Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » NUO Peduli dan Aksi Kemanusiaan Covid-19

NUO Peduli dan Aksi Kemanusiaan Covid-19

Written By BBG Publizer on Sabtu, 18 April 2020 | 19.16

Jakarta,OposisiNews.Co.Id - Nasaruddin Umar Office (NUO), sejak Maret 2020 sampai saat ini, melaksanakan kegiatan peduli dan aksi kemanusiaan kepada masyarakat terdampak Virus Corona, Covid-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan di seluruh provinsi di Indonesia bersama para perwakilan lembaga sosial keagamaan, perguruan tinggi, pengurus masjid, pesantren dan pengurus RT/RW.

Kegiatan peduli dan aksi kemanusiaan ini merupakan salah satu wujud kepedulian NUO terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 yang terjadi saat ini. Bantuan yang diberikan kepada warga dikumpulkan dari donasi mitra NOU dan jemaah pengajian dan kajian keagamaan NUO. Total donasi yang telah dihimpun dan didistribusikan mencapai 10 milyar rupiah. Ini mencakup voucher belanja, sembako, hand sanitiser, disinfectant, sabun, masker, thermometer, kendaraan sampah, dan lainnya.

Pendiri sekaligus Ketua Yayasan NUO, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, MA, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap mitra, donatur dan relawan NUO yang telah memberikan kepercayaan dan membantu NUO dalam kegiatan kemanusiaan Covid-19.

“Saya sangat terharu merasakan dan melihat begitu mudahnya donasi itu mengalir dari teman, jamaah pengajian dan kami diberi kepercayaan untuk menyampaikannya kepada saudara-saudara kita yang benar-benar membutuhkan. Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setingi-tingginya. Semoga pahalanya dilipatgandakan oleh Allah SWT,” ungkap Nasaruddin Umar yang juga Imam Besar Masjid Istiqlal itu.

Secara terpisah, Chief Executive Officer (CEO) NUO, Faried F. Saenong, Ph.D. menjelaskan bahwa seleksi penerima bantuan kemanusiasn NUO sangat ketat dan diprioritaskan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan terdampak Covid-19.

“NUO sangat selektif mendistribusikan bantuan, harus berdasarkan data. Sementara Bantuan kemanusiaan itu diberikan kepada takmir masjid (Imam, muadzin, merbot), guru-guru ngaji, pengurus pesantren, masyarakat kurang mampu, pekerja informal, dan mahasiswa perguruan tinggi yang merasakan langsung dampak ekonomi-sosial akibat wabah Covid-19,” jelas Faried yang juga aktif sebagai dosen dan penceramah di stasiun TV swasta Indonesia dan Imam Masjid di Wellington, New Zaeland.

Terhitung sejak pertengahan Maret 2020 sampai saat ini, lanjut Faried, NUO terus mendistribusikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat berupa bantuan sembako dan bantuan voucher belanja sembako yang dapat ditukarkan di supermarket-suparmatket tertentu di Indonesia.

Dalam pendistribusiannya, Lajnah Kemanusiaan dan Pemberdayaan Umat (LKPU-NUO) - divisi khusus NUO untuk kemanusiaan - bersama relawan kemanusiaan NUO terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan pengurus masjid, pesantren, perguruan tinggi, dan pengurus RT/RW serta tokoh masyarakat setempat.

Direktur LKPU-NUO, Mulyono Lodji, M.Si, menegaskan bahwa NUO bersama relawan telah mendistribusikan bantuan kepada masyarakat atas amanah dari donatur berdasarkan data yang diterima melalui proses konfirmasi dan verifikasi. Kegiatan ini akan terus berjalan dengan dukungan, bantuan dan kerjasama semua pihak. Semoga kegiatan ini dirasakan manfaatnya dan membantu meringankan beban masyatakat kita di Indonesia. (MUL/Red)
Home » » Tim Gabungan Semprotkan Disinfektan Zona Merah Covid-19 di Sidoarjo

Tim Gabungan Semprotkan Disinfektan Zona Merah Covid-19 di Sidoarjo

 Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan dalam denah Tatical Floor Game (TFG)
Sidoarjo ' OposisiNews.co.id - Akibat meluasnya penyebaran Virus Corona (Covid-19) di sejumlah wilayah Kabupaten Sidoarjo, termasuk Kecamatan Sedati dan Kecamatan Waru, Sidoarjo, yang tergolong dalam kawasan zona merah. Serta sebagai langkah pencegahan agar tidak bertambahnya korban, tim gabungan dari Polri, TNI, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sidoarjo dan BPBD Jawa Timur melakukan penyemprotan disinfektan.sabtu, 18/4/2020.

Sebelum melaksanakan penyemprotan di sejumlah wilayah Kecamatan Sedati dan Kecamatan Waru, tim gabungan dari Polda Jatim, Brimob Polda Jatim, Polresta Sidoarjo, jajaran TNI, BPBD Jatim dan Sidoarjo, serta Tagana melakukan apel bersama di Lapangan Pabean, Sedati, Sidoarjo.

Usai apel, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan dalam denah Tatical Floor Game (TFG), wilayah di Kecamatan Sedati dan Kecamatan Waru yang terpapar zona merah, antara lain, Perumahan Pabean Asri dengan spesifikasi Jl.Volvo,jl.Ferrari,jl.Pabean asri,yang kedua Perumahan Sedati Permai dengan spesifikasi Jl.Kutilang, Jl.Rajawali, Jl.Camar, jl.Gelatik, Jl.Rajawali, Jl.Sikatan, Jl.Merpati.

Yang ketiga Perumahan Citra Tropodo dengan spesifikasi Jl.Citra Melati, Jl.Citra Dahlia, Citra Seruni, yang Ke empat Kapuas Wisma Tropodo dengan spesifikasi Jl.Indragiri, Jl.Kapuas, Jl.Progo, Jl.Mahakam.

Kemudian beberapa titik penyemprotan disinfektan di Kecamatan Waru. Yakni Jl. Nusantara, Jl. Bromo, Jl. Barito, Jl. Sekolah Al Falah, Jl. Bougenvil, Jl. Melati, Jl. Sedap Malam, Jl Nusa Indah, Jl. Flamboyan, Jl. Seruni, JL. Citra Alamanda, Jl. Anggrek, Jl. Mawar, Jl. Dahlia, Jl. Cempaka, Pasar Progo, dan beberapa titik lain.

Penyemprotan disinfektan ini, dihadiri Karoops Polda Jatim Kombes Pol. Muhammad Firman, Dirsamapta Polda Jatim Kombes Pol. Sugeng Rikolo, Dansat Brimob Polda Jatim Kombes Pol. I Ketut Gede Wijatmika, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, serta beberapa PJU Polda Jatim, Brimob Polda Jatim, Polresta Sidoarjo, Perwakilan dari jajaran TNI, Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, BPBD Sidoarjo, dan Tagana Sidoarjo.

Pelaksanaan penyemprotan disinfektan dilakukan tim gabungan tidak hanya di jalan raya, namun sampai ke pemukiman-pemukiman padat penduduk seperti tersebut dalam TFG. Karenanya guna maksimalnya penyemprotan, tim gabungan ada yang menggunakan kendaraan roda dua, dan AWC Polda Jatim serta Polresta Sidoarjo.

Karoops Polda Jatim Kombes Pol. Muhammad Firman menjelaskan, tujuan dilakukannya penyemprotan disinfektan ini sebagai pencegahan penyebar luasan Covid-19 di wilayah Jatim, khususnya di Kabupaten Sidoarjo. "Karenanya kali ini, kami dari Polda Jatim bersama jajaran TNI dan Polresta Sidoarjo, serta juga dari Forkopimda setempat, BPBD dan Tagana turun langsung melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik zona merah di Sedati dan Waru," jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji mengatakan, harapannya melalui penyemprotan disinfektan ini pemutusan mata rantai Covid-19 di wilayah Kabupaten Sidoarjo dapat dengan cepat. Ia juga menghimbau masyarakat agar turut mematuhi peraturan pemerintah, termasuk terkait penerapan kawasan physical distancing.

Di singgung terkait pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Sidoarjo, Kombes Pol Sumardji mengatakan, untuk PSBB tentunya tidak mudah kita perlu menyiapkan segala sesuatanya, dan kita perlu berkoordinasi dengan Forkopimda dan berbagai pihak yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Karena jelas ada beberapa dampak yang menjadi pertimbangan, sementara untuk pembatasannya saat ini kita masih melakukan per sektor.( bg )
Home » » Pemkab.Magetan Anggarkan Rp 120 M , Percepatan Penanganan COVID- 19 Di Magetan

Pemkab.Magetan Anggarkan Rp 120 M , Percepatan Penanganan COVID- 19 Di Magetan

Kadin Kominfo Kab
Magetan
Magetan,OposisiNews.Co.Id-  Kadin Kominfo Magetan Saif Muchlissun, S.Sos, MM selaku Jubir percepatan penanganan Covid-19 Kab. Magetan mengatakan Anggaran sebesar 120 Milyar telah disiapkan dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Magetan.

Besaran anggaran percepatan penanganan wabah virus Corona ini merupakan hasil pengurangan, pergeseran, dan pengalihan anggaran tersebut difokuskan (refocusing) untuk percepatan penanganan covid-19 di Magetan. Kabupaten yang berada di ujung paling barat  propensi Jawa Timur.

Anggaran ini berasal dari APBD induk dana belanja tidak terduga (BTT) 3,8 M, Pengalihan Dana Insentif Daerah (DID) & Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) 1,9 M, Belanja langsung di OPD terkait (DTPHPKP, Disnak, Dinsos, Disperindag, Kec dan kelurahan) sebesar 5 M ; Penjadwalan ulang program kegiatan pd seluruh OPD dan pengalihan dari pengeluaran pembiayaan : 30,1 M. Kemudian juga dana yang disiapkan di desa-desa yang ada di Magetan sebesar 79 M. Jadi total secara keseluruhan sekitar 120 milyar.

Bupati Magetan Dr Drs H Suprawoto, SH, M.Si yang selalu memberi semangat untuk saling menguatkan, menegaskan bahwa anggaran tersebut baru awal pengalihan (refocusing) pertama dan aturan membolehkan melakukan pengalihan anggaran berkali-kali. Anggaran yang telah disediakan tersebut akan digunakan untuk penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan penyediaan sosial safety nett/jaring pengaman sosial.

Apabila dirasakan anggaran penanganan COVID-19 kurang, karena masyarakat Magetan membutuhkan akibat dampak ekonomi dan sosial ini maka kami akan menambah anggaran dengan refocusing yang kedua dan terpenting masyarakat Magetan sejahtera.

Selanjutnya, penggunaan anggaran ini harus tepat dan cepat tetapi tetap harus berlandaskan pada ketentuan yang berlaku dalam mencairkan anggaran tersebut dan harus maksimal. Sehingga tidak boleh ada keraguan sedikitpun untuk kepentingan masyarakat.

Masalah merebaknya virus yang pertama kali muncul dan menyebar sampai di Magetan secara serius dihadapi Pemkab dan warga Magetan dalam memutus mata rantai penyebaran,penyediaan anggaran sangat diperlukan untuk penanganan kondisi darurat non-alam ini.

Penyediaan anggaran merupakan pelaksanaan instruksi Mendagri melalui
Perubahan anggaran sesuai regulasi dan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2020 serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020.

Proses realokasi dan refocusing anggaran ini merupakan hasil wujud nyata semangat saling menguatkan, wujud kebersamaan, keterpaduan semangat gotong royong semua OPD, kecamatan, kelurahan sampai desa desa di jajaran Pemkab Magetan.

"Realokasi dan refocusing bisa cepat dilakukan berkat kesadaran, kebersamaan untuk kepentingan percepatan penanganan memutus mata rantai penyebaran wabah covid-19 di Bumi Ki Mageti, harap Kadin Kominfo . (sf)
Home » » Wujudkan ASTUTI Sebagai Upaya Penanggulangan Dampak Virus Covid-19

Wujudkan ASTUTI Sebagai Upaya Penanggulangan Dampak Virus Covid-19

 Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia, saat di Dapur Umum
TULUNGAGUNG.OposisiNews.co.id- Salah satu bentuk penegakkan untuk mewujudkan secara nyata jargon ASTUTI (Agunge Sikap Tulung Tinulung) dan juga sebagai upaya penanggulangan dampak pandemi virus covid-19, Polres Tulungagung bersama Forkopimda,Kodim 0807, Tagana, serta PMI, membuka dapur umum di area GOR Lembupeteng Tulungagung. Jumat, (17/4/2020).

Kapolres Tulungagung,
 AKBP. Eva Guna Pandia,
 saat di wawancarai
 Di Dapur Umum
"Dengan di bukanya dapur umum mulai hari ini untuk memasak sekitar 200 porsi nasi kotak yang akan di bagikan kepada warga masyarakat yang terdampak pandemi virus Corona di Kabupaten Tulungagung," ucap Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia.

Lebih lanjut di sampaikan oleh Kapolres bahwa, pihaknya  akan membagikan nasi kotak dari dapur umum ke pos khusus yang ada di depan GOR Lembupeteng.

"Nasi-nasi ini diperuntukkan bagi warga atau masyarakat yang membutuhkan, terutama tukang becak, juru parkir, ojek pangkalan maupun petugas kebersihan yang terdampak  pandemi virus Covid-19, karena selama penerapan social distancing dan physical distancing, penghasilan masyarakat turun drastis," ucapnya.

 Kapolres Tulungagung
 saat memberi arahan
 pada Anggota Tagana
Dalam paparannya Kapolres juga menjelaskan bahwa, Pelaksanaan dapur umum akan terus di pantau dan di evaluasi setiap harinya sesuai dengan kebutuhan, dan untuk sementara dapur umum  melayani makan siang saja.

"Yang pasti akan terus kami tingkatkan".ujarnya.

Orang nomor satu di Polres Tulungagung ini mengungkapkan bahwa, Pihaknya menargetkan 3.000 nasi kotak untuk warga masyarakat yang membutuhkan, utamanya bagi yang kurang mampu.

"Jika memang dibutuhkan, pelaksanaan dapur umum ini akan di laksanakan ke tingkat kecamatan. Sekarang kita buka dapur umum di Kabupaten.Kami berharap langkah ini akan menggugah warga yang lebih mampu atau kalangan pengusaha untuk peduli terhadap warga yang terkena dampak pandemi corona. Marlah bersama-sama kita bergerak mengatasi Covid-19,” tuturnya.

Kanit Dikyasa Satlantas
 Polres Tulungagung,
 Neny Sasongko S.H.,
 turut berikan pengarahan
Pihaknya juga terbuka jika ada masyarakat yang menyumbang bahan baku. Mungkin bisa berupa beras, sayuran,telur atau lauk pauk. Semua bahan yang terkumpul akan dimasak di dapur umum, dan didistribusikan ke warga.

" kepada masyarakat, untuk melakukan hal yang sama, agar semakin banyak warga masyarakat yang terdampak pandemi virus covid-19 bisa tertolong. Saat kondisi seperti ini, kita harus tegakkan ASTUTI, (Agunge Sikap Tulung Tinulung). Kita perlu kerja sama dengan semua pihak untuk mengatasi persoalan ini,” tandasnya.( AP )

Reporter : A.purnomo.

Home » » Wakil Ketua DPD RI Ucapakan Selamat kepada Dr. Saud Anwar, Inovator Ventilator Pasien Covid-19 Amerika

Wakil Ketua DPD RI Ucapakan Selamat kepada Dr. Saud Anwar, Inovator Ventilator Pasien Covid-19 Amerika

Sultan Najamudin (kiri)
 bersama Saud Anwar
Jakarta.OposisiNews.Co.Id - Kejutan dari warga Amerika untuk Senator Dr. Saud Anwar, mantan Walikota Negara Bagian Connecticut, Amerika Serikat, benar-benar membuat Dr. Saud Anwar terharu. Sang Senator yang juga seorang dokter itu, nyaris tak mampu berucap apa-apa. Ia hanya dapat melambaikan tangan dan melemparkan tanda ciuman dari jauh.

Kejutan yang diberikan kepada Saud Anwar adalah berupa konvoi warga South Windsor di depan rumah ilmuwan, dokter, sekaligus Senator berdarah Pakistan ini. Dengan mengendarai mobil, warga berparade di depan rumahnya mengucapkan selamat atas keberhasilan menemukan innovasi ventilator pasien Corona di Amerika Serikat.

Warga Amerika menyampaikan apresiasi kepada Dr. Saud Anwar yang dianggap sebagai pahlawan di masa pandemi Corona yang melumpuhkan sebagian Amerika. Penemuan Dr. Saud baru-baru ini berupa ventilator, yang dapat diatur untuk membantu tujuh pasien sekaligus, dinilai sangat berarti bagi penyelamatan nyawa para pasien.

Dr. Saud Anwar menemukan pengaturan ventilator, dimana satu alat bantu pernapasan udara medis akan membantu supply oksigen kepada tujuh pasien sekaligus. Ini merupakan sarana ideal untuk mengelola sumber daya yang terbatas.

Dari Indonesia, Wakil Ketua DPD RI, Sultan B. Najamudin menyampaikan ucapan selamat kepada sahabatnya, yaitu Dr. Saud Anwar itu. Senator Sultan sudah bersahabat selama 15 tahun dengan Senator Dr. Saud Anwar. Diketahui, Senator Sultan sering mengundang Senator Saud Anwar tatkala ia menjadi Walikota di Amerika Serikat.

Pertemuan terbaru kedua Senator itu adalah saat Sultan mengundang Dr. Saud Anwar ke Bengkulu dalam rangka HUT Propinsi Bengkulu pada tahun 2018. Saat itu, Saud Anwar juga berjumpa dengan Nuraini, istri Sultan, dan kakanya, Agusrin M. Najamudin, mantan Gubernur Bengkulu.

Berikut percakapan Senator Sultan saat menyampaikan ucapan selamat kepada sahabatnya Senator Dr. Saud Anwar.

Sultan: Dear Senator Dr. Saud Anwar, we really proud of you, I know from news. Keep healthy and stay safe my brother. We are here still fighting Coronavirus.

Saud Anwar: Thank you Brother Sultan. Hope you are well. Prayers for everyone in Indonesia.

For doctor in Indonesia. Here is the link to print the ventilator connector. Free to use for anyone. Feel free to share.

Sultan: Masya Allah, my brother Senator Saud Anwar. Fully thank you for your attention. I will deliver your advice to our doctor here in Indonesia. Please send our warm regard to your family in US. Wassalam.

“Sebagai sahabat saya merasa terharu dan bangga kepada beliau atas kerja kerasnya melayani sebagai dokter paru-paru di Rumah Sakit Manchester Memorial, sekaligus Senator. Begitu pun saya lihat viral di dunia maya. Masyarakat setempat memberi penghargaan dengan bergabung dalam parade mobil dan konvoy di depan rumahnya. Mereka berhenti di depan rumah sahabat saya Dr. Saud Anwar sambil mengutarakan ucapan terima kasih kepada beliau,” urai Sultan B. Najamudin kepada media ini usai melakukan percakapan telepon dengan Dr. Saud Anwar, Kamis, 16 April 2020. (FRZ/Red)


OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon