Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Kapolresta Sidoarjo Apresiasi Upaya Warga Kelola Dapur Umum Peduli Dampak Covid-19

Kapolresta Sidoarjo Apresiasi Upaya Warga Kelola Dapur Umum Peduli Dampak Covid-19

Written By BBG Publizer on Minggu, 31 Mei 2020 | 17.44

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Salah satu kunci keberhasilan Kampung Tangguh Semeru dalam menekan penyebaran Covid-19, adalah ketahanan pangan. Tidak hanya tersedianya lumbung pangan, melainkan juga bagaimana peran gotong royong warga dalam mengelola kebutuhan makanan bagi warga terdampak.

Seperti halnya di RW 02, Desa Buduran, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Guna mendukung Kampung Tangguh Semeru, di desa ini telah didirikan Dapur Umum dengan cara swadaya, yang satu-satunya di Kabupaten Sidoarjo. Berdirinya dapur umum tersebut, untuk membantu kebutuhan pangan bagi warga setempat yang terdampak Covid-19.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Sumardji mengapresiasi keberadaan dapur umum di RW 02, Desa Buduran. ia mengunjungi dapur umum desa ini dan disambut baik di RW 02 Desa Buduran oleh Koordinator Kampung Tangguh RW 02 Desa Buduran, Tri Agustiono dan Koordinator Dapur Umum Ny. Ningsih serta relawan dan ibu-ibu PKK yang terlibat langsung ikut memasak di dapur umum.minggu , 31/5/2020.

“Saya sangat bangga, karena ini merupakan bentuk kepedulian warga dalam membantu pemerintah untuk memerangi penyebaran covid-19. Saya berpesan yang sehat harus tetap sehat, sedangkan yang sakit harus bisa sembuh," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.

Ia juga menambahkan bahwa dapur umum yang ada di kawasan RW 02, Desa Buduran, bisa menjadi contoh untuk desa lainnya, selain menerapkan isolasi mandiri bagi warga yang tidak mentaati protokol kesehatan, kampung ini juga mendirikan posko konsultasi Covid-19, yang berguna bagi masyarakat yang kurang memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) protokol kesehatan, serta cara memutus mata rantai Virus Corona, serta mengedukasi masyarakat tentang penularannya antar manusia.

Sementara itu, Ketua Koordinator Kampung Tangguh Semeru RW 02 Desa Buduran, Tri Agustiono menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Kapolresta Sidoarjo beserta staf dan jajarannya mengunjungi dapur umum di wilayahnya.

Kegiatan ini dilakukan secara swadaya, sekitar 300 nasi bungkus tiap harinya untuk didistribusikan pada warga yang membutuhkan. Diantaranya warga kosan/pendatang yang tidak bisa pulang, warga lansia dan warga setempat, yang berprofesi supir taksi, pengemudi ojek online (ojol) dan karyawan yang sudah tidak bekerja lagi (dirumahkan), dengan harapan dapat meringankan beban warga yang sedang terdampak Covid-19.( Bg )
Home » » Plt Bupati Bagikan 300 Nasi Bungkus Setiap Hari Dari Dapur Umum Kampung Tangguh di Buduran

Plt Bupati Bagikan 300 Nasi Bungkus Setiap Hari Dari Dapur Umum Kampung Tangguh di Buduran

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Kepedulian warga Desa Buduran RW. 2, RT. 4 dan RT. 5 membagikan 300 nasi bungkus setiap hari kepada warga yang terdampak Covid-19  mendapat perhatian dari Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin. Pembagian nasi bungkus sudah berjalan satu minggu. Dapur umum PSBB tahap tiga yang didirikan atas inisiatif warga ini memperioritaskan pada warga pendatang yang kontrak atau kos. Sabtu, 30/5/2020.

Inisiator sekaligus koordinator Kampung Tangguh Tri Agustiono mengatakan meski statusnya warga pendatang yang kontrak atau kos mereka tidak bisa pulang kampung. Ditambah lagi karena mayoritas ditempat kerjanya di rumahkan akibat dampak Covid-19. Pembagian nasi bungkus juga diperioritaskan untuk para lansia.

Kekompakan warga desa Buduran tersebut bukan hanya dilakukan oleh bapak-bapak, seperti di dapur umum Ibu-ibu kompak setiap pagi menyiapkan bahan untuk dimasak dan dibagikan pada siang hari.

“Selain mendirikan dapaur umum, kita juga membuatkan tempat isolasi madiri khusus. Meski tidak ada warga yang berstatus positif covid-19 maupun status Pasien Dalam Pengawasan pendirian tempat ini untuk antisipasi, meski saat ini ada 8 warga yang melakukan isolasi mandiri karena mereka melanggar dengan melakukan mudik le Madura saat lebaran kemarin". kata Agus yang juga menjadi wakil ketua RW. 2.

Apresiasi diberikan Cak Nur panggilan akrab Wakil Bupati Sidoarjo sekaligus Ketua Gugus Tugas Penangangan Covid-19 yang datang langsung memberikan semangat kepada warga sekitar terutama para tokoh masyarakat yang telah dengan sukarela membantu warga.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah digagas oleh warga sini, ini akan menjadi contoh bagi desa lain dengan inisiatif sendiri warga kompak mendirikan dapur umum dan tempat isolasi mandiri untuk membantu warga sekitar”, ujar Cak Nur.

Selain memberikan semangat dan apresiasi, Cak Nur juga memberikan bantuan beras dan mie instans untuk bisa dimanfaat di dapur umum desa selama masa pandemic Covid-19.

“Harapan kami setiap desa juga bisa melakukan hal yang sama seperti desa Buduran ini, mendirikan kampung tanggu untuk mencegah penyebaran Covid-19. PSBB tahap ketiga ini berbasis optimalisasi desa dengan saling gotong royong membantu sesama warga. Ini bagus sekali”, pungkasnya. (Bg)
Home » » Menuju New Normal, Satpol PP Kabupaten Sikka Tingkatkan Pengawasan Aktivitas Pasar

Menuju New Normal, Satpol PP Kabupaten Sikka Tingkatkan Pengawasan Aktivitas Pasar

Sikka, Oposisinews.Co.Id - Dalam rangka menjaga keberlangsungan new normal di Kabupaten Sikka, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  Kabupaten terus melakukan pengawasan rutin terhadap aktivitas masyarakat pada sejumlah tempat umum. Lokasi yang menjadi fokus pengawasan, yakni sejumlah pasar yang berada di wilayah Kabupaten Sikka.

Hal itu disampaikan Sekertaris Dinas Satuan Pol PP dan Pemadaman Kebakaran Kabupaten Sikka, Alfons Naga kepada Oposisinews di Posko Central Satgas, Maumere, 30/5/2020.

Dikatakannya, langkah pengawasan tersebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si, dalam Surat Instruksi Bupati Sikka tertanggal 28/5/2020,  Nomor : Gugus Tugas.95/C-19/V/2020.

Ia menjelaskan pengawasan yang dimaksut adalah melakukan upaya-upaya preventif pencegahan penyebaran Covid-19 dengan memberikan sosialisasi serta himbauan-himbauan kepada masyarakat terkait protap Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

"Hari ini kami lakukan pengawasan di Pasar Alok Maumere. Besok dan seterusnya kami akan lakukan juga di pasar-pasar yang lain maupun di tempat umum lainnya, sehingga pada saat masa new normal di tangga 15 Juni nanti, masyarakat  sudah siap," tutur Alfons.

Lanjut dia, saat ini aktifitas masyarakat di Kabupaten Sikka sudah mulai berjalan normal, namun penting bagi masyarakat untuk tetap memperhatikan dan mengikuti aturan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah. ( EN )

Reporter : Ernensia

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon