Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Banjir Bandang di Lahat, Tembok Penahan Sungai Lematang Roboh Ratusan Rumah Terendam, 5 Rusak

Banjir Bandang di Lahat, Tembok Penahan Sungai Lematang Roboh Ratusan Rumah Terendam, 5 Rusak

Written By BBG Publizer on Kamis, 09 Januari 2020 | 21.17

Download Memo App:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.abhi.newmemo 
Lahat .OposisiNews.co.id -    Jebolnya Tembok Penahan Aliran Sungai Lematang di Lahat, tepatnya di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat, akibat tidak mampu menahan tingginya debit air pasca hujan deras yang terjadi Kamis dinihari (09/01/20)

Akibatnya, 100 rumah terendam air, bahkan lima rumah rusak parah.seperti diterangkan Kades Lubuk Sepang, Verly Trinurhadi.

Menurutnya, saat kejadian warga masih belum siaga sebab kondisi masih pagi.

"Sejauh ini ada ratusan rumah yang terendam. Selain merendam juga menghanyutkan peralatan rumah milik warga dan sarana air bersih juga ikut hanyut ,"ujarnya

Sementara, Ketua PKK Lahat, Lidyawati Cik Ujang, yang datang meninjau langsung menyerahkan bantuan kepada warga berupa alat masak kompor gas, sembako dan bantuan lain.

Lidyawati meminta agar warga siaga dan mendirikan posko terlebih debit air masih tinggi dan berpotensi kembali hujan terangnya. ( PR )

Reporte . Parlin
Editor.Bambang Pw
Home » » Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Merusak Rumah Warga Desa Lambangan

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Merusak Rumah Warga Desa Lambangan

Sidoarjo - OposisiNews.co.id -Bencana yang melanda Kec Wonoayu Kabupaten Sidoarjo belum juga usai. Kali ini Dusun Kemulan Desa Lambangan Rt 03 dan 04 Rw 03  Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo diporak porandakan hujan deras disertai angin kencang hingga menyebabkan rumah warga mengalami kerusakan parah ,Kamis 9/1/2020.

Berdasarkan pemantauan OposisiNews  , data pemilik rumah yang mengalami kerusakan antara lain :

1. Ibu Sukarmi kerusakan warung kopi, rusak dusun Kemulan RT 03 RW 03 desa Lambangan kec.Wonoayu
2. Pak Tamari kerusakan bengkel atap asbes lepas
3. H. Hadi Suyanto kerusakan tutup kanopi lepas.

- Di Rt 04 Rw 03 Dusun Kemulan , desa Lambangan kec.Wonoayu
1. Pak Joyowiyoto kerusakan genteng
2. Aris kerusakan atap asbes teras dan genteng rumah bagian depan
3. Sukri kerusakan atap galvalum lepas
4. Khoiruman kerusakan atap galvalum teras lepas dan genteng rumah depan rusak
5. Heri kerusakan genteng rumah samping
6. Bu Anisa kerusakan genteng rumah
7. Surono kerusakan genteng rumah

Menurut Kapolsek Wonoayu, AKP A. Agung GPW, SH, bahwa kerusakan akibat angin kencang dan hujan deras terjadi bukan hanya di Dusun Kemulan saja, di Dusun Duran Desa Karangpuri juga mengakibatkan pohon mangga tumbang dan pohon keres tumbang melintang ke jalan raya.

"Berkat gotong royong bersama warga, semua bisa teratasi sehingga tidak menyebabkan kemacetan," terang Kapolsek.

Tambahnya, hingga saat ini, kami bersama Koramil Wonoayu dan Satpol-PP Kecamatan Wonoayu masih membantu warga dan mengawasi apabila ada aliran listrik dan kabel listrik yang masih mengaliri dirumah atau di lokasi, agar situasi tetap aman kondusif.

"Untuk kerugian akibat bencana tersebut, genteng rusak sekitar 700 biji, asbes pecah 20 biji dan 2 kanopi terbang kira-kira senilai Rp 9 juta," ujarnya.

Kami juga sudah menghubungi pihak BPBD dan PLN untuk dapat membantu yang kemungkinan ada kabel berserakan yang mungkin masih ada aliran listriknya, katanya,  Kapolsek. (bg).
Home » » Wabup Sidoarjo ; Pelayanan Pemerintah Tetap Berjalan Normal , Pasca OTT Bupati oleh KPK

Wabup Sidoarjo ; Pelayanan Pemerintah Tetap Berjalan Normal , Pasca OTT Bupati oleh KPK

Doc.Konpres Wabup Sidoarjo pada awak media terkaid pelayanan publik tetap berjalan seperti biasa-nya , pasca OTT Bupati Sidoarjo oleh KPK , kamis 09/01/2020
Sidoarjo - OposisiNews.co.id -Pelayanan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kepada masyarakat pasca OTT Bupati oleh KPK senin tgl 07/01/2020 , dipastikan Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin tetap berjalan normal. Hal itu disampaikan Wabup saat konpres dengan puluhan wartawan di Ruang Delta Karya lantai 2 gedung Pemkab Sidoarjo, Kamis 9/1/2020.

Konpers tersebut tujuannya agar masyarakat mengetahui bahwa pelayanan tidak terganggu dengan adanya proses hukum Bupati Saiful Ilah yang saat ini sedang berjalan.

Wabup Nur Ahmad S juga menyampaikan jika sudah melakukan rapat kordinasi dengan seluruh kepala OPD, " kemarin sudah rapat dengan pimpinan OPD sepakat pelayanan kepada masyarakat tidak boleh terganggu", ujarnya.

Termasuk program kerja tahun 2020 dipastikan Wabup Sidoarjo tidak terganggu dan dikerjakan sesuai dengan rencana yang sudah ada. Sedangkan posisi kepala OPD yang kosong karena masih sedang menjalani proses hukum Pemkab Sidoarjo secepatnya akan segera menunjuk penggantinya.

"Posisi kepala OPD yang kosong karena menjalani proses hukum, secepatnya akan dilakukan penunjukan penggantinya", ujar Nur Ahmad Syaifuddin.

Jabatan bupati nantinya akan diisi oleh Plt Bupati melalui surat keputusan dari Kementerian Dalam Negeri. Pemkab Sidoarjo masih menunggu surat keputusan tersebut karena sampai dengan hari ini belum diterima pemkab Sidoarjo. (bg).

Reporter.Subagyo
Editor.Bambang PW
Home » » Dies Natalies ke -30 th SMAN KAUMAN Kabupaten Tulungagung

Dies Natalies ke -30 th SMAN KAUMAN Kabupaten Tulungagung

Doc . Dies Natalis ke - 30 th SMAN KAUMAN. Ft  Besar bareng Keluarga besar SMAN Kauman
Tulungagung.OposisiNews.co.id - Di usia yang semakin matang, SMAN KAUMAN Kabupaten Tulungagung menggelar acara Dies Natalis ke-30 acaranya diselenggarakan di halaman SMAN KAUMAN dalam kesederhanaan. Kamis, (9/1/2020).

Mesti  Dies Natalis terselenggara jauh dari kata mewah apalagi gelamor, namun tidak mengurangi semangat, kegembiraan, keceriaan, dan suka cita Keluarga Besar SMAN KAUMAN dalam merayakan hari jadi nya.ke 30 th

Sejak beberapa hari sebelum acara puncak Dies Natalies di gelar, telah banyak di selenggarakan berbagai macam kegiatan dari seluruh siswa, mulai kegiatan lomba dan kegiatan kreatifitas lain.

Kepala sekolah
SMAN Kauman,
Drs.Gondo Siswijo.M.Pd
Kepala SMAN KAUMAN, Kabupaten Tulungagung, Drs.Gondo Siswijo, M.Pd., dalam sambutannya mengatakan bahwa, kegiatan Dies Natalies kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dies Natalies ke-30 SMAN KAUMAN di hitung dari kelahiran SMA nya, yang mana usia 30 tahun merupakan usia yang ideal menuju kematangan.

"Di usia 30 tahun ini, kita lebih mawas diri, apakah kita sudah pantas dengan usia ini. Maka dari itu, kita tetap berupaya untuk terus meningkatkan kemajuan, kwalitas dari sekolah tercinta ini,"  ucapnya.

Lebih lanjut di sampaikan oleh Gondo Siswijo, bahwa, kegiatan Dies Natalies ini sebagai wadah untuk membangun kebersamaan,membangun motivasi,dan kekompakan, utamanya pada siswa-siswi dan warga SMAN KAUMAN dalam menuju sekolah yang lebih baik.

"melalui kegiatan ini akan bisa memberikan semangat, dan motivasi untuk membangun kebersamaan dan kekompakan. Yang lebih penting, kegiatan ini dari anak dan untuk anak, sebagai wadah untuk menampilkan kegiatan-kegiatan lain seperti extra kurikuler yang mungkin belum sempat di tampilkan ke luar sekolah atau ke luar daerah,akan di tampilkan pada kegiatan Dies Natalies kali ini," paparnya.

Dalam kesempatannya, Gondo juga menyampaikan bahwa, acara kegiatan Dies Natalies Dalam Kesederhanaan kali ini, pihak sekolah tidak memungut biaya atau meminta sumbangan dari orang tua/ wali murid sama sekali.

" Dari sekolah itu memang ada untuk di anggarkan pada kegiatan anak-anak, tapi sangat minim sesuai porsi yang ada. Kita programkan dari dana yang ada, kemudian anak-anak dengan kreatifitasnya berlatih dengan berorganisasi mencari sponsor, donatur, dan dari anak-anak sendiri" ungkapnya.

Seusai memberikan sambutannya, kepala SMAN KAUMAN, Drs.Gondo Siswijo, M.Pd., memimpin langsung acara jalan kreasi yang ikuti oleh seluruh siswa-siswi, guru dan juga segenap pegawai lainnya yang di tandai dengan pemotongan pita pada garis start di pintu gerbang sekolah. Selepas pelaksanaan jalan kreasi yang menempuh jarak hampir 5km di lanjutkan dengan acara tasyakuran yang di tandai dengan pemotongan Nasi Tumpeng oleh kepala sekolah.

"ini merupakan wujud syukur atas segala Ni'mat dan Karunia Nya, sekaligus ungkapan terimakasih kepada para pendahulu yang telah merintis,membangun,dan mempertahankan SMAN KAUMAN hingga saat ini" ujar nya.

Gondo memambahkan bahwa acara Dies Natalis akan berlangsung hingga malam nanti dengan berbagai kegiatan kreatifitas siswa mulai jalan kreasi, melukis mural, penampilan taetre, tari, dance, hingga penampilan band dari siswa serta pemberian hadiah bagi siswa-siswi berprestasi. ( PR )

Reporter : Purnomo
Home » » SENGKETA INFORMASI APBDes PILANG, KADES ABSEN DI SIDANG PERDANA

SENGKETA INFORMASI APBDes PILANG, KADES ABSEN DI SIDANG PERDANA

Foto: Sidang Adjudikasi terkait dokumen APBDes Pilang di Komisi Informasi Jateng, Semarang
Semarang.OposisiNews.co.id - Sengketa informasi publik ( KIP ) terkait dokumen APBDes dan LPJ Desa Pilang Kabupaten Blora menyeruak di Komisi Informasi  Semarang.

Kali ini, dokumen APBDes dan LPJ Desa Pilang Kecamatan Randublatung , Kabupaten Blora , Jawa Tengah tahun anggaran 2015-2018 disengketakan di Komisi Informasi Provinsi Jateng, Kamis (09/01/2020).

Dalam sidang adjudikasi yang berlangsung hari ini, hadir dari pihak pemohon, yakni Abu Ali Maskuri (36th) warga Desa Pilang Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora. Sedangkan dari pihak termohon, yakni Kades Pilang Suyanto , mangkir tanpa keterangan yang jelas.

Pihak Komisi Informasi Provinsi Jateng sebelumnya telah melayangkan undangan kepada para pihak, baik pemohon maupun termohon pada 30 Desember lalu. Undangan tersebut ditandatangani oleh Panitera Pengganti Komisi Informasi Jateng, Nuraini Dewi Maharani.

Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jateng, Zainal Abidin Petir mengungkapkan, sesuai dengan UU nomor 14 tahun 2008, badan publik wajib terbuka dalam hal anggaran maupun kebijakannya. Badan publik yang dimaksud, salah satunya adalah Pemerintah Desa (Pemdes).

“Karena, Pemerintah Desa menggunakan anggaran baik APBD maupun APBN. Ruh UU 14/2008 tersebut adalah agar masyarakat mengetahui dan dilibatkan dalam hal anggaran, maupun dalam pembuatan kebijakan,” ujarnya.

Terkait ketidak hadiran Kades Pilang dalam sidang perdana hari ini, Zainal mengatakan, pihaknya akan kembali mengundangnya dalam sidang selanjutnya. Namun, jika dalam sidang selanjutnya tetap tidak hadir, maka akan tetap diputuskan, meski tanpa kehadiran termohon.

Sementara, pemohon informasi Dokumen APBDes dan LPJ Desa Pilang, Abu Ali Maskuri, menyerahkan ketidak hadiran pihak termohon kepada Komisi Informasi Provinsi Jateng, dan tetap berharap bisa mendapatkan dokumen yang dimintanya.

“Kita tetap pada permohonan, yakni untuk diberikan Dokumen APBDes Pilang dan LPJ-nya. Untuk ketidak hadiran termohon, kami serahkan kepada KIP Jateng,” ucapnya. (DW-SL )

Reporter.Dwi P-Saldi
Editor.Bambang PW
Home » » Mahendra Apresiasi Ketum AWPI Targetkan 2020 Terverifikasi Dewan Pers

Mahendra Apresiasi Ketum AWPI Targetkan 2020 Terverifikasi Dewan Pers

Doc.Pleno I AWPI Malang.Kamis 09/01/2020
Malang. oposisinews.co.id - Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Malang Raya Sri Agus Mahendra, mengapresiasi kerja cepat Ketua Umum DPP AWPI Hengki Ahmad Jazuli, yang di nilai kilat dalam menjalankan program- Programnya. Kamis 09/01/2020.

Dengan kepemimpinan Hengki Ahmad Jazuli selaku Ketua DPP AWPI yang baru, diharapkan dapat menjadikan AWPI semakin Profesional serta mampu mensejajarkan AWPI dengan organisasi yang lain.

"Saya sangat berharap dengan kepemimpinan Ketua Umum  yang baru, AWPI semakin profesional dan mampu sajajar dengan organisasi yang lain, seperti wacana kerja yang di sampaikan Ketum pada Rapat Pleno I," ujar Mahendra kepada oposisinews.co.id

Seperti diketahui , DPP AWPI yang dipimpin oleh Ketua Umum DPP AWPI Hengki Ahmad Jazuli pada Rabu 08/01/2020 menggelar Rapat Pleno I, yang dilaksanakan di Balllroom Hotel Fudicia, Jakarta.

Dalam Rapat Pleno I yang dihadiri oleh seluruh anggota DPP selain membahas penyusunan pengurus, ada beberapa agenda yang menjadi pokok pembahasan, diantaranya yaitu membahas tentang program kerja jangka pendek dan jangka panjang serta verifikasi AWPI di Dewan Pers.

"Ini Pleno pertama, ada beberapa program yang bersifat mendesak yakni verifikasi AWPI di Dewan Pers. Ini akan menjadi target tersendiri," kata Hengki Ahmad Jazuli.

"Selain itu, lanjut Hengki, AWPI juga akan melakukan revisi sejumlah atribut termasuk lambang AWPI, pembentukan sejumlah DPD juga akan disegerakan, termasuk rekrutmen anggota," jelas Hengki.

"Memasuki tahun 2020 AWPI akan melaksanakan Diklat kepada seluruh jajaran di masing-masing tingkatan dan seluruh anggota, untuk temponya kita akan targetkan per triwulan di masing-masing tingkatan," tambahnya.

Kata penutup dari Hengki Ahmad Jazuli, secara jelas ia menegaskan, jika pasca Kongres Luar Biasa (KLB) AWPI di Lampung, maka sudah tidak ada lagi AWPI tandingan.
"Saya tegaskan, tidak ada lagi AWPI lain, selain AWPI hasil KLB di lampung," tutupnya. (SO)

Reporter.Soleh
Editor.Bambang PW
Home » » PT.BUKIT ASAM TBK PASTIKAN SPONSORI SFC DI LIGA 2

PT.BUKIT ASAM TBK PASTIKAN SPONSORI SFC DI LIGA 2

Suherman Sekper
PT.Bukit Asam Tbk
MUARAENIM -OposisiNews.co.id - PT.Bukit Asam Tbk (PTBA) memastikan akan menjadi salah satu sponsor SFC ,hanya sampai sekarang pihak menejement PTBA, belum memutuskan nilai yang bakal diglintorkan untuk tim laskar wong kito tersebut.

"Proposal SFC sudah masuk ke PTBA, tetapi belum tahu berapa nilainya karena belum kita rapatkan," ujar Sekper PTBA Suherman, Jumat (03/01/20).

Menurut Suherman, PTBA sudah beberapa tahun ini memang menjadi salah satu sponsor SFC.

Kalau sebelumnya tahun 2018 ke bawah kita membantu SFC sekitar Rp 2-3 Miliar, dan tahun 2019 kita sempat bantu Rp 10 Miliar karena pada saat itu ada larangan seluruh klub sepakbola yang selama ini menggunakan dana pemerintah sudah tidak diperbolehkan lagi.

Pihaknya mengelontorkan dana tersebut karena ingin SFC kembali ke kasta tertinggi dan menjadi pemenang doble winner seperti sebelumnya.

Untuk tahun ini, lanjut Suherman, PTBA kemungkinan besar akan tetap menjadi sponsor tim SFC untuk mengarungi liga II.

Dan mudah-mudahan jika produksi dan keuntungan meningkat bantuannya akan besar juga, pokoknya tergantung kondisi perusahaan ungkapnya.

Diperkirakan sekitar bulan Februari 2020 akan melakukan rapat menentukan besaran bantuan tersebut, sebab pada bulan tersebut diperkirakan semua pekerjaan awal sudah normal kembali.

Kedepan, sambung Suherman, pihaknya sebagai sponsor berharap agar Sriwijaya FC bisa memberikan prestasi yang terbaik dan naik ke kasta tertinggi Liga 1 sebagai tim kebanggaan masyarakat Sumatera Selatan.

Sebab sejak SFC berkiprah, memotifasi anak-anak muda di Sumsel tertarik berkarir menjadi atlit sepakbola . ( PR )

Reporter.Parlin
Home » » Kasat Binmas Polresta Sidoarjo Beri Himbauan Di Suara Sidoarjo Waspadai Cuaca Ekstrim

Kasat Binmas Polresta Sidoarjo Beri Himbauan Di Suara Sidoarjo Waspadai Cuaca Ekstrim

Doc.Kasad Bimas
 Talkshow di Radio Suara
Sidoarjo
Sidoarjo -OposisiNews.co.id -Cuaca ekstrim terjadi di beberapa wilayah Kabupaten Sidoarjo belakangan ini. Bahkan sejumlah pohon dan tiang listrik tumbang karenanya perlu diwaspadai oleh masyarakat.

Sebagai langkah antisipasi masyarakat menghadapi cuaca ekstrim, Polresta Sidoarjo bersama instansi terkait terus melakukan himbauan ke masyarakat. Kasat Binmas Polresta Sidoarjo Kompol Sarwo Waskito bersama Kepala Seksi Keindahan dan Dekorasi DLHK Kabupaten Sidoarjo Agus Basuki melakukan talkshow di Radio Suara Sidoarjo terkait mewaspadai cuaca ekstrim.Rabu 8/1/2020.

Terkait kondisi ini Kasat Binmas Polresta Sidoarjo Kompol Sarwo Waskito menyampaikan himbauan agar masyarakat, berhati-hati pada saat berkendara apabila terjadi hujan, karena kerawanan pada saat melintasi pohon usia tua dan memilih tempat teduh yang aman. Lalu dengan cuaca yang ekstrim ini sering terjadi hujan dan membuat jalanan dalam keadaaan licin, masyarakat harus memperhatikan kondisi ban baik dari ketebalan ban maupun isi angin.

"Kami juga terus menjalin komunikasi dengan instansi-instansi terkait, terkait upaya tanggap bencana. Termasuk melakukan perapian pohon-pohon besar yang rawan tumbang," ujarnya.

Kepala Seksi Keindahan dan Dekorasi DLHK Kabupaten Sidoarjo Agus Basuki, mengatakan setiap tahun melakukan perapian terhadap pohon rawan tumbang di daerah Bundaran Waru, Arah Porong, dan di daerah Pusat Kota.katanya (bg).
Home » » Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi Periode 2020-2025 Resmi Terpilih .

Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Banyuwangi Periode 2020-2025 Resmi Terpilih .

Doc.Anton Sujarwo. Ketua Askab Periode 2020-2025
Banyuwangi - OposisiNews.co.id- Pemilihan ketua Askab cukup mengguras  pikiran bahkan tenaga seluruh Kepala Desa yang ada di kabupaten Banyuwangi Hingga akhirnya Anton Sujarwo  Kepala Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi  terpilih sebagai Ketua Asosiasi Kepala Desa se-Banyuwangi yang akrab dipanggil  (Askab) setelah unggul atas rivalnya Kepala Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Riyono.

Dari Hasil pemilihan yang di lakukan secara voting  Anton mendapat 92 suara , sedangkan suara dari pesaingnya Riyono  hanya 69 suara selisih 23 suara

"Kepala Desa Aliyan Anton Sujarwo terpilih setelah melalui voting,” kata Ketua Panitia Pemilihan Askab, Ali Nurfatoni, usai acara Musyawarah Kabupaten (Muskab) Askab yang digelar di salah satu  Ballroom Hotel   Banyuwangi, pada Rabu (8/1/2020).
acara Muskab Askab tersebut sempat diwarnai aksi Walk Out oleh peserta Muskab. Hal itu, menurut Toni, namun  semua berjalan secara lancar dan tanpa adanya kericuhan .

“Walaupun ada beberapa Kades yang memilih walk out selama acara berlangsung, itu menjadi hak privasi masing-masing,” kata Toni yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon.

“Semua peserta menginginkan acara untuk tetap dilanjutkan. Maka tidak ada alasan untuk tidak dilakukan penundaan,” imbuhnya

Setelah dipastikan kemenangan berpihak kepadanya Ketua Askab Anton Sujarwo mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah melaksanakan Muskab dengan tertib .

Anton mengatakan, atas terpilihnya menjadi Ketua Askab periode 2020-2025, dirinya  akan selalu menjalin komunikasi kepada seluruh Kepala Desa se Banyuwangi untuk bersama-sama membesarkan organisasi Askab .

“Kita akan rangkul semua rekan-rekan kepala desa se Banyuwangi, yang jelas  Askab  memiliki visi misi yang sama, yakni memajukan desa /kelurahan untuk mensejahterakan masyarakat, dan  saya berterimakasih kepada semua pihak, Untuk perihal teknis kita akan segera membahas secara internal nantinya,” tutup Anton.

untuk diketahui, dari 189 Kepala Desa di Banyuwangi, hanya sekitar 162 saja Kepala Desa yang mengikuti acara Muskab Askab hingga selesai, Sisanya, berhalangan hadir atau walk out.( herman )

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon