Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Dukung Pemerintah Cegah COVID-19, Etnis Boru Gelar Ritual Hapun Angin

Dukung Pemerintah Cegah COVID-19, Etnis Boru Gelar Ritual Hapun Angin

Written By BBG Publizer on Selasa, 24 Maret 2020 | 22.06

FLOTIM, OPOSISINEWS.CO.ID- Komunitas Etnis Boru, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur mendukung Pemerintah dalam upaya menanggulangi penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) yang kini sedang mewabah di alam jagat raya. Dukungan tersebut dilakukan dengan cara menggelar ritual tolak bala yang disebut Hapun Angin, Minggu (22/3/2020).

Kepala Desa Boru, Benediktus Baran Liwu, mengatakan Ritual Hapun Angin merupakan ritual turunan komunitas adat Boru yang mempunyai nilai pendekatan spiritual antara manusia dengan Sang Pencipta serta manusia yang hidup dengan leluhur dan diyakini dapat mengusir segala sesuatu yang sifatnya mengancam keselamatan manusia, seperti wabah penyakit, dan hama pada tanaman.

"Secara budaya Boru, ritual ini dinamakan ritual Hapun Angin, diyakini dapat menghilangkan segala penyakit yang datang. Dengan ritual ini segala penyakit dapat di bawah kembali oleh air dan angin" tutur Benediktus.

Kendati telah dilakukan ritual tersebut, Benediktus menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mentaati himbauan Pemerintah dengan menerapkan pola hidup sehat, kurangi aktivitas di luar rumah, menjauhkan diri dari kerumunan massa, tidak bepergian ke luar daerah serta tidak menyebarkan berita hoax terkait COVID-19.

"Walaupun kita sudah berdoa, sudah buat adat, tetapi kita pribadi tidak menjaga kesehatan ya sama saja", ujarnya.

Disaksikan Oposisi News,  pelaksanaan ritual tersebut berawal di rumah adat, dihadiri oleh para sesepuh dan semua laki-laki dewasa. Ujud doa dan mantrapun dilantunkan oleh para sesepuh. Selanjutnya berpindah lokasi pada daerah perbatasan yang mempunyai aliran sungai.

Dipilihnya lokasi tersebut, kata Dominikus yang adalah seorang sesepuh, daerah tersebut merupakan pintu masuk Kabupaten Flores Timur,  selain itu untuk daerah aliran sungai diyakini dapat membawa semua wabah penyakit yang ada di wilayah tersebut.

Selanjutnya, para sesepuh bersama rombongan mengarak menuju empat penjuru wilayah desa untuk melakukan ritual pagar kampung. Ritual tersebut diyakini dapat menghadirkan leluhur  untuk menjaga dan melindungi wilayah tersebut dari segala bentuk serangan. (AL)
Home » » KSP Sandominggo Berkontribusi Nyata Dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

KSP Sandominggo Berkontribusi Nyata Dalam Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

FLOTIM, OPOSISINEWS.CO.ID
 - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) San Dominggo telah mengakar dalam kehidupan masyarakat dengan pertumbuhannya yang cukup signifikan. Hal tersebut tentunya tidak terlepas dari dukungan dari anggota dengan memberikan kontribusi bagi perkembangan Koperasi San Dominggo.

Koperasi yang telah menyabet predikat 'cukup sehat' yang ditetapkan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
tersebut telah banyak memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat di bidang ekonomi, pembangunan, pendidikan dan pertanian.

Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Flores Timur, Achmad R. Dulu, SE, dalam sambutannya pada kegiatan rapat akhir tahunan (RAT) Koperasi San Dominggo ke XXIX di aula Seminari San Dominggo Hokeng, belum lama ini menuturkan, untuk mencapai predikat tersebut tentunya telah melewati beberapa aspek kajian dan penilaian terhadap kesehatan koperasi yakni, aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, aspek manajemen, aspek efisiensi, aspek likuiditas, aspek kemandirian dan pertumbuhan jati diri koperasi.

Lanjutnya, secara pasti koperasi memiliki potensi strategis yang mengandung nilai-nilai menolong diri sendiri, bertanggung jawab kepada diri sendiri, demokrasi keadilan, solidaritas, merancang serta membangun koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan melalui upaya kolektif yang bersifat produktif, efektif, efisien dan berkelanjutan.

"Berpikir mengenai koperasi tidak hanya hari ini tetapi berpikir bagaimana visi kedepan kita berbuat apa untuk koperasi yang kita cintai ini. Kita harus lebih komitmen dan berjiwa besar dan jangan puas dengan yang ada sekarang. Mari kita membangun koperasi", tutur Achmad.

Sementara itu, Ketua umum koperasi San Dominggo, Stafanus Ratu Puka, menambahkan selain peran strategis, prinsip gotong royong serta didukung dengan manajemen dan loyalitas kepengurusan yang baik juga menjadi hal penting dalam berkoperasi. Hal tersebut telah memberikan dampak positif bagi pertumbuhan KSP San Domingo.

Stefanus mengatakan, perkembangan sebuah koperasi simpan pinjam dapat dilihat dari Rapat Anggota Tahunan yang dilaksanakan oleh pengurus koperasi setiap tahunnya. Untuk itu Ia berharap kepada anggota agar meningkatkan simpan pinjam sembari tidak mengabaikan kewajiban dalam mengangsurnya.

Sebagaimana diketahui, KSP San Dominggo terbentuk dari sebuah kelompok kecil yang bernama Kelompok Studi Tabungan (KST), digagas Pater Alfons Hayon, SVD, didirikan pada tanggal 28/11/1990 dan beranggotakan karyawan seminari. Dengan semangat kebersamaan anggota, akhirnya pada tanggal 22 Januari 1994 KST tersebut beralih menjadi koperasi simpan pinjam dan berbadan hukum yang kini disebut Koperasi Simpan Pinjam San Dominggo Hokeng.

Hingga akhir Desember 2020, KSP San Dominggo telah merangkul 2970 orang untuk bergabung bersamanya. Kini KSP San Dominggo memiliki aset sebesar Rp 38.862.558.232, simpanan saham sebesar Rp 17.553.711.914, simpan non saham sebesar Rp 13.120.350.204 dan telah memberikan pinjaman kepada anggotanya sebesar Rp 27.004.443.441 dengan benefit yang menarik. (AL)
Home » » Popes Alqomariah Bekasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Penduduk Bekasi,

Popes Alqomariah Bekasi Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Rumah Penduduk Bekasi,

 Pengasuh Ponpes Alqomaria Kranggan Bekasi KH Abdullah Musfik didampingi para santri, relawan penyemprotan disinfektan
Bekasi,OposisiNews.co.id- Inisiatif warga masyarakat membantu upaya pemerintah memerangi penyebaran virus Covid 19 di Indonesia mulai berlangsung di mana-mana. Salah satunya dilakukan oleh para pengurus dan santri di Pondok Pesantren Alqomariah Kranggan Jatisampurna Bekasi. Penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh ruangan pondok pesantren dan masjid, serta di sejumlah rumah-rumah penduduk sekitar Ponpes Alqomariah.

Aksi ini dilakukan untuk menyikapi semakin meluasnya dampak dari penyebaran virus corona yang sangat meresahkan masyarakat. Pengasuh Ponpes KH Abdullah Musfik mengatakan, kegiatan sosial penyemprotan disinfektan secara masal ini dilaksanakan pada fasilitas umum seperti Masjid, sekolah, dan perumahan penduduk di wilayah yang memungkinkan di jangkau oleh tim relawan yang di bentuk oleh pihak pasantren.

  “Aksi ini dilakukan agar masyarakat sekitar bisa aman dari virus Covid 19,” ungkap Pengasuh Ponpes yang akrab disapa Kiai Abi, di sela kegiatan penyemprotan disinfektan di rumah salah seorang warga, Selasa (24/03/2020).

Pengasuh pondok pasantren yang sudah banyak menghasilkan penghafal Alquran ini juga mengatakan,  aksi ini dilaksanakan berkat inisiatif  dari salah satu jamaah Pasantren Alqomariah H. Eidy Sutrisno S Hadji Djafar, S.Sos, ST, MM.Tr  yang  selama ini sering ikut berperan aktif bersama Ponpes untuk membantu warga setempat.

Menurut Kiai Abi, kegiatan ini akan terus dilakukan walaupun untuk mendapatkan cairan desinfektan saat ini sangat sulit dan mahal.

Udin, warga setempat, mengaku senang dan berterima kasih kepada Ponspes Alqomariah dan para santri yang sudah mejadi relawan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga dan sejumlah fasilitas publik.  “Semoga kegiatan ini bisa terus berlangsung sampai wabah virus corona ini berakhir,” harap Dedi warga lainnya yang rumahnya ikut disemprot disinfektan.

Sementara itu pemrakarsa kegiatan ini, H. Eidy Sutrisno Hadji Djafar yang bisa disapa Bang Hadji  mengaku senang warga setempat merespon positif kegiatan sosial yang dilaksanakan Ponpes Alqomaria.
“Kegiatan ini dilakukan  semata-mata merupakan kepedulian sebagai warga negara untuk turut membantu pemerintah secara proporsional melalui penyemprotan desinfektan  secara gratis  kepada masyarakat sekaligus membantu mengkampanyekan hidup sehat, tidak keluar rumah dan berkerumun, serta menjaga jarak dengan orang lain agar tidak tertular virus.” terangnya.

Bang Haji juga berharap, warga masyarakat  tidak panik dan lebih siap menghadapi suasana yang cukup meresahkan saat ini. Tidak lupa pula Bang Haji mengajak masyarakat yang memiliki kelebihan rejeki untuk ikut membantu pemerintah secara proporsional. “Yang paling dibutuhkan rakyat saat ini yaitu pembagian gratis cairan antiseptik pembersih tangan untuk mencegah penyebaran virus corona,” ujar Bang Haji yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala  Kantor Pelabuhan Kintap di Kalimantan Selatan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI. ( Red*** )
Home » » Desa Kepel Sinergikan Pembangunan Fisik Dan Kesehatan Warga Di Tengah Maraknya Wabah Virus Corona

Desa Kepel Sinergikan Pembangunan Fisik Dan Kesehatan Warga Di Tengah Maraknya Wabah Virus Corona

Lokasi kegiatan pavingisasi desa Kepel
Madiun,OposisiNews.co.id -  Pembangunan infrastruktur Jalan penghubung antar dusun dan desa menjadikan kebutuhan yang sangat urgen untuk mendukung meningatkan roda perekonomian dan daya beli masyarakat baik di kota maupun di pedesaan.

Desa Kepel Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, dengan Dana Desa (DD) yang di gelontorkan pemerintah pusat. Dimanfatkan oleh Sungkono Kepala Desa Kepel untuk Pavingisasi jalan dan pembamgunan Tanggul Penahan Tanah (TPT).

Suwarto Warga setempat merasa lega dengan program pavingisasi di lingkunganya , jalan lingkungan yang biasanya susah dilalui waktu musim penghujan ( becek ) sekarang masalah itu sudah terlewatkan dan terlihat bersih , rapi.

Desa Kepel yang terletak di pengunungan Wilis kecamatan Kare, merupakan salah satu desa penghasil tanaman porang terbesar dikabupaten madiun.

Dan baru-baru tahun ini ( 2020 .red ) Desa Kepel Kecamatan Kare mewakili Kabupaten Madiun meraih penghargaan 10 Program Pokok PKK yang penilainnya dilaksankan pada tahun 2019 kemarin. penghargaan diserahkan pada saat memperingati HUT HKG PKK ke-48 oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa di kantor Gubernuran kepada Ketua TP PKK Kabupaten Madiun Penta Lianawati, Maret 2020.

"Sungkono Kades Kepel menuturkan, karena daerah kita merupakan pegunungan. Disamping pavingisasi jalan, kita juga membikin Tebing Penahan Tanah supaya tidak terjadi longsor," jelasnya.

"Pekerjaan pavingisasi di RT 1 menuju ke RT 3 mencapai panjang 267 Meter dan  lebar 2,5 Meter menghabiskan dana RP. 94.338.000 . Sementara untuk
Pekerjaan (TPT) Tebing Penahan Tanah di RT 4 sampai RT 5 dengan volume 1,5 x 0,3 x70 meter menelan dana 40.907.000 rupiah," terang Kades.

Sungkono menjelaskan semua pekerjaan dikerjakan tenaga lokal desa . Kita perdayakan masyarakat supaya juga bisa mendapat nafkah dari dari program Dana Desa. Sementara pekerjaan ini bukan semata-mata keinginan pemerintah desa atau kepala desa, melainkan usulan dari masyarakat lewat dusun ( musdus ).

Posko kendali covid-19
Desa Kepel
Menindak lanjuti intruksi dari Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, untuk menjadi desa siaga terkait wabah virus Corona. Kades Sungkono membikin posko kesehatan yang berada didekat Balai Desa.

"24 jam kita siagakan lengkap dengan peralatan medis dan petugas medisnya. Kita sosialisasikan kepada masyarakat supaya jangan panaik, jaga pola hidup sehat, jaga jarak 1 meter dengan orang lain jika sedang melakukan aktifitas kerja maupun tidak. Serta rajin cuci tangan mengunakan sabun dengan air yang mengalir," jelas kedes kepel sungkono. (AGS-ADV DS.Kepel)
Home » » Potensi Penyebaran Covid-19, Tempat Hiburan Malam Dan Warkop Di Sidoarjo Diminta Tutup Sementara

Potensi Penyebaran Covid-19, Tempat Hiburan Malam Dan Warkop Di Sidoarjo Diminta Tutup Sementara

Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Pemerintah kabupaten Sidoarjo bersama jajaran TNI-Polri melakukan sosialisasi di tempat-tempat hiburan malam dan warung kopi. Mereka dihimbau untuk menutup sementara usahanya selama masa inkubasi sampai 14 hari kedepan. Kedua tempat tersebut berpotensi berkumpulnya banyak orang yang bisa menjadi sarana penyebaran virus covid-19.

Selain tempat hiburan malam dan warkop, restoran makanan cepat saji seperti Mc Donald juga diminta untuk menerapkan protokoler kesehatan dengan menjaga antrian berjarak 1 meter. Mereka juga diminta memaksimalkan penjualan melalui drive thru dan delivery order.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin bersama dengan Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji dan Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf. M. Iswan Nusi kemarin turun langsung ke lapangan mendatangi pengusaha warung kopi dan tempat hiburan malam serta rumah makan yang ada di pusat kota Sidoarjo.senen , 23/3/2020.

Himbauan ini berlaku bagi tempat hiburan malam dam warung kopi di seluruh wilayah kabupaten Sidoarjo berdasarkan instruksi gubernur Jatim dan maklumat Kapolri.

"Kami mohon kesadaran bersama, terutama pengusaha tempat hiburan malam dan warung kopi untuk menutup sementara usahanya, minimal selama masa inkubasi 14 hari kedepan", ujar Wabup Nur Ahmad.

Mulai hari ini, setiap hari personel gabungan TNI-Polri dan Pol PP akan keliling ke wilayah Sidoarjo. Mereka memastikan tidak ada warga yang bergerombol lebih dari 5 orang, jika petugas menemui warga yang masih bergerombol terutama di warung kopi petugas akan membubarkan.

"Setiap hari Polisi bersama TNI dan Pol PP akan keliling memastikan tidak lagi warga yang bergerombol, khususnya di warung-warung kopi, malam ini tadi sudah kita himbau dan minta ditutup sementara sampai ada pemberitahuan lebih lanjut", kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Sumardji. (Bg)
Home » » DI Duga Pungli Dan Rekayasa kasus, Oknum Anggota Polsek Sukatani Dilaporkan Ke Propam Polda Jaya

DI Duga Pungli Dan Rekayasa kasus, Oknum Anggota Polsek Sukatani Dilaporkan Ke Propam Polda Jaya

BEKASI,OPOSISINEWS.CO.ID- Kepala Unit
(Kanit) Serse Markas Polisi Sektor (Mapolsek) Sukatani kab.bekasi dilaporkan ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya oleh Warga dan Lsm aktivis Hukum. Pasalnya Warga Ingin mendapatkan Bantuan keadilan dari dugaan Penyalahgunaan Wewenang dan Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan Oknum Mapolsek Sukatani tersebut.

Salah seorang Tokoh masyarakat Bekasi Obay Hendra Winandar yang juga sebagai Paman dari Khoirut tamimi mengatakan laporan kepada Propam PMJ itu adalah buntut kekecewaan dari keluarganya yang telah menjadi korban pungli Dan dugaan rekayasa kasus Narkoba yang sekarang ditangani Mapolsek Sukatani.

"Kami menduga keras anak kami di rekayasa kasusnya oleh Oknum, karena awal mulanya anak kami yang tidak tahu apa-apa dirayu oleh temannya untuk mengunakan narkoba jenis ganja,tapi setelah itu keesokan harinya langsung ditangkap, " Ujarnya senin (23/3).

Dijelaskannya ,awal mula kronologisnya anaknya Choirut tamimi alias iuh  saat ini masih kuliah semester akhir di salah satu perguruan tinggi Di Bandung. Namun Pada saat pulang kampung bertemu teman nya yang bernama Dede septian alias bom-Bom ,Selanjut di bujuk  oleh temannya tersebut,untuk diajak memakai dan di beri barang yang ternyata narkoba jenis daun ganja,"

"Dari bujuk rayu teman nya yang bernama Dede septian akhir nya anak kami pun bisa terperdaya dan ikut bujukan Dede septian,sampai berhasil di ajarkan tata cara menggunakan nya dengan cara di linting di bakar dan di hisap, " Bebernya.

Menurutnya, setelah anaknya di titipkan sisa narkoba jenis ganja tetsebut, Ada orang asing yang tak di kenal menelepon Anaknya dengan mengaku kawan dari dede septian yang hendak mengambil sisa titipan barang yang ada pada anaknya tersebut. karena, merasa percaya yang menelpon itu memang kawan dari Dede septian,akhirnya anaknya menemuinya Tanpa adanya rasa curiga.

"Pas di depan rumah bukan kawan nya Dede ternyata ,Tapi beberapa oknum polisi yang saat itu lagsung menangkap Anak kami ,dan langsung membawa anak kami ke kantor polisi (polsek sukatani).
namun sebelum sampai ke kantor Polsek sukatani anak kami di bawa berputar dengan kondisi tangan di ikat kepalanya, "paparnya.Bahkan sangat di sayangkan Penagkapan tersebut tanpa di sertai surat perintah pengkapan/penahan yang ternyata baru di berikan 8 hari kemudian,itu pun cuma di titipkan ke Tetangga yang kebetulan sedang besuk anak kami.

Masih kata dia, setelah beberapa hari,penagkapan Ada perwakilan dari polsek sukatani mendatangi Keluarga kami untuk meminta uang tebusan dengan dalih mau keluarkan anaknya.
dengan membawa uang sebesar Rp. 6 juta kemudian keluarga menghadap ke ruangan kanit,di antar oleh anak buah nya yang bernama agus, tapi malang uang segitu di tolak dan di minta harus di cukupi uang sebanyak Rp.40 juta,dengan hasil pinjam sana pjnjam sini.akhir nya cukup juga dan kami di ajak lagi oleh agus ke ruangan kanit serse tersebut,kemudian  menyerahkan langsung kepada nya.

"Waktupun berjalan sampai akhir nya waktu berjalan hampir satu bulan ternyata anak kami tak kunjung keluar dan uang yang dulu Rp 40 juta keterangan nya  cuma buat ringankan hukuman saja, " Tutupnya.

Sekedar Diketahui, Laporan keluarga yang di wakili oleh Obay H.W yang sampai saat ini masih aktif sebagai tim aktivis hukum di LSM PEDULI KEADILAN (LSM PEKA),Anggota DI MEDIA PERS BHAYANGKARA,LRPPN Narkotika jawabarat,dan juga aktif di TIM ADVOKAT ERY EFENDI SH.

Laporan OBAY H.W tersebut diterima langsung oleh Kabid Propam PMJ Kombes JR.Manalu, dan Kasubbid Provos Kompol Yudho Yudhiantoro.Sik.mik
Di Kantor Bidpropam Mapolda metro jaya,dan Pihak Propam berjanji akan segera menindak lanjuti masalah tersebut dalam waktu dekat.

Masih kata OBAY " rekayasa bukan cuma sampai di kejadian tapi sampai pada Berkas acara pemeriksaan (BAP), yang telah di minta salinan nya terdapat banyak kejanggalan dan sarat rekayasa,karena si pemberi barang yang bernama Dede septian malah tidak di masukan nama nya di keterangan BAP Tersebut,dan di ganti dengan nama orang lain yang betul betul tak ada hubungan nya dengan peristiwa yang di alami anak kami saat itu.Di tambah anak kami di terapkan 3 pasal sekaligus,yang jelas ancaman hukuman nya lebih dari 5 tahun,tapi tak di dampingi oleh penasihat hukum ,padahal Menurut KUHP pasal 56 wajib hukum-nya.

" Kami rencana akan buka semua rekayasa ini nanti di pengadilan bersama tim pengacara kami dari Peradi jawabarat.untuk membuka semua skandal kedzholiman ini ",ucap Obay.

"Dan agar menjadi pelajaran bagi para penegak hukum kedepan khusus nya di daerah-daerah agar tidak sewenang-sewenag kepada masyarakat kecil.
Karena kami sebagai masyarakat sangat mencintai Polri sebagai pengaman, Pelindung dan pengayom kami.
"Imbuh nya"

Saat ini masyarakat Memang sudah geram dengan ulah oknum penegak hukum yang sering menjalankan tugas di luar dari Aturan perundang-undangan dan S.o.p yang sudah di tetapkan.

Padahal kalpolri sejak jaman pak jendral Tito Karnavian dan sampai kapolri saat ini jendral Idham Azis  selalu mengebor-gemborkan Promoter (Profesioanal Modern terpercaya) namun kadang malah tercoreng oleh ulah oknum-oknum yang nakal yang merusak citra kepolisian sendiri,Dan sejak jaman Wakapolri komjen Syaprudin menegaskan apabila ada oknum-oknum anggota-nya yang nakal dan terbukti melakukan pungli ,tidak segan-segan untuk mencopot,demi menjaga marwah nama baik kepolisian republik indonesia. ( JM )

Reporter. J.Manurung
Editor .Bambang PW

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon