Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Dengan Gedung Baru, PAUD Kelurahan Bago Bisa Lebih Maju

Dengan Gedung Baru, PAUD Kelurahan Bago Bisa Lebih Maju

Written By BBG Publizer on Sabtu, 25 Januari 2020 | 17.55

Doc . Gedung PAUD
Kelurahan Bago
TULUNGAGUNG.OposisiNews.co.id- Salah satu bentuk dukungan pemerintah untuk penyelenggaraan pemerintahan di kelurahan adalah adanya alokasi pendanaan yang dikucurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 130 tahun 2018 Pasal 3 (tiga) ayat 1 (satu) berbunyi, "Kegiatan pembangunan sarana dan prasarana Kelurahan digunakan untuk membiayai pelayanan sosial dasar yang berdampak langsung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat."

Doc. Kepala Kelurahan Bago,
 Kecamatan Tulungagung, K
Tulungagung, Drs. Priyogi Rudy Hantono
Adapun kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan meliputi, pengadaan, pembangunan, pengembangan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana kesehatan. Soal pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dan kebudayaan. Kemudian soal pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana transportasi.

Senada dengan hal tersebut,  Kepala Kelurahan Bago, Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Drs. Priyogi Rudy Hantono, kepada OposisiNews mengatakan, Alokasi dana yang besar itu bertujuan mempercepat peningkatanan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan, serta memperkecil kesenjangan pendapatan di masyarakat yang dimaksudkan untuk pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Di akui oleh Rudy, bahwa dengan adanya Alokasi Dana Kelurahan (ADK) sangat bermanfaat sekali. Untuk Kelurahan Bago sendiri dapat di gunakan untuk pembangunan gedung PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai sarana pendidikan dan kelompok Bermain Anak.

"Kucuran dana tersebut di alokasikan untuk pembangunan dan renovasi gedung PAUD. Gedung PAUD yang dulunya di anggap kurang layak, atapnya rendah, kurang bagus, setelah di bangun dengan kucuran dana dari pusat alhamdulillah bisa terwujud 2 lantai," ucapnya kepada OposisiNews. Kamis, (23/10/2020).

Lebih lanjut Lurah Bago berharap, dengan telah di bangunnya gedung PAUD yang baru, tepat di belakang kantor kelurahan akan lebih menambah kaeamanan dan kenyamanan bagi para peserta didik dan kelompok Bermain.

"Kita semua berharap, dengan gedung PAUD yang baru, jumlah peserta didiknya bisa bertambah,untuk pengajarnya juga nyaman,aman dan para orangtua/wali murid pun akan merasa tenang putra-putrinya belajar di sini," tandasnya.( PR )

Reporter : A.Purnomo.
Home » » Polresta Sidoarjo Beserta Jajaran Sterilisasi Klenteng, Imlek Aman

Polresta Sidoarjo Beserta Jajaran Sterilisasi Klenteng, Imlek Aman

Sidoarjo , OposisiNews.co.id - Guna memberikan jaminan keamanan serta menciptakan rasa nyaman bagi umat Tionghoa yang beribadah di Tahun Baru Imlek 2571 tahun 2020, Polresta Sidoarjo melakukan sterilisasi dan pengamanan di beberapa klenteng yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo.sabtu, 25/1/2020.

Berbagai sudut ruang Klenteng Tri Dharma Tjong Hok Kiong Jalan Hangtuah Sidoarjo misalnya beserta barang bawaan jemaat, tidak luput dari pemeriksaan dan pengecekan personel Polres Sidoarjo. Tidak hanya di sisa dalam klenteng, sisi luar klenteng juga jadi prioritas sterilisasi.

Sebanyak 197 personel Polresta Sidoarjo disebar untuk mengamankan perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2020. Personel pengamanan tersebut juga didukung dari unsur lainnya. Baik dari TNI, Satpol PP, Banser, linmas serta ormas lain.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho mengatakan, upaya ini dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada jemaat yang akan beribadah di klenteng. “Kami jamin perayaan Imlek di Kabupaten Sidoarjo berjalan aman dan kondusif,”katanya   (bg).
Home » » Tingginya Harga Cabai Jadi Perhatian Pemerintah

Tingginya Harga Cabai Jadi Perhatian Pemerintah

Doc. Harga cabe meroket
Doc. Kepala Bidang Perdagangan, 
 DISPERINDAG Kab. Tulungagung,
 Didik Sulaksono Putro
TULUNGAGUNG.Oposisi.News.co.id-Menjelang Tahun Baru Imlek hingga hari H peringatan Imlek, harga berbagai kebutuhan pokok di pasar Tulungagung terpantau stabil. Namun, ada beberapa komoditas yang harganya naik signifikan.

Dari pantauan OposisiNews, beberapa harga komoditas pangan di Pasar Ngemplak Kota Tulungagung, mengalami kenaikan yang cukup signifikan, terutama cabai.

Menurut (Yn)salah satu pedagang di pasar Ngemplak yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan, kenaikan komoditas ini adalah wajar karena memang setiap pergantian tahun dan pergantian musim, harga pangan akan otomatis naik, dan akan stabil sesuai musimnya.

"Kenaikan harga di pasar ini memang biasa, tiap pergantian musim atau awal tahun pasti ada kenaikan apalagi menjelang tahun baru imlek.Tetapi tidak semua komoditas pangan mengalami kenaikan harga," ucapnya.

Namun demikian, tingginya harga cabai di pasaran telah menjadi perhatian pemerintah. Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten Tulungagung, Imroatul Mufidah, melalui Kepala Bidang Perdagangan, Didik Sulaksono Putro mengatakan, adanya kenaikan harga komoditi pangan yang mengalami kenaikan utamanya cabai,sebenarnya tidak ada kaitannya dengan Imlek. Memang diakui, menjelang tahun baru Imlek ada beberapa harga komoditi pangan yang mengalami kenaikan, namun masih dalam batas kewajaran. Seperti bawang merah, bawang putih, telur, dan sayur masih cukup stabil, kecuali cabai.

"Kenaikan harga cabai sebenarnya bukan merupakan dampak dari Tahun baru Imlek, akan tetapi dampak pada kondisi musim. Musim penghujan pada akhir-akhir ini menyebabkan pendistribusian hasil pertanian utamanya cabai mengalami penurunan, bahkan banyaknya kerusakan dari hasil pertanian cabai di musim penghujan ini berdampak pada kenaikan harga," ungkap Didik saat wawancara dengan OposisiNews. Kamis, (23/01/2020).

Lebih lanjut di sampaikan Didik bahwa, dalam pantauan Pemerintah, yang dalam hal ini Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten Tulungagung, tidak ada indikasi penimbunan atau spekulan/permainan harga pada komoditi cabai.

"Karena cabai itu sangat rawan untuk di timbun terlalu lama, sehingga tidak mungkin bagi pedagang untuk melakukan penimbunan" jelasnya.

Didik menambahkan, Pemerintah melalui Dinas Perindustrian Dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten Tulungagung,akan terus melakukan pemantauan harga pasar utamanya komoditi pangan, salah satunya harga cabai yang mengalami kenaikan paling tinggi dari komoditas lainnya, serta akan melakukan koordinasi dengan pihak BULOG.

"Bila dalam waktu dekat masih ada gejolak terus adanya kenaikan harga, kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait utamanya dengan BULOG, untuk melakukan operasi pasar," pungkasnya.( PR )


Reporter : A. Purnomo.
Home » » BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Turun Kelas

BPJS Kesehatan Beri Kemudahan Turun Kelas

Doc.BPJS Kesehatan Tulungagung saat hearing bersama Komisi C DPRD Tulungagung di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Senin (20/1).
TULUNGAGUNG.OposisiNews.co.id– Kepala BPJS Kesehatan Tulungagung, M. Idar Aries Munandar, dalam rilisnya menyampaikan, ada kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan dalam turun kelas.Kamis,(23/01/2020)

“BPJS Kesehatan punya Program Praktis atau Perubahan Kelas Tidak Sulit. Yakni, memberikan kemudahan perubahan kelas termasuk turun kelas yang berlaku mulai tanggal 9 Desember 2019 sampai dengan 30 April 2020 tanpa menunggu masa waktu satu tahun di kelas perawatan yang sama,” ujarnya.

Lebih lanjut M.Idar mengatakan, setelah tanggal 30 April 2020, layanan Program Praktis sudah tidak berlaku lagi dan kembali pada ketentuan sebelumnya. Artinya, peserta harus menunggu masa waktu satu tahun sejak terdaftar di kelas perawatan yang sama untuk bisa melakukan perubahan kelas.

Pernyataan tersebut sekaligus meralat pemberitaan yang terunggah pada Senin (20/1). Dimana saat itu tertulis, ”Penurunan kelas ini berlaku mulai tanggal 9 Desember 2019 sampai 30 April 2020. Setelah itu tidak boleh turun lagi”.

Seperti diberitakan, Komisi C DPRD Tulungagung menilai layanan BPJS Kesehatan di Tulungagung masih jauh dari harapan. Utamanya, terkait rumah sakit rujukan yang belum mempunyai dokter spesialis sendiri.

Masih mengecewakannya layanan BPJS Kesehatan Tulungagung ini menjadi sorotan Komisi C DPRD Tulungagung saat hearing bersama BPJS Kesehatan Tulungagung di Ruang Aspirasi Kantor DPRD Tulungagung, Senin (20/1) lalu.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Tulungagung, H Heru Santoso MPd, seusai hearing menyatakan , layanan BPJS Kesehatan di Tulungagung masih jauh dari harapan. Apalagi saat ini besaran iuran BPJS Kesehatan sudah naik 100 persen.

“Ada kenaikan iuran tapi belum ada perubahan pelayanan jaminan kesehatan. Besaran kapitasi untuk Puskesmas juga tetap belum ada perubahan meski iuran BPJS Kesehatan naik,” ujarnya.( PR.Hms )



Reporter : A.purnomo/hms.
Home » » HUT Elvis Presley Bersama Nia Daniaty di D’Khayangan Senior Club Berlangsung Semarak

HUT Elvis Presley Bersama Nia Daniaty di D’Khayangan Senior Club Berlangsung Semarak

Cikarang.OposisiNews.co.id - Manajemen D’Khayangan Senior Club menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Elvis Presley, penyanyi legendaris Amerika tahun 70-an, bersama Nia Daniaty, bertempat di Hall D'Khayangan Senior Living, Cikatang, Jawa Barat, Senin, 20 Januari 2020. D'Khayangan Senior Club merupakan komunitas para lanjut usia berbasis aktivitas kreatif oleh para anggotanya.

Aktivitas kreatif yang dilaksanakan, baik secara berkala maupun temporer, bertunjuan untuk mengurangi peningkatan angka terjadinya demensia pada para Senior (Lansia). Selain itu, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bersama akan menghindarkan lansia mengalami stres serta depresi akibat kesepian disaat anak/menantu bekerja dan cucu bersekolah.

Aktivitas yang ditawarkan berfungsi untuk melatih dan menjaga 4 aspek penting bagi Senior yaitu aspek fisik, mental, emosional dan spiritual. Juga ditunjang dengan penyediaan atau pemberian asupan nutrisi yang baik dalam sajian snak & makan siang yang sehat untuk Senior.

Program yang dibuat disesuaikan untuk memelihara fungsi kognitif, afektif, dan psikomotorik Senior. Dengan demikian menjadikan Senior tetap aktif dan bugar untuk menikmati hidup di usia emas.

Selain pelayanan berupa pemenuhan kebutuhan dasar, di D’Khayangan Senior Club juga memberikan pelayanan positif yang bisa memberikan hiburan sebagai pengisi waktu luang. Salah satunya mengundang artis-artis nasional.

Seperti yang diadakan pada hari Senin (20/1/2020), dalam rangka memperingati ulang tahun ke-85 mendiang penyanyi Elvis Presley, seorang penyanyi kelas dunia di masa silam, yang terkenal dengan segudang lagu tenar seperti Jailhouse Rock dan Love Me Tender. Ultah Elvis sendiri sebenarnya jatuh pada 8 Januari, namun acara peringatan musisi idola kaum lansia ini baru dapat digelar pada Senin (20/1/2020) siang lalu.

Acara tersebut makin meriah dengan kehadiran penyanyi Nia Daniaty yang terkenal dengan lagu Gelas-Gelas Kaca. Para Senior tak tahan untuk tetap duduk tenang, mereka pun ikut menyanyikan lagu-lagu nostalgia.

Nia Daniaty populer pada tahun 1980-an. Nia dikenal karena sering membawakan lagu ciptaan Rinto Harahap. Lagu Nia yang paling populer adalah Gelas-gelas Kaca. Nia juga pernah menyanyikan beberapa lagu pop Sunda. Selain menyanyi, Nia juga terjun ke dunia akting.

Seperti lupa dengan usianya, para Senior ikut bergoyang di saat penyanyi Elvis (Elvis-nya Indonesia) dari Bandung melantunkan beberapa lagu hits Elvis Presley. Acara ini merupakan momen untuk mengenang kembali lagu-lagu legendaris Elvis dengan suasana ala tahun 70-an.

Tak hanya untuk hari itu saja, D’Khayangan Senior Club juga akan mengundang penyanyi terkenal Indonesia di masa mendatang. Bahkan, menurut pihak Manajemen D'Khayangan, mereka akan secara reguler setiap bulan mengadakan kegiatan serupa. Tujuannya untuk membuat para Senior merasakan hidup lebih semangat dan berarti. Ke.red** 

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon