Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » LBH CEPU RAYA SOROTI PENYIMPANGAN BBM SUBSIDI DI CEPU

LBH CEPU RAYA SOROTI PENYIMPANGAN BBM SUBSIDI DI CEPU

Written By BBG Publizer on Kamis, 11 Juni 2020 | 18.38

Ketua LBH Cepu Raya.
Farid Rudiantoro.SH
Cepu.OposisiNews.Co.Id- Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Cepu Raya Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, mendapati adanya dugaan penyimpangan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi di wilayah Cepu.

Direktur LBH Cepu Raya, Farid Rudiantoro Saat ditemui Awak OPOSISINEWS  mengatakan, adanya pengangkutan BBM Subsidi dengan jerigen maupun kendaraan yang telah di modifikasi khususnya pada tangki Kendaraan roda Dua  & Empat.

"Kalau subsidi untuk masyarakat, ya harus didistribusikan kepada masyarakat. Ganjil juga, kalau pengiriman BBM subsidi sebanyak 16.000 liter, habis dalam beberapa jam. Pukul 12.30 datang, tapi pukul 16.30 sudah habis," ujar Farid .

Kejadian tersebut  hampir setiap hari terjadi. Siang BBM dikirim, sore sudah habis. "Ini ada dugaan  penyimpangan," kata dia.masih menurut Farid , Lebih mencurigakan lagi, pengambilan BBM diwaktu tengah malam. Baik dengan kendaraan roda dua dan empat modifikasi maupun dengan jerigen dalam jumlah banyak.

Di duga perbuatan tersebut telah masuk dalam tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 23 ayat (2) huruf c Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi (UU MIGAS). “Setiap orang yang melakukan pengangkutan minyak bersubsidi tanpa adanya Izin Usaha Pengangkutan dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan denda paling tinggi Rp40.000.000.000,00 (empat puluh miliar rupiah).”

Juga ada Ancaman pidana bilamana seseorang melakukan penyimpanan  tanpa adanya izin penyimpanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23  bisa terkena pidana dengan  penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling tinggi Rp30.000.000.000,00 (tiga puluh miliar rupiah).

“Dua uraian itu, pembeli BBM dengan jerigen dengan jumlah banyak dapat diduga melakukan penyimpanan tanpa izin, baik izin angkut minyak bersubsidi maupun izin penyimpanannya. Sehingga dapat dipidana.”Jelasnya .

Dia ( Farid .red ) mendesak, harus ada penindakan tegas. Sebelum banyak masyarakat yang dirugikan. Dugaan kuat, semua SPBU di Cepu ada penyimpangan.  Bahwa ada segelintir oknum warga masyarakat yang tidak bertanggung jawab dengan Mengambil keuntungan BBM bersubsid tersebut.

Dari sumber cukup valid yang tidak mau disebut namanya bahwa Di Cepu diduga oknum warga  jadi pemodal/Broker pembelian BBM SUBSIDI berjumlah besar dia memiliki beberapa anak buah juga puluhan kendaraan roda dua dan empat, yang anak buahnya dipekerjakan sebagai Pengangkut BBM Bersubsidi/Premium yang dibelinya di  SPBU di wilayah cepu, Oknum tersebut  menyediakan puluhan kendaraan roda Dua dan Empat pada anak buahnya yang telah di modifikasi agar kapasitas tangkinya berisi banyak .

”Mereka mengisi penuh tangki sepeda motor Thunder yang dimodifikasi dengan kapasitas isi 35 Liter”Ungkap Sumber tersebut. ”Dan dalam sehari setiap motornya tidak hanya sekali dua kali mengisi penuh tangki yang dimodif tetapi berulang kali ,Satu motornya dalam sehari setelah BBM dituang dilokasi penimbunan mereka bisa bolak balik ke SPBU  sampai 3 sampai 5 kali untuk kembali melakukan  pembelian BBM Bersubsidi”Ungkap.

Sangat disayangkan diduga Pihak SPBU sudah mengetahui praktek nakal itu namun tidak menegur bahkan terkesan membiarkan dan diindikasi terjadi kongkalingkong dimafia BBM ber-subsidi.

Bahkan cibiran sinis menjadi hal lumrah diperbincangkan ditengah masyarakat adanya uang komisi pada oknum SPBU dari Sang Broker.sebenarnya beberapa bulan lalu   karena kegiatan nakal tersebut telah terendus oleh aparatur bahkan sempat ada yang terkena razia , namun lagi-lagi karena kuatnya beking mafia BBM subsidi , Oknum yang terjaring melenggang bebas  tidak diproses hukum dan tetap melakukan  kegiatan illegal itu tanpa jera.

“Dalam sehari Ribuan liter BBM Bersubsidi bisa mereka beli ,Ironisnya terkadang Pihak SPBU  sampai merasa risih dan takut hingga memasang papan “PREMIUM HABIS” Yang sebetulnya BBM Bersubsidi di SPBU tersebut masih ada Stok karena kuatir bila tetap melayani Pembelian Premium,Rombongan kendaraan roda dua yang tangkinya sudah di modifikasi akan melakukan pembelian Besar besaran karena bila tidak dilayani ada ancaman dari pembeli tersebut” Jelas  pengiat sosial cepu yang namanya egan dimediakan.
   
Menurut Farid Rudiantoro.advokasi yang beralamat di Nglajo gang 5 dan berkantor praktek di jalan By pass Cepu Menegaskan bahwa BBM bersubsidi  peruntukannya pada masyarakat harus tepat sasaran.
Dalam UU Migas jelas telah diatur Apabila benar ada yang berani melakukan pengangkutan dan penyimpanan BBM Bersubsidi  secara ilegal ada  konsekuensi hukum bagi para pelakunya.

"Kami mempunyai bukti yang kuat adanya dugaan penyimpangan tersebut. Kami akan  segera akan menindaklanjuti dengan membuat laporan," tegas Pengacara farid.

Adapun laporan tersebut akan dilayangkan ke Pertamina supaya memberikan sanksi tegas kepada SPBU. Berupa pencabutan izin. Serta, membuat laporan ke Mabes Polri untuk menindak lanjuti pidananya. Dikarenakan dalam UU migas sudah jelas ada pidana dan denda.

"Harapan saya, BBM Subsidi tersebut mutlak hak rakyat. Maka pendistribusiannya harus ke rakyat. Dan harus dinikmati oleh rakyat. Bukan dinikmati oleh segelintir orang, yang hanya untuk mengambil keuntungan. Sehingga merugikan rakyat," tandasnya.(DW)
Home » » Transisi New Normal Pemkab Sidoarjo Buka Aktivitas Ekonomi Hingga Jam 11 Malam

Transisi New Normal Pemkab Sidoarjo Buka Aktivitas Ekonomi Hingga Jam 11 Malam

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Masa transisi new normal di Sidoarjo mulai diberlakukan setelah mendapat persetujuan Guburnur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Kebijakan yang diambil Pemkab Sidoarjo selama masa transisi new normal dengan membuka seluruh aktivitas ekonomi hingga jam 11 malam. Kecuali tempat hiburan seperti karaoke masih belum diperbolehkan operasional karena dinilai masih rentan menjadi akses penularan.

Pelaku usaha diminta menerapkan protokol kesehatan begitu juga dengan tempat wisata sudah diperbolehkan beroperasional, kecuali wisata air belum boleh diperbolehkan. Jumlah pengunjung mulai dari restoran, mal hingga tempat wisata dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas yang ada agar tetap bisa jaga jarak atau physical distancing.

Begitu juga dengan ojek online sudah diperbolehkan mengangkut penumpang. Angkutan online dibatasi maksimal 50 persen dari jumlah kursi penumpang.

“Aktivitas ekonomi kita buka semua sampai jam 11 malam. Untuk sementara tempat hiburan malam seperti karaoke masih belum diperbolehkan buka pertimbangannya karena sulitnya pengawasan dan rentan terjadi penyeraran covid-19. Tranportasi onlie seperti ojek online sudah boleh mengangkut penumpang. Semua sudah kami berikan keleluasaan tetapi penerapan terhadap protokol kesehatan tetap dilaksanakan dan akan kita awasi”, ujar Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin usai penandatangan komitmen bersama penanganan Covid-19 di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Kamis, 11/6/2020.

Wabup Nur Ahmad menyarankan seluruh check point di jalan-jalan protokol dihapus dan akan dialihkan ke desa-desa. Pemkab Sidoarjo akan memfokuskan pada penguatan kampung tangguh sebagai tempat edukasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

Transisi new normal lebih ditekankan pada penerapan protokol kesehatan dimana sebagai ujung tombak ada di desa-desa. Saat ini sudah ada 70 kampung tangguh yang terbentuk, nantinya seluruh desa akan dibentuk kampung.

“Transisi new normal ini bukan normal yang absolut ya, normal yang kayak dulu, tetapi normal dengan SOP protokol kesehatan. Oleh karena itu kita harus memberikan pencerahan kepada masyarakat, memberikan edukasi kepada masyarakat. Tempatnya tidak lain adalah ada di desa, ada di kampung tangguh. Jadi kalau ada kampung tangguhnya maka saya yakin sudah disitu paket kegiatannya pasti ada promotifnya, preventifnya, ada kuratifnya karena disitu pasti ada bidan desa dan juga ada pastisipasi sosial karena banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Jadi ke empat faktor itu nanti harus ada di dalam program kampung tangguh”. (Bg)
Home » » Desa Pagerwojo Launching Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Sidoarjo Harapkan Terus Lestari

Desa Pagerwojo Launching Kampung Tangguh Semeru, Kapolresta Sidoarjo Harapkan Terus Lestari

Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Keseriusan warga di tingkat desa dalam menekan penyebaran Covid-19, melalui pembentukan Kampung Tangguh Semeru terus berlanjut. satu lagi Posko Kampung Tangguh Semeru di luncurkan di Balai Desa Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo.Rabu, 10/6/2020.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Muhammad Iswan Nusi, Forkopimka Buduran, Kepala Desa Pagerwojo beserta perangkatnya, Wakapolresta Sidoarjo beserta pejabat utama Polresta Sidoarjo.

Kepala Desa Pagerwojo Ahmad Mulyanto menyampaikan bahwa di wilayahnya terdapat empat positif Covid-19, salah satu diantaranya meninggal dunia. Berangkat dari wabah Virus Corona yang harus dilawan bersama, maka ia dengan warganya bergerak cepat membentuk Posko Kampung Tangguh beserta check point di beberapa titik dengan SOP ketat.

Posko Kampung Tangguh Semeru Desa Pagerwojo juga ditopang dengan adanya ruang kesehatan, ruang isolasi, lumbung pangan, dan upaya-upaya lainnya sebagai langkah pencegahan Covid-19. “Karenanya semoga ikhtiar kami ini dapat dengan cepat menekan penyebaran Covid-19,” ujar Kades Pagerwojo Ahmad Mulyanto.

Keberadaan Kampung Tangguh Semeru di tengah pandemi Covid-19, tidak hanya berdampak positif guna menekan penyebaran virus tersebut. Akan tetapi dapat membentuk ketangguhan lainnya bagi masyarakat.

Melihat semakin bergeliatnya semangat masyarakat untuk membentuk Kampung Tangguh Semeru di desa maupun perkampungan, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menganggap bahwa manfaat dari adanya Kampung Tangguh Semeru ini begitu banyak.

Tidak hanya efektif menekan laju penyebaran Covid-19 secara maksimal, Kampung Tangguh Semeru menurut Kombes Pol. Sumardji juga membuat tangguh segala hal, termasuk keamanan di Tengah masyarakat.

“Ya, banyak yang merasakan bahwa tangguh dalam penguatan harkamtibmas, merupakan manfaat lain dari adanya Kampung Tangguh Semeru. Sebab itu, keberadaannya harus lestari, Kampung Tangguh Semeru harus terus dijalankan di setiap desa,” harap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.

Keberadaan Kampung Tangguh Semeru juga melatih masyarakat untuk hidup gotong royong dan saling peduli. Jika konsep seperti ini dijalankan terus, tambah Kapolresta Sidoarjo situasi kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo akan tetap aman dan kondusif.

Dukungan juga disampaikan Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin. Ia mengatakan bahwa di Kampung Tangguh Semeru semua program tertampung di dalamnya. Sebagaimana dengan adanya divisi-divisi atau satgas. Ada satgas keamanan, kebutuhan pangan, kesehatan, kematian, dan sebagainya.

“Jika semua warga terlibat di dalamnya. Maka desa maupun perkampungan kita akan tangguh ke depannya. Termasuk dengan terbuktinya penyebaran Covid-19 di sejumlah zona merah Sidoarjo dapat menurun,” jelasnya.

Saat ini memasuki masa transisi new normal. Cak Nur berharap masyarakat dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan prncegahan Covid-19 dalam segala aktifitas di mana saja. Jika semua disiplin menerapkannya maka kita akan tangguh memasuki fase new normal. “Mari saling menguatkan untuk penerapan protokol kesehatan tersebut, agar kita tangguh menghadapi Covid-19,” pungkasnya.( Bg )

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon