Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Gowes Spektakuler Sidoarjo Diikuti Ribuan Peserta

Gowes Spektakuler Sidoarjo Diikuti Ribuan Peserta

Written By BBG Publizer on Minggu, 26 Januari 2020 | 20.41

Doc. Gowes bareng memeriahkan HUT Sidoarjo ke 161 tahun 2020
Sidoarjo - OposisiNews.co.id - Dalam rangka memeriahkan Peringatan Hari Jadi ke 161 Kabupaten Sidoarjo tahun 2020, Pemkab Sidoarjo bekerjasama dengan Memorandum menggelar Gowes Spektakuler dengan hadiah utama Mobil Suzuki Karimun. Start dari jl. Cokronegoro depan Pendopo Delta Wibawa, diberangkatkan langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin selaku Plt. Bupati Sidoarjo didampingi Kapolresta Sidoarjo Kombespol Zain Dwi Nugroho, Kepala Disporapar Joko Supriadi dan pimpinan Memorandum, Minggu 26/1/2020.

Gowes Spektakuler diikuti ribuan peserta dari berbagai kota, para penghobi balap sepeda tumpek blek di Alun - alun Sidoarjo. Selain menyediakan hadiah utama berupa 1 unit mobil Suzuki Karimun, pihak panitia juga menyediakan hadiah berupa 2 unit sepeda motor, kemudian 10 unit sepeda gunung, 2 unit lemari es, 10 unit kipas angin, 3 unit mesin cuci, 10 unit magic com, 2 unit televisi dan 10 unit handphone.

Cak Nur sapaan akrab Plt. Bupati Sidoarjo sebelum memberangkatkan para peserta Gowes menyempatkan untuk senam bersama warga di Alun-alun Sidoarjo. Sekitar lima belas menit kemudian baru bergeser ke Jl. Cokronegoro memberangkatkan para peserta gowes yang sudah memadati jalan.

Start dimulai dari Pendopo Jl. Cokronegoro - ke arah timur menuju belok kanan Jl. A. Yani kemudian Jl. Gajah Mada - Jl. Majapahit - Lampu merah Pos Polisi Larangan belok kanan menuju Jl. Airlangga - Jl Diponegoro-Jl. Thamrin-Jl. A.Yani- Alun-alun kemudian finish masuk Jl. Cokronegoro.

Cak Nur bersama Kapolresta Zein Dwi Nugroho dan panitia dari Memorandum juga ikut gowes bareng,  banyaknya peserta Gowes Spektakuler, mengakibatkan kemacetan panjang di jalur jyang dilalui  peserta . Cak Nur bersama Kapolresta dan pihak panitia memilih jalur arah Jl. Pagerwojo menuju Jl. Ponti kemudian lanjut ke Jl. Pahlawan dan kembali ke Pendopo menunggu peserta datang.

Peringatan hari jadi ke 161 Kabupaten Sidoarjo yang setiap tahun diperingati ini menurut Cak Nur merupakan momen bersama bagi masyarakat Sidoarjo untuk merayakan. Gowes Spektakuler ini bagian dari rangkaian kegiatan hari jadi Sidoarjo.

"Tolong diperhatikan kuponnya masing-masing", ucap Cak Nur saat mengambil undian hadiah 1 unit sepeda motor.

"Bagi yang belum mendapat hadiah bisa bersabar, karena masih banyak hadiah hiburan yang belum dibagikan termasuk hadiah utama 1 unit mobil akan diundi di akhir acara", ujar Cak Nur.   (Bg).
Home » » Pameran UMKM Dorong Peningkatan Perekonomian Sidoarjo

Pameran UMKM Dorong Peningkatan Perekonomian Sidoarjo

Doc. PLT Bupati Sidoarjo .H Nur Ahmad Syaifuddin mengunjungi  Pameranan UMKM bersama Kamar Dagang Indonesia Sidoarjo. Sabtu 25/01/2020
Sidoarjo - OposisiNews.co.id -Dalam rangka meningkatkan dan menguatkan ekonomi kecil, menengah pelaku Umkm Sidoarjo, Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Paradigma Baru Kabupaten Sidoarjo  gelar UMKM   2020, Acara yang  dibuka oleh Plt. Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH. , bertempat di Parkir barat Transmart Sidoarjo,Sabtu 25/01/2020.

Kegiatan UMKM Award diikuti sebanyak 85 peserta umkm Se-kabupaten Sidoarjo,terdapat Bazar sembako murah, Pesta Durian serta santunan anak yatim Se-Kabupaten Sidoarjo.

Tampak hadir dalam acara pembukaan pameran UMKM Award , Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim, Ketua Kadin Paradigma Baru  Provinsi Jawa Timur, Ketua Apindo Sidoarjo Sukiyanto dan sejumlah kepala OPD Sidoarjo.

Dalam sambutanya gubernur Jawa Timur yang diwakili Kepala dinas Koperasi dan UMKM Prov Jatim Dr. Maspurnomo Hadi, MM. Ini mengucapkan selamat dan sukses kepada KADIN Paradigma Baru Sidoarjo yang telah menyelenggarakan Umkm Award tahun 2020.

"Umkm Award merupakan media untuk memotivasi para pelaku umkm Kabupaten Sidoarjo khususnya,agar semakin berdikari dalam mengembangkan usaha"

Lanjutnya,Maspurnomo melaporkan bahwa pertumbuhan umkm  di Jawa Timur sebesar  9,7 Juta pelaku umkm, meliputi 95% di Usaha mikro berada dikabupaten/kota, 3% usaha kecil, 1,8% usaha menengah, 0,2% usaha bersama.

Perlu adanya dukungan dan santunan bersama bagi  para pelaku umkm untuk melakukan pembinaan , terutama usaha mikro ,untuk bisa naik kelas menjadi usaha kecil di Provinsi Jawa Timur , utamanya di Kabupaten Sidoarjo. Katanya.

" Kedepannya diharapkan dalam setiap pameran umkm , perlu adanya  edukasi pembekalan mengenai BPOM, sertifikasi halal produk dan kemasan, disamping menjual produk umkm dan tidak kalah pentingnya pengetahuan sumber daya pelaku Umkm  perlu ditingkatkan terlebih di era Industri 4.0 ini",tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Plt.Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengapresiasi atas terselenggaranya umkm award ini, dalam rangka mendorong pelaku umkm sejahtera.

“Semoga gelar umkm ini dapat mendorong daya saing usaha kecil dan menengah agar bisa menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat,” singkat Cak Nur. Tak hanya itu, dirinya berharap UMKM Kabupaten Sidoarjo mampu bersaing dipasaran. Baik pasar lokal ,nasional bahkan hingga internasional.

“Produk lokal ini harus terus mendapatkan pendampingan dari pemerintah dan Kadin Paradigma baru Sidoarjo serta stakeholder.Mulai dari produksi, pemasaran dan lain sebagainya. Produk mereka harus berkualitas dan  mampu berdaya saing dari segi kwalitas dan kwantitas dengan produk  lainnya,” imbuhnya .Plt.Bupati Sidoarjo memprioritaskan perhatian lebih terhadap pelaku UMKM karena merupakan jantung perekonomian warga selain infrastruktur.

"Mudah-mudahan kadin Paradigma baru Kabupaten Sidoarjo kedepannya dapat bermanfaat dan memberikan kesejahteraan bagi pelaku UMKM Sidoarjo yang dapat bersaing di dalam era globalisasi".harapnya.

Diakhir acara pameran produk UMKM, dilaksanakan pemberian santunan anak yatim se-kabupaten Sidoarjo, dilanjutkan mengunjungi stand sembako murah, umkm sidoarjo, serta makan durian bersama. (bg)

Reporter. Subagyo
Editor.Bambang PW
Home » » Wujudkan Lingkungan Sehat dan Bersih, Koramil 0808/10 Kademangan Bersinergi Melaksanakan Pembersihan Sungai

Wujudkan Lingkungan Sehat dan Bersih, Koramil 0808/10 Kademangan Bersinergi Melaksanakan Pembersihan Sungai

Doc.Koramil 0808/10 Kademangan dan Kodim 0808/Blitar bersama warga bersihkan sungai Darungan . Minggu 26/01/2020
Blitar, OposisiNews.co.id – Koramil 0808/10 Kademangan Kodim 0808/Blitar bersama Muspika Kecamatan Kademangan serta masyarakat Desa Kademangan melaksanakan Karja Bhakti, diantara lain pembersihan sungai sepanjang 300 meter bertempat di RT. 01 RW. 01 Desa Darungan Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Minggu (26/01/2020).

Hal itu dilakukan karena sungai Darungan sudah tercemar sampah yang mengakibatkan aliran sungai tidak berjalan dengan baik, selain itu juga dilaksanakan pembersihan rumput di kanan kiri sungai Darungan.

Pgs. Danramil 0808/10 Kademangan Lettu Inf Misdianto saat ditemui mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan mengingat masyarakat Desa Darungan sangat membutuhkan saluran irigasi karena mayoritas bekerja sebagai para petani.

“Sehingga TNI jajaran Koramil 0808/10 Kademangan bersinergi dengan Muspika Kecamatan Darungan bersama Masyarakat melaksanakan Karja bakti pembersihan Sungai Darungan dikarenakan sungai Darungan sudah mulai tercemar sampah,” ungkapnya.

Kegiatan karja bakti dipimpin langsung Pgs. Danramil 0808/10 Kademangan Lettu Inf Misdianto dengan melibatkan Muspika, elemen masyarakat Desa Darungan sekitar 240 orang dan menggunakan berbagai perlengkapan seperti parang, cangkul dan alat pembersih lainnya.

Lettu Inf Misdianto juga menghimbau kepada seluruh Elemen Masyarakat Darungan apabila saluran Air sudah kembali bersih supaya menjaga sungai Darungan tersebut tetap bersih dan mengingatkan supaya Masyarakat jangan membuang sampah sembarangan khususnya di sungai Darungan.

Kegiatan ini selain untuk menjaga kebersihan di lingkungan Desa Darungan, ini juga sebagai wahana dalam menjalin tali silaturahmi, kekompakan dan keakraban antara TNI bersama tiga pilar dan masyarakat yang ada wilayah Kademangan sehingga sinergitas TNI bersama Masyarakat tetap terjaga dan tentunya semakin kuat “Pungkasnya.  BS

Reporter: Basuki
Home » » Penanganan Tiang Listrik Rawan Roboh Asal-asalan , Warga Cemas

Penanganan Tiang Listrik Rawan Roboh Asal-asalan , Warga Cemas

Pemasangan tiang tanpa penguat
Pondasi di tanah lembek
Ngawi.OposisiNews.co.id– Pengerjaan penanganan tiang dan kabel listrik rawan roboh di Kecamatan Kedunggalar , Kabupaten Ngawi - Jawa Timur tepatnya di dusun  Pulorejo RT 004 / RW 009 desa Kedunggalar , dicemaskan warga . Pasalnya penanganan tiang PLN rawan roboh dikerjakan asal-asalan tanpa melakukan kordinasi dengan warga sekitar tiang yang rawan roboh bahkan berpotensi menimbulkan bencana baru pada warga.

Petugas tanggap bencana PLN Ngawi disinyalir mengindahkan SOP penanganan tiang beton listrik yang miring / rawan roboh dengan mengikat / menarik tiang listrik mengunakan sleng baja yang diikatkan pada tanaman warga seperti Jati , Mangga tanpa melakukan kordinasi pada pemilik tanaman.

Salah satu warga Pulorejo Ahmad (48 th) mengatakan, proyek penanganan tiang PLN yang rawan roboh, terkesan asal-asalan dan tidak profesional , membuat kekhawatiran yang besar di kalangan masyarakat. Dimana, arus listrik yang ada pada kabel di tiang tersebut sangat besar. “ Masak tiang listrik itu diikatkan di tanaman jati dikebun belakang rumah saya tanpa ijin , kalau pohonnya roboh gimana ? Apalagi dimusim hujan disertai angin pohon jati rawan roboh . Seharusnya PLN membuat patok penguat sendiri jangan asal-asalan " , ucapnya.

Kawat baja , rawan
menghantarkan arus
Listrik
" Lebih-lebih kawat baja itu apa tidak memungkinkan dialiri listrik dimusim hujan , jika samapai membawa korban jiwa , apa PLN bertanggung jawab , Kami mengharapkan aparat yang berkompoten untuk mengambil sikap pada pekerjaan PLN ini yang tidak bertanggungjawab serta tidak mengedepankan keselamatan warga,” tuturnya.

“Jangan Etikat tanggap bencana  penanganan tiang PLN rawan roboh / miring tersebut membawa bencana bagi warga, seharusnya proyek pemasangan dan pembenahan tiang listrik yang bersumber dari dana negara itu mengedepankan SOP dan profesional kerja. Saat pemasangan dan pembenahan tiang hendaknya berkoordinasi jangan asal terobos dengan alasan urgen ,” pungkasnya.

Pemasangan dan penanganan tiang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) yang dibangun menggunakan dana pusat , harus sesuai prosedur, baik dari prosedur teknis pemasangan tiang dan kabel, meminimalisir terjadi bencana.

Tiang listrik merupakan salah satu komponen penunjang pada jaringan distribusi dan berguna sebagai alat penopang atau pemegang kabel hantaran atau saluran. Dalam penggunaan ini pada jaringan distribusi, tiang listrik harus ditanam sesuai standar atau petunjuknya. Dimana, proses menanam tiang listrik ini, ada beberapa persyaratan yang harus penuhi. Sangat disayangkan pemasangan yang dilaksanakan di dusun Pulorejo , prosedur tersebut tidak diindahkan.

Fakta tiang listrik PLN disejumlah wilayah Kabupaten Ngawi banyak yang roboh dan miring, sangat dimungkinkan pemasangan tidak disesuaikan dengan situasi, kondisi tanah.

Titik tiang di lokasi harus ditetapkan berdasarkan gambar rencana atau sketsa. Pembuatan lubang untuk penanaman tiang listrik pada titik pasang yang telah ditentukan. Penanaman tiang ke dalam tanah minimum harus sedalam 1 hingga 6 X Panjang tiang.

Pendirian atau penegakan tiang harus menggunakan Tackle berkaki tiga lengkap dengan katrol rantainya atau yang sejenis. Penegakan tiang harus tegak lurus atau vertikal dengan menggunakan water pass atau Unting-unting dan tiang satu dengan yang lainnya harus lurus segaris. Khusus untuk tanah yang lembek, pemasangan tiang ini di perkuat dengan pondasi yang memenuhi standar konstruksi.

Diduga Konsep ini tidak dilakukan atau dicermati oleh pihak pelaksana proyek PLN, sehingga membahayakan masyarakat yang berada pada lokasi tiang. “Kami berharap, pihak penegak hukum untuk dapat menelusuri akan hal ini. Pasalnya, selain membahayakan nyawa warga, juga merugikan keuangan negara. Jadi jangan tunggu sampai tiang PLN itu menelan korban dulu baru bertindak,” harap Ahmad. ( Red ** )

Home » » Reses Ketua DPRD Blitar di Banjiri Usulan Konstituen

Reses Ketua DPRD Blitar di Banjiri Usulan Konstituen

Kegiatan reses Ketua DPRD Kab.Blitar . Suwito Saren Satoto di desa Ngeni Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar. Selasa 25/01/2020.
Blitar.Oposisi News.co.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, (PDIP). Suwito Saren Satoto  melakukan reses, Selasa ( 25/1/2020)

Kegiatan yang digelar untuk menyerap aspirasi masyarakat itu berlangsung di Desa Ngeni  Rumah Dharini Bowo Ketua PAC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar .

Para undangan yang hadir
pada acara reses ketua PDI-P
Kab.Blitar , 2020.
Kegiatan reses dihadiri semua jajaran PAC maupun Ranting PDI-P , Kecamatan Wonotirto,Kepala desa Ngeni ,Kepala desa Ngadipuro, tokoh agama dan tokoh masyarakat, ketua RT, RW, kaum pemuda,pemudi serta warga Desa Ngeni dan warga Desa Ngadipuro.

Dalam sambutannya Suwito Saren Satoto mengatakan,“Reses ini untuk menjaring aspirasi dari masyarakat. setiap anggota DPRD memiliki kewajiban menjaring aspirasi sebagai bentuk pertanggungjawaban kami selaku wakil rakyat".

Aspirasi rakyat ini akan kita bawa ke dalam pokok-pokok pikiran ' POKIR' DPRD dan ditindaklanjuti di ranah kebijakan." katanya Suwito.

Dharini Bowo Ketua PAC Partai Demokrasi Indonesia ( PDIP)  Kecamatan Wonotirto menyampaikan kegiatan reses ini merupakan agenda yang ditunggu-tunggu warga setempat desa Ngeni dan warga desa Ngadipuro untuk leluasa menyampaikan segala unek-unek dan aspirasinya kepada wakil mereka.

Banyak usulan yang disampaikan warga kepada Suwito  Ketua dewan. diantaranya,  usulan tokoh masyarakat dan PAC PDI-P .

Asfitok warga Krajan desa Ngeni mengusulkan dan diperjuangkannya pembangunan berem jalan poros yang baru di bangun masuk area perhutani Godang legi kelurahan Sutojayan sampai desa ngeni untuk segera diadakan penggurukan di setiap tepi bangunan jalan, karena sangat berbahaya untuk keselamatan pengendara roda 4 dan roda 2 .

Perwakilan warga Dusun Dringo RT 13  RW 04 desa ngeni mengusulkan  program POKMAS di perbanyak agar di setiap desa yang ada di pinggiran selatan lebih baik, dan bantuan sumur bor yang ada di desa Ngeni dusun sumberglagah mohon di adakan  pengecekan bangunan tersebut sampai sekarang tidak berfungsi/ nganggkrak.

Untuk perwakilan warga Desa Ngadipuro  mengusulkan pada Suwito Saren Satoto memperjuangkan bantuan pompa air yang berada di dusun Besole desa ngadipuro untuk di usulkan penambahan volume daya listrik dikarenakan usulan dari masyarakat 3 paket daya listrik kenyataannya di pasang 1 paket, Sampai sekarang bangunan tersebut belum bisa di fungsikan karena daya listriknya tidak mampu.

"Kami berharap Bapak Wito selaku Ketua DPRD Kabupaten Blitar bisa  memperjuangkan aspirasi masyarakat desa Ngeni dan Desa Ngadipuro," ungkap ungkap Dharini Bowo selaku Ketua PAC PDIP  Kecamatan Wonotirto.

Menanggapi usulan warga, Suwito Saren Satoto menuturkan, permintaan warga Desa Ngeni dan Desa Ngadipuro berkaitan dengan usulan tersebut memang sudah menjadi agenda prioritasnya untuk diperjuangkan.

“Seluruh usulan tersebut bisa diakomodasi melalui APBD, semisal bantuan pompa air,  sumur bor yang penting tidak lepas koordinasi dengan desa masing- masing ",ucapnya.

Suwito Saren Satoto Ketua DPRD Kabupaten Blitar  menjelaskan tahun 2020 Pemerintah kabupaten Blitar menganggarkan dana 5 milyard untuk pembelian tandon air dari bahan plastik, yang akan di bantukan di seluruh desa yang sangat membutuhkan,
nantinya setiap desa untuk membentuk kelompok masyarakat penerima , pengelola bantuan tersebut untuk di kelola disetiap lingkungan masyarakat masing- masing.

Diakhir kegiatan reses-nya, Suwito Saren Satoto mengajak  dua Kepala Desa Ngeni dan Desa Ngadipuro  untuk berperan aktif
di bidang pembangunan desa terutama pemanfaatan Dana DD/ADD harus sesuai regulasinya dan transparan. ( BS )


Reporter : Basuki
Editor.Bambang PW

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon