Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » La Nyala Academia dan Senator Fachrul Razi Bantu Korban Banjir Bandang di Aceh Tengah

La Nyala Academia dan Senator Fachrul Razi Bantu Korban Banjir Bandang di Aceh Tengah

Written By BBG Publizer on Jumat, 22 Mei 2020 | 19.08

Takengon.OposisiNews.Co.Id - La Nyalla Academia bersama Senator Fachrul Razi, anggota DPD RI asal Aceh menyalurkan bantuan Banjir Bandang di Aceh Tengah, Kamis (21/05/2020). Kehadiran tim dan spanduk bertuliskan Bantuan dan Program Sosial Bencana Banjir Bandang di Aceh Tengah, awalnya menarik perhatian publik karena yayasan La Nyala Academia merupakan sebuah yayasan sosial yang didirikan oleh A. La Nyala Mattalitti yang saat ini menjabat sebagai ketua DPD RI.

“La Nyala Dikenal tokoh yang sangat juat beribah dan dermawan bagi masyarakat miskin, Alhamdulillah beliau mau menyisihkan dana nya untuk disumbangkan kepada masyarakat korban banjir bandang dan dampak covid-19 di Aceh Tengah,” jelas Fachrul Razi.

Senator Fachrul Razi tercatat sebagai anggota DPD RI asal Aceh yang aktif bersuara di media, dan sejak bencana banjir bandang, telah beberapa kali menurunkan bantuan sembako di Aceh Tengah. Sejak Kamis hingga Jumat ini, tim relawan peduli banjir bandang yang dibentuk Senator Fachrul Razi mengunjungi rumah-rumah warga guna membagikan langsung bantuan kepada masyarakat korban bencana banjir bandang.

Bantuan tersebut dibagikan dititik terparah banjir dan tanah longsor Desa Paya Tumpi, Kec. Kepayakan. Melalui perwakilan tim Senator Fachrul Razi  dilokasi, sejak Kamis (21/5/2020) tim telah menyalurkan langsung bantuan Paket Ramadhan terhadap masyarakat miskin korban banjir bandang,

 "Paket yang kita salurkan berupa beras, sirup serta kebutuhan lainnya,” ujar ketua tim lapangan Mustawa Agustina.

Saat ini menjelang H-2 Idul Fitri belasan Kepala Keluarga (KK) korban bencana musibah banjir bandang di Kampung Paya Tumpi Baru dan Kampung Paya Tumpi Induk masih bertahan di posko pengungsian. Selain belum ada instruksi dari pemerintah setempat untuk kembali ke rumah masing-masing, para korban khawatir karena cuaca masih diguyur hujan.

Senator Fachrul Razi mengatakan bahwa saat ini dirinya masih fokus pada bantuan darurat korban banjir bandang berupa pembagian sembako, namun diri nya yang juga pimpinan komite I DPD RI akan memperjuangkan di Senayan Jakarta terhadap kerusakan fisik akibat bencana Banjir Bandang. “Kami akan berusaha memperjuangkan agar pemerintah membantu memperbaiki insfrastruktur yang rusak karena bencana banjir bandang,” tutup Fachrul Razi.

Seperti diberitakan sebelumnya, musibah banjir bandang melanda Kampung Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Rabu (13/05/2020) sekira pukul 15.30 WIB. Lokasi terjadinya banjir masih dalam kawasan Kota Takengon serta daerah padat penduduk sehingga diperkirakan puluhan rumah terimbas serta beberapa diantaranya dilaporkan rusak.

Hujan deras yang mengguyur sejak pukul 14.00 WIB, menyebabkan munculnya air bah dari kawasan Singah Mata, atau sekitar satu kilometer dari Kampung Paya Tumpi Baru. Bahkan banjir bandang tersebut, sempat merendam sejumlah rumah warga di beberapa kampung di kota dingin itu. (RLS/Red)
Home » » Belum Jelas Kapan Berakhir, Dolfie Rompas: Berdamai dengan Virus Corona Patut Direspon Positif

Belum Jelas Kapan Berakhir, Dolfie Rompas: Berdamai dengan Virus Corona Patut Direspon Positif

Jakarta,OposisiNews.Co.Id – New Normal atau Kebiasaan Baru melalui ide berdamai dengan Virus Corona yang dilontarkan oleh Presiden Jokowi patut direspon secara positif oleh masyarakat. Hal ini menjadi pilihan paling rasional karena sampai sekarang belum ada kepastian kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir, terutama karena belum ditemukan obat ataupun vaksinnya.

Akibat wabah Covid-19, pertumbuhan ekonomi mengalami tekanan paling berat di tahun 2020. Pertumbuhan ekonomi kita terancam bergerak dari skenario sebesar 2,3 persen menuju skenario sangat berat yaitu kontraksi minus 0,4 persen, seperti disampaikan Menkeu Sri Muliani dalam Rapat Paripurna DPR RI Selasa, 12 Mei 2020.

Menurut salah satu pemerhati masalah sosial kemasyarakatan, Dolfie Rompas, S.Sos, SH, MH, mengatakan bahwa dirinya mendukung langkah Pemerintah Indonesia untuk membuka kembali aktivitas perekonomian. “Saya sangat mendukung langkah Pemerintah untuk membuka kembali aktivitas ekonomi, tentu dengan berbagai pertimbangan yang matang, karena persoalan ekonomi tidak kalah pentingnya dengan persoalan penanganan wabah Covid-19. Saat ini masyarakat harus produktif untuk dapat memulihkan keadaan ekonomi,” urai Rompas kepada media ini, Jumat, 22 Mei 2020.

Menurutnya, persoalan wabah Covid-19 dan masalah ekonomi sama pentingnya, tergantung dari dampak kerusakannya. “Yang harus Pemerintah antisipasi adalah apabila terlalu fokus pada penanganan wabah Virus Corona, mengabaikan bidang ekonomi, maka hal itu akan berimbas kepada menurunnya secara drastic tingkat kesejahteraan rakyat. Kondisi ini dapat mengakibatkan terjadinya krisis sosial yang bisa saja membawa dampak kerusakan melebihi dampak kerusakan yang diakibatkan oleh wabah Covid-19,” terang Rompas yang sehari-hari sebagai praktisi hukum itu.

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat, imbuh Dolfie Rompas, Pemerintah harus berpegang pada prinsip hukum ‘Salus Populi Supreme Lex Esto’. “Artinya kesehatan, kesejahteraan, kebaikkan, keselamatan, dan kebahagian rakyat adalah Hukum Tertinggi. Berarti Kesejahteraan Rakyat dan Kesehatan Rakyat sama pentingnya,” pungkas Rompas. (DLR/Red)
Home » » H-2 Lebaran, Polresta Sidoarjo Bagikan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

H-2 Lebaran, Polresta Sidoarjo Bagikan Zakat Fitrah dan Zakat Mal

SIDOARJO,OposisiNews.co.id - Dua hari jelang lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1441 H tahun 2020, Polresta Sidoarjo membagikan zakat fitrah 4,5 ton beras, zakat mal sejumlah Rp. 45.100.000, serta infaq dan sodaqoh Rp. 1.555.000.

Zakat dibagikan Polresta Sidoarjo, kepada masyarakat sekitar kantor Polresta Sidoarjo, yayasan panti asuhan, amil zakat dan fisabilillah.jumat , 22/5/2020.

Pembagian zakat ini selain bertujuan kewajiban umat muslim dalam menunaikan sebagian hartanya kepada orang yang lebih membutuhkan, juga sebagai upaya mendekatkan diri Kepolisian dengan masyarakat.

Melalui pembagian zakat ini, diharapkan dapat mengasah kepedulian sosial Polri di lingkup Polresta Sidoarjo. Terlebih lagi saat ini kami yang sedang menghadapi ujian pandemi Covid-19.

“Semoga apa yang sudah kami lakukan ini dapat memberikan kemasylahatan kepada masyarakat sekitar, terutama bagi mereka yang kondisinya masih kurang mampu serta terdampak wabah Covid-19,” ujar Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana usai menyalurkan pembagian zakat fitrah, mal dan sodaqoh dari jajaran Polresta Sidoarjo.( Bg )
Home » » Perwira TNI Lulusan Akademi Militer Tahun 2000 Turun Lapangan Bantu Masyarakat

Perwira TNI Lulusan Akademi Militer Tahun 2000 Turun Lapangan Bantu Masyarakat

Bogor.OposisiNews.Co.Id - Para perwira TNI lulusan Akademi Militer tahun 2000 turun ke lapangan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19, Jumat (22 Mei 2020). Dalam kegiatan tersebut mereka membagikan paket bantuan berupa sembako untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak wabah virus corona, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Selain itu juga dibagikan masker yang diserahkan satu paket dengan sembako untuk mengurangi dampak penularan virus yang diketahui mudah menular melalui udara. Kegiatan diawali dengan briefing pemberangkatan peserta di Yonbekang-1/1/Kostrad Cibinong, selanjutnya para peserta bergerak menyebar ke lokasi-lokasi sasaran yang telah ditentukan di wilayah Jawa Barat, khususnya area di sekitar Bogor dan Cianjur.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap memperhatikan aturan PSBB yang ditetapkan Pemerintah, antara lain wajib menjaga jarak dan memakai masker selama pelaksanaannya. Salah satu perwakilan alumni Akmil 2000, Letkol Inf Honi Havana mengatakan, “Sebanyak 5900 paket sembako kami bagikan kepada masyarakat yang kurang mampu yang pendistribusiannya secara tersebar, dengan harapan dapat meringankan beban saudara-saudara kita tersebut dalam menghadapi dampak penyebaran wabah Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona. Kami tergugah melihat kesulitan masyarakat yang tengah berjuang untuk tetap dapat memenuhi kebutuhan mereka sekeluarga selama adanya wabah ini. Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita, apalagi saat ini dalam suasana Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri.”

Kegiatan penyaluran bantuan sosial ini digelar dengan tajuk “Parikesit Akmil 2000 Peduli dan Berbagi Bersama Melawan Covid-19”. Parikesit adalah singkatan dari Perwira Dua Ribu Kesatria Tidar, wadah perkumpulan alumni Akademi Militer lulusan tahun 2000. Penyaluran bantuan sosial Parikesit di wilayah Bogor diselenggarakan bekerja sama dengan unsur-unsur satuan TNI setempat, antara lain para Babinsa jajaran Kodim 0621/Bogor, anggota Yonbekang-1/1/Kostrad, Regu Pengawal Yon Pomad, dan beberapa anggota Denpom Bogor.

Pada kegiatan tersebut juga turut berpartisipasi para istri perwira alumni Akademi Militer 2000 yang tergabung dalam perkumpulan Parikesit Wife.  Mereka ikut turun langsung ke lapangan untuk menyerahkan 100 paket bantuan kepada masyarakat sebagai wujud empati terhadap mereka yang terkena dampak wabah Covid-19. “Kami ingin berbagi sebagai bentuk kepedulian dan empati kami pada masyarakat. Mereka semua adalah saudara-saudara kami dan kami adalah bagian dari mereka juga,” demikian komentar singkat dari Sri Wahyuni yang merupakan istri dari Letkol Inf Sukur Hermanto.

Warga mengaku senang dan berterimakasih atas perhatian dan pemberian bantuan tersebut. Salah satunya Hanifah (39) warga RT 03/RW 03 Kelurahan Cibinong, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor yang turut menerima bantuan itu. Dia mengatakan: “Saya merasa senang dan sangat terharu, di saat kami sedang kesusahan seperti ini masih ada perhatian dari bapak-bapak Perwira TNI kepada kami.  Tentunya kami sangat terbantu dan mengucapkan terimakasih banyak, semoga nanti Allah yang membalasnya”.

Setelah selesai membagikan sembako, para peserta melaksanakan evaluasi dan briefing penutupan acara. “Kita berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan di masa-masa mendatang sesuai dengan kemampuan kita. Inilah wujud bakti kita, alumni Akmil 2000 kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Kita berdoa semoga wabah Covid-19 ini dapat segera diatasi,” pungkas Letkol Czi Rielman Yudha selaku Ketua Panitia pada saat penutupan acara.

Selain kegiatan yang diselenggarakan di wilayah Jawa Barat, alumni Akmil 2000 yang bertugas di seluruh Indonesia juga melaksanakan kegiatan pemberian bantuan paket sembako dan santunan kepada masyarakat di sekitar tempat tugasnya masing-masing. Pelaksanaannya secara serentak, sebagai bentuk kekompakan para Perwira Kesatria Tidar lulusan Akmil tahun 2000 dalam membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. (IRA/Red)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon