Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Komisi C DPRD Prihatin Kasus Pedofil Di Tulungagung

Komisi C DPRD Prihatin Kasus Pedofil Di Tulungagung

Written By BBG Publizer on Rabu, 29 Januari 2020 | 22.16

Ketua Komisi C DPRD
Tulungagung ,Asrori SH
Tulungagung,OposisiNews.co.id-Komisi C sangat prihatin dengan masih munculnya kasus pedofil atau kekerasan seksual pada anak dibawah umur di Kabupaten Tulungagung. Mereka minta agar Pemkab Tulungagung, utamanya Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos PPPA dan KB) untuk lebih perhatian terhadap kasus tersebut sehingga anak-anak terlindungi dari pengidap pedofilia. Rabu (29/01/2020)

Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, Asrori, S.H.,mengungkapkan, sudah melakukan koordinasi dengan Dinsos PPPA dan KB Kabupaten Tulungagung terkait hal tersebut.

“Koordinasi dilakukan saat kami berkunjung ke Kantor Dinsos PPPA dan KB dan tiga UPT pada Selasa (28/1) kemarin,” ujarnya.

Dalam kunjungan koordinasi itu, menurut dia, Komisi C DPRD Tulungagung meminta Dinsos PPPA dan KB Kabupaten Tulungagung untuk mencari solusi agar kasus tersebut tidak terulang.

“Jangan sampai berkepanjangan atau justru bertambah,” tandasnya.

Asrori memaparkan, kasus pedofil yang melibatkan anak usia antara 14 tahun sampai 18 tahun dan putus sekolah perlu dikoordinasikan pula dengan instansi terkait. Yakni antara Dinsos PPPA dan KB dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Dinas Kesehatan.

“Selain juga dengan tokoh masyarakat, para ulama dan Kementerian Agama. Harus ada koordinasi bersama untuk sosialisasi agar kasus pedofil tidak terjadi lagi. Apalagi jumlah LSL (lelaki suka lelaki) yang terdeteksi di Tulungagung cukup banyak,” paparnya.

Politisi asal Partai Golkar ini selanjutnya meminta pula agar UPT-UPT yang dimiliki Dinsos PPPA dan KB di setiap kecamatan untuk lebih difungsikan lagi dalam sosialisasi.

“Mereka pasti punya jaringan untuk pencegahan dan pendekatan pada penderita agar kembali pada kehidupan normal,” tuturnya. ( PR )


Reporter : A. Purnomo/hms.
Home » » Segudang Prestasi Dan Penghargaan SMAN1 Kauman Tulungagung

Segudang Prestasi Dan Penghargaan SMAN1 Kauman Tulungagung

Doc.Keluarga besar SMAN 1 Kauman
Tulungagung,OposisiNews.co.id- Pagi Istimewa yang berbeda dari hari-hari biasanya menjadi momemtum kebanggaan dan kebahagiaan bagi para siswa berkarakter dan berprestasi SMAN1 Kauman. Usai pelaksanaan Apel, Kepala sekolah yang bertindak sebagai Inspektur upacara memberikan penghargaan pada siswa-siswi berkarakter, di Halaman SMAN 1 KAUMAN, Kabupaten Tulungagung. Senin, (27/01/2020).

Kategori penghargaan kepada para siswa yang memiliki karakter istimewa tersebut di antaranya: 1.Kategori siswa berkarakter jujur (Berintgritas Tinggi), di berikan kepada, Hayulistyan F., klas XII IPA 6.

2. Kategori siswa gemar berliterasi di berikan kepada, Bagus Firmansyah, klas XII IPS 1, dan Chrisnawanto Nugroho, klas XII IPS 1.

3. Kategori siswa berprestasi, rajin, tertib,dan santun di berikan kepada,  Dhea Agnes Aprilia Sanita, klas XII IPS 2, Chirnawanto Nugroho, klas XII IPS1, Tabina Arbika Samiaji, klas XII IPA1, Irma Reginsya, klas XII IPA 4.

"Tiga kategori penghargaan kepada siswa-siswi terbaik, berprestasi,dan berkarakter istimewa ini merupakan bagian dari motivasi kepada putra-putri SMAN1 KAUMAN dalam menempuh ilmu di sekolahnya," tutur Kepala SMKN1 KAUMAN, Drs. Gondo Siswijo,MM.Pd, kepada OposisiNews.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMKN1 KAUMAN, Drs. Gondo Siswijo,MM.Pd, tidak hanya memberikan penghargaanya pada siswa berkarakter istimewa, namun juga menerima penyerahan Tropi penghargaan dari para siswa yang baru saja memborong kejuaraan dan sebagai juara umum lomba PMR se Jawa Timur yang di selenggarakan SMAN1 Ponorogo pada 25/26 januari lalu.

Seperti di lansir  dari CERITARELAWAN.id, Dalam rangka menyiapkan Calon Relawan Masa Depan yang lebih berkualitas Palang Merah Remaja (PMR) PMI SMAN 1 Ponorogo menggelar lomba Ganesha Palang Merah Remaja (GALAPALMERA) Se Jawa terbuka ke-8 Tahun 2020 bertempat di SMAN 1 Ponorogo. Sabtu,(25/01).

Pada kegiatan tersebut Juara Umum Tingkat Wira Galapalmera SMAN 1 Ponorogo Tahun 2020 diraih oleh PMR Wira SMAN1 Kauman Tulungagung.

" Kami keluarga besar SMAN1 Kauman sangat bersyukur dan bangga atas yang telah di capai PMR SMAN 1 Kauman bisa menjadi terbaik di antara 600 orang anggota Palang Merah Remaja (PMR) se Jawa dari 53 kontingen tingkat Wira (SMA) dan tingkat Madya (SMP)," pungkasnya.( PR )

Reporter : A. Purnomo.
Home » » Polresta Sidoarjo Bersinergi dengan Instansi Terkait, Dalam Pelayanan Perawatan Tahanan

Polresta Sidoarjo Bersinergi dengan Instansi Terkait, Dalam Pelayanan Perawatan Tahanan

Doc.Penandatangan nota kesepahaman pelayanan dan perawatan rumah tahanan .Rabu 29/01/2020
Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Dalam rangka pelayanan perawatan di rumah tahanan Polresta Sidoarjo, perlu adanya sinergitas kepolisian dengan instansi terkait.

Untuk mewujudkan Polresta Sidoarjo bersama institusi terkaid melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka menciptakan pelayanan dan perawatan rumah tahanan lebih baik .Rabu , 29/1/2020.

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di Aula Bharadaksa Polresta Sidoarjo, yang dihadiri Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kesehatan, Kemenang Sidoarjo, Kalapas Kelas IIA Sidoarjo dan Umsida.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa terkait dengan tahanan ,masih banyak menimbulkan masalah. Seperti banyak tahanan usia produktif yang kurang punya keterampilan dan kemampuan.

“Untuk itu perlu bekerja sama dengan instansi lainnya dengan harapan mantan napi sekeluar dari masa tahanan bisa beradaptasi kembali ditengah masyarakat dan mendapatkan pekerjaan sesuai ketrampilannya,” jelasnya.

Sebab itu, melalui kesempatan ini Polresta Sidoarjo menjalin Sinergitas dengan instansi terkait agar pelayanan perawatan para tahanan di rutan Polresta Sidoarjo dapat maksimal.

Sementara itu, Plt. Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifudin menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman ini. Yang mana upaya tersebut merupakan guna pemenuhan hak tahanan dan memanusiawikan . Seperti halnya hak kesehatan, ketrampilan juga pekerjaan saat usai menjalani masa tahanan nanti.

“Nah hal tersebutlah yang harus kita upayakan bersama agar para tahanan kelak dapat berubah lebih baik, syukurlah hari ini kita telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka pelayanan perawatan tahanan,” ungkapnya.  (bg)

Reporter.Subagyo
Editor.Bambang PW
Home » » Dalam Rangka Hari Jadi Sidoarjo Ke 161 Ziarah Makam Bupati Era R.T.Tjokronegaro dan Soewandi

Dalam Rangka Hari Jadi Sidoarjo Ke 161 Ziarah Makam Bupati Era R.T.Tjokronegaro dan Soewandi

Sidoarjo - OposisiNews.co.id -Dalam rangka peringatan Hari Jadi ke 161 Kabupaten Sidoarjo tahun 2020 puluhan pejabat OPD Se-Kab.Sidoarjo melakukan safari ziarah ke makam Bupati Sidoarjo mulai dari R.T. Tjokronegoro hingga Bupati Soewandi.

Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin yang juga menjabat sebagai Pelaksana Bupati Sidoarjo melakukan ziarah bersama jajaran Forkopimnda Dandim 0816/Sidoarjo Letkol. Inf.  M. Iswan Nusi, Kapolresta Sidoarjo Kombespol. Zain Dwi Nugroho, Kajari Sidoarjo Setiawan Budi Cahyono.

Ziarah diawali ke Taman Makam Pahlawan (TMP) yang terletak di Jl. Pahlawan Sidoarjo, Selasa dengan peletakan bunga di TMP  dilanjutkan tabur bunga di makam para pahlawan.seloso , 28/1/2020.

"Ziarah ini merupakan agenda rutin dalam rangka memperingati hari jadi kabupaten Sidoarjo , setiap tahun kita laksanakan ziarah ke makam seluruh bupati, untuk mengenang jasa-jasa (beliau) yang pernah memimpin Sidoarjo", ujar Nur Ahmad Syaifuddin.

Di TMP Sidoarjo ini Bupati R.Ng. Soeriadi Kertoprojo Bupati ke 9  yang menjabat tahun 1950 - 1958 , Usai dari TMP Sidoarjo rombongan yang di pimpin Wabup Nur Ahmad Syaifuddin menuju ke makam R.T TJokronegoro I yang memerintah Sidoarjo di era kolonial Belanda, Cokronegoro I memerintah mulai tahun 1859 - 1863 dan makamnya terletak di komplek Makam Asri Hing Pendhem belakang Masjid Agung Sidoarjo. Disamping makam Tjokronegoro I juga dimakamkan Bupati Sidoarjo ke 3 yang bernama R.T Soemodirejo yang menjabat hanya 3 bulan karena wafat tahun 1883.

Tujuan berikutnya ke makam Bupati Sidoarjo ke 4 dan 5 yakni R.A.A.P. Tjondronegoro I dan R.A.A.P. Tjondronegoro II yang terletak persis dibaratnya imaman Masjid Agung Sidoarjo, komplek makam keluarga Tjondronegoro. Masih dalam satu komplek makam, terdapat makam Bupati ke 8 yang bernama R.A.A. Soejadi yang menjabat tahun 1933 - 1947.

Kemudian rombongan bergeser ke komplek makam Reksa Pralaya yang bersebelahan dengan komplek makam Asri Hing Pendhem, komplek Masjid Agung Sidoarjo.  Di makam Reksa Pralaya ini Bupati Sidoarjo ke 12, Soewandi dimakamkan, Soewandi menjabat mulai tahun 1975 - 1985.

Selanjutnya rombongan bertolak menuju ke komplek makam Sentono Botoh Putih Surabaya. Di komplek makam Botoh Putih Surabaya ini makam R. A Tjokronegoro II dimakamkan. Bupati yang bergelar Kanjeng Djimat ini merupakan Bupati Sidoarjo ke II yang memerintah mulai tahun 1862 - 1883.

Makam Bupati Sidoarjo yang lainnya ada yang dimakamkan di TMP Suropati Malang dan TPU Kecamatan Mojosari, Mojokerto. Rombongan yang berziarah ke makam R. Samadikoen di TPU Kecamatan Mojosari, Mojokerto di pimpin Sekda A. Zaini. Samadikoen merupakan bupati ke 10 yang menjabat mulai tahun 1969 - 1964.

Rombongan ke 3 yang dipimpin Asisten 1 M. Ainur Rahman menuju ke TMP Suropati Malang, tempat H.R Soedarsono bupati ke 11 dimakamkan. Sedangkan rombongan yang lain menuju makam H.A Choedori Amir kepala daerah pertama kabupaten Sidoarjo yang dimakamkan di Kelurahan - Jetis Sidoarjo. Dari seluruh bupati Sidoarjo tersebut hanya satu yang belum diketahui keberadaaan makamnya, yakni bupati ke 7, Sumodiputro. (Bg).
Home » » LKS SMK Ke-28 Tahun 2020 Sebagai Ajang Kompetisi Siswa Serta Ajang Promosi Terbaik Dunia Pendidikan SMK

LKS SMK Ke-28 Tahun 2020 Sebagai Ajang Kompetisi Siswa Serta Ajang Promosi Terbaik Dunia Pendidikan SMK

Doc.Sodikin, M.Pd., Ketua pelaksana LKS SMK ke-28 Tahun 2029 yang di selenggarakan di SMKN1 Rejotangan.
Tulungagung.OposisiNews.co.id-Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-28 tahun 2020 yang saat ini di laksanakan di Kabupaten Tulungagung, diikuti oleh 1.552 peserta dan 992 pendamping, dengan jumlah lomba ada 60 bidang lomba. Diantara bidang lomba tersebut yakni bidang lomba Health & Social Care, Mobile Robotic, Painting, dan Pharmacy di laksanakan di SMKN 1 Rejotangan, Kabupaten Tulungagung. Selasa, (28/01/2020).

Adapun tim juri Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK kali ini berasal dari Akademisi dan Profesional, diantaranya dari UNESA, IKIP Malang, ITS, P4TK,serta perusahaan robot FESCO dari jakarta, RS. Saiful Anwar, RS. Sidoarjo, dan juga dari RSUD.Dr.Iskak Tulungagung.

Ketua pelaksana kegiatan, Sodikin, M.Pd., kepada OposisiNews mengatakan, ada 4 bidang lomba yang di laksanakan di SMKN 1 Rejotangan, yakni bidang lomba Health & Social Care, bidang lomba Mobile Robotic, bidang lomba Painting, serta bidang lomba Pharmacy.

"Dari masing-masing bidang lomba, ada 52 lembaga pendidikan negeri/swasta di jatim yang mengikuti bidang lomba di SMKN 1 Rejotangan.

Doc.Bidang Lomba Robotik pada LKS SMK
Sementara dari SMKN 1 Rejotangan sendiri memberangkatkan 1 tim yang beranggotakan 3 peserta pada bidang lomba Tehnik Elektronika Industrial yang lokasi lombanya bertempat di SMKN 1 Bandung," ucapnya.

Lebih lanjut Sodikin menyampaikan, dengan dilaksanakannya Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke-28 tahun 2020, secara umum para siswa akan mempunyai skill pada bidang pendidikannya. Secara luas kegiatan LKS ini akan memicu siswa untuk lebih semangat dalam belajar, sehingga nantinya mereka terpanggil untuk bisa ikut kompetisi di berbagai nominator kompetisi selanjutnya dan berprestasi.

" Kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi, karena secara tidak langsung kita akan kenal dengan lembaga SMK di jatim, dengan demikian kita akan menjalin persahabatan dan kompetisi, tetapi tetap menjunjung tinggi sportifitas. Juara bukan yang utama, yang penting anak-anak punya skill yang bisa di kembangkan pada saat dia lulus nanti.

Pada kesempatan yang sama Kepala SMKN1 Rejotangan mengatakan bahwa, Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Ke - 28 kali ini, sebagai ajang untuk menimba ilmu secara langsung di lapangan, selain itu kegiatan LKS juga akan memberikan spirit,menambah semangat untuk lebih meningkatkan kedisiplinan seperti yang telah lolos pada tingkat kompetisi.

"LKS merupakan ajang kompetensi siswa. Kompetensi merupakan ketrampilan,kemampuan,inovasi anak dalam melakukan dan menyelesaikan suatu kegiatan baik berupa jasa atau suatu produk," tuturnya.

Ia juga menyampaikan tentang banyaknya manfaat pada kegiatan LKS ini, di antaranya pembenahan sarana yang sesuai standard nasional. Dengan di selenggarakannya bidang lomba Health & Social Care, bidang lomba Mobile Robotic, bidang lomba Painting, serta bidang lomba Pharmacy otomatis pihaknya  melengkapi kebutuhan tersebut.

"walaupun kita belum punya akhirnya kami sudah persiapkan kebutuhannya sehingga bila suatu saat akan buka jurusan baru kami sudah siap," ucap Hanafi.

Selain itu pada kegiatan LKS SMK Ke-28 tahun 2020, yang mana SMKN1 Rejotangan ketempatan sebagai salah satu lokasi/tempat di selenggarakannya lomba, Hanafi mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai motivasi bagi semua baik karyawan maupun siswa. Selain itu dengan di selenggarakannya LKS merupakan ajang promosi paling murah.

"Kami selaku penanggung jawab lokasi, all out dari semua sisi.Pada sisi tempat kita utamakan proaktif dalam semua pelayanan, dan untuk mengetahui unjuk kerja para guru.Karena Roh dari sebuah kompetensi ya di LKS ini," tandasnya.

Hanafi menambahkan, selain sebagai tempat di selenggarakan LKS tahun 2020, SMKN1 Rejotangan juga akan mendapatkan kunjungan dari siswa-siswi SMP sekitar .

"Kita kedatangan dari SMP sekitar, maka dari itu kegiatan ini juga bisa sebagai ajang promosi bagi kami. Kita tunjuk kan bahwa SMK itu lo seperti ini, pembelajarannya seperti ini, dan ini sangat linier dengan program Gubernur Jawa Timur Ibu Kofifah tentang pendidikan vokasi dari Bpk. Wakid Wahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jatim yang baru," pungkas hanafi. ( PR )


Reporter : A. Purnomo.

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon