Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Lounching Kampung Tangguh Semeru Spesifik, Program Efektif Memutus Penyebaran Covid-19

Lounching Kampung Tangguh Semeru Spesifik, Program Efektif Memutus Penyebaran Covid-19

Written By BBG Publizer on Rabu, 29 Juli 2020 | 07.53

Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia, S.I.K., M.H., M.M., Saat Lounching Kampung Tangguh Semeru Spesifik Di Desa Pagersari

TULUNGAGUNG. OposisiNews.co.id-
Kolaborasi tiga pilar yang di dukung partisipasi masyarakat melalui Kampung Tangguh Semeru, merupakan program efektif dalam memutus penyebaran covid-19. Hal tersebut nampak saat di laksanakannya lounching Kampung Tangguh Semeru Spesifikasi di Desa Pagersari, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung. Selasa, (28/07/2020).

Kampung Tangguh Semeru Spesifikasi yang di lounching Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia, S.I.K. M.H., M.M., turut di hadiri PJU Polres Tulungagung, Forkopimda, Forkopimca kalidawir, BPD, LPM, serta Kades se-Kecamatan Kalidawir dan masyarakat Desa Pagersari.

Kepala Desa Pagersari, Fudar Kusno, S.H., dalam sambutannya mengatakan bahwa program desa yang selama ini di jalankan, bersinergi dengan program ASTUTI (Agunge Sikap Tulung Tinulung) yang merupakan jargon Polres Tulungagung, sehingga Tiga Pilar di desa Pagersari bisa berjalan dengan baik. Bahkan di saat pandemi covid-19, Tiga Pilar ini mampu dan tetap exis bekerja sama dari awal sampai akhir. 

"Dari penetapan penerima bantuan, sampai pengambilan dana penerima, di kawal tiga pilar sampai saat ini," ucapnya.

Dalam laporannya, Fudar menyampaikan bahwa, Kampung Tangguh Semeru yang berkembang menjadi Kampung Tangguh Semeru Spesifikasi yang akan di pertahankan sampai berakhirnya masa pandemi covid-19. Menurut Fudar, hal tersebut telah sesuai dengan program pemerintah dalam memutus penyebaran covid-19.

"Seperti ketahanan kesehatan dan ketahanan pangan, kita manfaatkan semua potensi dari warga sebagai garda terdepan dalam menangani covid-19," tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa, pihaknya juga telah menerima kedatangan OJK dari provinsi Jawa Timur dan beberapa Kepala Dinas untuk membuktikan ketahanan pangan di desanya.Baik dari sektor pertanian, peternakan,perikanan air tawar,serta kesehatan dan juga anak-anak.

"Semua terprogram dengan baik," jela kades.

Sementara dalam sambutannya, Kapolres Tulungagung, AKBP. Eva Guna Pandia, S.I.K., M.H., M.M., menyampaikan bahwa, saat ini perkembangan penyebaran covid-19 di Tulungagung bisa di hambat, di mana untuk yang positif sebanyak 252, sembuh 239, meninggal 3, di rawat 5, di isolasi 2 orang.

"Ini semua bukan kita dapat dengan membalik telapak tangan. Ini semua berkat kolaborasi Tiga Pilar dan juga partisipasi dan kesadaran masyarakat yang sudah meningkat dalam mengikuti protokol kesehatan yang di anjurkan pemerintah," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga menyampaikan bahwa Kampung Tangguh Semeru Polres Tulungagung mendapat apresiasi dari Kapolda Jawa Timur, namun demikian hal tersebut bukan semata-mata yang mendapatkan Polres, tetapi Kabupaten Tulungagung. 

"Karena kolaborasi dan kepedulian Tiga Pilar dan juga masyarakat yang disiplin. Sehingga perkembangan penyebaran covid-19 bisa kita hambat," ujarnya.

Dengan prestasi yang telah di dapatkan tersebut, Kapolres menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlena, akan tetapi untuk lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Kami mohon pak kades untuk mensosialisakan secara masif kepada warga untuk mengikuti protokol kesehatan, sehingga masyarakat yang beraktifitas bisa produktif. kita bisa sehat,selamat,baik diri sendiri maupun.keluarga," harapnya.

Lebih lanjut dalam sambutannya, Kapolres menjelaskan bahwa, berkembangnya Kampung Tangguh Semeru menjadi Kampung Tangguh Semeru Spesifik di Desa Pagersari, karena adanya partisipasi seluruh masyarakat yang luar biasa.

Keterlibatan semua masyarakat dengan semangat ASTUTI (Agunge Sikap Tulung Tinulung) untuk mewujudkan Kabupaten Tulungagung Ayem Tentrem Mulyo Lan Tinoto kelihatan dari segi ketahanan kesehatan yang telah mematuhi protokolnya. Selain itu dari segi keamanan juga sudah bagus, serta dari segi ketahanan pangan sudah kuat sekali. 

"Ini akan menjadi percontohan selain Kampung Tangguh Semeru Desa Bolo Rejo," ucap Kapolres.

Dengan demikian, Ia berharap kepada Kades yang lain untuk tidak menambah Kampung Tangguh lagi, tetapi protokol kesehatan yang ada di Kampung Tangguh Semeru Spesifik di Desa Pagersari bisa di adopsi oleh desa-desa yang lain. ( Ag )

Pewarta A.purnomo.

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon