Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Persrilis Polres Madiun ,Pencurian Berkedok Petugas PLN

Persrilis Polres Madiun ,Pencurian Berkedok Petugas PLN

Written By BBG Publizer on Selasa, 10 Maret 2020 | 20.53

Madiun,OposisiNews.co.id -  Pentualangan pencurian yang menyatru sebagai pegawai PLN akhirnya tertangkap dan dijebloskan dibalik teralis besi Polresta Madiun untuk menjalani proses hukum perbuatannya.

Pelaku  pencurian dan penipuan berinisial SK ( 56 th) , warga desa Bagi.kecamatan /kabupaten Madiun

Dari keterangan Kapolres Madiun. AKBP Eddwin kurniyanto menjelaskan krolonogi kejadian yang di himpun dari keterangan anggotanya

  " Sekitar pukul 14.00 siang,Kamis 05/03/2020 , SK (56th) mendatangi rumah korban Anissa (13th) warga desa banaran, kecamatan Geger, kabupaten Madiun. tersangka mengaku sebagai petugas PLN yang ingin mengecek meteran, melihat korban membawa HP Android bagus, tersangka meminjam hp dari korban untuk memfoto meteran dirumah korban, setelah usai memfoto tersangka membawa kabur HP korban dengan menggunakan sepeda motornya dan korban melihat HP dibawa kabur langsung mengejar dan berteriak maling" ungap Kapolres Madiun ,Selasa(10/03/0/2020)

Terjadilah kejar-kejaran tersangka dengan korban sejauh kurang lebih  7 km, Akirnya tersangka dapat dilumpuhkan.saat pengejar ( korban )  memepeti sepeda tersangka dan menendangnya, kendaraan yang dinaiki  tersangka sempat Oling dan dari arah berlawanan ada teman korban yang mendengar teriakan maling langsung menghadang dan menabrak kendaraan tersangka dengan Alfatair teman korban hingga akirnya tersangka terjatuh dan dijadikan bulan - bulanan warga setelah itu tersangka dibawa warga ke pos lantas Seklip.selanjudnya dibawa ke Polsek Geger"imbuhnya

Atas perbuatannya tersangka bakal terjerat KUHP Pasal 372 (penipuan) dan pasal 378 penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun.( US )
Home » » Harga Gabah Cenderung Turun, Saat Panen Raya Yang Bersamaan Musim Hujan

Harga Gabah Cenderung Turun, Saat Panen Raya Yang Bersamaan Musim Hujan

Kantor Pertanian Kab.Magetan
Magetan, OposisiNew.co.id - Pemerintah kabupaten Magetan melalui Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan Edi Suseno akirnya angkat bicara dan menjawab keluhan para petani (10/03/2020)

Edi Suseno.Kadis Tanaman
Pangan Holtikultura dan
Ketahanan Pangan
Kab.Magetan
Berbagai usaha yang sudah dilakukan pemerintah kabupaten Magetan untuk meningkatkan kwalitas terbaik dalam bidang pertanian.bahkan sudah melakukan uji kompetensi,peninjauan lahan pertanian di daerah-daerah, sosialisasi dan sebagainya.

Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan Edi Suseno mengatakan bahwa saat panen raya seharusnya para petani senang.namun bila harga jual gabah tidak sesuai dengan pengerjaannya membuat resah petani.

"Pihak dinas pertanian sudah lakukan koordinasi dengan pihak bulog,yang mana Bulog yang di tunjuk langsung oleh pusat untuk menampung hasil panen petani, namun harga bulog juga tidak setara / lebih murah. Bulog membeli berdasarkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP)"terang kepala dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Ketahanan Pangan Kabupaten Magetan Edi Suseno

Edi S memberikan saran pada para petani. Saat panen raya memang harga gabah di beli dengan harga rendah. Kalau bisa saat panen petani tidak menjual seluruhnya, tetapi menyisihkan sebagian hasil panennya untuk di simpan dan dilakukan proses pengeringan dan di jual setelah panen selesai. Dengan jarak sekitar 1-2 bulan penyimpanan barulah dijual" imbuhnya

Pihaknya juga sudah melakukan peninjauan,penilaian,dan penghitungan berdasarkan lahan pertanian, lahan sebidang(1hektar) menghasilkan berapa dan biaya untuk pengerjaan berapa. Oleh itu pihak pertanian hanya berikan saran pada para petani. Sebagian hasil panennya untuk di keringkan dan di jual setelah panen raya selesai. Dinas pertanian akan selalu berkoordinasi,merapatkan dengan berbagai unsur pemerintahan untuk hal tersebut", pangkasnya

Saat panen raya seperti ini merupakan harapan petani, Magetan merupakan daerah agraris denagan mata pecaharian penduduknya mayoritas petani(buruh sawah) dengan lahan pertanian yang cukup luas  juga sangat produktif dalam petani.( US )
Home » » Wakapolri Buka Rakernis Baharkam Polri 2020 di Pusdik Sabhara Porong

Wakapolri Buka Rakernis Baharkam Polri 2020 di Pusdik Sabhara Porong

Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Rapat Kerja Teknis Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020 resmi dibuka Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono, di Pusdik Sabhara Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa 10/3/2020.

Kepada wartawan, Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono menjelaskan, dibukanya rakernis Baharkam Polri ini sebagai bentuk kesiapan Polri beserta jajarannya dalam pengamanan Pilkada serentak dan PON XX Tahun 2020 di Papua. “Kami persiapkan sejak dini, segala upaya pengamanannya agar situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif guna mendukung pembangunan nasional menuju Indonesia Maju,” tegasnya.

Pada Rakernis kali ini mengusung tema “Baharkam Polri Beserta Jajaran Siap Mengamankan Pemilihan Kepala Daerah Serentak dan PON XX Tahun 2020 serta Memelihara Kamtibmas Guna Mendukung Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, menerangkan bahwa rakernis ini dihadiri 390 peserta dari 34 Polda dan berbagai unsur terkait, dalam rangka menyelaraskan pemahaman para direktur jajaran Baharkam kewilayahan dalam mendukung implementasi kebijakan dan strategi Polri tahun 2020. Serta juga di isi dengan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan Polri.

“Baharkam Polri merupakan satuan kerja yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan dan upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri,” kata Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto.

Dengan kekuatan yang ada, Baharkam Polri siap mengamankan Pilkada Serentak 2020, PON XX Papua, mendukung pembangunan nasional, antisipasi bencana alam dan karhutla, serta mengamankan lima program prioritas kerja Presiden, yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, memangkas kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Kabaharkam Polri berharap, rakernis ini dapat dimanfaatkan seluruh jajarannya untuk menyamakan persepsi dalam memberikan kontribusi bagi terpeliharanya kamdagri dan tercapainya misi Kapolri melakukan penguatan harkamtibmas, peningkatan kualitas SDM, dan pengawalan proyek insfrastruktur nasional.

Dalam rakernis Baharkam Polri di Pusdik Sabhara Porong, Sidoarjo akan berlangsung hingga 13 Maret 2020 dan dijadwalkan akan dihadiri sejumlah narasumber. Antara lain Menteri KKP, Wamen BUMN, Komisaris Utama Pertamina, Kepala Bulog, Dirjen Bea Cukai, serta succes story dua kepala desa dari Jawa Tengah dan Jawa Timur dan seorang Bhabinkamtibmas dari Polda Sumatera Utara yang berhasil membina kelompok petani sayur dan nelayan dengan perdagangan online yang memperkerjakan kaum difabel, mantan preman, dan eks narapidana.(bg).
Home » » Dinas PUPR melakukan Pengukuran rencana embung banjarejo dengan BPN Magetan

Dinas PUPR melakukan Pengukuran rencana embung banjarejo dengan BPN Magetan

Pengukuran rencana lahan embung
Magetan, OposisiNews.co.id -Pemerintah kabupaten Magetan melalui DPUPR bidang SDA melakukan Pelaksanaan pengukuran lahan yang akan di gunakan untuk pembangunan embung di desa Banjarejo, kecamatan Ngariboyo, Magetan.

Yuli Iswahyudi Kabid SDA
-DPU Magetan
Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Magetan, Yuli Iswahyudi.menyampaikan bahwa pelaksanaan program pembuatan embung ini sudah melalui tahapan-tahapan musyawarah dengan masyarakat Banjarejo kecamatan Ngariboyo dan pemerintah desa,hingga hari ini dilakukan pengukuran lahan yang akan di bangun embung",kata Yuli

Yuli juga menuturkan dengan adanya embung nantinya dapat menjadikan sarana untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Banjarejo,Dengan embung tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Banjarejo dalam hal pengairan sawahnya. Hal ini juga sebagai tanggung jawab pemerintah kabupaten Magetan untuk pelayan kepada masyarakat"terangnya

Saat pengukuran lahan juga di dampingi pihak BPN Magetan, perwakilan dari DPUPR bidang SDA, Kepala desa Banjarejo,pemilik lahan.

Jumirin, Kds.Banjarjo Kab.
Magetan
Jumiran selaku kepala desa Banjarejo juga menyampaikan terima kasih pada pemerintah kabupaten Magetan/DPUPR Magetan sudah berikan juga mewujudkan impian kami.(pemerintah desa dan masyarakat).

Masyarakat Banjarejo dengan rencana pembangunan embung tersebut sangat mendukung dan berharap cepat terealisasi karena dengan adanya Embung akan berimbas positif  meningkatnya perekonomian masyarakat Banjarejo khususnya di sektor pertanian. " Sekali lagi saya mewakili masyarakat Banjarejo dan pemdes banyak terima kasih".kata kades

Pihaknya ( Pemdes Banjarjo .red ) secara jangka panjang berencana dengan adanya Embung nantinya selain untuk pengairan sawah petani pemdes akan menjadikan obyek wisata desa.( US-Adv )
Home » » Raja Belanda Kunjungi Indonesia, Harapan Baru bagi 200 Ribu Warga Belanda Kelahiran Indonesia

Raja Belanda Kunjungi Indonesia, Harapan Baru bagi 200 Ribu Warga Belanda Kelahiran Indonesia

Jakarta,OposisiNews.co.id - Raja Belanda Willem Alexander  melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 9-13 Maret 2020. Dalam kunjungan ini, Willem akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada 10 Maret 2020.

Pertemuan kedua kepala negara direncanakan akan membahas kerja sama bilateral dibidang ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia. Selain bertemu Jokowi, Raja Belanda juga akan mengunjungi kota Jakarta, Yogyakarta, Palangkaraya, dan Danau Toba.

"Selama kunjungan Raja Willem akan didampingi istrinya, Ratu Maxima, tiga menteri dan hampir 200 pengusaha," seperti dikutip dari pers rilis, Kementerian Luar Negeri, Jumat, 6 Maret 2020.

Belanda adalah investor Eropa terbesar Indonesia dari kawasan Eropa. Total investasi RI di Negeri Kincir Angin 210 Juta Euro, sementara investasi Belanda di Indonesia 4,2 Miliar Euro (2018). 

"Kunjungan kenegaraan menegaskan hubungan dekat antara kedua negara dan akan diarahkan untuk kerja sama di masa depan. Program ini akan fokus pada ekonomi, konservasi alam, budaya, ilmu pengetahuan dan ikatan antara masyarakat Indonesia dan Belanda," terang Kemenlu.

Kabar baik dari kunjungan tersebut, lebih dari 200 ribu warga Belanda kelahiran Indonesia akan bisa segera mewujudkan impian dan cita-cita mereka untuk bisa pulang balik lagi ke tanah tempat kelahiran mereka bahkan meninggal di Indonesia.

Terutama para senior generasi pertama yang tiba di Belanda awal tahun 1950, mereka sangat ingin sekali untuk bisa pulang kembali buat selamanya ke Indonesia.

Seperti yang diutarakan oleh Alfons Manuhutu (76 th), "Saya tiba di Belanda ketika berusia 16 tahun, namun hinggga saat ini saya tidak pernah merasakan seperti warga Belanda asli, sebab pikiran maupun hati saya selalu berada di Indonesia."

"Oleh sebab itulah merupakan cita-cita dan keinginan saya yang terbesar sebelum saya meninggal dunia ialah bisa pulang balik ke tanah dan tinggal disana sampai dengan akhir hayat saya," ujarnya.

Pemerintah Belanda sendiri mendukung sepenuhnya keinginan mereka. Apabila pulang balik ke Indonesia, mereka akan tetap bisa menerima uang pensiun mereka seutuhnya, minimum Euro 1.500 atau sekitar Rp 25 juta per bulan. (UCUP/Red)
Home » » Minimnya Anggaran Tidak Surutkan Desa Lego Wetan Kembalikan Kemerdekaan Dan Hak Bermasyarakat Warga-Nya

Minimnya Anggaran Tidak Surutkan Desa Lego Wetan Kembalikan Kemerdekaan Dan Hak Bermasyarakat Warga-Nya

Ktr desa Lego wetan
Ngawi,OposisiNews.co.id- Selasa , 10/03/2020 Tidak seperti hari-hari biasanya, puluhan orang yang rata-rata berusia lanjut dengan tatapan mata yang kosong, bibir selalu tersenyum entah untuk siapa bahkan ada yang ngedumel kecewa tidak jelas pada siapa, mereka duduk berjajar menempati kursi - kursi yang memenuhi pendopo desa Lego Wetan , Kecamatan Bringin Kabupaten Ngawi. Didepan  pendopo tertera kalimat ' KAJI BANDING PROGRAM KESEHATAN JIWA POSKESWA MELATI '.

Undangan kaji banding
Kegiatan rutin triwulan Poskeswa Melati dihadiri. Docter jiwa dan Psykolog ,Progremer Poskeswa. Wito Widodo , Muspika, Babinsa Bringin , Kapolsek Bringin , KUPT Puskesmas Bringin , dr.Katon Prasetyo , pengurus POSKESWA Lego Wetan serta KUPT Puskesmas Paron, dr.Liem selaku tamu kaji banding program kesehatan Jiwa Poskeswa Melati.

Anggota Poskeswa
Apakah POSKESWA itu ? Poskeswa merupakan pos kesehatan jiwa yang menangani warga pengidap gangguan jiwa , berdiri tahun 2018 dengan jumlah anggota 27 aktif dan 20 pengurus yang tersebar dimasing-masing dusun dengan nama ' POSKESWA MELATI ' Desa Lego Wetan.

Poskewa sendiri didirikan sebagai kepanjangan program ' Forum Desa Sehat ' serta wujud kehadiran pemerintah desa Lego Wetan ditengah - tengah masyarakat yang mengidap gangguan jiwa ringan dan Poskeswa Melati sendiri merupakan satu-satunya Poskeswa di Kabupaten Ngawi.

Sebagai bukti pengakuan dari pemerintah dianugrahinya penghargaan dari Bupati Ngawi tahun 2019 sebagai desa Berpartisipasi aktif menjadi lokus / titik pantau verifikasi penilaian kabupaten / kota sehat tingkat Nasional dan Kabupaten Ngawi .

Dalam sambutannya Ida Dwi R Kades Lego Wetan , " Tujuan dari kegiatan rutin Poskeswa Lego wetan meringankan beban warga yang terganggu kesehatan jiwa , dan saya selaku kades sangat bangga dengan kader-kader puskewa yang peduli dan tidak pernah mengeluh terus berbuat baik untuk kegiatan kemanusiaan ini ''.

 " Banyak suka duka ketika desa Lego wetan terorentasi mendirikan Poskeswa melati, tidak sedikit cibiran dari desa lain yang menyakitkan namun pemerintah desa tetap konsisten maju demi kemerdekaan warganya dan mengembalikan hak warganya untuk bisa kembali hidup normal ditengah masyarakat secara normal , khusus untuk katagori ganguan jiwa berat Poskeswa Melati merujuk penderita ke RSJ melalui Dinas terkaid ", imbuh Kades Lego Wetan .

" Sejak berdiri sampai sekarang Poskeswa Melati secara kontinyu melakukan jemput bola pada warga yang terdeteksi sakit ganguan jiwa dan melakukan pertemuan 3 bulan sekali dalam contek pemeriksaan kesehatan jiwa dan pengobatan dibawah pengawasan Docter dan Psykolog dari Pemkab Ngawi, bahkan sejak berdiri Poskewa telah berhasil mengobati 5 orang anggota dari gangguan jiwa untuk bisa kembali melakukan aktifitas normal serta diterima ditengah masyarakat secara utuh, selaku kepala desa saya tidak ingin melihat dan mendengar warga saya terpasung karena mengidap ganguan jiwa seperti tahun - tahun sebelumnya ", tambahnya.

Pengobatan
" Tidak hanya pemeriksaan dan Pengobatan , anggota Poskeswa juga dilatih dan dibekali ketrampilan supaya kedepannya mandiri seperti membuat anyaman tas plastik , gantungan kunci dan fas bunga dengan harapan dapat mengisi hari-harinya dan tidak ada kesempatan untuk melamun serta berkhayal .Rata-rata yang melatar belakangi gangguan jiwa warga tekanan faktor ekonomi akibat menjada ( Janda mati ) dan Tuna Karya yang didominasi kaum Hawa  ", kata Ida Dwi Rinawati. kades.

Dari informasi masyarakat , tokoh masyarakat , BPD dan perangkat desa yang dihimpun OposisiNews , Kegiatan Poskeswa Desa Lego Wetan dibiayai oleh Dana Desa sebesar Rp 6 juta pertahun dan Dansos Keswa Donatur dari Masyarakat / perorangan . Hal itu dibenarkan oleh Ida DR. Kepala Desa Lego Wetan.

" Benar, kegiatan Poskeswa dianggarkan Rp 6 juta pertahun dan ditompang donatur warga mampu tiap kegiatan Poskeswa sementara Pemkab Ngawi melalui dinas terkaid , RSUD dan Dinkes hanya mengapu obat-obatan dan Psykolog , sebenarnya anggaran itu amat sangat minim namun desa tidak mampu berbuat lebih banyak karena ketentuan dan prosentase anggaran untuk bidang sosial yang bersumber dari Dana Desa , Jelas aturanya , " ujarnya.

Pada awak media , Kepala desa berpengharapan pada Pemerintah daerah , Propensi dan Pusat . " Mudah-mudahan program Poskeswa ini bak pepatah Gayung Bersambut Hingga Ke Tepi , pemerintah desa dengan mengadeng instasi terkaid tidak hanya bisa mengembalikan warga yang mengidap ganguan sakit jiwa namun bisa berbuat lebih untuk meminimalisir warga yang sembuh kembali sakit jiwa akibat tekanan ekonomi dampak Tuna Karya  , maka pemerintah desa Lego Wetan berharap Pemerintah sudi dan terketuk hatinya memberikan bantuan yang bersifat permanen seperti alat-alat pertukangan , kerajinan dan sarana yang dibutuhkan untuk menopang kegiatan warga mantan gangguan sakit jiwa di desa Lego Wetan tetap bisa berkarya dan berpeluang kecil untuk kembali sakit jiwa ".

Add caption
Ditiap akhir kegiatan POSKESWA Melati ditutup dengan kegiatan senam bersama DESI GAWARAT ( Deteksi Dini Ganguan Jiwa Berat ) oleh semua yang hadir dalam kegiatan ( BB )
Home » » Bupati Tulungagung Lakukan Upaya Pencegahan Penyebaran COVID 19

Bupati Tulungagung Lakukan Upaya Pencegahan Penyebaran COVID 19

Bupati Tulungagung, bersama Forkopimda, kampanye kan pola hidup sehat
Tulungagung, OposisiNews.co.id-Sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID 19, Pemerintah Kabupaten Tulungagung bersama Forpimda melaksanakan kampanye Hidup Sehat,
yang di isi dengan kegiatan senam bersama dan peragaan cara mencuci tangan yang baik dan benar, yang di laksanakan di aloon-aloon Kabupaten Tulungagung. Minggu, (08/03/2020).

Acara yang dipandu oleh Direktur RSUD Dr. Iskak, Tulungagung, dihadiri oleh Bupati Tulungagung, Drs.Maryoto Birowo,M.M.,Kapolres Tulungagung, AKBP. EG Pandia S.I.K., M.M., M.H., dan perwakilan Anggota forkopimda, serta ratusan warga masyarakat dari berbagai kalangan.

Direktur RSUD Dr Iskak Tulungagung, Supriyanto, dalam sambutanya mengingatkan, agar masyarakat senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan dengan mencuci tangan untuk memperkecil kemungkinan tertular Corona. Sedangkan bagi masyarakat yang sedang batuk diharapkan bisa menggunakan etika batuk, yakni dengan menutup mulut menggunakan siku bagian dalam saat batuk.

“ Kalau dulu batuk ditutup pakai tangan, itu bahayanya jika tangannya dipakai salaman, maka sekarang etikanya ditutup pakai siku bagian dalam," tuturnya.

Bupati Tulungagung,Forkopimda,
 saat senam di aloon-aloon
 Kabupaten Tulungagung
Sementara itu dalam senam sehat tersebut Bupati Tulungagung mengajak masyarakat untuk tidak takut dan panik menghadapi penyebaran wabah Corona.

"Salah satu cara untuk menghentikan penyebarannya adalah dengan cuci tangan yang baik dan benar," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati bersama dengan tim dari Dinas Kesehatan dan RSUD Dr.Iskak Tulungagung, mengajak peserta senam untuk mengikuti gerakan senam cuci tangan sehat dengan iringan musik ala aplikasi tik tok yang sedang digandrungi oleh generasi milenial saat ini.

Bupati juga menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya bersama dengan Forkopimda juga telah melakukan sidak ke beberapa pusat perbelanjaan dan apotik. Dari hasil Sidak tersebut diakui memang harga masker cukup mahal, dan stok hand sanitizer sudah mulai langka,namun pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polres Tulungagung agar tidak ada penimbunan masker maupun hand sanitizer, sehingga tidak ada pihak yang memanfaatkam kondisi ini untuk mencari keuntungan pribadi.

"Kalau ada yang menimbun, nanti kita serahkan kepada kepolisian, jangan sampai ada yang malah memanfaatkan kondisi ini”, Jelasnya

Dalam kesempatannya, Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M., mengatakan, tingginya mobilitas warga Tulungagung yang berprofesi sebagai TKI di negara-negara yang terjangkit COVID 19, menjadikan Tulungagung sebagai wilayah yang rentan beresiko terhadap serangan COVID 19.

"Pemerintah Kabupaten Tulungagung sudah melakukan kewaspadaan dini, serta upaya respon cepat terhadap serangan COVID 19, diantara dengan melaporkan kedatangan warga dari negara terjangkit ke petugas puskesmas setempat," tandasnya.

Bupati menambahkan, tujuan di laksanakan kegiatan ini untuk mengkampanyekan pola hidup sehat diantaranya, makan dengan gizi seimbang, berolah raga, istirahat cukup, mencuci tangan di air mengalir, serta menggunakan sabun, menggunakan masker, bila batuk untuk menutup mulut dengan lengan atas bagian dalam.

"Untuk mengenali gejala serangan COVID 19, warga diminta tetap waspada, namun tidak sampai panik,"pungkasnya.(AGS.P)

Reporter : A.purnomo.

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon