Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Mahasiswa Unjuk Rasa Protes Pencemaran Limbah Peternakan Greenfield, PMII di Depan DPRD Kab. Blitar Bawa Kotoran Sapi

Mahasiswa Unjuk Rasa Protes Pencemaran Limbah Peternakan Greenfield, PMII di Depan DPRD Kab. Blitar Bawa Kotoran Sapi

Written By BBG Publizer on Kamis, 27 Februari 2020 | 19.53

Puluhan wartawan ( PMII ) Blitar gelar aksi pencemaran lingkungan di depan kantor DPRD Blitar , Kamis 27/02/2020
Blitar, OposisiNews.co.id --  mahasiswa yang tergabung dalam  Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Blitar raya menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (27/2/2020).

Aksi unjuk rasa ini menyusul keresahan pencemaran lingkungan imbas dari limbah kotoran sapi peternakan milik PT Greenfield di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar yang kurang maksimal dikelola pihak PT dan kesan Pemerintah Daerah tutup mata.

Aksi treatikal PMII
Dalam aksinya mereka  membawa susu dan kotoran sapi, sebagai simbol limbah yang mencemari lingkungan di sekitar lokasi peternakan. Mereka juga melakukan aksi teatrikal tepat di depan gedung DPRD Kabupaten Blitar,  ada lima tuntutan yang disampaikan massa aksi.

Pertama meminta hasil audiensi Komisi III DPRD Kabupaten Blitar dengan pihak peternakan, mengembalikan hak-hak penggunaan sungai warga yang tercemar limbah, mengoptimalkan peran Komisi III DPRD Kabupaten Blitar dalam pembenahan Amdal, segera memberi sanksi kepada peternakan jika tidak bisa menyelesaikan masalah limbah dan harus ada sidak rutin di lokasi pencemaran.

"Tujuan kami menuntut Komisi III DPRD Kabupaten Blitar agar segera menyelesaikan masalah limbah peternakan sapi PT Greenfield. Karena kita tahu mereka sepertinya kurang bisa diajak komunikasi sehingga kalau bisa justru segera diberi sanksi. Sebelum aksi ini kami sudah ke lapangan. Kami menemukan sungai   masih tercemar kotoran sapi seperti tidak ada solusi.  Bahkan ada sungai yang lokasi pencemaran di sekitar SD jadi sangat mengganggu proses belajar mengajar.

Sekertaris komisi III
DPRD Blitar , Panoto
Disaat menemui para
Pengunjuk rasa
Sementara Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Panoto mengatakan, pihaknya sepakat dengan massa aksi dan akan segera menindak lanjuti untuk menjadi materi di sidang dewan.

Sebagai wakil rakyat pihaknya mendukung adanya investasi di Kabupaten Blitar namun investasi yang tidak merugikan kepentingan masyarakat.

"Kami sepakat dengan aksi mahasiswa hari ini. Kami sebagai wakil rakyat membela kepentingan rakyat. Kita memang butuh investasi tapi investasi yang tidak merugikan kepentingan masyarakat seperti ini," tegas Panoto.

Lebih lanjut Panoto mengatakan, pihaknya akan terus mengawal rekomendsi Bupati Blitar terkait peternakan tersebut. Dalam rekomendasi tersebut, Pemkab Blitar memberi waktu tujuh hari kepada pihak peternakan untuk segera menyelesaikan masalah limbah. Namun hingga kini ternyata belum ada tindakan pasti dari pihak peternakan.

"Sekarang kita menuju tahapan paksaan kepada PT Greenfield karena masa kesepakatan tujuh hari berakhir. Apabila tidak ada progres maka akan ada proses peninjauan perizinan perusahaaan. Kita akan segera rapat dengan tim percepatan investasi baru kemudian akan ada tindakan.

Kita tidak mau masalah ini berlarut larut. Nanti dinas terkait akan memberi deadline sampai ada tindakan tegas," pungkasnya.    ( Bas )
Home » » DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2019

DPRD Kabupaten Blitar Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Tahun 2019

Sidang Paripurna DPRD Blitar th 2020 , LKPJ Bupati tahun 2019 , Kamis 27/02/2020
Blitar,OposisiNews.co.id - DPRD Kabupaten Blitar menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan Bupati terhadap LKPJ Bupati Blitar tahun 2019, di Graha Paripurna DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (27/02/2020).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Blitar Rijanto, Wakil Bupati Blitar Marhaenis UW, Sekda Kabupaten Blitar, jajaran Forkopimda, kepala OPD, asisten, staf ahli, kepala badan dan bagian dilingkup Pemkab Blitar.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito menyampaikan, rapat paripurna ini berdasarkan surat dari Bupati Blitar nomor : 050/405/409.201.5/2020 tanggal 25 Februari 2020 perihal Penyampaian LKPJ Bupati Blitar akhir tahun anggaran 2019.

“Maka menindak lanjuti hal tersebut dan berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Badan Musyawarah, maka DPRD Kabupaten Blitar menyelenggarakan Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan Bupati terhadap LKPJ Bupati Blitar tahun 2019,” jelas Suwito saat membuka paripurna.

Acara dilanjutkan Bupati Blitar menyampaikan penjelasan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati tahun 2019.

Dalam laporannya, Bupati Blitar menyampaikan, bahwa sesuai UU no. 23 tahun 2014, serta peraturan pemerintah tahun no. 13 tahun 2019 mewajibkan kepala daerah untuk menyampaikan LKPJ penyelenggaraan pemerintah daerah kepada DPRD.

“Oleh karena itulah, hari ini saya sampaikan LKPJ ini pada rapat paripurna,” terang Bupati Rijanto dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Bupati Blitar menyampikan, LKPJ ini, kami sampaikan satu bulan sebelum batas akhir pelaporan, tiada lain dimaksudkan dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan yang cukup padat sepanjang tahun 2020 ini.

“Substansi dari LKPJ ini, pada hakekatnya merupakan hasil evaluasi capaian kinerja pembangunan Kabupaten Blitar yang tertuang dalam RKPD Kabupaten Blitar tahun 2019,” tandas Bupati.

Diakhir penyampaiannya, Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada pejabat dan seluruh ASN di lingkup Pemkab Blitar yang telah bekerjasama bahu-membahu dalam melaksanakan tugas pemerintahan. ( Bas )
Home » » Pelantikan BPD diharapkan mampu melaksanakan Tugas bersama Pemdes

Pelantikan BPD diharapkan mampu melaksanakan Tugas bersama Pemdes

Foto bersama BPD Balongbendo Kec.Balongbendo Kab.Sidoarjo
Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Wakil Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, S.H. memberikan arahan kepada 5 Anggota  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Balongbendo, Kecamatan Balongbendo, usai dilantik oleh Camat Balongbendo, Puguh Santoso,  di Pendopo Balai Desa Balongbendo, Rabu 26/02/2020.

Turut hadir  Camat Balongbendo, Puguh Santoso , Kapolsek , Koramil Forkopimka Balongbendo, serta tokoh masyarakat.
Dalam arahannya Wakil Bupati Nur Ahmad mengatakan bahwa sesuai Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa, dimana BPD mempunyai 3 fungsi yaitu, bersama Kepala Desa menyusun Peraturan Desa (Perdes), menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, serta mengawasi kinerja Pemerintahan Desa.

“Anggota BPD adalah wakil dari penduduk Desa berdasarkan keterwakilan, menetapkan peraturan Desa, menjadi kontrol sosial dan kontrol politik bagi kepala Desa.  serta berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa yang diwakilinya,” kata Cak Nur Sapaan akrab wabup.

Melalui kesempatan tersebut, Cak Nur meminta kepada anggota yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan tugas dengan sungguh sungguh serta penuh tanggung jawab sesuai dengan peraturan perundang yang berlaku. Dimana BPD juga bagian dari Pemerintahan Desa sekaligus merupakan lembaga Perwujudan Demokrasi di dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

“Sebagai mitra pemerintahan, harus mampu membangun hubungan yang harmonis serta bekerjasama dalam pemerintahan di Desa, berinisiatif membuat peraturan desa, dituntut mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran aktif dalam proses pembangunan di Desa,” tegasnya.

Lebih lanjut diungkapkan Cak Nur, terkait pembahasan desa, harus dilakukan musyawarah mufakat, walaupun ada kekeliruan maka harus ada tabayun/klarifikasi terkait masalah pembangunan mulai dari perencanaan sampai persetujuan.
“Sebagai manusia pasti ada plus minusnya,” imbuhnya.

Untuk itu ia berharap, setiap anggota BPD dapat meningkatkan kualitas, kompetensi dan inovasi serta bisa memahami regulasi yang berlaku, skala prioritas dan menghindari hubungan yang kurang harmonis dengan pemerintah desa. (bg).
Home » » Ongen Matital Menjadi Saluran Berkat bagi Sesama dan Orang Lain

Ongen Matital Menjadi Saluran Berkat bagi Sesama dan Orang Lain

Keterangan foto: Ongen (baju kuning) saat mengunjungi dan berikan bantuan kepada korban di pengungsian
Jakarta,OposisiNews.co.id – Ongen Matital, seorang Nyong Ambon Manise, menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Anak ke-3 dari 8 bersaudara dari Ibu Magdalena Matital Sohuwat dan Jan Matital ini lahir dan besar di Ambon, Maluku 43 tahun yang lalu.

Lahir dan besar di kota kecil Ambon yang indah dan dikelilingi laut yang biru dengan hamparan pasir yang putih, Ongen bertumbuh menjadi seorang remaja yang liar, nakal, atau yang kita sebut dengan preman. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya hidup di jalanan, kacau, mabuk, meminta-minta uang dari sopir angkot. Tidak itu saja, Ongen juga sering memakai kuasa-kuasa kegelapan, jimat-jimat, guna-guna, ilmu hitam, dan selalu menyusahkan orang lain.

Itulah hidup Ongen Matital seperti yang diceritakan kepada pewarta ini sewaktu ditemui beberapa waktu yang lalu di sela-sela kunjungannya di Jakarta. Ongen yang kini tinggal di Belanda itu sempat mengunjungi tanah air dalam rangka sebuah misi kemanusiaanya.

Ketika kerusuhan Ambon terjadi Ongen pergi mengungsi ke gereja dan merantau ke Papua. Di sana Ongen mulai menyadari kehidupannya selama ini yang sangat jahat. Ia merenungi hidupnya di Papua dan mulai membuka hatinya untuk Tuhan. Mulailah ongen meninggalkan kehidupan lamanya dan mulai hidup dengan ‘takut akan Tuhan’ pada tahun 2002.

Pada tahun 2002 itu juga Ongen kembali ke Ambon dan pada saat kerusuhan di Ambon, Ongen bertemu dengan Maudy Dias yang sekarang menjadi istrinya dan menikah di Ambon pada tahun itu juga.

Setahun kemudian, pada 2003 Ongen pergi ke Belanda dan bertemu dengan Maudy Diaz yang sekarang menjadi istrinya. Mereka kemudian dikaruniai anak perempuan yang bernama Refaya Matital pada tahun 2005.

Gempa yang pernah melanda Ambon, Maluku beberapa waktu yang lalu mengerakkan hati Ongen untuk membuat aksi mengumpulkan bantuan dan mendapatkan total 24.000.000 rupiah dan disumbangkan untuk kabupaten Kairatu. Kemudian Ongen melakukan aksi kedua bersama masyarakat Maluku bersama Yayasan Sama-Sama.

Begitu juga, banyak sumbangan yang didapatkan dari Gereja Alphen aan den Ryn, kota dimana Ongen tinggal di Belanda.

Tidak kurang dana yang terkumpul mencapai 6000 euro, ditambah sumbangan dari Walikota Alphen aan den Ryn sebesar 5000 euro. Total bantuan sekitar 300 juta lebih dan disalurkan langsung ke lapangan bersama teman-temannya dengan membuat WC, air bersih, serta makanan buat para pengungsi.

Sampai sekarang Ongen Matital mau terus menjadi berkat bagi semua orang. Walaupun hidupnya dulu susah, tapi sekarang dirinya mau terus melayani dan melihat mujizat yang lebih besar lagi. “Saya ingin menjadi saluran berkat bagi siapa saja, membantu sesama di seluruh tanah air,” ungkap Ongen. (JNI/Red)
Home » » PPWI dan LMP Sumbar Dijamu Walikota Pariaman, Wilson: Genius itu Ulet!

PPWI dan LMP Sumbar Dijamu Walikota Pariaman, Wilson: Genius itu Ulet!

Keterangan foto: Walikota Pariaman Genius Umar (ketiga dari kanan) berfoto bersama dengan Ketum PPWI Wilson Lalengke dan kawan-kawan LMP dalam kesempatan silaturahmi di rumah dinas Walikota Pariaman, Rabu (26/2/2020)
Pariaman,OposisiNews.co.id – Ketum PPWI Wilson Lalengke didampingi Ketua DPD PPWI Sumbar, Syafrizal Buya, Ketua Laskar Merah Putih (LPM) Mada Sumbar, Zaidina Hamzah dan Dansus LMP Mada Sumbar Jejeng Fadli Chaniago, menyambangi kediaman resmi Walikota Pariaman, Genius Umar, Rabu (26/2/2020).

“Beliau (Genius Umar) adalah teman lama saya waktu sama-sama bekerja di DPD RI. Genius adalah pekerja ulet, konsekwen dan sangat pintar. Benar-benar cocok dengan namanya, Genius,” kata Wilson yang salah satu agenda utamanya ke Sumbar adalah menghadiri pelantikan pengurus DPC PPWI Tanahdatar.

Menyambut apa yang disampaikan Wilson, dalam kesempatan temu ramah itu, Safrizal Buya juga ikut memberikan penilaian atas kinerja Genius Umar. Dikatakan Buya, lakek tangan Genius selama menjabat Walikota Pariaman, benar-benar telah dirasakan masyarakat. Banyak perubahan dan prestasi besar yang berhasil ditorehkan Genius.

“Semenjak dipimpin Genius, Pariaman kian tacilak. Pembangunan juga cukup melesat. Atas prestasi ini, kami memberikan apresiasi kepada Pemko Pariaman dibawah kepemimpinan Genius Umar,” tandas Buya.

Sementara Ketua LMP MADA Sumbar, Hamzah mengatakan, Genius merupakan sosok pemimpin yang dikenal dengan masyarakat. Selain asik diajak bicara dan berdiskusi, tokoh yang dinilai memiliki intelektualitas tinggi dan dicintai masyarakat Kota Pariaman itu, juga dikenal sebagai pribadi yang rendah hati.

“Secara pribadi, saya sangat mengagumi beliau (Genius Umar). Kiprah kepemimpinannya sudah teruji. Karakternya sangat kuat, beliau juga disayangi masyarakat,” kata Hamzah.

Diketahui, Genius Umar sudah hampir dipastikan akan maju mendampingi Irjen Fakhrizal, sebagai bakal calon Wakil Gubernur Sumbar pada Pilgub Sumbar 2020. Pasangan Fakhrizal – Genius, merupakan satu-satunya pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang maju dari jalur independen. (RYAN/Red)

Home » » Sinkronisasi prioritas pembangunan

Sinkronisasi prioritas pembangunan




Forum OPD Perkim Ngawi tahun 2020 di RM.Notosuman,Rabu 26/02/2020
Ngawi,OposisiNews.co.id-Seperti  Organisasi Perangkat Daerah ( OPD) lainnya, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan  Permukiman tentu saja juga melakukan yang sama, melakukan pembahasan yakni melakukan sinkronisasi  dari ragkaian kegiatan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan kabupaten Ngawi, khusunya yang berkaita dengan Dinas Perumahan dan Permukiman, “ pelaksanaan Forum ini diharapkan munculnya pemerataan program pembangunan yang dapat memicu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan melalui kegiatan ini akan memberi konstribusi positif  bagi masyarakat, dimana pada tahapan ini setiap OPD merumuskan beberapa kebijakan strategis yang akan dikolaborasikan antar OPD  yang akan dimantapkan dalam Renja (rencana kerja ), “ ujar  Purwono Broto S, (26/2/2020) sesaat seusai  mengikuti Forum OPD, Dinas yang dipimpinnya di RM  Noto Suman.

Untuk tahun 2021 ada beberapa program sebagai prioritasnya:
1.       Program pengembangan Perumahanan Bagi Rumah Tangga Miskin , dengan Pagu anggaran sebesar Rp 21.032.500.000,00, Sumber dana dari Dana Alokasi Umum ( DAU)
2.       Program Pengembangan  Perumahanan dan penatagunaan Pertanahan, Dengan besarandana Rp 28.031.940.000,00 yang dibagi dalam, penyelenggaraan pengembangan perumahan,pengembangan ketersediaan PSU, Pengadaan kostruksi saluran air,Pavingi sasi,Pemeliharaan Aspal,Penataan area Pemakaman dan penataan pertanahan.

3.       Pengembanagan air minum dan Sanitas, alokasi dana sebesar Rp 34.697.500.000 serta pengalokasian sebesar Rp 10.428.000.000,00,dengan presentase penduduk yang terlayani sistem pengelolaan air limbah yang memadai.
4.       Penataan lingkungan Kawasan Pemukiman, presentasi pemenuhan prasarana dan utilitas kawasan permukiman.

Sedang menurut Berce Dwi Sasmita salah satu Kabid di Dinas Perkim Ngawi mengatakan, bahwasannya kegiatan ini belum final mengingat masih ada beberapa yang harus dibenahi kaitan dengan kewenanagan, “ tadi Bapelitbang mengatakan akan melakukan koreksi dan mengevaluasinya, “ ujarnya.( YYK )

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon