Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Pemkab Sidoarjo Mulai Gunakan Drone Semprot Disinfectan

Pemkab Sidoarjo Mulai Gunakan Drone Semprot Disinfectan

Written By BBG Publizer on Sabtu, 28 Maret 2020 | 17.53

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Penyemprotan disinfectan menggunakan alat drone juga dilakukan oleh Pemkab Sidoarjo. Hari ini, beberapa tempat fasilitas publik seperti di alun – alun dan Rumah Dinas Bupati Sidoarjo Pendopo Delta Wibawa mulai di semprot dengan drone.Sabtu ,28/3/2020.

Rencananya penyemprotan dengan menggunakan drone  akan diagendakan dibeberapati titik yang masuk kategori zona merah, seperti di wilayah kecamatan Candi, kecamatan Sidoarjo, Kecamatan Sedati dan kecamatan Taman.

“Adanya drone ini kita terbantu sekali melakukan penyemprotan terutama area yang sulit terjangkau, nanti kita akan rencanakan penyemprotan di area merah”, terang Wabup Nur Ahmad Syaifuddin saat ikut penyemprotan di Pendopo Delta Wibawa.

Peralatan drone, tambah Wabup Sidoarjo merupakan bantuan swadaya dari pihak swasta yang ingin membantu pemkab Sidoarjo dalam menangani pencegahan covid-19.

“Alhamdulillah penyemprotan pakai drone ini kita dibantu oleh PT. Daya Santosa Rekayasa”, pungkasnya. ( bg )
Home » » Terus Bergerak Tangkal Corona, Semprotkan Disinfektan dan Bubarkan Kerumunan Massa di Sidoarjo

Terus Bergerak Tangkal Corona, Semprotkan Disinfektan dan Bubarkan Kerumunan Massa di Sidoarjo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Langkah pencegahan penyebarluasan Virus Corona (Covid-19) terhadap masyarakat, terus dilakukan Polresta Sidoarjo bersama instansi terkait.
Sabtu 28/3/2020.

penyemprotan disinfektan di ruas jalan protokol kembali dilakukan. Kali ini di wilayah Sidoarjo Kota, Buduran, Gedangan, dan Sukodono.

Dua truk pemadam kebakaran Kabupaten Sidoarjo dan empat mobil polisi, melintas berbagai ruas di wilayah tersebut. Truk damkar menyemprotkan cairan disinfektan, serta mobil polisi menyampaikan beberapa imbauan kepada masyarakat terkait pencegahan penularan Covid-19.

Tidak hanya penyemprotan disinfektan. Petugas gabungan ini juga melakukan pengobrakan tempat-tempat yang masih ditemui adanya kerumunan massa.

“Kami minta segera bubar dan kembali ke rumah. Kita tidak tahu di antara kita siapa yang tertular. Karenanya mari kita cegah bersama dengan meninggalkan kerumunan di tempat ini,” pinta Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Mujito kepada pengunjung sebuah warung kopi di wilayah Gedangan.

Ia menjelaskan jika upaya ini adalah guna menangkal penyebarluasan Virus Corona, dan menyampaikan kepada masyarakat sebagai langkah physical distance. Agar masyarakat lebih baiknya berada di rumah saja.( bg )
Home » » Kawasan Physical Distancing Mulai Diterapkan di Sidoarjo

Kawasan Physical Distancing Mulai Diterapkan di Sidoarjo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Sebagai upaya memutus mata rantai penyebarluasan penularan Virus Corona (Covid-19), menerapkan kawasan Physical Distancing di sejumlah ruas jalan protokol Sidoarjo Kota.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo Kompol Eko Iskandar menjelaskan aturan penerapan kawasan physical distancing diberlakukan mulai hari ini, Jumat 27/3/2020.

"Ya Jumat malam ini kita berlakukan pembatasan warga untuk lalu lalang melintas di sejumlah jalan protokol di Sidoarjo. Jalan  yang dibatasi adalah jalan yang melintas di seputaran Alun-alun Sidoarjo. Diantaranya di Jalan Raya A Yani, Jalan Sultan Agung, Jalan Gubernur Suryo, dan Jalan Cokronegoro," paparnya.

Rincian pembatasan jam tersebut, adalah pada hari Jumat, pembatasan berlaku pukul 19.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Sedangkan pada hari Sabtu pada pukul 10.00 WIB sampai 14.00 WIB dan pukul 19.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Sementara di hari Minggu, kawasan tersebut bebas dari kendaraan bermotor pada pukul 07.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Mengenai alasan penerapan kawasan physical distancing di Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan, langkah ini dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penularan Covid-19. Dengan membatasi masyarakat keluar rumah jika tanpa keperluan mendesak.

“Penerapan kawasan physical distancing ini, juga sebagai imbauan kepada masyarakat agar sadar tetap berada di rumah. Tidak perlu keluar rumah, kecuali ada keperluan mendesak. Dan nantinya penerapannya dapat dilakukan di wilayah lainnya di Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.

Penerapan kawasan physical distancing di Sidoarjo tidak hanya di sejumlah jalan protokol. Ada pula kawasan perumahan yang ikut menerapkan pola ini, salah satunya yakni Perumahan Puri Surya Jaya Sidoarjo.

Di komplek perumahan ini, diterapkan SOP menggunakan one gate system yang di akses pintu masuk clusternya lalu lalang orang dan kendaraan di semprot cairan disinfektan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona. Serta warga yang keluar rumah harus sesuai keperluan, dengan seijin petugas keamanan setempat.

Harapan dari Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji penerapan kawasan physical distancing ini, dapat segera menggugah kesadaran masyarakat terkait betapa pentingnya tindakan menangkal covid-19 agar tidak semakin meluas.(bg)
Home » » Desa Mengger Gelar Sosialisasi Pencegahan Dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Desa Mengger Gelar Sosialisasi Pencegahan Dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Sosialisasi pencegahan Virus Corona oleh UPT Puskesmas Karanganyar bersama Pemdes Mengger , Selasa 23/03/2020
Ngawi , OposisiNews . Co.Id - Menempati Pendopo desa Mengger , UPT Puskesmas Karanganyar bersinergi dengan Pemerintah Desa Mengger , Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi laksanakan giat sosialisasi Pencegahan dan Penularan Virus Corona .Selasa, 23/03/2020.

Sosialisasi Pencegahan dan Penularan Virus Corona dihadiri Muspika Karanganyar , Polsek ( Babinkamtibmas ) , Koramil ( Babinsa ), Semua Perangkat Desa , BPD , LPMD , Tokoh Masyarakat / Agama dan melibatkan semua RT / RW Se-Desa Mengger dengan narasumber Jaka Yuwono ( Kepala Puskesmas Karanganyar ).

Melonjaknya Pasien COVID-19 akibat terjangkit virus Corona di Indonesia terus bertambah. Kondisi ini membuat seluruh masyarakat di Tanah Air wajib waspada tidak terkecuali Desa Mengger dan Kecamatan Karanganyar yang dimungkinkan kedepan rawan karena banyaknya warga desa di Kecamatan Karanganyar yang bekerja di luar daerah dan Luar Negri sebagi TKI/TKW.

Jaka Waloyo
Dalam Pemaparan
Covid 19
Dalam sosialisasi itu , Kepala UPT Puskesmas Karanganyar , Jaka Yuwono memaparkan hal-hal yang urgen untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 yaitu menjaga jarak fisik (physical distancing), kerja dari rumah, belajar di rumah, hingga beribadah di rumah terus digaungkan sehingga.

Hal itu terkait sifat virus Corona yang menular antarmanusia. Penularan bisa terjadi melalui percikan saat bercakap-cakap , bersin ( batuk )

"Itulah mengapa diharapkan warga menjaga jarak fisik dengan sesamanya untuk meminimalisasi risiko terkena percikan (droplet), atau menyentuh benda yang sebelumnya terkena droplet ", ucap Kapus.

"virus Corona dapat tetap hidup di permukaan benda mati selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Jadi, sangat penting cara mengetahui bagaimana cara mencegah penyebaran virus Corona",imbuhnya.

Jaka Yuwono juga memberikan, kiat-kiat  praktis yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona:

1. Sering-Sering Mencuci Tangan
hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona.

2. Hindari Menyentuh Area Wajah segitiga wajah, seperti mata, mulut, dan hidung.

3. Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan.
4. Jangan Berbagi Barang Pribadi seperti berbagi peralatan makan, sedotan, handphone, dan sisir. Gunakan peralatan sendiri demi kesehatan dan mencegah terinfeksi virus Corona.

5. Etika ketika Bersin dan Batuk gunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk.

6. Bersihkan Perabotan di Rumah,Gunakan disinfektan untuk membersih perabotan yang ada di rumah.

7. Jaga Jarak Sosial melakukan jaga jarak fisik atau physical distancing.

8. Hindari Berkumpul dalam Jumlah Banyak
,untuk saat ini, dianjurkan lebih baik melakukan aktivitas di rumah agar pandemi virus Corona cepat berlalu.

9. Mencuci Bahan Makanan larutan yang bersifat antibakteri ,simpan di kulkas atau lemari es agar bahan makanan tetap segar ketika ingin dikonsumsi.

Sosialisasi covid-19 desa
Mengger
Pada kesempatan itu , Kadi Widodo Kades Mengger pada OposisiNews mengatakan , " Dalam penanggulangan virus Corona khususnya di wilayah Desa Mengger , Pemerintah akan selalu berkordinasi dengan lembaga penanganan covid-19 yang berada di Kecamatan Karanganyar dan membuat satgas Corona dengan melibatkan semua elemen pemerintah desa ( perangkat , BPD,LPMD,Pemuda dan RT/RW ) ".

" Karena kondisi sekarang bersifat urgen , sebagai kepala desa jelas saya akan bertanggung jawab menganggarkan semua kegiatan siaga covid-19 dengan dana pribadi , insyallah dipencairan tahap ke 2 dana desa bisa diganti karena sesuai musyawarah bersama dengan melibatkan semua elemen masyarakat dan pemerintah , Pemdes Mengger tetap akan menganggarkan dana dalam kasus covid-19 ini di Dana Desa tahap 2 ", ujarnya.

" Untuk sementara dalam penanggulangan merebaknya virus Corona dibawah kendali saya secara langsung semua satgas yang terbentuk bertugas melakukan monitoring pendatang maupun warga desa yang baru pulang dari perantauan dan melakukan sosialisasi pada masyarakat yang akan melaksanakan hajatan sesuai protap yang telah dianjurkan pemerintah ", imbuhnya.
( BB.Adv )





Home » » Polres Tulungagung Lakukan Rekayasa Lalu lintas Di Kawasan Wisata Kuliner PINKA

Polres Tulungagung Lakukan Rekayasa Lalu lintas Di Kawasan Wisata Kuliner PINKA

Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP. Aristianto Sutrisno Budi, S.I.K., S.H., M.H., beserta jajaran saat di lokasi wisata kuliner PINKA
Tulungagung.OposisiNews.co.id-Menindak lanjuti maklumat Kapolri, dalam rangka memutus rantai penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Tulungagung, Satlantas Polres Tulungagung memberlakukan Physsical Distancing, Bebas dari segala bentuk aktifitas orang dan kendaraan di kawasan wisata kuliner PINKA Lembu Peteng, Tulungagung. Jum'at, (27/03/2020).

Setelah menggelar razia gabungan bersama TNI dan Satpol PP selama 3 hari berturut-turut di titik keramaian, Satlantas Polres Tulungagung secara resmi menerapkan jam buka-tutup jalur lalulintas di kawasan wisata kuliner Pinka, mulai Jalan Mayjend Sungkono hingga Jembatan Lembu Peteng.

Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia,S.I.K., M.M., M.H., melalui Kasat lantas AKP. Aristianto Sutrisno Budi,S.I.K., S.H., M.H.,mengatakan, kebijakan ini diambil berdasarkan pantauan pihak kepolisian yang selama ini mendapati lokasi di sepanjang Pinka sering digunakan oleh masyarakat untuk nongkrong menikmati udara malam. Walaupun hanya sekadar duduk di pinggir kali dan menikmati dagangan dari sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL).

"Rekayasa buka-tutup jalur lalu lintas di kawasan Pinka dilakukan pada hari ini, Jumat, 27 Maret 2020 mulai pukul 18.00 hingga pukul 21.00 WIB. Aturan ini diberlakukan hingga batas waktu yang belum bisa ditentukan," ucapnya.

Lebih lanjut di sampaikan Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP. Aristianto Sutrisno Budi, S.I.K., S.H., M.H.,bahwa dalam pelaksanaan rekayasa buka-tutup jalur lalu lintas di kawasan Pinka tersebut, pihaknya akan memasang portal dan himbauan tentang rekayasa arus lalu lintas, sehingga sepanjang jalur Pinka tidak dijadikan lokasi berkumpulnya masyarakat selama masa pandemi Corona ini berlangsung.

“Nanti akan kita pasang portal di pintu masuk sekaligus kita berikan himbauan kepada masyarakat. Peraturan ini harus dilakukan guna mendukung himbauan pemerintah selama masa pandemi Corona, sekaligus meminimalkan potensi terjadinya penyebaran Corona yang semakin hari semakin massive," jelasnya.

Aris berharap, masyarakat bisa menerima dan memahami atas segala peraturan dan kebijakan pemerinrah dalam menanggulangi penyebaran virus covid-19 demi kebaikan bersama.

“Kami berharap peraturan ini bisa diterima oleh masyarakat. Dengan di berlakukan Physcal Distancing ini penyebaran virus covid-19 bisa ditekan sehingga penulrannya juga bisa dicegah,” tandasnya.( AG.P)

Reporter : A.purnomo/ NN95

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon