Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Pemkab Sidoarjo Akan Bantu Kampung Tangguh

Pemkab Sidoarjo Akan Bantu Kampung Tangguh

Written By BBG Publizer on Minggu, 07 Juni 2020 | 23.10

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH kembali melaunching Kampung Tangguh melawan Covid-19. Kali ini Desa Sawocangkring Kecamatan Wonoayu menyatakan diri sebagai kampung tangguh, Dibuktikan dengan dibentuknya Satgas Satgas percepatan penanganan Covid-19. Baik Satgas pencegahan penyebaran Covid-19 maupun Satgas penanganan  dampak sosial akibat pandemi virus tersebut. Lumbung pangan maupun dapur umum yang diperuntukkan bagi masyarakat terdampak Covid-19 ada dalam kampung tangguh.minggu, 7/6/2020.

Dalam sambutannya, Wabup H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan pandemi Covid-19 merupakan masalah besar. Penanganannya membutuhkan kebersamaan semua pihak. Tidak hanya cukup diselesaikan pemerintah saja. Masyarakat diharapkan dapat ikut serta dalam mencegah penyebarannya.

Wabup melihat kampung tangguh merupakan bentuk keikutsertaan masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19. Disitu terdapat upaya-upaya nyata masyarakat untuk menghentikan pandemi Covid-19. Upaya preventif, kuratif, promotif  dilakukan dalam kampung tangguh. Oleh karena itu kedepan Pemkab Sidoarjo akan membantu keberadaan kampung tangguh. Pasalnya dirinya menilai kampung tangguh seperti ini merupakan garda terdepan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Wabup juga menyampaikan kunci pencegahan penyebaran Covid-19 ada di masyarakat. Masyarakat  diharapkan disiplin menerapkan SOP (Standart Operasional Prosedur) protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Seperti menjaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan selalu memakai masker. Dikatakannya penularan virus tersebut dapat terjadi bila ada media perantaranya. Antara orang dengan orang lain.  Virus tersebut tidak ditularkan melalui udara. Dengan kata lain virus tersebut tidak beterbangan.  Oleh karena itu masyarakat diharapkan patuh menjaga protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah.

Wabup berharap  kampung tangguh ada diseluruh desa kelurahan yang ada. Oleh karena itu dirinya berharap masyarakat memiliki keinginan untuk menciptakan kampung tangguh di tempatnya. Dikatakannya kampung tangguh menjadi bagian dari persiapan new normal.

"Kampung tangguh itu bagian dari masyarakat menuju new normal,"ucapnya. (Bg).
Home » » Warga Desa Sawocangkring Wonoayu, Kenalkan Kemandirian Wirausaha Hingga Bentuk Kampung Tangguh Semeru

Warga Desa Sawocangkring Wonoayu, Kenalkan Kemandirian Wirausaha Hingga Bentuk Kampung Tangguh Semeru

SIDOARJO,OposisiNews.co.id - Guna menekan lonjakan angka penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, tepatnya di Desa Sawocangkring diluncurkan Posko Kampung Tangguh Semeru.minggu ,7/6/2020.

Hadir dalam kegiatan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, instansi terkait, dan Forkopimka Wonoayu bertempat di Balai Desa Sawocangkring. Kemudian ditandai dengan pemberian 50 paket bantuan sembako dan 500 masker dari Pemkab Sidoarjo, serta 100 paket sembako dari Kapolresta Sidoarjo kepada warga setempat.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon ke udara, serta pengecekan pos-pos pantau, check point Kampung Tangguh Semeru, produk-produk UMKM dan home industri, dapur umum serta minuman herbal buatan warga setempat.

Terkait upaya warga Desa Sawocangkring dalam melawan Covid-19, serta membentuk Kampung Tangguh Semeru mendapatkan apresiasi dari Plt. Bupati Sidoarjo yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. Bahwa keberadaan Posko Kampung Tangguh yang didukung dengan segala macam kelengkapan ditambah segala potensi masyarakatnya tentu membuat sebuah desa akan kuat terhadap adanya pandemi Covid-19 ini.

"Pandemi ini merupakan persoalan besar yang dapat kita atasi bersama-sama. Salah satunya dengan adanya kampung tangguh. Sebelumnya di Desa Sawocangkring terdapat empat orang positif Covid-19, nah dengan komitmen kita bersama ini tidak ada lagi pertambahan, serta yang positif dapat segera sembuh," kata pria yang akrab disapa Cak Nur tersebut.

Sementara Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji mengatakan, pihaknya mengapresiasi upaya dan komitmen warga dalam pembentukan Kampung Tangguh Semeru Desa Sawocangkring, untuk bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Adanya geliat roda perekonomian warga Desa Sawocangkring melalui kerajinan blangkon, busana adat, upaya pemenuhan pangan secara mandiri seperti adanya tanaman hidroponik dan tanaman herbal yang diolah menjadi aneka minuman, membuat Kapolresta Sidoarjo bangga bahwa ini adalah gambaran optimisme warga setempat yang mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat untuk disiplin mematuhi peraturan pemerintah dan tata tertib yang disampaikan perangkat desa. “Dengan disiplin mematuhi peraturan maka upaya memutus mata rantai Covid-19 dapat segera tercapai,” pungkasnya.( Bg )
Home » » IKA PPKN UNRI Bakal Gelar Webinar Nasional Tentang Pendidikan Pancasila di Era New Normal

IKA PPKN UNRI Bakal Gelar Webinar Nasional Tentang Pendidikan Pancasila di Era New Normal

Riau.OposisiNews.Co.Id - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang digunakan sebagai wahana di dalam mengembangkan juga melestarikan suatu nilai luhur moral yang berakar pada bangsa Indonesia. PPKn bertujuan untuk menumbuhkan pengetahuan atau wawasan serta kesadaran dalam bernegara, sikap dan perilaku yang cinta tanah air, wawasan nusantara, serta juga ketahanan nasional di dalam diri para tiap-tiap calon penerus bangsa.

Di masa Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang dialami oleh Indonesia dan hampir semua negara di dunia, salah satu bidang yang sangat berdampak adalah bidang Pendidikan. Selama masa Pandemi para siswa dan mahasiswa diwajibkan untuk belajar di rumah masing-masing. Hal ini merupakan tantangan besar bagi para guru atau tenaga pengajar untuk mengubah sistem dan metode pembelajaran sehingga pelajaran PPKn dapat tersampaikan kepada para siswa dan mahasiswa.

Oleh karena itu Ikatan Keluarga Alumni (IKA) PPKn Universitas Riau (UNRI) tergerak untuk menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema 'Aktualisasi Pembelajaran PPKn di Era New Normal'. Acara yang terbuka untuk umum, namun diprioritaskan bagi pengampu mata pelajaran PPKn ini, akan dilaksanakan pada hari Sabtu (13/6/2020) pukul 10.00 - 12.00 Wib. Webinar akan dipandu oleh moderator Suyitno, M.Pd seorang alumni PPn Uniri yang saat ini merupakan Dosen UAD Yogyakarta. Pembicara yang akan mengisi acara tersebut adalah Ketua IKA & AP3Kni, Drs. Zahirman, M.H; Koordinator Prodi PPKn, Dr. Hambali, M.Si; Pengamat Pendidikan, Wilson Lalengke, M.Sc., M.A; dan Dosen ITB, Dr. Epin Saepudin, M.Pd, yang kesemuanya adalah para alumni dari Program Studi PPKn Unri, Pekanbaru.

Saat dikonfirmasi oleh awak media pewarta-indonesia via WhatsApp, Zulfainudin, M.Pd., selaku panitia penyelenggara, ia menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara Webinar tersebut yaitu untuk memberikan pemahaman mengenai strategi yang perlu dipersiapkan agar pembelajaran PPKn dapat terealisasi dengan baik di masa New Normal.

"Sasarannya agar pengajar mata pelajaran PPKn dapat menyampaikan pelajaran dengan strategi dan pendekatan tertentu sehingga siswa mencapai kompetensi sesuai dengan jenjang kelasnya masing-masing," jelas Zulfainudin.

Ia berharap dengan diselenggarakan acara tersebut pembelajaran PPKn dapat tercapai, seperti yang disampaikan oleh Prof. Abdul Azis Wahab dan Prof. Sapriya bahwa inovasi dalam pembelajaran PPKn harus selalu dilakukan, dan melalui pembelajaran PPKn diharapkan peserta didik dapat menjadi lebih mandiri dalam memahami dan mencari solusi terhadap berbagai masalah yang dihadapi serta dapat mengambil keputusan yang terbaik bagi penyelesaian masalah tersebut.

"Inovasi yang dimaksud tentu menyesuaikan dengan tuntutan dan kondisi dimana pembelajaran PPKn diajarkan, baik di masa normal, PSBB, maupun New Normal. Pelajaran PPKn tetap harus tersampaikan dengan baik kepada siswa namun dengan strategi dan pendekatan yang harus disesuaikan agar apa yang diharapkan dari pembelajaran dapat tercapai," pungkas Zulfainudin. (Neneng JK)
Home » » PT. YKI 'Tidak ada relokasi pedagang di Pasar Tingkat Maumere'

PT. YKI 'Tidak ada relokasi pedagang di Pasar Tingkat Maumere'

Sikka,OposisiNews.co.id- Rencana Pembangunan Mall  dan hotel dilahan pasar Maumere oleh PT.Yasonus Komunikatama Indonesia ( YKI), menyebabkan terjadinya aksi penolakan oleh  forum  Komunikasi Pengguna Pasar Maumere.

Gelombang aksi KPPM terjadi sejak kemarin , masa aksi penuhi halaman DPRD Kabupaten SIKKA , NTT sebagian perwakilan aksi melakukan mediasi diruang sidang DPRD.

Terkait aksi penolakan oleh KPPM, Direktur Presiden PT. Yasonus Komunikatama Indonesia( YKI), Yamanotona B.Laze memberikan keterangan pers kepada sejumlah  wartawan di Maumere bahwa "Terkait Revitalisasi Pasar dan Pembangunan Mall di pasar tingkat Maumere, tidak ada  penggusuran, tidak ada relokasi, dan pada waktu pembangunan tidak ada rekolokasi,semuanya tetap berdagang di situ selama proses pembanguna," Jelas Yamanotona.

Lebih lanjut Yamanotona B. Lase menjelaskan bahwa  pembangunan mall dan hotel ditingkat Maumere merupakan konsep join swasta ( PT.YKI : saham 60% ) dengan pemerintah daerah ( saham 40% ) yang bakal dikerjakan pembangunannya oleh PT .YKI untuk secepatnya bisa dimanfaatkan dan dikelola bersama antara PT YKI dan Pemda SIKKA dalam satu menejemen PT. MY SIKKA .

"Terkaid retribusi pasar, itu merupakan urusan pemerintah daerah dan bukan wewenangnya kami. Yang merupakan hak kami adalah mall dan hotel sedangkan pasar akan kami serahkan kembali  kepada pemerintah daerah Kabupaten Sikka untuk mengaturnya " , terang Yamanotona.

"Jika para pedagang pasar tingkat yang terwadahi KPPM tidak setuju dengan pembangunan mall dan hotel, PT.YKI  akan mengalihkan pembangunan  ke lokasi yang berbeda,tetapi tetap di Kabupaten Sikka ", imbuhnya.

Konsep kerja sama ( Join ) yang ditawarkan oleh PT.YKI pada Pemerintah Daerah Maumere sebagai upaya peningkatan APBD melalui sektor perdagangan & Hotel . '' Jika PT.YKI membangun dilahan sendiri, dipastikan Pemda hanya mendapatkan APBD dari satu sisi ' Restribusi ' dengan konsep join diharapkan setiap tahun  akan ada pembagian hasil saham dan kontrak kerja sama yang direncanakan berlangsung selama 30 tahun", tutup  Yamanotona .

Sementara itu,Donatus David Ketua DPRD Kabupaten Sikka dalam keterangan persnya mengatakan bahwa, terjadi aksi penolakan kemarin dari  para penguna pasar yang terwadahi KPPM didasari minimnya sosialisasi rencana Mega Proyek Mall & Hotel akibatnya terjadi Miss Comunication antara PT.YKI , Pemkab dan KPPM.

 "Para pengguna pasar pada dasarnya kwatir  jika terjadi pembangunan di lokasi tersebut dan bakal adanya relokasi pedagang, sehingga ini menjadi peran penting dan pembelajaran memahami  , menampung dan mengapresiasi usulan rakyat oleh Birokrasi pemda sikka untuk memberikan sosialisai kepada masyarakat tiap rencana program pembangunan yang bersentuhan langsung dengan hajat hidup rakyat ", ucap Ketua DPRD Sikka.

Dirinya juga menyampaikan bahwa hari senin, 08 juni 2020 DPRD Sikka akan kembali melakukan rapat  dengan PT. YKI, dan kita berharap setelah ada penjelesan yang teperinci dari PT. YKI," mereka akan lebih paham dan  saya optimis  mereka akan bisa menerima keberadaan PT. YKI, "ujar Donatus.

Dampak dari pembangunan Mall & Hotel ditingkat pasar Maumere diharpkan bakal mendongkrak  PAD Kabupaten Sikka dan menyerap tenaga kerja yang ada, hal ini yang menjadi pertimbangan DPRD Sikka, lanjut Donatus David.

" DPRD siap mendukung pembangunan mall dan hotel di pasar tingkat, kalaupun akan di alihkan ke lokasi lain, Kami tetap mendukung," ungkap Donatus. ( EY )


Reporter. Ernensia Yunita

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon