Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan Posko Relawan Pencegahan Covid-19 Tingkat Desa

Kapolresta Sidoarjo Cek Kesiapan Posko Relawan Pencegahan Covid-19 Tingkat Desa

Written By BBG Publizer on Sabtu, 11 April 2020 | 17.59

Sidoarjo,Oposisinews.co.id - Guna memantau setiap perkembangan penyebaran Virus Corona hingga ke pelosok desa, di wilayah Kabupaten Sidoarjo mulai, banyak berdiri Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa.

Tidak hanya memantau perkembangan Covid-19 di wilayahnya, petugas di posko ini yang terdiri dari perangkat desa, para relawan dan melibatkan bhabinkamtibmas serta bhabinsa, juga akan berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

Misalnya bila ada orang dari luar wilayah desa, harus diperiksa kondisi tubuh atau juga dilakukan proses sterilisasi. Kesiapan dan kesigapan pelayanan serta penanganan masyarakat, apabila ada yang terindikasi Covid-19. Dengan tersedianya ruang isolasi juga APD di tiap posko.

Selain itu, setiap Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa yang diketuai kepala desa masing-masing, diharapkan dapat dengan cepat memberikan informasi atau melakukan koordinasi dengan Forkopimka maupun Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, terkait setiap perkembangan kondisi warganya yang berhubungan dengan penyebaran Covid-19.

Selain itu, para kepala desa yang menjadi koordinator di setiap posko ini nanti. Diharapkan mengontrol apabila ada warga yang datang dari luar wilayahnya, atau ada pemudik yang datang ke tempatnya.

Karena sesuai protokol kesehatan bagi warga yang tetap mudik. Salah satunya harus melakukan konservasi atau isolasi diri secara mandiri. Di sinilah peran kepala desa agar turut membantu memantau proses konservasi atau isolasi mandiri yang dilakukan warganya.

Terkait mulai didirikannya Posko Relawan Pencegahan Covid-19 yang bertempat di Balai Desa, yakni sejumlah 349 desa se-Kabupaten Sidoarjo. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menyambut antusias, dengan melakukan pengecekan langsung ke beberapa Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa pada Sabtu 11/4/2020.

Menurutnya, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, harus dilakukan dan melibatkan semua lini. Mulai dari pusat sampai dengan tingkat desa. Melalui adanya posko ini diharapkan seluruh desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo dapat memaksimalkan penerapan physical distancing. Serta berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya bagi masyarakat. Seperti dilakukannya penyemprotan disinfektan, mengawasi warga di dalam desa dan yang datang dari luar desa.

"Dengan mulai berdirinya Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa. Para Kepala Desa beserta perangkatnya, juga ada relawan dan bhabinkamtibmas serta bhabinsa, diharapkan dapat segera bergerak ikut dengan segala upaya mempercepat putusnya mata rantai Covid-19. Warga di desanya harus diawasi, warga luar yang datang ke desanya juga harus dicek dan di steril," paparnya.

Bahkan, melalui pengecekan posko relawan pencegahan Covid-19 tingkat desa ini pula, Kapolresta Sidoarjo berharap dapat dengan cepat mengetahui kekurangan guna penanganan Covid-19 di tiap desa. Sehingga dapat dengan cepat dilakukan koordinasi atau tindak lanjut dari tim gugus tugas Covid-19 tingkat Kabupaten.( bg)
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon