Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Optimalkan Pendekatan Presuasif Di Tengah Pandemi Covid-19

Optimalkan Pendekatan Presuasif Di Tengah Pandemi Covid-19

Written By BBG Publizer on Minggu, 14 Juni 2020 | 20.18

Kantor desa Pangkur Kec.Pangkur Kabupaten Ngawi
Ngawi,OposisiNews.Co.Id - Upaya memaksimalkan Dana Desa untuk Infrastruktur  , Pemdes Pangkur Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi Optimalkan pendekatan presuasif pada warga dan tokoh masyarakat dalam meminimalisir gejolak dampak pergeseran anggaran dana desa mendasar Permendes dan SE Bupati Ngawi.

Pemanfaatan Dana Desa untuk tahun anggaran 2020 secara nasional mengalami pergeseran untuk penanganan , pencegahan pendemik Corona dan Bantuan Langsung Tunai ( BLT-DDS ) yang telah diatur oleh Permendes berkisar 25%, 30% sampai 35% ( batas maxsimal ) sesuai besaran Dana Desa ( DD ) yang diterima desa.

Suasana kerja pemdes
Pangkur
Akibat terjadinya pergeseran anggaran , pemdes Pangkur melakukan pendekatan pada semua elemen dengan memgedepankan transparasi anggaran untuk membahas dan menentukan titik pekerjaan yang rencana ditunda dan kembali direncanakan pada tahun anggaran 2021.

" Ada tiga item prioritas desa yang pelaksanaannya ditunda tahun 2021 , meliputi pembangunan Drainase Dusun Ngleri RT 02 besar anggaran Rp 81 juta , Belanja Modal TK/TPA/ Paud sebesar Rp 30 juta dan Belanja Posyandu Lansia / Taman Posyandu sebesar Rp 30 juta ", ungkap Suhardi .Kepala desa Pangkur.

" Semua anggaran pergeseran dana desa teralokasikan untuk Penanggulangan bencana sebesar Rp.54.567.000 dan Bantuan Langsung Tunai pada KPM : 36 KK sebesar Rp 97.200.000 ", terang kades

" Untuk tahun ini Dana Desa ada pergeseran anggaran berkisar Rp 152.868.519 , alhamdullilah dengan kejadian ini tidak terjadi pergolakan/ Miss dimasyarakat akibat penundaan infrastruktur semua atas profesional kerja perangkat dibantu tokoh masyarakat memberikan sosialisasi serta kedewasaan warga atas kondisi sekarang ini " , imbuhnya.

Info Grafis APBD 2020
Desa Pangkur
Sementara untuk pembangunan fisik ( infrastruktur ) yang terpantau awak media OposisiNews berjalan semestinya Pemeliharaan Sanitasi Pemukiman Rp 42.700.000 ( DD ) , Pembangunan Sumur Sible Rp 83.141.000 ( DD ) , Pembangunan Sumur PAMSiMAS Rp 49.800.000 ( DD ) , Perhubungan , Komunikasi dan Informatika  Rp 9 juta ( DD ), Pemeliharaan jalan desa Rp 22.116.000 ( DD )  , 3 titik pavingisasi jalin ( jalan lingkungan ) di dusun serenan dan Sambirobyong semantara dari informasi papan kegiatan yang terpasang 5 titik pavingisasi di biayai BK Sapras , semtara satu titik Pembangunan /rehabilitasi / pengerasan / peningkatan jembatan desa dibiayai DD/BHP/BHR /SDD sebesar Rp 89.865.600 .

Dari keterangan TPK Kegiatan desa.Ruswanto , " Semua kegiatan infrastruktur dilakukan dan melibatkan warga setempat dengan skema PKT tanpa meninggalkan protap Covid 19 untuk keselamatan warga dan alhamdullillah berjalan seperti harapan " .  ( Red.Adv )
Home » » Wilson Lalengke Menjadi Narasumber pada Webinar Nasional PPKN Universitas Riau

Wilson Lalengke Menjadi Narasumber pada Webinar Nasional PPKN Universitas Riau

Jakarta,OposisiNews.Co.Id – Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA didaulat menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Webinar Nasional bertema “Aktualisasi Pembelajaran PPKn di Era New Normal” yang diadakan secara online menggunakan aplikasi ZOOM Meeting, Sabtu, 13 Juni 2020. Kegiatan yang menghadirkan 3 orang narasumber itu dilaksanakan oleh Ikatan Alumni PPKn Universitas Riau (IKA PPKN Unri) bekerjasama dengan Program Studi PPKn Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unri, Pekanbaru.

Wilson Lalengke yang merupakan salah satu alumni dari Prodi PPKn Unri ini membawakan materi dengan judul “Pembelajaran PPKn Dunia Maya, Rekayasa Karakter Keluarga”. Sementara itu, narasumber lainnya, Dr. Hambali, mempresentasekan tentang penerapan pembelajaran PPKn di Era New Normal. Narasamuber lainnya, Dr. Epi Saepudin berbicara tentang Strategi Pembelajaran PPKn di Era New Normal.

Webinar Nasional yang dipandu oleh Dr. Suyitno dari UAD Yogyakarta ini diikuti hampir 200-an peserta dari berbagai daerah. Menurut laporan panitia, peserta yang umumnya para guru PPKn itu berasal dari 4 pulau besar di Indonesia, yakni dari Sumareta, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. “Berdasarkan absensi yang diterima panitia, para peserta kegiatan Webinar Nasional ini tersebar dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi,” ujar Drs. Sahirman, M.H, Ketua IKA PPKn FKI Unri sesaat sebelum menutup acara Webinar.

Dalam pemaparannya, Wilson Lalengke menekankan pentingnya melibatkan peran keluarga secara aktif dalam pembelajaran PPKn di masa yang akan datang ini. “Pembelajaran PPKn di dunia maya di era new normal pada hakekatnya adalah memindahkan kelas ke rumah masing-masing siswa. Oleh karena itu, pelibatan seluruh anggota keluarga peserta didik, seperti ibu, ayah, adik, abang, kakak, kakek, nenek, dan lain-lainnya, adalah mutlak dan sangat penting,” demikian intisari dari pemaparan Wilson yang merupakan Lulusan PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara ini. Room meeting di aplikasi ZOOM tidak mencukupi, dan untuk menyiasatinya, panitia menyediakan channel YouTube khusus untuk kelebihan peserta yang juga ingin mengikuti acara webinar tersebut. “Menurut saya pembelajaran PKn akan efektif jika didukung oleh ketahanan keluarga, terlebih saat ini karena keluarga yang utama dan pertama,” tulis salah satu peserta, Ibu RR Nanik Setyowati di channel Youtube Webinar.

Peserta lainnya memberikan komentar tentang materi dan presentase yang disampaikan para narasumber. Van E. Taarpe, misalnya, mengomentari positif terhadap presentase dari Ketua Umum PPWI, Wilson Lalengke. “Materinya bagus Pak Wilson, sesuai dengan konteks saat ini,” tulis Taarpe di chanel Youtube yang sama.

Berikut, resume rekaman presentase “Pembelajaran PPKn Dunia, Rekayasa Karakter Keluarga” yang dibawakan oleh Wilson pada Webinar Nasional dimaksud. (APL/Red)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon