Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » DESA KAMOLAN CAIRKAN BLT-DDS 2020

DESA KAMOLAN CAIRKAN BLT-DDS 2020

Written By BBG Publizer on Selasa, 19 Mei 2020 | 19.58

Blora,OposisiNews.Co.Id- Warga desa Kamolan Kecamatan Kota blora Kabupaten Blora yang terdata dan  berhak menerima BLT dari Anggaran Dana Desa (DD) TA 2020 sebagai keluarga terdampak adanya pandemi Covid 19 , Pemerintah desa Kemolan bakal cairkan pada Senin 18/5/2020 .

Mendasar musdes Kamolan ditetapkan  166 warga yang berhak menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT-DDS) yang rencana diterimakan di Balai Desa Kamolan .

Sangat disayangkan saat pembagian BLT-DDS sempat terjadi kekisruhan disebabkan  adanya kekeliruan Data NIK salah satu warga Penerima BLT-DDS , Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP tidak sesuai /tidak sama dengan yang tercantum dalam data Penerima yang tertulis dari Bank.

Saat Awak Media OposisiNews  mengklarifikasikan terjadinya kekeliruan data NIK tersebut salah satu perangkat menyampaikan  akan mengkonfirmasikan pada  Disdukcapil sebagai Penyaluran  bantuan sosial tunai (BST-DDS) kepada masyarakat yang ditunjuk oleh Pemerintah seperti yang disampaikan Bupati Djoko Nugroho beberapa waktu lalu  ketika memimpin rapat lintas sektoral bersama Forkopimda dan seluruh OPD tentang percepatan penanganan Covid-19 pada Kamis siang (14/5/2020), di ruang pertemuan Setda  Blora.

Bupati Djoko Nugraho menjelaskan bahwa bantuan sosial untuk masyarakat terdampak Covid19  sumbernya banyak, mulai bantuan dari Presiden berupa paket sembako senilai Rp 200 ribu (non tunai) per KK seperti BPNT, BLT dari DD kepada keluarga miskin yang terdampak COVID-19 yang belum terkafer bantuan sembako, PKH, Pra-Kerja dan Bansos Tunai dari Kemensos.

Hal tersebut sesuai dengan Permendes No 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 disebutkan bahwa dana desa dapat digunakan untuk BLT yang besarnya maksimal 35 persen dari pagu alokasi dana desa yang diperuntuk-kan bagi keluarga miskin terdampak COVID-19.

Adapun syaratnya, penerima belum mendapatkan BPNT (bantuan pangan non tunai), PKH, Pra-Kerja, Bansos Tunai, yang kehilangan mata pencaharian/penghasilan.

"Pendataan penerima dilakukan mulai RT/RW dan diverifikasi melalui musyawarah desa khusus agar benar benar tepat sasaran, obyektif, transparan ," jelas Camat Blora kota. ( DW )

Reporter. Dwi P
Home » » PT.Golden Great Borneo Berikan Bantuan Sembako Melalui Pemkab Lahat

PT.Golden Great Borneo Berikan Bantuan Sembako Melalui Pemkab Lahat

Lahat, OposisiNews.Co.Id– Sebanyak 10 ton beras dan 300 Dus mie Instan disumbangkan oleh PT (Golden Great Borneo), Polres dan Kodim 0405 Lahat kepada Pemkab Lahat guna membantu masyarakat yang terkena imbas pandemi Corona.

Bupati Lahat Cik Ujang,SH yang menerima bantuan tersebut secara simbolis diruang Oproom Pemkab Lahat Selasa (12/05/20) , berharap agar seluruh perusahaan yang ada di bumi Seganti Setungguan dapat berkontribusi mengingat bencana Corona tidak kunjung berakhir.

Menurutnya, saat ini korban virus Covid-19 sudah ada sebanyak Enam orang karenanya masyarakat harus dapat mematuhi protokol kesehatan dan tidak menganggap remeh. Apalagi berdasarkan hasil pemeriksaan para korban yang terjangkit berasal dari kontak dengan OTG.

Dengan bantuan yang telah diberikan oleh PT GGB, Polres dan Kodim 0405 Lahat akan sangat membantu Pemerintahan Daerah (Pemkab) Kabupaten Lahat selama bencana Covid-19 yang tidak diketahui kapan akan berakhirnya.

“Pemkab Lahat sangat prihatin dimana saat ini imbas dari virus Corona membuat perekonomian masyarakat terganggu, bahkan ancaman PHK membuat kondisi kian memperburuk keadaan, mari bersama-sama kita memerangi Covid-19 dengan mematuhi aturan protokol kesehatan,”ujarnya.

Kapolresta Lahat AKBP Irwansyah,Cla mengatakan, bantuan yang diberikan menjadi satu pintu bersama kodim 0405 Lahat dengan tujuan agar dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terkena imbas Copid 19. Polres bersama Kodim 0405 dan Pemkab Lahat akan bahu-membahu memerangi corona agar tidak ada lagi korban yang bertambah.

“Harapan kita jangan ada lagi warga yang terserang virus Covid-19, jaga kebersihan dan jangan banyak beraktivitas diluar rumah, serta cepat melapor jika habis bepergian keluar daerah atau ada tamu dari daerah zona merah sehingga bisa langsung di cek kesehatannya,” himbau Kapolres Lahat.

Sementara, perwakilan PT GGB Erwin melalui bagian CSR Syam Adim mengungkapkan, bantuan yang diberikan merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat selama pandemi Corona. Sebelumnya, PT GGB juga rutin melakukan penyemprotan diareal ring Satu perusahaan seperti desa Banjar sari, Gedung agung dan sekiarnya agar dapat melindungi masyarakat dari serangan virus Covid-19.

“Meskipun produksi perusahaan saat ini berkurang namun PT GGB tidak melakukan pengurangan karyawan dan membayar hak-hak nya. Kita juga selalu berkoordinasi dengan masyarakat, Pemdes dan pihak Kecamatan serta tidak mendatangkan karyawan dari daerah zona merah selama pandemi belum berakhir,” janji Syam Adim  selaku CSR PT GGB . ( Prn )

Reporter.Parlin
Home » » PT Bukit Asam jalankan program Sosial "Ramadhan Berbagi" di Dua Kabupaten, Muaraenim dan Lahat

PT Bukit Asam jalankan program Sosial "Ramadhan Berbagi" di Dua Kabupaten, Muaraenim dan Lahat

Add. Senior Manager CSR PT Bukit Asam Zulfikar Azhar serahkan Bantuan yang diterima langsung oleh  Bupati Lahat H Cik Ujang di kantor desa Prabu Menang, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat.
Lahat, OposisiNews.Co.Id - PT Bukit Asam menjalankan program sosial “Ramadhan Berbagi” khusus  warga tidak mampu di dua kabupaten di Sumatera Selatan yakni Muara Enim dan Lahat.Senin (18/05/20)

Senior Manager CSR PT Bukit Asam Zulfikar Azhar di Lahat, mengatakan dua kabupaten ini dipilih bukan tanpa alasan karena kedua Kabupaten berada di lingkup ring 1 operasional perusahaan Bukit Asam.

“Secara bertahap melalui program Ramadhan Berbagi kami menyalurkan bantuan sembako ke mayarakat tidak mampu, dengan harapan ini dapat membantu meringankan beban hidup mereka di tengah pandemi,” kata Zulfikar.

Bantuan tersebut diserahkan kepada Bupati Lahat H Cik Ujang di kantor desa Prabu Menang, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat. Bantuan berupa sembako yang terdiri dari beras dan mie instan berjumlah 11.241 paket dengan penyaluran sebanyak 8.294 paket ke Kabupaten Muara Enim dan 2.947 paket ke Kabupaten Lahat.

Paket sembako itu akan disalurkan ke sejumlah kecamatan yakni Kecamatan Muara Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kecamatan Tanjung Agung, Kecamatan Merapi Barat, dan Kecamatan Merapi Timur.

“Dalam penyalurannya, dipastikan penerapan protokol COVID-19. Sebelumnya pada akhir bulan April kami sudah menyalurkan 15 ton beras ke Muaraenim dan Lahat,” kata Senior Meneger PT.BA.

Secara keseluruhan PT. Bukit Asam telah  mengalokasikan dana sebesar Rp20 miliar untuk penanganan dan pencegahan COVID-19 yang direalisasikan secara bertahap sejak Maret 2020

Sementara ini, hingga 4 Mei 2020, perusahaan yang memiliki lokasi penambangan di Tanjung Enim, Muara Enim ini telah merealisasikan Rp8,4 miliar. Diantaranya, untuk sosialisasi dan bantuan handsanitizer ke 19 sekolah, bantuan perlengkapan preventif COVID-19, bantuan dana kepada Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri, bantuan penangan COVID-19 di Muaraenim, Sawahlunto, dan RS Bukit Asam, serta bantuan donasi 39 ventilator ujar Zulfikar. ( Prn )

Reporter.Parlin
Home » » Dampak Dari Covid-19 Harga Kopi Di Kikim Area Turun

Dampak Dari Covid-19 Harga Kopi Di Kikim Area Turun

Lahat, OposisiNews.Co.Id- Tanjung Raya  ,Sejumlah petani kopi di wilayah Kecamatan Pseksu mengeluhkan terus anjloknya harga biji kopi ditengah merebaknya wabah Corona dan mendekati lebaran hari raya idul fltri, harga kopi terus menurun mulai dari Rp 20 ribu perkilo saat ini menjadi Rp 17 ribu perkilo gram,Minggu (17/05/20)

Seperti yang dibenarkan Asril (29th) salah satu petani kopi di Kecamatan pseksu , jika harga jual kopi terus mengalami penurunan jelang lebaran tahun ini.

“Kita khususnya petani Kopi kurang tahu  penyebab anjloknya harga komoditi biji kopi dipasaran, mudah-mudahan penurunan harga tidak berada dibawah biaya perawatan dan berlangsung lama serta berharap harga segera kembali stabil” ungkapnya.

Terkiat menurunnya harga biji kopi menjadi permasalahan serius bagi para petani kopi, ada sebagian berinisiatif menyimpan panen hingga harga stabil, banyak pula petani yang tetap menjual dengan harga rendah pada dokai ( pengepul/bandar besar ) kopi .

Bahkan tidak jarang presepsi negatif mesti dialamatkan pada para Dokai bukan tanpa alasan oleh sebagian petani kopi , " Ini hanya permainan broker / Dokai kopi memainkan harga kopi ditengah mewabahnya virus Corona dan jelang idul Fitri , seharusnya pemerintah daerah turun tangan tidak berdiam diri atau membutakan mata dan telinga ", ucap salah satu petani kopi yang enggan namanya dipublikasikan pada awak media OposisiNews.

“Kami dalam posisi terjepit / kalah tidak bisa membiayai kebutuhan hidup apa lagi mau Iebaran kalau tidak menjual biji kopi meski harga murah,” katanya

"Mesti, hasil jual biji kopi untuk menutupi biaya hidup seperti kebutuhan anak sekolah, bayar hutang dan kebutuhan lainnya itupun sebenarnya tidak cukup tetap dilakukan ", imbuhnya.

Lain halnya yang dilakukan oleh Petani Kopi yang secara ekonomi ( finansial ) kuat seperti Pardi yang mengaku bakal menyimpan hasil panen kopi pada saat harga kopi turun sembari  menunggu harga kembali stabil.

“ Jika harus merugi  menjual dengan harga rendah, solusinya menyimpan hasil panen menunggu harga pasaran biji kopi stabil " ucap Pardi. ( Pr )

Reporter.Parlin
Editor.Bambang
Home » » Dinkes Sidoarjo Serahkan Mobil Jenazah untuk 4 Puskesmas

Dinkes Sidoarjo Serahkan Mobil Jenazah untuk 4 Puskesmas

Penyerahan 4 mobil jenasah secara simbolis oleh Wabup Sidoarjo .Nur Ahmad Syaifudin.selasa 19/05/2020
Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo hari ini, menyerahkan 4 mobil jenazah kepada Puskesmas Waru, Porong, Krian dan Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa.selasa ,19/5/2020.

Keempat mobil jenazah tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, dengan didampingi oleh  Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPBD dan Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo, kepada 4 Kepala Puskesmas.

Pada hari ini kita serahkan mobil jenazah dari dana APBD yang kita anggarkan hasil recofusing untuk kegiatan covid 19, Gugus Tugas Covid 19 Sidoarjo salah satunya adalah mobil jenazah,” ungkapnya

Wakil Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Cak Nur."Ini memang mobil khusus jenazah, dimana keberadaannya sangat dibutuhkan oleh Dinas Kesehatan. Fungsinya jelas sangat berbeda dengan mobil ambulan.Keempat mobil ini khusus untuk jenazah, mudah - mudahan keberadaan mobil ini bisa mencover kebutuhan – kebutuhan, khususnya berkenaan dengan pemakaman dan lain sebagainya",tegas wabup.

"Untuk itu kita bersyukur karena program ini bisa berjalan, dan mulai hari ini mobilnya  bisa dioperasionalkan untuk melayani kebutuhan mengangkut jenazah, baik yang menuju ke rumah sakit, atau pun dari rumah sakit menuju ke pemakaman,” tambahnya.

Pengguntingan rangkaian melati sebagai simbol operasional mobil jenazah, dilanjutkan pelepasan mobil jenazah oleh Wakil Bupati Sidoarjo. selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan covid 19 Kabupaten Sidoarjo juga menerima bantuan 8.500 masker dari radio El Shinta dan Cardinal untuk didistribusikan pada warga di pendopo Delta Wibawa. (Bg)
Home » » Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Wakapolresta Sidoarjo

Kapolresta Sidoarjo Pimpin Sertijab Wakapolresta Sidoarjo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Orang nomor dua di Polresta Sidoarjo kembali berganti. Dari AKBP M. Anggi Naulifar Siregar digantikan oleh AKBP Deny Agung Andriana, dalam upacara serah terima jabatan Wakapolresta Sidoarjo yang dipimpin Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, Selasa 19/5/2020.

Melalui surat telegram Kapolri tertanggal 1 Mei 2020, AKBP M Anggi Naulifar Siregar akan menduduki jabatan baru sebagai dosen utama di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) Lemdiklat Polri.

Sejak 7 Februari 2019 menduduki jabatan sebagai Wakapolresta Sidoarjo, baginya banyak kenangan manis bagi AKBP M. Anggi Naulifar Siregar selama bertugas di Kota Delta. Salah satunya adalah terkait tipikal warga Sidoarjo.

Menurutnya, warga Sidoarjo merupakan sosok manusia yang baik dan mudah diajak kerja sama. Dengan itu, ia mengaku bahagia dan tidak terasa jika sudah mengabdi di Polresta Sidoarjo selama satu tahun tiga bulan.

“Warga Sidoarjo dan Polresta Sidoarjo mempunyai visi yang sama. Ingin aman ingin nyaman. Warga juga banyak mendukung setiap ada program dan kegiatan baik dari kepolisian maupun kegiatan dari warga sendiri,” ucapnya.

Kini tugas dan tanggung jawabnya selanjutnya, sebagai pendamping Kapolresta Sidoarjo dalam menjaga kondusifitas kamtibmas Kabupaten Sidoarjo, diteruskan AKBP Deny Agung Andriana.

Sebelumnya AKBP Deny menjabat sebagai Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Sumatera Selatan. Usai sertijab di Mapolresta Sidoarjo, dirinya menyatakan segera beradaptasi dengan keluarga besar Polresta Sidoarjo dan warga Bumi Delta.

"Mohon doa restu agar kami dapat menjalankan amanah ini, saat ini di tengah situasi pandemi Covid-19 ia berharap dapat segera berakhir. Kami segera beradaptasi dan bersinergi dengan seluruh anggota Polresta Sidoarjo serta jajaran, juga TNI, instansi samping, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat guna menjaga situasi kamtibmas di wilayah kita tetap aman dan kondusif," ungkapnya.

Sebagaimana yang disampaikan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji dalam upacara sertijab Wakapolresta Sidoarjo. “Kepada Wakapolresta Sidoarjo yang baru supaya segera beradaptasi dalam menjalankan tugasnya, khususnya guna menjaga kondusifitas kamtibmas serta mempertahankan zona integritas Polresta Sidoarjo,” pesannya.

Apresiasi juga disampaikan kepada AKBP M. Anggi Naulifar Siregar. Selama telah mengabdi di Sidoarjo dan menjadi keluarga besar Polresta Sidoarjo. “Semoga di STIK Lemdiklat Polri dapat menularkan ilmu serta pengalamannya, dan kelak sukses dalam karir selanjutnya,” pungkasnya Kapolresta Sidoarjo.(Bg)
Home » » 158 KK Desa Waru Sidoarjo Jalani Isolasi Mandiri

158 KK Desa Waru Sidoarjo Jalani Isolasi Mandiri

 Kapolresta Sidoarjo bersama Dandim 0816 Sidoarjo mengecek lokasi sentra pangan bantuan warga yang jalani isolasi mandiriSidoarjo,OposisiNews.co.id - Sebanyak 509 orang yang terbagi dalam 158 Kepala Keluarga di tiga RT di RW 12 Desa Waru, Sidoarjo, saat ini jalani isolasi mandiri guna mencegah penyebarluasan Covid-19.

Upaya guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut, dikarenakan sebelumnya di desa tersebut terdapat 15 orang yang dinyatakan positif Covid-19, meninggal dunia 2 orang dan PDP 16 orang. Yang sebelumnya beberapa dari mereka mengikuti acara tahlilan, hingga mengakibatkan ada yang terjangkit Virus Corona.

Kemudian dilakukan rapid test sebanyak 286 orang warga di tiga RT dalam RW 12 Desa Waru. Hasilnya 44 orang diantaranya reaktif. Senen , 18/5/2020.

"Berdasar perkembangan penyebaran Covid-19 yang begitu cepat di wilayah ini, maka Pemkab Sidoarjo bersama instansi terkait memberlakukan isolasi mandiri bagi warga," ujar Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji di lokasi.

Dalam kesempatan ini pula, Kapolresta Sidoarjo bersama Dandim 0816 Sidoarjo mengecek lokasi dan pemasangan banner di setiap rumah warga yang terpapar Covid-19 bertuliskan sedang melaksanakan isolasi mandiri. Bantu kami saat membutuhkan agar tidak keluar rumah. Serta Doakan kami agar cepat sehat kembali.

Dari upaya ini, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji berharap tahapan isolasi mandiri ditaati warga setempat, serta juga adanya upaya saling mendukung atau gotong royong masyarakat kepada warga yang terdampak Covid-19.

Pemerintah juga menyediakan sentra pangan RT/RW patuh di RW 12 Desa Waru ini. Terbuka bagi siapa saja yang ingin membantu bahan makanan atau bantuan lainnya, untuk diberikan kepada warga yang sedang menjalani isolasi.

"Pos check point juga telah didirikan di akses keluar masuk desa. Jadi warga harus melalui pemeriksaan lengkap serta diterapkannya protokol kesehatan, seperti diwajibkan cuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, hingga penyemprotan cairan disinfektan di pos ini," imbuh Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.(Bg)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon