Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » BUPATI BOJONEGORO BUKA RAKOR PENINGKATAN DESA LEBIH MAJU & MANDIRI

BUPATI BOJONEGORO BUKA RAKOR PENINGKATAN DESA LEBIH MAJU & MANDIRI

Written By BBG Publizer on Minggu, 02 Februari 2020 | 19.01

Bupati Bojonegoro , Anna Mua'wanah buka Rakor tentang desa di Pendopo Malowopati . Kamis 30/01/2020
Bojonegoro,OposisiNews.co.id-Bertempat di Pendopo Malowopati Bojonegoro , Bupati Bojonegoro.Anna Muawanah buka Rapat koordinasi (Rakor) Status Kemandirian Dan Kemajuan Desa Kabupaten Bojonegoro Tahun 2020 . Kamis 30/01/2020.

Rakor itu diharapkan sebagai wahana sinkronisasi antara program pemerintah pusat dan daerah, khususnya dalam mendukung pencapaian program nasional dalam memberdayakan pembangunan masyarakat di daerah.

Acara dihadiri Perwakilan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Asisten Daerah, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, serta Kepala Desa serta Perangkat Desa.

Dalam sambutannya Drs. M. Anwar Mutadlo M.Si selaku Plt Kepala Bappeda menyampaikan Berdasarkan data terakhir pemutakhiran tahun 2019 Indek Desa Membangun Status Desa di kabupaten Bojonegoro  terdata 3 desa katagori Mandiri , 74 desa katagori Maju , 323 desa   katagori Berkembang dan 19 desa katagori tertinggal .

Target Kabupaten Bojonegoro tahun 2020  diharapkan akan tercapai dengan status desa katagori mandiri 42 desa, 84 desa katagori maju dan 293 desa katagori berkembang untuk desa katagori tertinggal/sangat tertinggal tidak ada.

Pencapaian target tersebut akan berhasil dengan upaya serius dan terjalin sinergitas pemerintah dan desa / kelurahan .“Kegiatan ini sebagai upaya koordinasi dan sinergitas para pemangku kepentingan terhadap efektivitas program/kegiatan peningkatan status desa” ungkapnya.

"Setelah rakor ini diharapkan akan terbangunnya komitmen dari para stakeholder OPD, Camat, Kepala Desa dan Pendamping dalam peningkatan status desa . Desa harus memiliki kemampuan menganalisis masalah dan intervensi program/kegiatan khususnya dalam peningkatan status kemandirian dan kemajuan desa di Kabupaten Bojonegoro tahun 2020″,imbuh Plt Kepala Bapeda.

Bupati Bojonegoro Anna Mua’wanah menyampaikan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 419 desa, secara tidak langsung juga berkepentingan untuk meningkatkan status kemajuan dan kemandirian desa.

" Kita harus bergerak cepat, diperlukan berbagai terobosan dan inovasi. Oleh karena itu masing-masing OPD teknis, Camat, Kepala Desa dan Pendamping Desa, serta pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, agar dalam  bekerja dan mengelola semua ini masing - masing pihak mendasarinya  dengan penuh rasa tanggung jawab, tepat, cepat, aktif, kreatif dan inovatif ” ajak Bupati.

"Dengan begitu target peningkatan status desa di Kabupaten Bojonegoro dapat tercapai. Dan kembali saya ingatkan untuk semua Kepala Desa harus amanah dalam mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) digunakan sesuai dengan porsinya” pungkasnya. ( Dw )
Home » » Aksi Tanam 32 ribu Pohon di Lahan Perhutani oleh PDI-P Blitar

Aksi Tanam 32 ribu Pohon di Lahan Perhutani oleh PDI-P Blitar

Doc.Ketua DPD dari Praksi PDIP Jawa Timur Secara simbolis menyerahkan bibit pohon  kepada Ketua DPC PDIP Kabupaten blitar
Blitar,OposisiNews.co.id - Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur melakukan penanaman 32 ribu  pohon dilahan Perhutani seluas 20 hektar di sekitar sumber mata air  Kepek dusun Kalidahu Desa Ngeni Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Minggu (2/2/2020).

"Dan daerah lain di Jawa Timur sampai saat ini kita inventarisasi berkisar 150 ribu pohon lebih untuk luasan hampir 200 ribu hektare," ungkap Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi.

Kusnadi mengatakan, penanaman tersebut merupakan instruksi Dewan Pimpinan Pusat atau DPP PDI-P di Rakernas tanggal 10 Januari 2020 yang bertepatan dengan ulang tahun Ketua Umum Partai berlambang Banteng Mocong Putih ,  Megawati Soekarno Putri yang ke 73.

"Beliau perintahkan semua jajaran pengurus PDI-P tanpa terkecuali untuk melakukan secara serentak, penanaman sejuta pohon bahkan kalau bisa lebih agar kemudian hari bisa membantu bangsa indonesia tidak mengalami bencana seperti tahun tahun ini," jelasnya.

Menurutnya, setiap pergantian musim, Jawa Timur selalu mengalami problem alami.  kalau musim panas mengalami kekeringan . Begitu sebaliknya di musim hujan kita menghadapi banjir dan tanah longsor mengakibatkan merugikan material dan Non-material disejumlah wilayah.

"Karena keterbatasan dalam mengatasi bencana demi bencana, PDI-P melakukan secara gotong royong untuk mengurangi dampak bencana alam," tambah Kusnadi.

Doc.Bupati Blitar , H.Rijanto MM tanam pohon di
Lahan Perhutani
Gerakan menanam pohon tersebut, nantinya, dikatakan Kusnadi, tidak harus di lahan perhutani tapi juga sekitar perumahan rakyat. Jenis tanamannya pun akan disesuaikan dimana pohon ditanam.

"Kalau di lahan perhutani tentunya kita tanam pohon sesuai perhutani. Sedangkan kalau menanam di lingkungan masyarakat akan kita tanam pohon yang memberikan manfaat bagi masyarakat," ulasnya.

Dalam gerakkan menanamkan pohon tersebut, nampak hadir Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Sri Untari. Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Blitar Marhaenis Urip Widodo. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Blitar, dr Syahrul.  Bupati Blitar,H.Drs Rijanto MM. , Plt Wali Kota Blitar, Santosa. Wakil walikota Malang, dan sejumlah undangan lainnya PAC dan Ranting PDIP, Partai Demokrsi Indonesia Perjuangan Kecamatan Wonotirto, Sariyanto,S.Sos camat wonotirto, Semua Kepala Desa Kecamatan Wonotirto, Ibu - IGTKI, Tokoh masyarakat, dan masyarakat desa Ngeni.

Menurut politisi yang juga Ketua DPRD Jatim ini, gerakan peduli lingkungan ini sesuai arahan DPP PDI Perjuangan agar kader partai khususnya, dan masyarakat pada umumnya, agar lebih memperhatikan dan mencintai lingkungan sekitarnya. BS

Reporter : Basuki
Home » » Distan Sikka Sebut Iklim Jadi Penyebab Utama Serangan Hama Pada Tanaman Jagung

Distan Sikka Sebut Iklim Jadi Penyebab Utama Serangan Hama Pada Tanaman Jagung

Doc.Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka . Ir.Mauritz Da Cunha
SIKKA,OposisiNews.co.id- Serangan hama Ulat Grayak pada jagung kian merebak di Kabupaten Sikka, propinsi NTT.  Potensi serangan hama ini berdampak pada kerusakan tanaman jagung dan menurunkan hasil panen yang cukup meresahkan petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sikka, Ir. Mauritz da Cunha saat dikonfirmasi OposisiNews di ruang kerjanya, Jum'at. 31/1/2020, mengatakan iklim yang tidak menentu merupakan penyebab meningkatnya intensitas serangan hama dan penyakit tanaman.

"Curah hujan yang turun tidak menentu sangat berpengaruh terhadap siklus hidup dan meningkatnya daya hidup ulat grayak, hal ini yang membuat serangan hama semakin meluas. Di Kabupaten Sikka, luas lahan yang terserang hana ulat grayak meningkat mencapai 2.066 Hektar",  kata Kadis Mauritz.

Tingkat keberhasilan pengendalian hama menggunakan pestisida sistemik maupun kontak pada kondisi sekarang menurut Kadis Mauritz sangat kecil, pasalnya populasi ulat grayak kian meningkat, selain itu, pada kondisi suhu yang cukup panas ini, ulat grayak berlindung dari sinar matahari dan mencari makan di malam hari, sehingga pengaplikasiannya tidak efektif.

Terhadap kondisi ini,  Kadis Mauritz mengatakan  Pemerintah Kabupaten Sikka akan bersinergi melakukan upaya penanganan dengan melakukan program penanaman kembali tanaman pangganti jagung seperti, kacang hijau dan tanaman pangan lainnya. Hal ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya gagal panen yang berdampak pada kelaparan. (ER-2)

Reporter : Ernensia
Editor.Bambang PW
Home » » Oknum Petugas Pelabuhan Gayam, Sapudi Sumenep Pukul dan Ancam Bunuh Wartawan

Oknum Petugas Pelabuhan Gayam, Sapudi Sumenep Pukul dan Ancam Bunuh Wartawan

Sumenep,OposisiNews.co.id - Aksi Dugaan intimidasi dan ancaman pembunuhan, serta pemukulan dialami Akhmadi Wartawan Media Sindikat Post dan anggota Organisasi Pers Sindikat Wartawan Indonesia (SWI) wilayah Sumenep pada hari Jumat (31/1/2020) sekira jam 08.00 Wib di Pelabuhan Gayam OPP Klas III Sapudi, Sumenep, Jawa Timur.

Akhmadi menceritakan kronologi dirinya diintimidasi, diancam dan dipukul dibagian kepala sebelah kanan.

"Pagi itu saya datang ke pelabuhan Gayam dengan tujuan untuk turunkan pesanan pembelian paving stone untuk pembangunan Asta keramat Raden Angganiti. Tiba - tiba dipelabuhan Gayam ada petugas pelabuhan yang berlagak preman bernama Sainur Rahman biasa dipanggil Sinol. Tanpa basa basi atau bertanya dengan baik, tiba - tiba  mengeluarkan bahasa ancaman," tutur Akhmadi. Minggu (2/2/2020).

"Ada apa wartawan ada disini, wartawan tukang lapor. Ayo diceburkan kelaut biar tidak pulang kerumahnya, kata Sinol ke saya. Dengan spontan saya jawab santun, emangnya ada apa, saya kesini untuk turunkan paving pesanan saya dari perahu," lanjut Akhmadi.

"Dan dari jawaban saya itu, Sinol marah sama saya, karena menganggap jawaban saya menantang dirinya, maklum di pelabuhan itu daerah kekuasaannya Sinol ini. Setelah saya jawab itu, Sinol langsung memukul saya dibagian kepala sebelah kanan, tepat diatas telinga. Setelah memukul dia pergi dan saya melaporkan kejadian itu ke Polsek Sapudi," ungkap Akhmadi.

"Tiba di Polsek, diterima langsung oleh Kapolsek AKP. M.Sakrani, SH., MH.,
karena waktu itu anggota ada acara didesa Tarebung, dan Kanitnya ada dipolres Sumenep. Laporan harus menunggu sampai sore hari, dan baru resmi diterima," lanjut Akhmadi.

Akhmadi juga mengatakan, "Malamnya dengan Kapolsek dan anggotanya, saya diantar ke Puskesmas Kec. Gayam untuk divisum. Kasus ini sudah ditangani Polsek setempat, dan proses masih menunggu kanit yangg masih ada acara kedinasan di Polres Sumenep," tambahnya.

"Atas kejadian yang saya alami, demi kehormatan Jurnalis, media saya, dan SWI, saya tidak terima atas kejadian ini. Oknum petugas Pelabuhan Gayam itu harus  dihukum seberat -beratnya. Atas sikapnya yang ala preman pelabuhan," pungkasnya.

Kapolsek Sapudi, AKP. M.Sakrani, SH., MH., saat dikonfirmasi terkait laporan pemukulan terhadap wartawan, Ia menjawab, "Proses lidik pak. Kanit dan Banit Reskrim masih ikut upacara pemberian Reward atas penangkapan kasus pembunuhan di Sumenep," jawab AKP. M. Sakrani. Minggu (2/2/2020).

Dikesempatan berbeda, Dedik Pimpinan Redaksi media Sindikat Post dan Ketua Umum SWI mengatakan akan mengawal kasus pemukulan terhadap wartawannya tersebut.

"Harus usut tuntas, akan kita kawal dan lakukan upaya-upaya hukum, supaya Sinol pemukul dan pengancam nyawa wartawan ini bisa kena sanksi pidana," ungkap Dedik geram. Minggu (2/2/2020).   ****
Home » » Sidoarjo Launching Pilbup Bermartabat Sidoarjo Hebat

Sidoarjo Launching Pilbup Bermartabat Sidoarjo Hebat

Launching pemilu bermartabat 2020 oleh Wabup Sidoarjo di Ballroom The Sun Hotel Sidoarjo , Sabtu 1/02/2020
Sidoarjo,OposisiNews.co.id -Perhelatan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sidoarjo Tahun 2020 semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo melaunching tahapan Pilkada Sidoarjo 2020,  bertempat di Ballroom The Sun Hotel Sidoarjo.sabtu, 1/2/2020.

Dalam pelaksanaan Pilkada Sidoarjo 2020, KPU Sidoarjo Mengambil Tema "Pilbup Bermartabat Sidoarjo Hebat", ditandai dengan pengenalan maskot Kudesi (Kupang Demokrasi Sidoarjo) dan jingle Pilkada Sidoarjo 2020. Maskot dan jingle ini sebelumnya, dilombakan pada Desember 2019 lalu oleh KPU untuk masyarakat umum. Hadiah pemenang juara 1, 2 dan 3 diserahkan pada malam launching Pilbup Sidoarjo 2020.

Pada kesempatan ini, Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak mengatakan, tahapan Pilkada Sidoarjo tahun 2020 ditandai dengan launching Pilbup Sidoarjo 2020, pada Sabtu (1/2/2020) malam ini. Mengambil tema "Pilbup Bermartabat Sidoarjo Hebat" kita berharap siapapun yang berkontestasi dalam setiap tahapan Pilkada Sidoarjo hingga pada 23 September 2020 mendatang, dilakukan dengan dengan cara bermartabat, sehingga Kabupaten Sidoarjo tetap rukun dan damai.

"kami menyadari semua ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya kerjasama atau sinergitas seluruh stake holder, termasuk TNI-Polri dalam hal pengamanan Pilkada. Karenanya malam ini, kami mengajak kesiapan kita bersama guna mensukseskan pelaksanaan Pilkada Sidoarjo nanti bermartabat, untuk Sidoarjo Hebat," jelas Ketua KPU Sidoarjo M. Iskak dalam sambutannya.

Acara launching Pilbup Sidoarjo 2020, dihadiri Ketua KPU Sidoarjo, perwakilan KPU Jatim, Plt. Bupati Sidoarjo, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo, perwakilan partai politik, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan dimeriahkan musik Klantink.

Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin menyambut baik diadakannya launching Pilbup Sidoarjo 2020. Menurutnya ini merupakan awal positif bagi masyarakat Sidoarjo, dalam menentukan pilihan calon kepala daerahnya.

"Sesuai tema Pilbup Bermartabat Sidoarjo Hebat, ini harus bisa menjadi virus positif kepada masyarakat, agar dapat memilih sesuai harapan, dan terpenting harus didasari niat yang baik agar pelaksanaan Pilkada ini berjalan baik dan bermartabat," pesannya.

Terkait kesiapan pengamanan berbagai tahapan Pilkada Sidoarjo 2020, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho menyatakan kesiapan Polresta Sidoarjo dan jajaran yang bersinergi bersama TNI guna mengamankan pelaksanaan Pilkada Sidoarjo.

"Kami siap mengamankan Pilkada Sidoarjo 2020, agar dapat berjalan aman dan kondusif. Mari bersama-sama sukseskan Pilbup Bermartabat Sidoarjo Hebat, jangan ada money politic, bijak bermedia sosial, dan kedepankan perdamaian," kata Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho di sela acara launching Pilbup Sidoarjo 2020.

Acara ini dimeriahkan dengan hiburan musik Klantink, yang juga ikut bernyanyi bersama Ketua KPU Sidoarjo dengan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo. Kemudian ditutup dengan doa bersama oleh tokoh lintas agama. (bg)

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon