Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Ribuan Buruh dan Mahasiswa Padati Bundaran Waru, Kapolresta Sidoarjo Jamin Situasi Aman

Ribuan Buruh dan Mahasiswa Padati Bundaran Waru, Kapolresta Sidoarjo Jamin Situasi Aman

Written By BBG Publizer on Rabu, 11 Maret 2020 | 18.31

Demo Serikat Buruh dan Mahasiswa tolak RUU Omnibus Law
Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Ribuan massa dari buruh dan mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Gerakan Tolak Omnibus Law (GETOL) Jawa Timur, pukul 12.00 Wib masa mulai memadati Bundaran Waru, Sidoarjo. Aksi turun ke jalan ini, mereka lakukan untuk mendesak pemerintah mencabut RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) dari DPR RI.Rabu, 11/3/2020.

Ribuan massa dan ratusan Panji ormas berkibar mewarnai langit Waru Sidoarjo dari gabungan beberapa serikat buruh dan organisasi seperti LBH Surabaya, KSPI, FBTPI-KPBI, KASBI, JARKOM SP Perbankan, LEM SPSI, WALHI Jatim, BEM SI Jatim, KontraS Surabaya, FSBI, KSN, KSBSI, KHM, FSPMI, dan PMII. Mengisyaratkan penolakan RUU Omnibus Law oleh serikat buruh , akademisi dan Intelektual Jatim yang perlu dikaji ulang bahkan dibatalkan.

“Hari ini memang sengaja dipusatkan di Bundaran Waru karena tempatnya strategis untuk menyuarakan penolakan Omnibus Law. Kami serentak bersama rakyat, mahasiswa, dan LSM bergerak agar pemerintah Jokowi mempertimbangkan pasal yang merugikan rakyat di Omnibus Law," jelas Sunandar, Ketua Umum KSPKEP-KSPI di Bundaran Waru, Sidoarjo.

Menurut Sunandar, gerakan pada 11 Maret 2020 ini merupakan momen penting untuk menyampaikan kepada pemerintah pusat agar tidak membahas RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) dengan DPR RI.

Guna mengamankan dan memberikan kelancaran aksi masa demonstran dari ribuan buruh dan mahasiswa di Bundaran Waru, Sidoarjo, personel gabungan diturunkan ke lokasi. Terdiri dari Polresta Sidoarjo, jajaran TNI, Dishub, dan Satpol PP.

Di lokasi titik kumpul Bundaran Waru, juga tampak Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol. Sumardji memimpin pengamanan aksi demo dari para buruh dan mahasiswa. "Sekitar 1200 personel gabungan kami turunkan guna mengamankan aksi dari rekan-rekan buruh dan mahasiswa di Bundaran Waru ini," ujarnya.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji juga menjamin aksi demo menyuarakan penolakan Omnibus Law berjalan aman dan kondusif. Tampak beberapa kali, ia menghimbau kepada para pendemo agar menyuarakan aspirasinya dengan tertib dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Personel gabungan dari Sidoarjo mulai mengawal dari titik awal gerak masa hingga Bundaran Waru. Setelah itu, masa buruh dan mahasiswa berencana bergerak ke Surabaya, menurut Kombes Pol. Sumardji , Masa aksi akan disambut dan dikawal oleh jajaran Polrestabes Surabaya.ucap Kapolres Sidoarjo disela-sela jalannya aksi demo pada awak media OposisiNews. (bg).

Reporter.Subagyo SH
Editor.Bambang PW
Home » » Wabup Minta Warga NU Kompak Menyelesaikan Pembangunan Masjid KH. M. Hasyim Asyari

Wabup Minta Warga NU Kompak Menyelesaikan Pembangunan Masjid KH. M. Hasyim Asyari

Sidoarjo,OposisiNews.co.id -PCNU Kabupaten Sidoarjo  akan membangun masjid yang diberi nama masjid KH. M. Hasyim Asyari. Tempatnya di tanah seluas 6,5 hektar di Jalan Lingkar Timur Km 55 kompleks pergudangan Safe and Lock. Masjid tersebut menjadi satu lokasi dengan Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) yang sedang dibangun. Pagi tadi peletakan batu pertama oleh Ketua PWNU Jawa Timur KH. Marzuki Mustamar menandai dimulainya pembangunan masjid KH. M. Hasyim Asyari, Rabu, (11/3). Kemudian disusul oleh KH. Rofiq Siraj, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH serta Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman untuk meletakkan batu di masing-masing titik pondasi.

Beberapa kyai hadir dalam kesempatan tersebut. KH. Salim Imron, KH. Amir Mu'in, KH. Abdul Aziz Munif, KH. Abdus Salam Mujib, KH. Soleh Khosim, KH. Maskun dan KH. Abdul Wahid Harun. Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo H. Arwani serta Rektor Unusida Fatkhul Anam juga hadir.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin berharap ada kekompakan dalam penyelesaian pembangunan masjid KH. M. Hasyim Asyari nantinya. Hal tersebut sangat dibutuhkan demi segera terwujudnya pembangunannya. Apabila semuanya kompak dirinya yakin pembangunannya tidak akan berjalan lama.

“Kalau kita kompak semua, masyarakatnya, warga Nahdlatul Ulama, muslimin muslimat, Inshaalloh pembangunan ini (masjid KH. M. Hasyim Asyari) tidak akan berjalan lama,”ucapnya.

Wabup H. Nur Ahmad Syaifuddin juga mengatakan apabila memungkinkan Pemkab Sidoarjo akan membantu biaya pembangunannya melalui APBD. Asalkan tidak melanggar aturan, hal tersebut dapat dilakukan.

Ketua PCNU Sidoarjo KH. Maskun mengatakan pembangunan masjid KH. M. Hasyim Asyari diperkirakan menelan biaya sebesar Rp. 8,5 milyar. Luas bangunannya 42x55 m2. Desain masjid KH. M. Hasyim Asyari nantinya menggabungkan tiga desain masjid. Yakni desian masjid Islam nusantara, masjid Timur Tengah dan desain masjid China.  Pemilihan desain masjid tersebut telah melalui proses yang panjang. Masukan dari instruktur PKPNU Pusat menjadi rujukan.  Instruktur PKPNU Pusat meminta masjid yang akan dibangun nantinya harus mengakomodir tiga model desain masjid. Dikatakannya  masjid KH. M. Hasyim Asyari yang akan dibangun nantinya akan menjadi pilot projeck bagi masjid-masjid PCNU yang tersebar di tanah air.

“Islam Nusantara harus nampak sehingga masjid ini menggunakan desain seperti masjid Demak, yang kedua harus mengakomodir juga Timur Tengah. Dan juga harus mengakomodir China, jadi semua akan diakomodir dalam desain masjid yang akan dibangun oleh PCNU Sidoarjo,”ucapnya. (Bg).
Home » » Kabaharkam Polri Silaturahmi ke Ulama Sidoarjo, Guna Suksesnya Pengamanan Pilkada Serentak dan PON XX

Kabaharkam Polri Silaturahmi ke Ulama Sidoarjo, Guna Suksesnya Pengamanan Pilkada Serentak dan PON XX

Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Di sela Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto melakukan kunjungan silaturahmi ke tokoh agama Kabupaten Sidoarjo, Yakni ke Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Sholawat KH. Agoes Ali Mashuri.Rabu ,11/3/2020.

Dalam kunjungannya Kabaharkam Polri tersebut yang juga ikut mendampingi Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji, disambut hangat oleh ulama khos yang akrab disapa Gus Ali ini. “Silaturahmi kami ke tokoh agama ini merupakan rangkain digelarnya Rakernis Baharkam Polri di Pusdik Sabhara Porong yang kemarin dibuka Bapak Wakapolri,” ujar Komjen Pol. Agus Andrianto.

Lebih lanjut jenderal bintang tiga ini mengatakan, Rakernis Baharkam Polri TA 2020, merupakan upaya kesiapan Polri dalam mengamankan Pemilihan Kepala Daerah serentak dan PON XX Tahun 2020 di Papua.

“Karenanya melakui kesempatan ini, kami juga perlu doa dan masukan para tokoh agama agar beberapa agenda kamtibmas di tahun 2020 dapat berjalan aman dan kondusif,” imbuhnya.

Menerima kunjungan dari Kabaharkam Polri dan rombongan, KH Agoes Ali Mashuri menyampaikan, bahwa pelaksanaan Pilkada serentak dan PON XX Tahun 2020 harus kita jaga dan sukseskan bersama. Keamanan dan ketertiban di masyarakat yang kondusif, harus kita jaga terus seperti halnya dengan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Kami mendoakan dan mengharap semua agenda ini berjalan aman, damai dan kondusif,” pungkas KH. Agoes Ali Mashuri.(bg).
Home » » Polres Tulungagung Ambil Peran Penting Cegah Penyebaran COVID 19 melalui Police Goes To School

Polres Tulungagung Ambil Peran Penting Cegah Penyebaran COVID 19 melalui Police Goes To School

Kasatlantas Polres Tulungagung bersama Kepala SMKN1 Tulungagung saat menyematkan sarana kontak berupa Helm pada siswa-siswi SMKN1 Tulungagung
Tulungagung,OposisiNews.co.id-Polres Tulungagung turut ambil peranan penting dalam pencegahan penyebaran COVID 19 yang akhir-akhir ini menjadi perhatian serius pemerintah dan dunia. Hal tersebut nampak dalam program "Police Goes To School" yang di laksanakan di Lapangan upacara SMKN1 Tulungagung. Senin,(09/03/2020).

Kasatlantas Polres Tulungagung,
  Kepala SMKN1 Tulungagung dan
 Kanit Dikyasa Satlantas
 Polres Tulungagung
Hadir dalam acara tersebut, Kepala SMKN1 Tulungagung, Kasatlantas Polres Tulungagung, Kanit Dikyasa Satlantas Polres Tulungagung, Kanit Reg Ident, Anggota Polsek Boyolangu,team Pengendalian Infeksi dari RSUD. Dr.Iskak Kabupaten Tulungagung, Dewan Guru dan para pelajar SMKN 1 Tulungagung.

Kapolres Tulungagung melalui Kasatlantas AKP. Aristianto Sutrisno Budi,S.I.K., S.H., M.H.,dalam amanatnya menyampaikan, agar para pelajar menggunakan medsos dengan bijak dan benar, jangan sampai ikut memprovokasi maupun menyebarkan berita yang belum diketahui kebenarannya (Hoax).

"Gunakan medsos dengan positif, jadilah pengguna medsos yang cerdas dengan memposting konten yang bermanfaat serta berguna bagi orang lain,” ucapnya.

Lebih lanjut, inspektur upacara AKP. Aristianto Sutrisno Budi, juga memberikan pemaparan dan edukasi kepada para pelajar tentang etika berlalu lintas.Ia juga mengajak para pelajar untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dengan tujuan agar kejadian kecelakaan lalu lintas terutama dikalangan pelajar dapat diminimalisir sekecil mungkin.

”Mari kita mulai dari diri sendiri untuk tertib berlalu lintas. Adanya kecelakaan lalu lintas di sebabkan adanya pelanggaran lalulintas, walaupun tidak semua pelanggaran tersebut menyebabkan kecelakaan lalu lintas," terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, Inspektur upacara,AKP. Aristianto Sutrisno Budi,S.I.K., S.H., M.H., juga memperkenalkan SIM Astuti kepada para pelajar untuk mendownload melalui playstore terlebih dahulu.Didalam Aplikasi SIM Astuti, ada soal-soal ujian teori yang nantinya akan membantu disaat ujian SIM. Polres Tulungagung juga melayani pelatihan ujian praktek gratis setiap hari Selasa dan Jumat setiap jam 14.00-selesai. Hal ini bertujuan untuk belajar mengemudi kendaraan bermotor secara baik dan benar.

“Setelah mendownlod Aplikasi SIM Astuti para pelajar akan mendapatkan banyak kemudahan untuk mendapatkan SIM" jelas nya.

Terkait kesehatan, Kasatlantas Polres Tulungagung, AKP.Aristianto Sutrisno Budi menyampaikan tentang pentingnya pola hidup sehat, dengan cuci tangan menggunakan anti septik, tidak menyentuh luka dengan tangan.

"Sedangkan dampak adanya isu berkembangnya virus Corona atau Covid-19,bisa menimbulkan rasa kegelisahan ditengah masyarakat.Diantaranya berdampak pada kelangkaan masker dan bahan pokok diberbagai apotek dan swalayan" tegasnya.

Kasatlantas menambahkan, pemahaman untuk pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19, dengan pola hidup sehat dan sekaligus memberikan sosialisasi gerakan mencuci tangan secara baik dan benar,

Kasatlantas Polres Tulungagung, Aris Sutrisno Budi,S.I.K., S.H., M.H., bersama Kanit Dikyasa IPTU.Neny Sasongko, S.H., di dampingi Kepala Sekolah memberikan sarana kontak berupa Helm kepada para pelajar SMKN 1 Tulungagung.

Di tempat yang sama, Sri Purwatin, team Pengendalian Infeksi dari RSUD. Dr.Iskak Kabupaten Tulungagung yang turut hadir pada "Police Goes To School"  menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu cara yang efektif untuk mensosialisasikan pencegahan Penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan SMKN 1 Tulungagung, agar para pelajar,dan para guru tidak panik atas beredarnya kabar dan pemberitaan terkait dengan Virus Corona.

" Kita lakukan sosialisasi dan edukasi cara mencuci tangan dengan anti septik yang baik dan benar. Supaya masyarakat Tulungagung pada umumnya dapat terhindar dari penyakit dan infeksi," ungkapnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Tulungagung, Sudjioso,M.Pd., dalam kesempatan nya mengucapkan terimakasih kepada Polres Tulungagung serta RSUD. Dr. Iskak Kabupaten Tulungagung yang telah ambil bagian penting dalam sosialisasi tertib,disiplin berlalu lintas dalam program "Police Goes To School" serta pencegahan virus Corona atau Covid-19.

"Manfaat bagi anak-anak bisa menyambungkan dengan masyarakat, bagi sekolah bisa terbantu dengan adanya kegiatan ini," tuturnya.

Kepala Sekolah SMKN 1 Tulungagung, Sudjioso,M.Pd.,atau yang akrab di panggil pak Jos menambahkan, SMKN1 Tulungagung senantiasa mengedepankan karakter yang baik sehingga suasana pembelajaran mengalir dengan adanya kesiapan anak-anak untuk tertib, disiplin, dalam.mencari ilmu,terutama ketrampilan.

"Kedepan nantinya, anak-anak bisa bekerja sesuai dengan pilihannya,terutama di agrobisnis pertanian," pungkasnya.( Ags.p )



Reporter : A.purnomo

Home » » Desa Gandul Kec. Pilangkenceng Prioritaskan DD Tahap I Tahun 2020 Untuk Pavingisasi Desa

Desa Gandul Kec. Pilangkenceng Prioritaskan DD Tahap I Tahun 2020 Untuk Pavingisasi Desa

Babinsa , Babinkamtibmas dan Kepala Desa Gandul melakukan monitoring kegiatan pavingisasi di RT 08-09 .Rabu 11/03/2020
Madiun,OposisiNews.co.id  – Dana Desa (DD) yang digulirkan pemerintah pusat di awal tahun tahun 2020 sangat memberi dampak dan manfaat terhadap peningkatan pembangunan di seluruh desa.

Desa Gandul Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun salah satu desa yang sangat terbantu dengan adanya Anggaran Dana Desa untuk kelancaran traspotasi warga dalam peningkatan ekonomi dan pertanian .

Sunarto , kades Gandul, Kec.
Pilangkenceng Kab.Madiun
Sunarto Kepala Desa Gandul Kecamatan Pelingkenceng Madiun mengatakan, Dana Desa (DD) yang digelontorkan Pemerintah Pusat ke desa kami ( Gandul.red ) TA 2020 dimanfaatkan peningkatan transportasi jalin ( jalan lingkungan ) dan Pertanian sebagai skala prioritas selain infrastruktur yang lain," terang Kepala Desa.

Sejak adanya Dana Desa kemajuan pembangunan di desa , khususnya Desa Gandul meningkat signifikan. masyarakat sangat terbantu dan merasakan manfaat dengan adanya pembagunan jalan paving yang teranggarkan melalui DD.

Untuk Dana Desa tahap pertama yang diterima Desa Gandul Rp. 119. 000. 000  TA. 2020 , diperuntukan untuk pembangunan jalan paving di tiga lokasi yang menjadi skala prioritas desa Gandul yang tertuang dalam RPJMDes 2020.

Dari pantauan OposisiNews di lokasi pavingisasi di Rt 08 dan RT 09 , volume P.176 meter x L 2,7 meter , pemasangan paving dilakukan warga sekitar lokasi kegiatan sebagai wujud padat karya dibawah monitoring  Babinkamtibmas .AIPDA Edi Susanto , Babinsa Sertu Mujiono serta Kades Pilangkenceng .

Kepala Desa Gandul sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah. Sebab dengan digelontorkan DD ke Desa Gandul sangat bermanfaat sekali.

Jalan desa yang dulunya tanah dan becek disaat hujan, sekarang sudah tidak lagi becek. Kendaraan untuk mengangkut hasil pertanian sudah lancar.

Pada awak media , Sidik salah satu warga RT 08 mengatakan " Warga sangat bersyukur atas di bangunnya pavingisasi jalan lingkungan di RT 08-09 karena dengan pavingisasi ini jalan lingkungan di RT sini sudah tidak becek dimusim penghujan seperti saat ini. Karena selama ini jalin RT 08-09 sering dilewati sebagai  jalur kendaraan roda dua dan empat  dari desa Ngegor dan desa - desa lainya. Kedepan setelah jadi warga masyarakat berencana akan melaksanakan kerjabakti untuk pembersiahan kanan kiri jalan supaya air bisa mengalir keselokan dengan lancar," terang Sidik.

Kepala desa juga berharap dengan terealisasikan pembangunan fisik dari dana desa dan didukung peran aktif Masyarakat serta Pemdes Gandul bisa mempercepat peningkatan perekonomian serta bisa memaksimalkan pemanfaatan sumber daya lokal secara berkesinambungan. (AGS)
Home » » Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Tahun 2020 Di Ikuti 533 Peserta

Kompetisi Sains Nasional Tingkat Kabupaten Tahun 2020 Di Ikuti 533 Peserta

Pembina Apel, Drs. Gondo Siswijo,M, M.Pd. saat pembukaan KSN-K 2020
Tulungagung.OposisiNews.co.id-Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung, menggelar Apel pembukaan Kompetisi Sains Nasional Kabupaten (KSN-K) Tahun 2020, Sekolah Menengah Atas (SMA) Dan Madrasah Aliyah (MA) di Halaman SMAN1 Kauman, Kabupaten Tulungagung. Selasa, (10/03/2020).

Drs.Gondo Siswijo.M, M.Pd.
 bersama panitia dan pengawasan
 KSN-K Tahun 2020
Dalam Apel tersebut, di hadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Tulungagung, perwakilan Kepala Sekolah, Anggota MKKS SMA Negeri dan Swasta se-Kabupaten Tulungagung, para pendamping beserta guru pembimbing KSN-K, Kepanitiaan dan Pengawas KSN-K, dan seluruh peserta KSN-K 2020 se-Kabupaten Tulungagung.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Tulungagung, melalui Pembina Apel, Drs.Gondo Siswijo,M, M,Pd., dalam sambutannya mengatakan, Pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten yang di selenggarakan di Kabupaten Tulungagung saat ini ada 9 mata bidang lomba. Mulai bidang lomba mata pelajaran Ekonomi, Kima, Fisika, Informatika, Astronomi, Biologi,  Matematika,  Kebumian, dan Geografi.

"Saya yakin, Anak-anak yang hadir di sini adalah anak-anak yang terpilih, anak-anak yang luar biasa untuk mengikuti lomba mewakili lembaga sekolah nya masing-masing," ucapnya.

Peserta KSN-K Tahun 2020
Dalam paparannya, Pembina Apel yang merupakan orang nomor satu di SMAN1 Kauman, Kabupaten Tulungagung menyampaikan bahwa, dari 9 mata pelajaran yang di lombakan di ikuti oleh 533 siswa peserta dari 19 sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Tulungagung.Peserta yang lolos Kompetisi Sains di tingkat Kabupaten akan mengikuti ke tingkat provinsi dan seterusnya ke tingkat Nasional hingga pada tingkat Internasional.

"Dari 533 peserta yang mengikuti 9 mata bidang lomba, berasal dari 19 sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Tulungagung. Dari SMA Negeri ada 11 lembaga, untuk swasta ada 6 lembaga,dan dari Madrasah Aliyah Negeri ada 2 lembaga. Setelah terlaksana nya Kompetisi Sains di tingkat kabupaten, para peserta yang lolos akan mengikuti kompetisi ke tingkat provinsi,dan seterusnya ke tingkat Nasional hingga ke tingkat Internasional," ungkapnya.

Dalam arahannya, Gondo Siswijo berpesan kepada seluruh peserta untuk berjiwa besar. Dalam mengikuti lomba atau kompetisi dengan suasana hati yang senang dan gembira, walaupun semua peserta adalah rival, namun semuanya adalah saudara,dan juga sahabat yang ada di SMA se-kabupaten Tulungagung.

"Yang namanya lomba atau kompetisi pasti akan ada yang menang sebagai juara, dan tentunya juga ada yang kalah atau belum berhasil memenuhi kejuaraan. Namun kami yakin, anak-anak sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya," paparnya.

Dalam kesempatan nya, Drs.Gondo Siswijo,M, M.Pd. yang juga sebagai ketua MKKS SMA Negeri Kabupaten Tulungagung berharap, dari pelaksanaan Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten Tahun 2020, peserta dari Tulungagung bisa masuk pada tingkat Provinsi dan bisa lolos pada tingkat Nasional hingga Internasional.

"Melalui kegiatan ini bisa memotivasi anak-anak untuk terus meningkatkan prestasi belajar khususnya di bidang Sains, sehingga bisa mengangkat nama Kabupaten Tulungagung lebih baik lagi dalam prestasinya pada dunia pendidikan," pungkasnya.

Reporter : A.purnomo

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon