Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Desa Gemarang Sandang Status Desa Tangguh Semeru

Desa Gemarang Sandang Status Desa Tangguh Semeru

Written By BBG Publizer on Selasa, 09 Juni 2020 | 00.31

Balai desa Gemarang yang disulap menjadi lumbung pangan desa Tangguh Semeru
Ngawi, OposisiNews.Co.Id - Memasuki tatanan baru ' New Normal ' sebagai upaya pencegahan penularan dan meminimalisir dampak wabah Corona ( Covid -19 ) serta upaya pemulihan ekonomi rakyat segala cara telah diterapkan oleh Pemkab Ngawi dengan pembentukan Desa Tangguh Semeru sebagai kepanjangan tangan dari Desa Siaga.

Pra New Normal dan masih ditengah mewabahnya Covid19 ditengah masyarakat ,  pemdes se-kabupaten Ngawi mendasar Permendes dan SE Bupati Ngawi telah mengalokasikan Bantuan Langsung Tunai dari sumber Dana Desa ( BLT-DDS 2020 ) yang diterimakan selama 3 bulan. sejak bulan Mei , Juni dan Juli .

" Untuk sementara desa Gemarang telah mengalokasikan dana desa untuk BLT-DDS @ Rp 600 ribu ( tahap pertama ) pada 25 KK , sementara tahap kedua akan bertambah menjadi 28 KK mendasar musyawarah khusus yang telah disepakati bersama " , Buka Sunarni mengawali perbincangannya pada Berita OposisiNews terkaid kesiapan desa Gemarang Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi dalam penanganan Covid19 dan sandangnya status desa Tangguh Semeru seiring New Normal.

"Untuk Kecamatan Kedunggalar sementara telah menyiapkan 3 desa. Kedunggalar , Jati Gembol dan salah satunya desa Gemarang untuk menjadi pilot projek sebagai Desa Tangguh Semeru ," tutur Sunarni kades Gemarang . Senin 6/06/2020.

Pembentukan kampung tangguh seperti arahan dan harapan Bupati , masyarakat khususnya warga mampu bisa turut berperan aktif dalam pencegahan penularan COVID-19 di bumi orek-orek.

Salah satu indikator  Desa Tangguh Semeru tersedianya posko sebagai pusat informasi, sistem pangamanan kampung yang efektif dan sarpas pendukung memadai, SDM untuk mengevakuasi pasien COVID-19, SDM pemulasaraan jenazah korban COVID-19, lokasi pemakaman jenazah COVID-19, dan petugas yang bisa melayani konseling psikologi dan binrohtal.

"Serta wajib ada lumbung pangan di tiap desa dalam bentuk gotong royong, ini yang utama sebagai desa yang menyandang status Desa Tangguh Semeru ," kata Sunarni.

Kades Gemarang , Sunarni
Terima bantuan 5 sak sembako
Berupa beras dari Koramil
Kedunggalar
Untuk lumbung pangan sendiri, lanjut Sunarni berupa bantuan dari masyarakat yang mampu atau instasi pemerintah  kepada masyarakat yang lebih membutuhkan seperti yang saat ini dilakukan oleh Kodim 0805 yang dipasrahkan oleh Babinsa Kedunggalar berupa donasi beras 25 kg yang direncanakan 40 kg yang diterima langsung oleh Sunarni Kades Gemarang di Posko Lumbung Pangan Desa Tangguh Semeru .

" Semua bantuan / donasi yang masuk akan tercatat dan terdekomentasi oleh bendahara Pos Pelayanan Informasi Desa Tangguh Semeru ", ujar Sunarni.

"Bentuk gotong royong masyarakat khususnya warga mampu menjadi kunci berjalannya pelaksanaan Desa Tangguh Semeru, jadi ketika ada yang mampu bisa mengumpulkan bahan pangan untuk disalurkan pada lumbung pangan yang selanjutnya akan didistribusikan ke masyarakat yang sakit atau yang membutuhkan," paparnya.

"  Untuk ketersediaan stok bahan pangan di lumbung pangan ,  baru saya pribadi  dan rencana saya akan menggugah saudara-saudara saya yang mampu , warga mampu serta perangkat untuk ikut berperan aktif dalam pendonasian lumbung pangan dengan metode subsidi silang sementara subsidi pemerintah daerah masih menunggu arahan Bupati  '',Imbuhnya. ( Red,Adv )
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon