Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Kadis Kominfo Sikka Sebut Pers dan Kominfo Masih Jalan Sendiri-sendiri

Kadis Kominfo Sikka Sebut Pers dan Kominfo Masih Jalan Sendiri-sendiri

Written By BBG Publizer on Senin, 10 Februari 2020 | 23.10

Kadis Kominfo Sikka
Kensius Didimus
Sikka, OposisiNews.co.id-  Pers dan Kominfo di Kabupaten Sikka masih berjalan sendiri-sendiri sedangkan secara nomenklatur aturan, Pers berada dibawah Kehumasan Dinas Kominfo. Oleh karena itu, perlu adanya diskusi dalam hal ini, membangun kemitraan dan sinergritas antara insan Pers dan Kominfo dalam mewartakan hal-hal yang positif yang berkaitan dengan program kerja pemerintah terutama visi dan misi Bupati. Hal demikian disampaikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sikka, Kensius Didimus, dalam audiensi bersama wartawan Sikka pada Hari Pers Nasional di Maumere, 9/2/2020.

"Kita menyadari kalau kita masih jalan sendiri- sendiri, sehingga terkadang insan Pers mewartakan, biasanya banyak melibatkan masyarakat dalam mengali sumber berita dan tidak jarang timbul  pernyataan miring tanpa melibatkan obyek pemberitaan. Ini suatu hal yang menarik kita  duduk bersama untuk diskusikan" ujarnya.

Terkait hal tersebut, dirinya akan membentuk tim pengendali informasi daerah yang didalamnya terdiri dari tim ciber dari Kepolisian, Kejaksaan dan insan Pers untuk berperan aktif dalam mengantisipatif akun-akun palsu berita Hoax.

Selain itu, Kadis Didimus juga mengajak Insan Pers bersinergi bersama Kominfo menjaga eksistensi di tengah masyarakat dengan mengedepankan aspek klarifikasi dan menjaga keberimbangan dalam pemberitaan.

"Pemerintah dan Pers adalah satu, satu langkah, satu ucapan, satu tutur, satu kata untuk membangun daerah ini", tutur Kadis Didimus.(EN)

Reporter : Ernensia
Home » » Wakil Bupati Sidoarjo Himbau Dahulukan Program Skala Prioritas

Wakil Bupati Sidoarjo Himbau Dahulukan Program Skala Prioritas

Musenbang Kecamatan Sidoarjo , Jawa Timur .Senin 10/03/2020
Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Dalam sambutannya di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sidoarjo pagi tadi, bertempat di kantor Kecamatan Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH berpesan untuk mendahulukan program skala proiritas.

Program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat harus dilaksanakan terlebih dahulu. Setelah itu barulah bergeser ke program yang lain. Dirinya berharap melalui Musrenbang seperti ini dapat merumuskan program apa saja yang menjadi skala prioritas. Senen , 10/2/2020.

Dihadapan seluruh kepala Desa/Kelurahan, Kepala Sekolah dan kepala Puskesmas yang hadir di Kecamatan Sidoarjo, Wabup mengatakan ," Mohon skala prioritas itu betul-betul dilaksanaka dan diwujudkan. Tidak boleh tidak, Berbeda dengan keinginan yang orientasinya untuk melakukan kemajuan dan trobosan melalui sebuah program. Program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat harus diprioritaskan. Salah satunya program penanganan banjir".

Masih menurut Wabup ,keberhasilan pembangunan ditentukan dari cara mengatur dan mengolah setiap anggaran dengan sebuah program yang tepat sasaran dan bagaimana cara melaksanakan program tersebut. Apakah sudah benar pelaksanaannya atau tidak. Sebagai evaluasi Akir dengan membuat pelaporan LPJ sebagai langkah aktualitas yang dilaksanakan sudah sesuai standar RAB nya atau belum dan sudah sesuai regulasi aturan yang telah ditetapkan pemerintah atau belum.

"Jadi programnya sudah benar, tepat sasaran, strategis lalu pelaksanaannya baik tidak menyimpang lalu pelaporannya sesuai sesuai standart yang dibutuhkan, ini  yang dikatakan berhasil,”ucapnya.

H. Nur Ahmad Syaifuddin juga mengatakan akan ada program Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK). Program tersebut merupakan program pelimpahan wewenang kepada kecamatan. Kegiatan yang tidak dijangkau oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat dilakukan oleh kecamatan. Seperti kegiatan penanganan PKL, sampah maupun penanganan jalan rusak. Dengan begitu nantinya banyak permasalahan-permasalahan yang dapat diselesaikan oleh kecamatan.

“Kalau demikian akan sedikit mengurangi beban tugas yang ada di OPD, kami akan lakukan itu jika di kecamatan sudah siap SDM nya dan harus siap karena ini sudah diatur oleh pemerintah,”ujarnya.

Camat Sidoarjo Agustin Iriani SH mengatakan Musrenbangcam kali ini tindak lanjut dari Musrenbangdes tingkat desa/kelurahan. Seluruh kepala desa/kelurahan sudah menjaring aspirasi warganya masing-masing melalui Musrenbang tingkat desa/kelurahan. Dikatakannya usulan dalam Musrenbang bukan semata-mata keinginan. Namun suatu kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat.

Agustin mengatakan ada 648 kegiatan dalam usulan Musrenbang tahun ini yang akan dilaksanakan di tahun 2021 nanti. Usulan tersebut berasal dari 24 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Sidoarjo serta usulan dari berbagai bidang. Semua usulan tersebut tidak semuanya dapat di akomodir. Oleh karenanya dirinya berharap melalui Musrenbang seperti ini dapat ditentukan program-program prioritas. Baik program fisik maupun non fisik. Dari usulan kegiatan tersebut 90 persen berupa program fisik dan 10 persen non fisik.

“Tidak seluruh kegiatan itu diakomodir karena pemerintah daerah tidak hanya mengakomodir Kecamatan Sidoarjo saja,”khatanya.  ( BG )
Home » » Rayakan HPN, Bupati Robi Apresiasi Kinerja Insan Pers di Sikka

Rayakan HPN, Bupati Robi Apresiasi Kinerja Insan Pers di Sikka

Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo.S.Sos,M.Si
SIKKA, OposisiNews.co.id - Memperingati Hari Pers Nasional, Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, S.Sos, M.Si, mengundang sejumlah Wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Sikka (AWAS) beraudiensi bertempat di kediamannya, Lingkar Luar, Maumere, yang dihadiri juga oleh Plh. Sekda Sikka, Wilhelmus Sirilus, serta sejumlah pimpinan OPD Sikka.

Dalam sambutannya, Bupati Robi mengatakan, Good Governance tata pemerintah yang baik adalah mampu berinteraksi dengan semua elemen termasuk Pers sebagai mitra kerja sekaligus alat kontrol social terhadap kebijakan pemerintah.

Dirinya sangat mendukung penuh dan mengapresiasi kredibilitas insan Pers yang bertugas di wilayah Kabupaten Sikka sebab insan Pers di Kabupaten Sikka telah menjalankan tugas dan fungsi dengan baik dan telah berkontribusi mewartakan berbagai kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah kepada masyarakat.

"teman-teman Pers di Sikka ini betul-betul tumbuh secara jenius, tumbuh secara alami dan cepat mengikuti perkembangan", kata Bupati Robi.

Pada kesempatan yang berlangsung penuh keakraban itu, Bupati Robi berharap sinergitas hubungan antara insan Pers dan Pemerintah perlu dijaga dengan baik. Dirinya mengakui kredibilitas insan Pers Sikka sangat baik, telah berperan dengan melakukan kontrol, pengawasan, kritik, serta edukasi.

Ditambahkannya, jika ada pemberitaan yang mengkritisi program pemerintah, hal tersebut harus diterima dan disikapi dengan baik. Sebab, menurut Dia, bentuk kritikan yang dilakukan oleh media dapat dijadikan landasan dalam melakukan koreksi dan evaluasi guna perubahan dan pencapaian pembangunan.

"Saya sebagai Bupati Sikka mengucapkan selamat dan profisiat, semoga Pers di Sikka tetap tumbuh apa adanya. Pers di Sikka mantap", kata Bupati Robi.

Sementara Itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Aliansi Wartawan Sikka, Ruben Riantobi, mengapresiasi inisiatif Bupati yang mempertemukan insan Pers dengan Pemerintah pada momen Hari Pers Nasional tersebut. Dirinya menyebut momentum tersebut merupakan momentum yang berharga sebab menurutnya sejak pertama kali dirinya bertugas di Kabupaten Sikka, baru kali ini wartawan diundang oleh Bupat untuk merayakan Hari Pers Nasional.

Hal tersebut, lanjut Ruben, karena Bupati sangat paham akan peran strategis Pers dan mau membangun kerjasama kemitraan antara pemerintah dan Pers guna pencapaian pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.(En)
Reporter : Ernensia
Home » » Ratusan Penggemar Sepeda MTB Jelajahi Tambak Sidoarjo

Ratusan Penggemar Sepeda MTB Jelajahi Tambak Sidoarjo

Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Ratusan penggemar sepeda MTB ikuti MTB Adventure Sidoarjo yang digelar Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Minggu, 9/2/2020.

Pihak Polygon digandengnya dalam gowes bertema "Eksotika Tambak Sidoarjo 2020" tersebut. Sesuai temanya, Tambak Prasung menjadi rutenya. Start dimulai dari  PT. Insera Sena Buduran, pabrik pembuatan sepeda merk Polygon. Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH didaulat untuk memberangkatkannya.

Wabup menyambut baik penyelenggaraan gowes tersebut.  Dikatakannya selain untuk berolahraga, gowes seperti ini juga untuk menjalin silaturahim. Yang istimewa menurutnya adalah tema yang diambil. Panitia mencoba menggali potensi tambak Sidoarjo melalui kegiatan seperti ini."Yang istimewa adalah gowesnya diarea tambak,"ucapnya.

Wabup yang akrab dipanggil Cak Nur tersebut mengatakan keberadaan tambak harus dipertahankan. Pasalnya Kabupaten Sidoarjo dikenal lewat tambaknya. Udang dan bandeng hasil tambak di Kabupaten Sidoarjo juga sudah dikenal masyarakat luas.

"Area tambak ini harus dipertahan, ini sudah dikenal masyarakat,"ujarnya. (bg)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon