Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Adanya Kampung Tangguh, Forkopimda Sidoarjo Harapkan Gotong Royong

Adanya Kampung Tangguh, Forkopimda Sidoarjo Harapkan Gotong Royong

Written By BBG Publizer on Jumat, 19 Juni 2020 | 09.28

Sidoarjo ,OposisiNews.co.id -Upaya gotong rotong warga dalam menciptakan ketangguhan wilayahnya melawan Virus Covid-19 patut diapresiasi. Dari beberapa Kampung Tangguh yang sudah terbentuk, terbukti ampuh menangkal penyebaran virus tersebut.

Seperti halnya yang tergambar saat Forkopimda Sidoarjo hadir dalam peluncuran Kampung Tangguh Desa Bendotretek dan Jati Alun-alun, Prambon, Sidoarjo, Kamis 18/6/2020 malam.

Wakil Bupati Sidoarjo bersama Kapolresta Sidoarjo dan Dandim 0816 Sidoarjo, melihat langsung bagaimana upaya warga setempat dalam membentuk ketangguhan melawan Covid-19. Yakni dengan adanya Poskesdes (Pos Kesehatan Desa), koperasi desa, lumbung pangan, panel data dampak Covid-19, pos ceck point, hingga adanya satgas-satgas Kampung Tangguh.

Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin menyampaikan, bahwa pemerintah bersama TNI-Polri sangat mendukung upaya warga dalam membentuk Kampung Tangguh. Tujuannya adalah wilayah kita semakin kuat, semakin tangguh, serta guyub dalam gotong royong di tengah pandemi Covid-19.

“Karenanya kami mengajak masyarakat agar satu persepsi, meneruskan kampung tangguh ini meskipun nanti sudah tidak adanya Covid-19. Karena kegotongroyongan itu sangat penting dijaga baik di wilayah desa dan perkotaan,” himbau Cak Nur.

Hal senada juga disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Kampung Tangguh Semeru baginya adalah program sangat bagus untuk mewujudkan ketangguhan segala aspek. Tidak hanya tangguh kesehatan, keamanan, pangan, namun juga banyak ketangguhan yang dapat diciptakan dari adanya kampung tangguh ini.

Begitu pula Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, satu hal yang membanggakan dalam Kampung Tangguh di desa-desa ini adalah kegotongroyongan serta keguyuban warga dalam menjaga wilayahnya. Inilah yang harus terus lestari agar tetap ada, jadi tidak hanya ada saat pandemi Covid-19 saja.(bg)
Home » » Sektor Industri di Sidoarjo Mulai Canangkan Ketangguhan Tangkal Covid-19

Sektor Industri di Sidoarjo Mulai Canangkan Ketangguhan Tangkal Covid-19

Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Upaya memutus mata rantai Virus Corona tidak hanya di wilayah pedesaan maupun perkampungan saja. Di sektor industri penerapan SOP protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Sidoarjo, juga mulai diterapkan dengan konsep Industri Tangguh.

Seperti yang dilakukan PT Mega Surya Mas, Waru, Sidoarjo. industri tangguh lawan Covid-19 yang diterapkan oleh manajemen perusahaan tersebut di launching. Hadir dalam acara ini, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dan Forkopimka Waru.kamis, 18/6/2020.

Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang diterapkan dalam industri tangguh PT Mega Surya Mas. Antara lain, penngukuran suhu tubuh orang yang masuk, tersedianya bilik disinfektan, membiasakan cuci tangan, jaga jarak interaksi sosial, menghindari keramaian, pola hidup sehat dan asupan makanan bergizi bagi karyawannya, menghindari kunjungan wilayah atau negara yang terinfeksi Covid-19, dan beberapa SOP ketat lainnya.

Dengan pencanangan PT Mega Surya Mas sebagai industri tangguh ini, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin berharap bisa di contoh perusahaan lain yang ada di Sidoarjo, dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Ini hal yang sangat bagus, perusahaan turut serta menjalankan protokol kesehatan di kawasannya. Saya rasa perusahaan lain juga bisa melakukan hal yang sama,” kata Nur Ahmad Syaifuddin.

Sedangkan, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengapresiasi makin banyak industri yang menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerjanya, sehingga dapat mempersempit ruang gerak penyebaran Virus Corona.

“Ini akan menambah jumlah industri tangguh dalam menekan penyebaran Covid-19 dan kami berharap seluruh industri di Sidoarjo harus menjadi industri tangguh dalam melawan Covid-19,” tegas Kapolresta Kombes Pol Sumardji.

Pencanangan PT Mega Surya Mas sebagai industri tangguh ini, ditandai dengan pemotongan pita oleh Forkopimda, setelah sebelumnya dilakukan paparan dari pihak perusahaan yang dilakukan Manager SDM Ponco Agung Wibowo. "Di tengah pandemi Covid-19, kami telah berupaya meningkatkan protokol kesehatan di lokasi kerja, demi menjamin kesehatan dan keselamatan kerja bagi seluruh karyawan," ujarnya.( Bg )

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon