Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » DISPERTA BOJONEGORO BERIKAN STIMULAN INSEKTISIDA BERANTAS WERENG BATANG COKLAT

DISPERTA BOJONEGORO BERIKAN STIMULAN INSEKTISIDA BERANTAS WERENG BATANG COKLAT

Written By BBG Publizer on Kamis, 12 Maret 2020 | 19.40

Ft.Ilustrasi Copy Block Bojonegoro
Bojonegoro,OposisiNews.co.id- Serangan hama Wereng Batang Coklat (WBC) perlu pengendalian sejak awal perkembangbiakannya , jika populasinya sudah tinggi dan varietas padi yang ditanam petani rentan serangan WBC bisa berakibat tanaman padi berubah  kecoklatan seperti terbakar .

Perkembang biakan WBC sangat cepat jika tidak secepatnya dikendalikan dan bakal mengancam gagal panen . Untuk menekan populasi wereng coklat dengan penyemprotan insektisida pada rumpun padi.

Untuk mengantisipasi serangan WBC kelompok  tani Dewi Sri Desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro mengadakan gerakan pengendalian yang  dihadiri anggota komisi IV DPR RI, Farida Hidayati, didampingi Forkompimka, Kepala UPT Pertanian dan penyuluh pertanian, Petugas POPT-PHP Kecamatan Ngraho, Babinsa, jajaran pemerintah desa, Minggu (8/3/2020).

Endah Suparti, Kepala UPT Pertanian Ngraho mengatakan bahwa wereng coklat harus dikendalikan sejak awal agar kerugian dampak seranganya bisa ditekan seminiminal mungkin.Dari pengamatan petuga POPT populasi wereng coklat di wilayah poktan Dewi Sri ini sudah 3-4 ekor/rumpun. Maka harus segera dikendalikan.

"Bersama anggota poktan pagi ini kita kendalikan dengan insektisida bantuan dari Disperta," kata Endang

Masih menurut Endang, penggunaan insektisida kimia harus tepat dan bijaksana, dengan mempertimbangkan ekosistem dan kesehatan lingkungan sekitar."Untuk itu petani agar melakukan pengendalian secara 6 (enam) tepat, yaitu tepat sasaran, mutu, jenis, waktu, dosis, dan penggunaan. Bukan untuk wereng coklat saja, tetapi untuk semua hama dan penyakit lainya," terang Endang.

Sementara itu ,Farida Hidayati yang kebetulan ikut terlibat secara langsung  pengendalikan wereng coklat bersama-sama petani di Kecamatan Ngraho bisa merasakan dan tahu problema serta apa yang diharapkan petani selama ini.

Sebagai perwakilan dari komisi IV DPR-RI , Farida mengatakan, terkait tentang teknik (teori) pengendalian hama wereng petani sudah faham dan tidak perlu di ragukan lagi , kebanyakan dari mereka sudah paham dan tahu bagaimana cara mengatasi hama wereng tanpa banyak teori," katanya .
Yang menjadi PR  komisi IV DPR RI yang membidangi urusan pertanian, lingkungan hidup, kelautan, dan perikanan, terus berjuang agar kesejahteraan petani semakin meningkat.

"Pupuk tersedia, panen melimpah dan harga yang stabil menjadi harapan petani kedepannya saya yang kebetulan di komisi IV akan memperjuangkan para petani agar lebih sejahtera, Aamiinn," kata wanita kelahiran Bojonegoro tersebut.

Beberapa waktu yang lalu saat gerakan pengendalian wereng coklat di Kecamatan Padangan, Helmy Elisabeth, Kepala Disperta Bojonegoro mengatakan bahwa pada prinsipnya pemberantasan wereng coklat ini merupakan bukti dan wujud kehadiran Pemkab Bojonegoro ditengah-tengah permasalahan yang dihadapi petani.

"Disperta memberikan bantuan stimulan insektisida agar petani bisa melaksanakan gerakan pengendalian secara serentak dari  serangan wereng coklat ( WBS ) dan petani bisa terhindar dari gagal panen," kata Helmy.  (DW)
Home » » Kabaharkam Polri Beri Arahan Perwira dan Bhabinkamtibmas Polresta Sidoarjo

Kabaharkam Polri Beri Arahan Perwira dan Bhabinkamtibmas Polresta Sidoarjo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Guna meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat, serta terwujudnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, memberikan arahan kepada perwira dan bhabinkamtibmas Polresta Sidoarjo juga jajaran.

Dalam arahan Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto yang didampingi pejabat utama Baharkam Polri dan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, berlangsung di Gedung Serbaguna Polresta Sidoarjo Jalan Cemengkalang, Sidoarjo, Kamis 12/3/2020.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak anggota Polri di Polresta Sidoarjo khususnya, untuk berupaya meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ini adalah tugas yang sangat berat. Tapi harus dilandasi keikhlasan dari diri kita, percayalah Allah mengabulkan doa kita semua dan melindungi kita dalam pelaksanaan tugas,” jelas Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto.

Lebih lanjut, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, menekankan kepada seluruh perwira dan bhabinkamtibmas Polresta Sidoarjo serta jajaran, yang dalam waktu dekat ini akan menghadapi tugas pengamanan Pilkades dan Pilkada serentak 2020, agar semaksimal mungkin menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

“Jalin dan solidkan sinergitas dengan TNI, Forkopimda, Forkopimka, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Serta komunikasi aktif dengan terjun langsung ke masyarakat. Semoga pengamanan Pilkades dan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Sidoarjo berjalan aman dan kondusif,” pesannya.

Di kesempatan ini pula, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menyampaikan keberhasilan dan inovasi pelayanan publik serta upaya-upaya yang dilakukan Polresta Sidoarjo dan jajaran, demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Khususnya dalam menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo.(bg)
Home » » Antisipasi Banjir, Pemerintah Desa Tulung Kec.Saradan Kab.Madiun Prioritaskan Bangun Saluran Drainase

Antisipasi Banjir, Pemerintah Desa Tulung Kec.Saradan Kab.Madiun Prioritaskan Bangun Saluran Drainase

Sukarno , Kades Tulung ,
Kec.Saradan Kab.Madiun
Madiun,OposisiNews.co.id -  Pembangunan drainase di desa Tulung Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun merupak kebutuhan yang sangat diharapkan bagi masyarakat desa . Dengan mengunakan anggaran alokasi Dana Desa tahun 2020 tahap 1, Sukarno Kepala Desa Tulung Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun merespon keinginan warga supaya pembangunan drainase menjadi skala prioritas Infrastruktur tahun ini ( 2020 red )

Samidyanto selaku ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) membenarkan , " Tahun ini kita ( ds Tulung,red ) perioritaskan pembangunan pada saluran dreinase, sebab di lokasi Rt 32 dan Rt 33 sangat memerlukan pembenahan terkait saluran yang perlu mendapat atensi secepatnya.

Dibangungnya 2 titik drainase dilokasi yang bersebelahan, panjangnya mencapai 318 meter sebelah kanan Rt 32 menghabiskan danaRp 42.443.000 juta Rupiah. Sementara di Rt 33 teranggarkan anggaran dana desa sebesar Rp 44.407.000 juta rupiah untuk 324 meter. Dengan masing - masing kedalaman 35 centimeter dan lebar 1/2 meter. Dengan mengunakan bahan bis beton  ,material batu dan semen yang berkualitas," terang ketua TPK Samidyanto.

Sunato warga rt 33 sangat bersyukur dengan dibangunya drainase,kondisi selokan sekarang sudah bagus dan terlihat rapi serta asri. Air sudah tidak lagi menggenang dan aman dari sarang nyakmuk yang bisa menimbulkan demam berdarah," tuturnya ke OposisiNews.co.id

Sukarno Kepala Desa Tulung   mejelaskan, Setelah dibangunya drainase tersebut air di RT 32 dan 33  mengalir lancar , " Saya berharap warga bisa menjaga kebersihan dan jangan lagi ada air yang mengenang karena akan berdampak buruk pada kesehatan warga ".

Dari keterangan yang dihimpun awak media OposisiNews penyebab terjadinya genangan air dilingkup RT 32 dan 33 disebabkan tinggi rendah posisi dan lokasi selokan lama yang tidak beraturan akibatnya banyak air tergenang dan menjadi surganya nyamuk penyeber Virus DBD berkembang.

"Setelah saluran drainase di benahi dari alokasi Dana Desa tahap 1, saluran air  yang berada di Rt 32/33 , sesuai perencanaan sudah lancar dan tidak ada genangan sama sekali. Dan air tidak lagi meluber ke jalan di saat hujan turun," terang Sukarno Kepala Desa Tulung Saradan Madiun. (AGS)
Home » » Baharkam Polri Tanam 60.000 Rumput Vetiver di Tanggul Sungai Brantas Porong

Baharkam Polri Tanam 60.000 Rumput Vetiver di Tanggul Sungai Brantas Porong

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Di sela rangkaian pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020 di Pusdik Sabhara Porong, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto beserta pejabat utama dan jajaran Baharkam Polri melakukan penanaman 60.000 rumput vetiver (akar wangi) di Tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo, Kamis 12/3/2020.

“Pagi ini kita bersama-sama tanam sebanyak 60.000 rumput vetiver, sebagai upaya pelestarian lingkungan. Yang mana rumput vetiver ini sangat bermanfaat bagi kehidupan kita dan sebagai pencegahan terjadinya longsor di tanggul Sungai Brantas Porong ini,” jelas Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto.

Kabaharkam Polri juga menambahkan, bahwa kegiatan penanaman rumput vetiver dalam rangkaian Rakernis Baharkam juga sebagai kepedulian Polri terhadap pelestarian lingkungan.

Kegiatan tanam rumput vetiver akar wangi ini, juga merupakan sinergitas Polri dan jajaran TNI, Pemkab Sidoarjo, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Dinas Perhubungan, DLHK, Satpol PP, Linmas, Pramuka, ILS, organisasi masyarakat, dan juga pelajar.

Penanaman rumput vetiver di tanggul Sungai Brantas Porong, Sidoarjo, ditandai dengan penanaman bersama oleh Kabaharkam Polri, Pejabat utama dan jajaran Baharkam Polri, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, Plt. Bupati Sidoarjo, pejabat utama dan kapolsek jajaran Polres Sidoarjo, serta diikuti anggota dari TNI-Polri juga instansi terkait.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menjelaskan penanaman rumput vetiver akar wangi ini bertujuan sebagai upaya pelestarian lingkungan. Karena rumput vetiver sangat bermanfaat untuk pencegahan longsor di kawasan tanggul Sungai Brantas Porong.(bg).
Home » » Kementan: Hewan Kesayangan Tidak Menularkan COVID-19

Kementan: Hewan Kesayangan Tidak Menularkan COVID-19

Dirjen PKH Kementan,
 I Ketut Diarmita
Jakarta,OposisiNews.co.id - Menyikapi pemberitaan dan informasi yang beredar di masyarakat tentang potensi penularan COVID-19 dari hewan ke manusia, Kementan melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada bukti kuat yang menunjukan bahwa hewan, khususnya hewan kesayangan sebagai sumber penularan COVID-19.

"Sudah ditegaskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE), bahwa penyebaran COVID-19 terjadi dari manusia ke manusia dan belum ada bukti yang kuat bahwa hewan dapat menyebarkan penyakit ini," jelas I Ketut Diarmita, Dirjen PKH Kementan, Kamis, 12/03/2020.

Oleh karena itu, Ia berpesan agar masyarakat tidak khawatir untuk memelihara hewan kesayangan seperti kucing dan anjing, dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan kesejahteraan hewan, seperti membuang atau menerlantarkan hewan kesayangannya.

Ketut juga meminta agar masyarakat terus menjaga kesehatan hewan miliknya dengan memastikan penyediaan pakan dan minum yang sehat serta mencukupi, termasuk memastikan kesehatannya dengan berkonsultasi ke petugas kesehatan hewan.

"Saat menangani hewan, pastikan mencuci tangan dengan air menggunakan sabun sebelum dan setelah kontak dengan hewan," pesannya.

Hal tersebut penting menurutnya, sebagai bagian dari penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Pernyataan Ketut tersebut diamini oleh Tri Sayta Putri Naipospos, Ketua Komisi Ahli Kesehatan Hewan, Kesehatan Masyarakat Veteriner, dan Karantina Hewan. Menurutnya berdasarkan laporan dari otoritas pemerintah yang membidangi kesehatan hewan di Hongkong, telah ditemukan kasus positif lemah pada anjing milik pasien positif COVID-19, dan anjing tersebut tidak menunjukan gejala sakit. Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini tidak ada bukti penularan COVID-19 dari hewan ke manusia.

"Penularan COVID-19 saat ini terjadi dari manusia ke manusia, fakta awal yang menunjukkan keterkaitan dengan satwa liar, dalam hal ini kelelawar masih dalam penelitian lebih lanjut," tegasnya.

Informasi yang sama juga disampaikan oleh NLP Indi Dharmayanti, Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet), Kementan yang menyampaikan juga bahwa masih perlu waktu untuk memastikan apakah virus penyebab COVID-19 (SARS CoV2) berasal dari hewan dan kemudian menulari manusia (bersifat zoonosis).

Ia membeberkan bahwa BBLitvet telah bekerjasama dengan Ditjen PKH dan dinas yang membidangi fungsi kesehatan hewan Depok dalam memeriksa 13 sampel dari 2 anjing dan 1 kelinci milik pasien positif COVID-19 di Depok, dan hasilnya menunjukkan hasil negatif pada bebeberapa kali pemeriksaan.

"Dari beberapa publikasi, memang terdapat data yang menunjukan bahwa virus penyebab COVID-19 mempunyai kedekatan genetik dengan virus yang terdapat pada kelelawar. Namun masih perlu studi lebih lanjut untuk memastikan perannya dalam penularan," tambahnya.

Ia menegaskan sekali lagi bahwa penularan antar manusia merupakan rute utama penyebaran, namun penelitian di hulu (pada hewan) terkait potensi zoonosis tetap perlu dilakukan sebagai langkah kesiapsiagaan untuk masa yang akan datang.

Mengakhiri pernyataannya, Dirjen PKH menegaskan bahwa situasi COVID-19 berkembang dengan cepat dan infomasi terus bertambah berdasarkan hasil kajian yang dilakukan di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Sebagai bentuk kewaspadaan, tambahnya, Kementan bersama Kemenkes dan KLHK dengan dukungan FAO telah melakukan surveilans triangulasi untuk memonitor peredaran berbagai virus terutama di hewan domestik dan satwa liar, serta kaitannya dengan manusia.

"Apabila ada data/informasi terbaru terkait COVID-19 dari aspek kesehatan hewan, kita akan segera sampaikan ke masyarakat," pungkas Ketut. (PBI/Red)


Home » » Sambut Ramadhan, Ayani Hotel Siapkan Paket Menarik

Sambut Ramadhan, Ayani Hotel Siapkan Paket Menarik

Foto.Ayani hotel
Banda Aceh,OposisiNews.co.id - Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Ayani Hotel Banda Aceh telah menyiapkan beragam paket menarik. Mulai dari paket buka puasa bersama, sampai paket menginap dengan harga spesial.

"Ini berlaku, untuk para wisatawan Aceh dan sekitarnya," sebut GM Ayani Hotel, Arief Fachri melalui siaran pers yang diterima sejumlah redaksi media, Rabu, 11 Maret 2020.

Ayani Hotel melalui tim koki handal di Magnolia Caffe menawarkan hidangan Buffet Ramadhan yang dapat dinikmati bersama keluarga dan kerabat mulai tanggal 24 April 2020.

"Beragam masakan nusantara mulai dari Menu Appetizer, Soup, Main course 6 item, Dessert 4 item, Tajil corner aneka gorengan dan rebusan serta Traditional stall rotasi menu," kata Arief Fachri.

Paket tersebut, sebut Arief Fachri, dapat dinikmati dengan harga Rp.130.000 Nett per orang. Harga sudah termasuk menu buffet,takjil, kopi dan teh (dari jam 5 sore sampai jam 8.30 malam).

"Hotel Ayani juga memberikan paket menarik lain dengan pembelian hidangan buka puasa untuk Grup maupun personal beli untuk 10 orang akan mendapatkan 1 gratis. Serta kita menjual promo early bird di harga Rp.120.000,- yang hanya di jual sampai Tanggal 31 Maret 2020," tambahnya.

Bagi wisatawan yang ingin melaksanakan buka puasa bersama rekan bisnis atau kolega di Meeting Room, akan mendapatkan harga spesial. Kemudian paket tersebut sudah termasuk hidangan Coffee Break, hidangan Prasmanan Ramadan, serta hidangan takjil (termasuk kurma).

"Untuk private minimal 40 orang kita akan sediakan ruangan tersendiri," jelas GM Ayani Hotel, Arief Fachri.

Sementara itu, untuk paket menginap bulan puasa, pihak Ayani Hotel memasang tarif Rp.650.000,- Harga sudah termasuk sahur dan buka puasa untuk 2 orang.

"Untuk reservasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor WA hotel 087 8697 2010 dan saudara imma 0811 6799 169," pungkas GM Ayani Hotel, Arief Fachri. (ADV/Red)
Home » » Mantapkan Persiapan Rakernas, PPWI Gelar Rapat Khusus

Mantapkan Persiapan Rakernas, PPWI Gelar Rapat Khusus

Jakarta,OposisiNews.co.id - Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) mengagendakan bakal menggelar acara nasional Rakernas PPWI tahun 2020. Kegiatan yang akan menghadirkan 300 orang pengurus dan anggota PPWI se-Indonesia ini akan digelar di Gedung Nusantara V komplek Parlemen DPR/MPR, pada 4-5 April 2020 mendatang.

Untuk memantapkan persiapan pelaksanaan Rakernas dimaksud. Pengurus Nasional PPWI mengundang segenap panitia pelaksana dalam sebuah rapat khusus bertempat di Gora Cafe Sarinah, Jakarta, Rabu (11/3/2020). Pada rapat ini dibahas secara serius terkait persiapan teknis untuk kelancaran pelaksanaan acara Rakernas PPWI tahun 2020.

Wilson Lalengke selaku Ketua Umum PPWI menyatakan bahwa Rakernas PPWI yang akan dilaksanakan nanti diagendakan membahas dan mencari solusi tentang 3 (tiga) masalah pokok Bangsa Indonesia yakni: Pembudayaan Ideologi, Ketahanan Pangan, dan Bahaya Narkoba.

"Penting kiranya kita sebagai anak bangsa untuk ikut dapat bekerja sama dan melakukan karya nyata untuk bersama sama mencari solusi agar bangsa Indonesia bisa membudayakan ideologi Pancasila dalam keseharian, ikut bekerja sama dalam membangun ketahanan pangan, dan aktif dalam peran kita sebagai pewarta warga untuk meningkatkan kewaspadaan bersama akan bahaya narkoba" ujar Ketum PPWI Wilson Lalengke.

Pada rapat yang sama, Sekjen PPWI yang juga merupakan Senator DPD asal Aceh, H. Fachrul Razi menyatakan bahwa Rakernas nanti akan menghadirkan pembicara para Tokoh Nasional. Juga Rakernas ini akan dihadiri oleh para pengurus dan perwakilan anggota PPWI dari seluruh daerah di Indonesia.

"Penting untuk PPWI menunjukkan kiprah kita sebagai organisasi pewarta warga, rakernas nanti akan menghadirkan sejumlah tokoh Nasional untuk menyampaikan gagasannya," ujar Fachrul Razi.

Para pejabat tingkat nasional yang akan diundang memberikan arahannya antara lain Ketua MPR RI, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja. Selain itu, panitia juga akan menghadirkan para pembicara ahli di bidang media dan publikasi, manajemen organisasi, dan entrepreneurship.

Selain Ketua Umum dan Sekjen PPWI, tampak hadir juga dalam rapat kali ini beberapa pimpinan PPWI Nasional, Mung Pujanarko, Danny Siagian, dan Winarsih; Penasehat Hukum PPWI Dolfie Rompas, Wakil Ketua Panitia Pelaksana, Yusron Fuadi dan belasan aktivis PPWI di seputaran Jabodetabek. (MUNG/Red)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon