Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Desa Gembol maksimalkan Sosialisai Keliling ,Pemasangan Baleho dan Penyemprotan Disinfeksitan Antisipasi Merebaknya Wabah Corona

Desa Gembol maksimalkan Sosialisai Keliling ,Pemasangan Baleho dan Penyemprotan Disinfeksitan Antisipasi Merebaknya Wabah Corona

Written By BBG Publizer on Minggu, 05 April 2020 | 19.45

Satgas Covid-19 desa Gembol siap lakukan giat penyemprotan Disinfeksitan di lokasi strategis desa . 28/03/2020.
Ngawi ,OposisiNews.Co.Id – Pemerintah Desa Gembol Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi gulirkan anggaran Rp 31 juta dari pos anggaran desa TA 2020 guna penanggulangan merebaknya wabah Corona ( Covid19 ) yang terus meneror kesehatan dan keselamatan warga desa Gembol.

Pendataan warga pendatang
Di Posko Siaga Covid-19
Desa Gembol
Parwi selaku Kepala Desa melalui Satgas Desa mengimbau kepada semua warga desa Gembol khususnya yang baru pulang dari luar daerah dan LN untuk melapor ke posko Covid-19 yang ada di balai desa Gembol untuk mendata tanggal kedatangan , asal / berasal domisili terakir pelapor dan melakukan Rapid-tes oleh petugas medis yang standby di Posko Siaga Corona Desa Gembol.

Penyemprotan disinfeksitan
" Sejak merebaknya virus Corona dan ajuran pemerintah untuk bersama-sama memerangi merebaknya virus Corona yang bisa dianggarkan melalui dana desa ( DD-ADD ) untuk dimasukan pada perubahan APBDes , pemerintah desa Gembol membentuk Satgas ditingkat Desa yang anggotanya meliputi Kepala Desa, Perangkat, BPD, Bidan Desa, LPMD untuk mengadakan penyemprotan disejumlah lokasi tempat berkumpulnya orang seperti Kantor desa , Sekolah ( TK, SD ,MI , SMP) , Masjid dan sejumlah gedung di desa Gembol serta melakukan sosialisasi di masyarakat ", Ujar Parwi Kades Gembol 28/03/2020.

" Dan yang lebih kami ( desa gembol.red ) tekankan semua yang masuk desa Gembol baik warga pendatang maupun warga desa Gembol yang beraktifitas / bekerja di luar daerah atau Luar Negri untuk melaporkan ke Pos Siaga Covid-19 di balai desa . Untuk sementara yang terkonfirmasi di Puskesmas per-tanggal 4/04/2020 warga Gembol terdata  2 Orang  Dalam Pantauan , status ODP dan yang lainnya berstatus ODR ' Orang Dalam Resiko ", imbuhnya.

Hibauan langsung oleh
Tim satgas siaga desa
Gembol 
Dari pantauan awak media OposisiNews , desa Gembol telah melakukan protab dalam meminimalisir merebaknya virus Corona ( Covid19 ) di tengah masyarakat dengan melakukan sosialisasi ( siaran langsung ) keliling 1 Minggu sekali ke masyarakat oleh Tim Sargas Corona di tingkat desa di 5 dusun meliputi Dukuhan, Watutinatah, Teteng, Sentul dan Gembol terdiri dari ( 32 RT - 13 RW ) secara bertahap dan kontinyu , pemasangan Baleho ditempat-tempat strategis dan mensosialisasikan melalui media ( cetak , online dan web desa ).

“Ini sesuai instruksi Bupati Ngawi, bahwa setiap desa harus berperan aktif dalam penanggulangan pencegahan Covid-19 ini. Dan setelah berkonsultasi dengan DPMD, maka anggaran yang ada dalam DD bisa diperuntukkan untuk penanggulangan Covid-19. Jadi tidak ada alasan bagi desa untuk tidak menganggarkan anggaran penanggulangan Covid-19,” tegas Parwi.

Seperti yang diungkapkan Agus . Perangkat desa Gembol ( anggota satgas desa ) , "Sejauh ini satgas Corona desa Gembol sudah melakukan penyemprotan dinsfeksitan di sejumlah titik strategis dan rumah warga dibawah kordinator masing-masing Kasun  yang sementara semua dana ditalangi kepala desa karena terjadi pergeseran anggaran dan perubahan APBDes yang bisa dicairkan tahap ke dua untuk penanggulangan Covid-19 ".

Masih menurut Agus ," Jika tidak ada larangan / himbauan membatalkan mudik oleh pemerintah dimungkinkan ratusan warga Gembol yang bekerja diluar daerah akan pulang seperti tahun sebelumnya ,dampaknya akan berpotensi terjadi pemaparan covid-19 , makanya sejak awal pemerintah desa berusaha siaga meminimalisir akan terjadinya hal itu dan berharap semua warga terhindar dari wabah itu , bahkan pemerintah desa akan membagikan sabun antiseptik gratis ditiap-tiap rumah warga dan mengajurkan warga untuk menyediakan air untuk cuci tangan ". ( BB.Adv )
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon