Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » 3 pasien covid-19 di sikka sembuh, tersisa 14 pasien di ruangan isolasi

3 pasien covid-19 di sikka sembuh, tersisa 14 pasien di ruangan isolasi

Written By BBG Publizer on Rabu, 17 Juni 2020 | 23.21

Sikka,OposisiNews.co.id- Juru Bicara Satgas Covid-19  Kabupaten Sikka,Nusa Tenggara Timur, Petrus Herlemus dalam jumpa pers bersama  awak  media di  Posko Media Center menjelaskan bahwa dari 17 orang pasien covid-19 yang berada di ruangan isolasi RSUD. dr.TC Hilers Maumere" 3 orang dinyatakan negatif dan sembuh berdasarkan hasil swab di laboratorium W.Z Johanes Kupang dan akan dipulangkan hari ini,"ujar Petrus, Rabu (17/06/2020).

Mereka yang dinyatakan  sembuh ini,berdasarkan 8 kali hasil test swab, dengan masing-masing pasien berasal dari 3 kecamatan yaitu, kecamatan Alok, Kecamatan lela dan kecamatan talibura. Pasien yang sembuh ini merupakan pasien dari klaster lambelu.

Untuk proses pemulangan kerumah masing-masing, akan dilakukan oleh tim satgas covid-19 Kabupaten Sikka,lanjut Petrus.

Petrus juga menambahkan bahwa sampai dengan tanggal 17 juni 2020,total pasien covid- 19  yang sembuh di Kabupaten Sikka sebanyak 13 orang, dan tersisa 14 orang pasien yang sampai saat ini masih berada di ruangan isolasi RSUD.dr.TC.Hilers Maumere.

Kondisi dari 14 orang pasien yang belum sembuh sangat sehat dan berat badan merekapun mengalami peningkatan, mereka akan tetap dirawat, diberikan motivasi untuk tetap melawan virus ini,"saya juga berharap mudah-mudahan 14 orang pasien ini,akan sembuh dibulan juni,sehingga sikka bisa kembali normal," ungkap Petrus Herlemus. ( EY )

Reporter. Ernensia Yunita

Home » » Membentuk Karakter Anak Dari Rumah Belajar Pantai Nuba

Membentuk Karakter Anak Dari Rumah Belajar Pantai Nuba

Suasana Rumah Belajar Anak Pantai Nuba
Flotim, OposisiNews.co.id - Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter dasar kepada anak usia dini. Karakter anak akan tumbuh lebih optimal bila anak tumbuh dalam lingkungan yang berkarakter pula.

"Saya ingin anak-anak berkembang dalam pendidikan karakter. Sederhana saja! cukup bercerita lalu beri kesempatan anak bicara dan bercerita dalam keadaan rilex. anak akan termotivasi dengan sendirinya. Dengan begitu anak- anak melakukan sesuatu dengan kesadaran, bukan karena aturan atau rasa takut. Dari situlah sistem pendidikan lebih mudah kita terapkan. Hari ini, apakah kelas kelas motivasi sudah terbangun dengan baik?? Kembali lagi pada orangtua dan para guru. Hal ini yang memotivasi saya untuk mendirikan rumah belajar dan mengajak anak-anak belajar dan bermain di rumah kreatif saya,"

Demikian disampaikan Maria Gureti Peni, pendiri RBPN (Rumah Belajar Pantai Nuba) kepada Oposisinews.co.id di selah-selah giat belajar di RBPN, Dusun 1 Waiklibang, Desa Ratulodong, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flotim, Provinsi NTT,  Selasa, 16/6/2020.

Maria Gureti yang akrab disapa 'Kak Ge' oleh anak-anak bimbinganya itu, mengatakan membangun rumah belajar merupakan mimpinya semenjak tahun 2011 yang lalu. Berkat semangat dan niat kuat darinya, akhirnya mimpinya tersebut kini menjadi kenyataan.

Tujuan dari rumah belajar menurut Kak Ge adalah membantu membentuk karakter anak melalui cerita- cerita rakyat, mendongeng, diskusi karakter, melatih kreativitas anak dalam berkesenian, mengenal budaya dan kearifan lokal, membaca serta menulis.

"Budaya daerah itu perlu kita lestarikan agar tidak terkikis oleh zaman globalisasi ini. Untuk itu, Generasi harus lebih banyak mengenal budaya, karena budaya merupakan jati diri bangsa kita," ucapya.

Selain itu, tujuan lainnya adalah mengajak  anak-anak agar peduli terhadap lingkungannya, seperti peduli sampah, flora dan fauna.

"Kami juga membantu anak anak untuk belajar Matematika dan Bahasa Inggris kepada anak-anak usia dini, anak SD  hingga pada tingkatannya sekaligus ingin membantu menghilangkan stigma bahwa rumitnya mata pelajaran Matematikan dan Bahasa Inggris di mata anak anak," tandasnya.

Menurut Kak Ge, belajar itu sederhana dan merupakan sebuah pembiasaan diri dengan tujuan menjadi tahu (pengetahuan) dan menjadi bisa (keterampilan) menuju generasi yang berkualitas.

Kak Ge mengaku dirinya tidak jalan sendiri namun, keberlangsungan aktivitas rumah belajar Pantai Nuba itu dibantu oleh tim kreatif RBPN yang adalah anak muridnya ketika waktu di SMP yang kini sedang duduk di bangku SMU maupun di bangku kuliah.

Disinggung terkait keberlanjutan dari RBPN tersebut, pahlawan tanpa tanda jasa yang berstatus honorer di SMPN 1 Tanjung Bunga itu, mengatakan dirinya senantiasa bersama RBPN berdiri tegar dengan sejumlah niat baiknya kepada generasi penerus bangsa.

"Perjuangan hidup tidak akan ada akhir dan tidak memiliki garis finis. Generasi baru tentunya akan terus berperan. Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi," ucapnya  (An/Att)

Reporter : Anisa Tukan
Home » » Pemdes Nambakan Diguncang Vidio Negatif Oleh Akun FB Kiki Cahaya

Pemdes Nambakan Diguncang Vidio Negatif Oleh Akun FB Kiki Cahaya

Munarwiyati menjelaskan Vidio unggahan-nya dan menghapus dihadapan Perangkat desa Nambakan disaksikan Babinsa dan Babinkamtibmas
Kediri,OposisiNews.Co.Id - Pemerintah desa Nambakan Kecamatan Ringenrejo Kabupaten Kediri kebaran jenggot dengan unggahan Vidio negatif didunia Maya ( FB ) berdurasi 15 menit dari akun FB Kiki Cahaya milik Munarwiyati.

Vidio yang sepekan beredar di FB Kiki Cahaya sempat menyita perhatian insan pers Kediri , LSM dan Masyarakat , pasalnya dalam tayangan Vidio tampak Seseorang yang diduga warga miskin berinisial Mbah Dimen ( 68 th ) berkeluh kesah tidak menerima Bansos dampak Covid 19 , sementara Mbah DM sudah dua kali datang ke kantor desa dan dua kali Tanda tangan/cap jempol ternyata tidak juga mendapatkan bantuan seperti yang dibayangkan .

Dengan kondisi yang sudah sakit-sakitan DM setia mengantri dengan harapan mendapatkan bansos dari Dana Desa ( BLT-DDS ).

Dari pantauan OposisiNews di akun FB Kiki Cahaya milik MN, banyak tanggapan miring yang dialamatkan pada Pemerintah desa Nambakan.

Merasa termarjinalkan oleh nitizen , Pemerintah desa Nambakan atas ijin Pemdes Sumberejo pada Selasa 16 Juni 2020 mengeluarkan surat panggilan dengan nomor 460/865/418.82.09/2020 mengundang pemilik akun Kiki Cahaya atas nama Munarwiyati pukul 10.30 wib bertempat di kantor desa Nambakan untuk mengklarifikasi dan menurunkan Vidio unggahan-nya.

Mediasi selama 2 jam yang dihadiri Babin Kantipmas , Babinsa dan Perwakilan dari Kecamatan Ringenrejo antara pemerintah desa dan pemilik akun sempat alot sementara pihak terpanggil ( Munarwiyati ) tanpa pendampingan terasa hanya wujud peradilan sepihak oleh pemerintah desa Nambakan ,  inti dari mediasi pihak desa Nambakan tidak terima dengan adanya unggahan Vidio tersebut dan pihak desa Nambakan menyuruh untuk menghapus video yang Sudah di unggah akun FB Kiki Cahaya .  Dengan terpaksa pemilik Akun FB merasa terpojok dan tidak ada pendampingan dari desa tempatnya tinggal  menghapus video tersebut.

Disisi lain M.Rifa'i pengiat LSM Gerak  Indonesia menyikapi dan menilik  Surat undangan yang di tujukan ke saudara Kiki cahaya  diduga ada kejanggalan dan penyalahgunaan wewenang pihak desa secara sistematis karena diketahui dan dihadiri oleh pihak lain ( Babinkamtibmas , Babinsa dan Kecamatan ) .

Pihaknya ( LSM GI )  akan menindaklanjuti melaporkan tindakan desa Nambakan ke  inspektorat kabupaten Kediri, dengan salah satu  alasan pemilik Akun FB Kiki cahaya adalah warga desa lain dan kecamatan lain tapi surat panggilan/undangan langsung di tujukan dan di antar dari pihak desa Nambakan.

" Jika pihak desa merasa dirugikan akan unggahan akun FB Kiki C milik MN semestinya pihak desa menempuh jalur hukum karena akun FB Kiki C telah melanggar UU ITE , jika pihak desa tidak bisa membuktikan kalau berita itu hanya Hoax , pihak MN pemilik akun FB Kiki benar pihak desa bisa dituntut balik karena menyalahgunakan kewenangan dan membuat orang lain tidak nyaman ," Ujarnya.

Dari hasil keterangan Heru .S , Kepala Desa Nambakan pada berita OposisiNews melalui pesan WhatsApp-nya mengatakan ' Pihak desa tidak berani memanggil pemilik akun FB Kiki C jika belum kordinasi dengan Pemdes , dari hasil kordinasi pihak Pemdes mempersilahkan memanggil yang bersangkutan MN ( Kiki C.red ).

Terkait tanda tangan dan cap jempol yang dilakukan Mbah DM bukan untuk mengambil bantuan namun untuk membuat buku rekening dan mengambil buku rekening , untuk sementara Munarwiyati pemilik akun FB Kiki C kemarin sudah meminta maaf akan kekilafan-nya dan menghapus Postingannya , ucap Kades Nambakan melalui WA telpon selulernya. ( WN )

Reporter.Wondo
Editor .Bambang PW
Home » » Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, Beginilah Satpas Tangguh Semeru Polresta Sidoarjo

Terapkan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19, Beginilah Satpas Tangguh Semeru Polresta Sidoarjo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, khususnya untuk pengurusan SIM, Satlantas Polresta Sidoarjo menerapkan protokol kesehatan di Satpas Mapolresta Sidoarjo. Layanan pencegahan penularan Covid-19 ini dinamai Satpas Tangguh Semeru Polresta Sidoarjo.

Saat kendaraaan yang dibawa masyarakat masuk gerbang Mapolresta Sidoarjo akan disambut dengan penyemprotan disinfektan, kemudian yang bersangkutan harus melewati bilik disinfektan setelah itu dilakukan pengukuran suhu tubuh.

Selain itu, SOP kesehatan pencegahan Covid-19, juga diterapkan dalam pengaturan tempat duduk antrian. Setiap orang terpisahkan satu kursi kosong. Kemudian loket antrian juga menerapkan physical distancing. Antrian tunggu pelayanan SIM juga ditata rapi dan ada jarak pemisah satu dengan lainnya.

Apabila ada penanganan darurat bila didapati pengurus SIM yang terindikasi gejala Covid-19, di dalam ruang pelayanan juga terdapat posko kesehatan dan ambulance yang senantiasa siaga.

"Di sini, petugas dan masyarakat juga dibatasi ada sekat pemisah, jadi tidak bisa bersinggungan langsung. Agar antriannya tidak berjubel, pelayanan Satpas Tangguh Semeru Polresta Sidoarjo membuka pendafataran secara online dibatasi 350-400 per hari," jelas Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji,  saat melaunching Satpas Tangguh Semeru Polresta Sidoarjo.Rabu,17/6/2020.

Kombes Pol. Sumardji menambahkan bahwa program Satpas Tangguh Semeru ini merupakan implementasi dari Kapolri adalah yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Peluncuran Satpas Tangguh Semeru Polresta Sidoarjo ini juga dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, serta Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi. Wabup Nur Ahmad menyampaikan, bahwa ini merupakan perwujudan transisi menuju new normal, jadi pelayanan Satpas Tangguh Semeru di Polresta Sidoarjo sudah mengacu kepada SOP kesehatan.

"Mulai dari pelayanan awal hingga akhir sudah tertata sedemikian rupa, seperti physical distancing juga SOP tetap dilakukan," terangnya.

Lanjut Cak Nur sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo, bahwa pelayanan seperti inilah yang kita inginkan. Jadi New Normal ya seperti ini, pelayanan dapat berjalan semuanya dengan menerapkan SOP kesehatan.

"Pelayanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang ada di Polresta Sidoarjo ini, bisa menjadi role module bagi instansi lain yang ada di Kabupaten Sidoarjo, baik di pemerintahan maupun swasta," pungkas Nur Ahmad Syaifuddin.(Bg)
Home » » Tujuh Desa di Kecamatan Krembung Kompak Dirikan Kampung Tangguh

Tujuh Desa di Kecamatan Krembung Kompak Dirikan Kampung Tangguh

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Geliat Kampung Tangguh Semeru terus bermunculan. Kali ini giliran Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, yang meluncurkannya di tujuh desa, Rabu 17/6/2020.

Ketujuh desa yang meluncurkan Kampung Tangguh Semeru tersebut, antara lain Desa Krembung, Desa Rejeni, Desa Keper, Desa Tanjekwagir, Desa Kedungrawan, Desa Wonomlati, dan Desa Tambakrejo. Kesemunya melengkapi posko kampung tangguhnya dengan berbagai sarana sesuai SOP konsep kampung tangguh.

Terdapat ruang isolasi apabila ada warga yang bergejala Covid-19, ruang kesehatan, lumbung pangan, pos ceck point, Penerapan protokol kesehatan, satgas-satgas, hingga adanya sentra UMKM masing-masing desa.

Atas upaya warga di Kecamatan Krembung tersebut, hadir pada acara launching Kampung Tangguh Kecamatan Krembung. Plt. Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Forkopimka Krembung, serta pengurus masing-masing kampung tangguh setempat.

Dalam kesempatan ini, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji mengucapkan terima kasih atas upaya warga Krembung membentuk Kampung Tangguh Semeru. Warga dengan dibantu tiga pilar harus dapat melestarikan kampung tangguh. Karena manfaatnya begitu banyak, agar wilayah kita tangguh dalam segala hal, sehingga tidak hanya tangguh melawan penyebaran Covid-19 saja.

Apresiasi juga disampaikan Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Staifuddin. Ia mengatakan bahwa di Kampung Tangguh Semeru semua program tertampung di dalamnya. Sebagaimana dengan adanya satgas-satgas. Ada satgas keamanan, kebutuhan pangan, kesehatan, kematian, dan sebagainya.

“Mari terus gelorakan semangat kampung tangguh ini. Jika semua warga terlibat di dalamnya. Maka desa maupun perkampungan kita akan tangguh ke depannya. Termasuk dengan terbuktinya penyebaran Covid-19 di sejumlah zona merah Sidoarjo dapat menurun,” jelasnya.  ( Bg )
Home » » 20 Desa Luncurkan Kampung Tangguh Semeru di Kecamatan Balongbendo

20 Desa Luncurkan Kampung Tangguh Semeru di Kecamatan Balongbendo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Komitmen untuk mewujudkan ketangguhan di tingkat desa dalam segala hal, termasuk tangguh menangkal penyebaran Covid-19, sebanyak 20 desa di Kecamatan Balongbendo kompak luncurkan Kampung Tangguh Semeru.

Peluncuran 20 Kampung Tangguh Semeru Kecamatan Balongbendo tersebut, berlangsung pada Selasa malam bertempat di Desa Jabaran, Balongbendo. Dengan dihadiri Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Forkopimka Balongbendo, serta perangkat desa dan warga setempat.selasa, 16/6/2020.

Ditandai dengan pemotongan pita oleh Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Muhammad Iswan Nusi, serta penyerahan bantuan sembako dari Plt. Bupati Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo serta Dandim 0816 Sidoarjo. Yang kemudian dilanjutkan dengan pengecekan ruang isolasi, ruang kesehatan, lumbung panngan juga ada sentra UMKM warga.

Camat Balongbendo Puguh Santoso menyampaikan bahwa sebagian besar wilayahnya berkomitmen dan bersungguh-sungguh, mewujudkan wilayah yang tangguh di berbagai sektor. Termasuk tangguh dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Bahkan dengan terbentuknya Kampung Tangguh Semeru di wilayahnya terdapat warganya yang sembuh dari Covid-19.

Adanya 20 desa di Kecamatan Balongbendo, yang telah membentuk Kampung Tangguh Semeru diapresiasi Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. "Semua wilayah baik desa maupun perkampungan di Kabupaten Sidoarjo harus semarak dalam membentuk Kampung Tangguh Semeru. Banyak manfaat dari ada program ini. Meskipun menuju new normal, juga harus terus ada. Namun para warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari," pesannya.

Melalui kekuatan Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, memotivasi warga agar saling gotong royong dan menguatkan dalam penerapan segala protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan upaya tersebut, sehingga desa maupun kelurahan akan menjadi tangguh. Warganya pun tangguh, khususnya menghadapi pandemi Covid-19. Misal contoh, dengan adanya satgas-satgas yang ada di dalam Kampung Tangguh Semeru. Seperti yang dilakukan dalam simulasi penanganan korban Covid-19, dan penerapan protokol kesehatan di pos check point saat memeriksa orang luar masuk ke wilayah kita.

"Sebab itu, jika Kampung Tangguh Semeru ini sudah dapat dijalankan dengan tepat oleh warga. Saya berharap posko ini akan terus lestari, agar wilayah kita semakin tangguh dan kondusifitas kamtibmas kita tetap aman," khatanya Kapolresta Sidoarjo.(Bg )
Home » » Kabupaten Sikka Siapkan Catridge 'TCM' Tes Cepat Molikuler

Kabupaten Sikka Siapkan Catridge 'TCM' Tes Cepat Molikuler

Juru bicara satgas Covid19
Sikka,OposisiNews.co.id- Juru Bicara Satgas Covid-19  Kabupaten Sikka,Nusa Tenggara Timur, Petrus Herlemus dalam jumpa pers bersama  awak  media di  Posko Media Center menjelaskan bahwa "Catridge untuk tes cepat molikuler sudah tiba Kemarin di Maumere, sekarang dalam proses instalasi dan semua logistik pendukungpun sudah tersedia,Kita siap,"ujar Petrus, selasa( 16/06/2020).

Diantara beberapa rumah sakit yang di tunjuk sebagai rumah sakit rujukan untuk pemeriksaaan sampel swab,RSUD. dr.TC. Hilers  Maumere sendiri merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk wilayah flores timur dan lembata, yang  paling siap  dikarenakan semua logistik pendukung sudah lengkap,"kami juga berharap  semoga minggu depan kita sudah bisa melakukan pemeriksaan sampel swab sendiri,"lanjut Petrus.

Pemeriksaan sampel swab, melalui tes cepat molikuler hanya membutuhkan waktu selama 45 menit,"dengan adanya catrigde test cepat molikuler (TCM) ini kita bisa mendeteksi lebih dini sehingga setiap tiga hari akan di lakukan test swab untuk  setiap rapid-tes yang hasilnya reaktif dari pada kita menunggu pemeriksaa swab dari laboratorium W.Z Johanes Kupang,"jelas Petrus.

Petrus juga menambahkan bahwa akan ada pelatihan implementasi bagi 20 peserta teknik medis, masing-masing peserta teknik medis merupakan utusan dari  Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten Sikka dan
RSUD.dr.TC Hilers Maumere.Dan setiap hari akan ada 5 orang yang bertugas di laboratorium RSUD.dr. TC.Hilers Maumere.

Pelatihan Implementasi pemeriksaan swab di RSUD.dr.TC Hilers Maumere ini dilaksankan selama dua hari, yaitu pada hari rabu dan kamis(17-18/06/2020) dan secara langsung dipandu secara virtual oleh Kementrian Kesehatan ( kemenkes) RI, ungkap Petrus Herlemus.( EY )


Reporter.Ernensia Yunita
Editor .Bambang PW

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon