan penjagaan ketat petugas kepolisian, aksi berlangsung damai, aman dan kondusif. Sejak pagi sekitar 300-an personel gabungan dari Polresta Sidoarjo siaga di lokasi. Kabagops Polresta Sidoarjo AKP Trie Sisbiantoro menjelaskan pola pengamanan melalui Tactical Floor Game (TFG).

Himbauan agar para peserta demo, dapat menyampaikan aspirasinya secara tertib, aman dan kondusif. Disampaikan pula oleh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji. Bahwa di tengah pandemi Covid-19, supaya para pendemo turut menjaga physical distancing, mematuhi segala protokol kesehatan dan tetap damai dalam berdemonstrasi.

Beranjak siang massa berjumlah sekitar 50 orang dari berbagai daerah mulai berkumpul di depan kantor wakil rakyat tersebut. Pengunjukrasa bergantian melakukan orasi di depan gedung dewan. Mereka menolak keras pembahasan RUU HIP.

“Pancasila sudah kuat. Pancasila menjadi sumber dari segala sumber hukum di negeri ini. Jadi sudah tidak perlu ditambahi kekuatan dari manapun," kata Ketua GMBI distrik Sidoarjo, Nunuk Rusianita dalam orasinya.

Dalam aksinya, mereka meminta DPRD Sidoarjo menyampaikan aspirasi ini ke DPR RI untuk tidak hanya menangguhkan pembahasan RUU tersebut, tapi meminta agar RUU HIP ditiadakan.

Menurut Nunuk, Pancasila sudah final, tidak perlu lagi adanya pembahasan RUU tersebut. “Justru RUU tersebut akan melemahkan kekuatan Pancasila," tambahnya.

Kemudian Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Usman, menemui sejumlah pendemo. Mengajak membahas apa yang disampaikan. Menurutnya sama dengan yang disuarakan para pendemo dari LSM GMBI. Pancasila selamanya harus tetap Pancasila. Tidak perlu diubah, tidak perlu diutak-atik lagi. Karena merupakan sesuatu yang sudah final.

"Kami mendukung secara kelembagaan, DPRD Sidoarjo, menolak RUU HIP menjadi sebuah undang-undang dan mengeluarkan dari prolegnas. Aspirasi ini akan dikirim ke DPR RI, karena semakin banyak yang menyampaikan aspirasi penolakan, maka DPR RI harus mendengar aspirasi tersebut," pungkas Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Usman.( Bg, Tok )
Home » » Utamakan Mutu Dan Kedepankan Amanah Pengelolaan Dana Desa 2020

Utamakan Mutu Dan Kedepankan Amanah Pengelolaan Dana Desa 2020

Kantor desa Sumengko kec.kwadungan kab.Ngawi
Ngawi,OposisiNews.Co.Id - Tidak sedikit dari 213 desa di kabupaten Ngawi , Jawa Timur yang komitmen dalam mengelola dana desa dengan penuh amanah dan mengutamakan mutu pekerjaan.

Desa Sumengko Kecamatan Kwadungan Kabupaten Ngawi merupakan salah satu desa yang mengutamakan mutu pekerjaan Fisik ( infrastruktur ) desa dalam memanfaatkan Dana Desa tahun 2020.

Sumarli.kds Sumengko
Kehati-hatian Sumarli, Kds Sumengko mengelola dana desa tidak luput dari pantauan awak media OposisiNews. " Semua kegiatan fisik desa dilaksanakan sesuai petunjuk juklak dan juknis pengunaan dana desa , khususnya kegiatan fisik yang teranggarkan oleh sumber Dana Desa ( DD ) semua melibatkan pihak ke 3 ( Konsultan perencana dan Penyedia barang ) ", Ujar Kepala desa.

" Untuk per-kegiatan , desa menunjuk Ketua Tim Pelaksana Kegiatan ( TPK ) ditiap kegiatan baik kegiatan yang bersifat Fisik maupun Non Fisik . Kegiatan fisik ( infrastruktur ) desa menunjuk Sutrisno , Kasun Blok B dan Basuki Rohmat , pendamping Kasun A . Sementara untuk TPK Pencegahan dan Penangulangan wabah Covid 19 dipercayakan pada Ugeng Budi P ", terangnya.

" Perlu menjadi catatan , semua kegiatan infrastruktur melibatkan tenaga warga lokal dengan skema padat karya tunai dan tidak benar jika desa mengunakan tenaga dari luar desa Sumengko ",imbuh kades.  

" Sementara untuk penganggaran kegiatan pencegahan Covid 19 yang dibiayai Dana desa sebagian sudah terlaksana seperti pemberian masker gratis pada semua warga , penyemprotan  Disinfeksitan ditiap lingkungan tiap hari rabu , pembelian 1 buah Termogun untuk posko Covid dan pemberian Bantuan Langsung Tunai ' BLT-DD' pada 31 KK mendasar mudesus ( musyawarah desa khusus ) hasil pendataan akhir oleh masing-masing Kasun dengan melibatkan RT/RW ", terangnya.

TPT Balong Bendo
Pada pencairan dana desa tahap II , pemdes Sumengko merealisasikan pembangunan TPT Dua sisi jalan usaha tani Balong Bendo dengan anggaran Rp 152,5 juta dan TPT jalan sawah Rp 52 juta.

" Pembangunan TPT menjadi salah satu prioritas usulan warga di Musdus dan Musdes karena TPT di Balong Bendo dirasa sangat urgen menyangkut batas desa , sementara pekerjaan sudah 70 persen rampung dikerjakan oleh warga " , ungkap Sutrisno TPK desa Sumengko.

Dijadikannya TPT Balong Bendo salah satu prioritas pembangunan infrastruktur desa karena kekwatiran pemdes Sumengko akibat tergerusnya batas desa yang berlokasi di persawahan tanah bengkok desa Sumengko .

" Dengan rampungnya TPT Balong Bendo , pemdes Sumengko telah melakukan protektif batas desa secara jelas , bukan berarti pemdes Sumengko tidak memprioritaskan infrastruktur jalan lingkungan . Infrasturktur jalin dan pembangunan sarana masyarakat tetap menjadi prioritas seperti pembangunan paving di Blok C 5 RT 006 RW 003 , pavingisasi di blok mlandingan RT 002 RW 001 dan pemeliharaan jalan lingkungan semua sudah selesai dikerjakan di Tahap I DD 2020 ", tutup Kepala desa. ( Arif.Red )      

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon