Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » WASPADAI DAMPAK SOSIAL WABAH COVID-19

WASPADAI DAMPAK SOSIAL WABAH COVID-19

Written By BBG Publizer on Selasa, 21 April 2020 | 04.13


Budi Hantara
OposisiNews.Co.Id-Pandemi virus Covid-19 yang melanda dunia menimbulkan dampak luar biasa. Lebih dari 200 negara menghadapi wabah virus Covid-19 yang berdampak luas pada berbagai bidang kehidupan. Pukulan di bidang ekonomi dan sosial sangat terasa. Masyarakat lapisan bawah menjerit karena beratnya beban kebutuhan dan terjebak oleh aturan kedaruratan. Gejolak sosial pun muncul sebagai dampak yang tak bisa dihindari.

Pada kesempatan ini secara singkat sebagai seorang pendidik saya membuat catatan tentang dampak sosial yang perlu diwaspadai dan semakin memprihatinkan. Fenomena sosial yang mengarah pada rusaknya pranata sosial bermunculan di mana-mana. Misalnya penutupan akses jalan ekonomi besar-besaran dan pemasangan banner dengan narasi yang tidak menyejukkan bertebaran sampai di pelosok-pelosok desa. Kesan angker dan arogan membuat masyarakat semakin resah. Semua terjadi karena kurangnya pemahaman di kalangan tertentu sehingga bertindak over serta berpotensi menjadi bola liar yang akan sulit terkendali. 

Di era informasi dan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang, semestinya sosialisasi tentang sebuah program atau kebijakan harus dilakukan secara masif dan transparan sehingga publik benar-benar menjadi paham. Baik program lembaga swasta maupun program pemerintah perlu melakukan sosialisasi secara baik. Bila program tersebut ingin berhasil dan tidak menimbulkan dampak negatip, bisa menggandeng media massa sebagai saluran informasi untuk melakukan sosialisasi dan publikasi. Di sinilah pentingnya lembaga swasta atau pemerintah dan media informasi bersinergi demi suksesnya sebuah program.

Beberapa fenomena sosial yang cenderung negatip harus diwaspadai dan dicari solusinya. Tak perlu mencari kambing hitam atau saling menyalahkan. Di tengah situasi wabah yang meresahkan, sebaiknya semua pihak berpikir positip dan bersama-sama menghadapi persoalan bangsa. Semangat gotong royong yang merupakan akar budaya bangsa kita harus dikembangkan.

Perubahan sosial yang spontan dan sporadis tidak boleh diabaikan, munculnya berbagai kejahatan. Kondisi ekonomi yang buruk bisa ditunggangi oknum tertentu untuk melakukan kejahatan. Penjambretan di jalan dan perampokan cenderung meningkat. Untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan, masyarakat tidak boleh lengah. Sistem keamanan lingkungan harus digalakkan. Jangan sampai hanya fokus pada penanganan wabah virus Covid-19 sehingga keamanan terabaikan. Sikap waspada harus ditingkatkan karena kondisi sosial dan ekonomi yang buruk bisa memicu terjadinya gangguan keamanan. Mari bergandeng tangan menghadapi persoalan bangsa sebagai wujud nyata semangat kebangsaan kita.**


Ngawi, 20 April 2020
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon