Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Kecamatan Sidoarjo Mulai Terapkan Aplikasi Sipraja

Kecamatan Sidoarjo Mulai Terapkan Aplikasi Sipraja

Written By BBG Publizer on Sabtu, 29 Februari 2020 | 21.17

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Puluhan Lurah dan Kepala Desa beserta perangkatnya di wilayah Kecamatan Sidoarjo mendapatkan pengarahan dan peningkatan kompetensi dalam penerapan system layanan kepengurusan online tingkat desa/kelurahan dengan menggunakan aplikasi Sipraja (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo). Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Senyiur Prigen, Trawas  tersebut di buka langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin.jumat, 29/2/2020.

Kecamatan Sidoarjo merupakan kecamatan pertama yang siap menerapkan layanan kepengurusan kependudukan dan kepengurusan lainnya dengan menggunakan system online Sipraja.  Wilayah kecamatan Sidoarjo membawahi 10 desa dan 14 kelurahan, targetnya seluruh desa dan kantor kelurahan sudah langsung menerapkan usai mendapatkan pengarahan langsung dari Wabup Nur Ahmad Syaifuddin.

“Yang diinginkan masyarakat adalah pelayanan yang cepat dan mudah, lewat aplikasi Sipraja masyarakat bisa mengurus administrasi kependudukan dari rumah lewat handphonenya masing –masing”, kata Nur Ahmad.

Cak Nur sapaan akrab Wabup Sidoarjo berharap kecamatan lainnya juga segera mengumpulkan kades serta perangkatnya, targetnya tahun 2020 ini seluruh kecamata dan desa/kelurahan sudah menerapakan layanan kepengurusan online aplikasi Sipraja. (Bag).
Home » » Ketum PJI Angkat Bicara Terkait Surat Edaran MA No 2 Tahun 2020

Ketum PJI Angkat Bicara Terkait Surat Edaran MA No 2 Tahun 2020

OposisiNews.co.id - Mafia peradilan seperti bau busuk “gas”.  Ada, namun  tak terlihat fisiknya. Pers pasti paham.

SE MA Nomor 2 Tahun 2020  tentang Tata Tertib Menghadiri Sidang, mengatur pengambilan foto, rekaman suara, rekaman televisi harus seizin ketua pengadilan negeri bersangkutan,  bertentangan dengan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers. Kalau dilanjutkan, pasti akan menuai polemik berkepanjangan, khususnya dengan pers. Karena keduanya saling bertolak belakang. UU pers menganut azas kemerdekaan mencari gagasan dan informasi, sedangkan SE 2/2020, membatasi.

Kalaulah sekarang SE MA Nomor 2 Tahun 2020, dicabut, memang harus dicabut!!. Permasalahannya bukan hanya sampai disitu atau berfokus pada pencabutan itu saja. Siapa dibalik ide dikeluarkannya SE 2/2020 itu. Apakah mungkin Ketua MA tidak mengetahui substansi SE tersebut sebelum ditandataninya?!  SE MA Nomor 2 Tahun 2020 itu jelas berpihak pada kemungkinan terjadinya ketidak adilan/mafia peradilan di ruang sidang.

Rahasia umum, di semua instansi termasuk institusi peradilan, selalu ada “oknum” perusak sistim yang bersih. Dalam dunia hukum/peradilan, sering disebut sebagai mafia peradilan. “Tukang menjungkir-balikkan” penegakan hukum dan keadilan.  Nyaris semuanya dilakukan atas dasar motivasi uang. Memperparah keadaan, bila “oknum” dalam suatu institusi relatif banyak, bahkan “direstui” pimpinan institusinya. Apakah kondisi demikian masih dapat disebut “oknum”?!

Dalam situasi kondisi seperti itulah, fungsi pers sebagai sebagai kontrol sosial harus dijalankan, dengan segala “senjatanya” termasuk kamera, perekam audio video, kamera tersembunyi (hidden camera) dan lain-lain.

Bahkan seorang jurnalis diperbolehkan melanggar Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dalam melakukan kegiatan jurnalisme investigasi, selama dilakukan demi/memperjuangkan kepentingan umum dan sifatnya terbatas serta harus dilakukan jurnalis yang bermoral tinggi dan mempunyai tanggung jawab moral. Tak terkecuali untuk menguak ketidak-adilan atau mafia hukum di persidangan/pengadilan.

Dalam persidangan, hakim/peradilan, jelas harus dihormati secara proporsional. Namun kalau sampai harus melakukan pembatasan yang berlebihan seperti diatur dalam SE 2/2020 itu, justru akan berakibat “memanjakan/melindungi” oknum pelaku mafia peradilan. Karena hasil foto, perekaman gambar dan suara, setidaknya bisa dijadikan alat bukti atau sekurang-kurangnya, “petunjuk” untuk sarana membongkar “pelencengan” keadilan atau setidaknya menjadi “rem” bagi oknum-oknum itu.( HB ) 

Penulis : Hartanto Boechori
Ketua Umum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI)
Home » » Wakil Bupati Sidoarjo hadiri acara pisah sambut Kapolresta Sidoarjo

Wakil Bupati Sidoarjo hadiri acara pisah sambut Kapolresta Sidoarjo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Wakil Bupati H. Nur Ahmad Syaifuddin SH., didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo Achmad Zaini menghadiri kegiatan malam pisah sambut Kapolres Sidoarjo dari Kombes Pol Zain Dwi Nugroho SH. S.IK. M.Si. kepada Kombes Pol Sumardji SH.di Gedung Serbaguna Mapolresta Sidoarjo.Jumat 28/2/2920.

Turut hadir dalam momen tersebut Unsur Forkopimda Sidoarjo, Pejabat Eselon di Lingkungan Pemkab Sidoarjo, Kepala Desa dan Camat se-Sidoarjo, MUI Sidoarjo, FKUB Sidoarjo, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan para tamu undangan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad mengucapkan rasa terima kasihnya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo atas dedikasi dan dukungan yang telah diberikan mantan Kapolres Kombes Pol Zain Dwi Nugroho kepada Pemkab Sidoarjo.

 “Terima kasih banyak yang tidak terhingga kami sampaikan karena sudah menjaga kodusifitas serta kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sidoarjo,” ungkap wabup.

Menurut wabup, setiap pemimpin pasti memiliki karakter masing-masing, dengan program kerja masing-masing. yang bertujuan sama, yaitu membangun dan mensejahterakan masyarakatnya.

"Karena itu , saya memiliki keyakinan apa yang telah Bapak Zain torehkan selama mempimpin bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Selamat bertugas di Dirreskrimum Polda Riau, semoga di tempat yang baru bapak mampu lebih berprestasi lagi,” kata wabup.

Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan banyak suka-duka yang dirasakan saat menjabat sebagai Kapolres Sidoarjo. Disebutkannya selama menjabat sebagai Kapolres Sidoarjo, tugas terberat adalah saat melakukan pengamanan Pemilu & Pilpres 2019. Dirinya bersyukur hingga selesai pilpres, suasana di Sidoarjo terbilang kondusif.

"Kami atas nama pribadi dan sekeluarga serta jajaran polres Sidoarjo mengucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan kerjasama sehingga kami bisa melaksanakan kedinasan bertugas di Polresta Sidoarjo selama 1 tahun 3 bulan. Kami mohon pamit, dan mohon maaf apabila ada kesalahan dari kami. Kami juga mohon doa restu melaksanakan tugas di tempat yang baru sebagai Direskrimum di Polda Riau," tuturnya.

 Menambahkan, Zain mengucapkan selamat dan berharap kepada kombespol Sumardji segera menyesuaikan dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat Sidoarjo, Tentunya tantangan tugas yang dihadapi bukan semakin ringan, tetap semakin berat kedepannya, karena ditahun 2020 ada tugas yang cukup besar yakni Pilkades serentak 19 April , dan Pilkada Serentak 23 september 2020 , semoga sidoarjo tetap aman dan kondusif. Harapnya.

 Sementara itu, Kombes Pol Sumardji selaku Kapolres Sidoarjo yang baru memperkenalkan dirinya, dan bercerita tentang pengalaman tugasnya. Ia juga memohon kerelaannya dan dukungan Forkopimda hingga tingkat desa agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh amanah dan menciptakan suasana kondusif, aman, damai sehingga masyarakat sidoarjo sejahtera dan makmur.”katanya.

Lanjutnya, Sumardji sangat mengapresiasi terhadap capaian inovasi Kombes Pol Zain Dwi Nugroho selama memimpin Polresta Sidoarjo lebih baik dalam hal pengamanan hingga pelayanan kepada masyarakat Sidoarjo , sehingga dapat menyandangan WBBM dari Kemenpan RB.

 “Semoga tugas baru sebagai Dirreskrimum Polda Riau, semoga bang Zein di Riau banyak gebrakan, banyak inovasi, mengungkap kasus besar sehingga beliau lancar karirnya untuk menggapai pangkat jenderal dan kembali ke Jawa Timur”, Pungkasnya.(bg).
Home » » PT Pertamina Pendopo Menyerahkan Sembako Korban Banjir Di Desa Gunung Megang Dalam

PT Pertamina Pendopo Menyerahkan Sembako Korban Banjir Di Desa Gunung Megang Dalam

Pemberian bantuan sembako pada korban banjir bandang Gunung Megang Dalam oleh PT Pertamina Pendopo
Muara Enim,OposisiNews.co.id- PT. Pertamina Ep Asset 2 Field Pendopo Menyerahkan bantuan Sembako kepada masyarakat Gunung Megang Dalam pasca terkena Banjir Bandang, penyerahan bantuan di Kantor Kepala Desa Gunung Megang Dalam, Jum'at (28/02/20) pukul 15.45 wib.

Turut hadir penyerahan bantuan sembako R. Ferry Prastyo Wibowo Jabatan pendopo legal relation Asisten Manager, Staf Humas PT. Pertamina Fiedl Pendopo, Scurity Pertamina Jhoni, Seketaris Desa Gunung Megang Dalam Medyansyah dan perangkat Desa, Babinsa Sertu Arahim dan Masyarakat penerima bantuan.

Penyerahan bantuan sembako secara simbolis langsung diserahkan.oleh R. Ferry Prastyo Wibowo asmen humas PT Pertamina Field Pendopo, Bantuan ini merupakan kepedulian perusaan terhadap masyarakat setempat tetap bersabar dan menjaga kerukunan menghadapi cobaan yang beberapa hari lalu akibat banjir bandang yang memporak porandakan pemukiman warga di  desa Gunung Megang Dalam.

Adapun penyerahan sembako yang di serahkan tersebut di antaranya Beras 15 karung, Mie Instan 28 Dus, Minyak Fortune 6 Dus, Kopi 10 Dus, Gula 3 Karung dan Teh 3 Dus.

Seketaris Gunung Megang Dalam Medy Kurniawan mewakili masyarakat berterima kasih atas kepedulian PT Pertamina Field Pendopo yang telah membantu warga  akibat banjir meluap dari Sungai lematang dari tgl. 18 sampai dengan 22 minggu yang lalu, tutur Medy.

Komandan Koramil 404-04 Kapten Inf. Mulyadi di wakili Babinsa Gunung Megang Dalam Sertu Rarahim selaku keaman di desa mengucapkan terima kasih kepada  masyarakat yang menerima sembako dari PT. Pertamina dengan keadaan tertip dan aman di saat pemberian sembako dari perusahaan ucapnya .

Semoga pemberian langsung kepada masyarakat dapat berguna dan mengurangi beban korban banjir yang selama ini di harapkan masyarakat atas kepedulian Perusahaan kepada masyarakat Gunung Megang Dalam." tegas Sertu Arahim. ( PR )

Reporter.parlin
Editor.Bambang PW
.
Home » » Pameran Agro Expo Pada Pembukaan Festival Colourfull Meraup Omzet Mencapai 500 juta

Pameran Agro Expo Pada Pembukaan Festival Colourfull Meraup Omzet Mencapai 500 juta

Muaraenim,OposisiNews.co.id-Pameran hasil pertanian yang dikemas "Agro Expo 2020"oleh Pemkab MuaraEnim Melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan mulai dari tanggal 26 s.d 28 Februari 2020 bertempat di Lapangan Merdeka depan perkantoran Pemda berhasil meraup Omset/perputaran uang mencapai Rp 500 juta rupiah.

Hal itu di ungkapkan oleh Plt.Kadis Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan Pemkab MuaraEnim Ulil Amri di dampingi oleh Staf ahli bidang kemasyatakatan dan SDM
Panca Surya Dihartha.SH saat wawancara interview  seusai penutupan pagelaran Agro Expo Jumat (28/02/20).

Pameran Expo ini merupakan langkah/upaya Pemkab MuaraEnim untuk menumbuh kembangkan minat kaum Milenial agar berminat berinovasi dan berkarya mengembangkan bidang usaha pertanian. Berbagai macam produk hasil pertanian, perkebunan dan peternakan di pamerkan/dijual dan di perlombakan dalam pagelaran pameran Agro Expo yang di selenggarakan selama 3 hari berturut- turut ini.

"Dari laporan data yg kami terima, perputaran uang (Omset) pada Agro Expo ini mencapai Rp 500 juta rupiah. Mayoritas didapatkan dari penjualan produk olahan makanan dari peternakan" ujar Ulil Amri.

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan juga siap mendukung dan mensuport bidang pertanian/para petani dengan menyalurkan bantuan berupa bibit dan pupuk yang di salurkan melalui kelompok tani.

"Silahkan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan bibit dan pupuk bisa menghubungi dan berkoordinasi dengan kami" imbuhnya

Acara ini juga merupakan pembukaan dari berbagai macam rangkaian acara Festival Colourfull Muara Enim di th 2020 sebagai upaya pemkab MuaraEnim memperkenalkan/mempromosikan Potensi Pariwisata, Agro Wisata.

Hasil Bumi dan kebudayaan yang ada di Kab.Muara Enim (Bumi Serasan Sekundang) dengan tujuan untuk membangun minat wisatawan maupun investor untuk datang berkunjung bahkan berinvestasi di kabupaten Muara Enim . ( PR )

Reporter:parlin
Editor.Bambang PW
Home » » Dihadiri Forkompinda, Wilson Lalengke Lantik Kepengurusan PPWI Tanah Datar

Dihadiri Forkompinda, Wilson Lalengke Lantik Kepengurusan PPWI Tanah Datar

Tanah Datar,OposisiNews.co.id - Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA melantik dan mengukuhkan Kepengurusan DPC PPWI Kabupaten Tanah Datar. Acara pengukuhan yang diawali dengan atraksi Tari Gelombang oleh sekelompok remaja itu berlangsung di Ballroom Hotel Emerse, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Kamis 27 Februari 2020.

Setelah melalui perjuangan yang cukup panjang, akhirnya Kepengurusan Dewan Pengurus Cabang PPWI di kabupaten yang terletak di tepian Danau Singkarak itu bisa terwujud. "Perjuangan dan persiapan kawan-kawan PPWI Tanah Datar ini cukup panjang dan melelahkan. Namun hari ini terbayar sudah dengan adanya acara pelantikan pengurus," ungkap ketua panitia, Ardoni usai acara kepada pewarta media ini.

Acara dimulai sekira Pukul 09.30 WIB dengan menyanyikan lagu KebĂ ngsaan Indonesia Raya. Selanjutnya, prosesi pelantikan pengurus dilakukan oleh Ketum PPWI Wilson Lalengke dengan diawali pembacaan naskah pelantikan. Seluruh rangkaian prosesi itu disaksikan langsung oleh perangkat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Tanah Datar.

Dalam sambutannya, Ardoni menyampaikan ucapan salamat datang kepada Ketua Umum Wilson Lalengke beserta rombongan yang telah menyempatkan diri hadir di Tanah Datar Bumi Luhak Nan Tuo. "Terima kasih kepada Bapak Wilson Lalengke yang telah menyempatkan diri hadir memenuhi undangan kami, meski  di tengah-tengah kesibukan dan kondisi masih lelah karena beliau baru pulang dari Thailand," kata Ardoni.

Ardoni juga menyampaikan laporan terkait pembentukan DPC PPWI Tanah Datar dan persiapan acara pelantikan itu. "Acara ini diadakan dalam rangka mengukuhkan kepengurusan DPC PPWI Tanah Datar sekaligus sosialisasi organisasi ke tengah-tengah masyarakat, serta untuk menjalin silaturahmi diantara warga PPWI yang ada di Sumatera Barat. Dalam pelaksanaan acaranya, kita semua semata-mata mengharap ridha Allah SWT," imbuh Ardoni.

Di akhir penyampainnya, Ardoni bermohon kepada Ketua Umum dan Bupati Tanah Datar sekaligus membuka acara secara resmi dan memberikan arahan-arahan serta wejangan yang bermanfaat bagi perkembangan dan kemajuan organisasi PPWI kedepannya.

Adapun susunan pengurus yang dilantik, yaitu Dewan Pembina: Bupati Tanah Datar, Ketua DPRD Tanah Datar, Dandim 0397 Tanah Datar, Kapolres Tanah Datar, Kejari Tanah Datar dan Ketua Pengadilan Negeri Tanah Datar. Dewan Penasehat: H. Abbas Kumar Daud dan dr. Afrizal Hasan.

Sedangkan jajaran Dewan Pengurus adalah: Ketua Mon Hendri, Wakil Ketua I Dedi Satria, Wakil Ketua II MUhammad Taufik, Wakil Ketua III Ardoni Ernanda, M.Ag, Sekretaris Silvanus, Wakil Sekretaris Mittiarni, Bendahara Azmi Fuad, dan Wakil Bendahara Domi Agustin.

Kepengurusan juga diperkuat dengan beberapa anggota pengurus, yakni: Ahmad Muzaky, Edi Indra, Eky Permana, Freddy, Hendru LB. Sutan Pamenan, Ismet Kurdatu, Jonnes, Maryati, Mailudin, Nurhilmi dan Z.Z. Effendi Dt. Malako.

Dalam sambutannya, Ketua DPC Mon Hendri menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Umum, Dewan Pembina dan Dewan Penasehat atas bimbingan serta arahan yang telah dan akan diberikan. "Terima kasih sudah setia mengiringi langkah perjuangan DPC PPWI Tanah Datar sehingga berhasil dideklarasikan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tanah Datar hari ini," ujar Mon Hendri.

Ketua DPC juga menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan seperjuangan yang tergabung dalam PPWI Tanah Datar atas partisipasinya dalam menyukseskan dan memperjuangkan PPWI Tanah Datar sehingga berhasil mencapai puncak pengukuhan dan pelantikan Kepengurusan DPC PPWI Tanah Datar.

Mon Hendri juga mengatakan, kedepannya akan memperjuangkan dan mengembangkan organisasi PPWI, sehinga keberadaan PPWI di tengah-tengah masyarakat Tanah Datar benar-benar bermanfaat sesuai dengan motto ‘’PPWI Tanah Datar Hadir untuk Menampung Informasi Warga Demi Menuju Kesejahteraan Bersama’’.

‘’Ada beberapa program yang telah kami rancang bersama kawan-kawan PPWI Tanah Datar, salah satunya kita akan mendirikan stasiun radio yang untuk sementara waktu kita berkerjasama dengan Diskominfo Tanah Datar,"’ kata Mon Hendri.

Di akhir penyampaiannya, Mon Hendri berharap agar rekan-rekan anggota PPWI Tanah Datar sama-sama berjuang menyatukan persepsi, menyatukan visi misi demi kemajuan dan perkembangan organisasi  kedepannya.

Hadir dalam acara pelantikan, Bupati Tanah Datar beserta seluruh jajaran Forkopimda, Kapolres Tanah Datar, Kadis Pendidikan Riswandi, Dandim 0307 Tanah Datar, dan Ketua DPRD Tanah Datar. Selain itu, undangan di internal PPWI, hadir Ketua dan anggota PPWI Sijunjung, Ketua dan anggota PPWI Solok, Perwakilan PPWI Siak, Riau, Ketua dan jajaran pengurus DPD PPWI Sumatera Barat, serta senior PPWI Tanah Datar H. Abbas Kumar Daud.

Dari kalangan organisasi masyarakat, terlihat hadir Ketua  Laskar Merah Putih (LMP) Mada Sumbar, Hamzah, juga srikandi LMP bersama belasan anggota LMP lainnya. Turut hadir pula sejumlah penggiat jurnalistik dan media professional se Tanah Datar (Z.Z.Dt.Malako)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon