Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Desa Mengger Gelar Sosialisasi Pencegahan Dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Desa Mengger Gelar Sosialisasi Pencegahan Dan Memutus Mata Rantai Penyebaran Virus Corona

Written By BBG Publizer on Sabtu, 28 Maret 2020 | 09.51

Sosialisasi pencegahan Virus Corona oleh UPT Puskesmas Karanganyar bersama Pemdes Mengger , Selasa 23/03/2020
Ngawi , OposisiNews . Co.Id - Menempati Pendopo desa Mengger , UPT Puskesmas Karanganyar bersinergi dengan Pemerintah Desa Mengger , Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi laksanakan giat sosialisasi Pencegahan dan Penularan Virus Corona .Selasa, 23/03/2020.

Sosialisasi Pencegahan dan Penularan Virus Corona dihadiri Muspika Karanganyar , Polsek ( Babinkamtibmas ) , Koramil ( Babinsa ), Semua Perangkat Desa , BPD , LPMD , Tokoh Masyarakat / Agama dan melibatkan semua RT / RW Se-Desa Mengger dengan narasumber Jaka Yuwono ( Kepala Puskesmas Karanganyar ).

Melonjaknya Pasien COVID-19 akibat terjangkit virus Corona di Indonesia terus bertambah. Kondisi ini membuat seluruh masyarakat di Tanah Air wajib waspada tidak terkecuali Desa Mengger dan Kecamatan Karanganyar yang dimungkinkan kedepan rawan karena banyaknya warga desa di Kecamatan Karanganyar yang bekerja di luar daerah dan Luar Negri sebagi TKI/TKW.

Jaka Waloyo
Dalam Pemaparan
Covid 19
Dalam sosialisasi itu , Kepala UPT Puskesmas Karanganyar , Jaka Yuwono memaparkan hal-hal yang urgen untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 yaitu menjaga jarak fisik (physical distancing), kerja dari rumah, belajar di rumah, hingga beribadah di rumah terus digaungkan sehingga.

Hal itu terkait sifat virus Corona yang menular antarmanusia. Penularan bisa terjadi melalui percikan saat bercakap-cakap , bersin ( batuk )

"Itulah mengapa diharapkan warga menjaga jarak fisik dengan sesamanya untuk meminimalisasi risiko terkena percikan (droplet), atau menyentuh benda yang sebelumnya terkena droplet ", ucap Kapus.

"virus Corona dapat tetap hidup di permukaan benda mati selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Jadi, sangat penting cara mengetahui bagaimana cara mencegah penyebaran virus Corona",imbuhnya.

Jaka Yuwono juga memberikan, kiat-kiat  praktis yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona:

1. Sering-Sering Mencuci Tangan
hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona.

2. Hindari Menyentuh Area Wajah segitiga wajah, seperti mata, mulut, dan hidung.

3. Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan.
4. Jangan Berbagi Barang Pribadi seperti berbagi peralatan makan, sedotan, handphone, dan sisir. Gunakan peralatan sendiri demi kesehatan dan mencegah terinfeksi virus Corona.

5. Etika ketika Bersin dan Batuk gunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk.

6. Bersihkan Perabotan di Rumah,Gunakan disinfektan untuk membersih perabotan yang ada di rumah.

7. Jaga Jarak Sosial melakukan jaga jarak fisik atau physical distancing.

8. Hindari Berkumpul dalam Jumlah Banyak
,untuk saat ini, dianjurkan lebih baik melakukan aktivitas di rumah agar pandemi virus Corona cepat berlalu.

9. Mencuci Bahan Makanan larutan yang bersifat antibakteri ,simpan di kulkas atau lemari es agar bahan makanan tetap segar ketika ingin dikonsumsi.

Sosialisasi covid-19 desa
Mengger
Pada kesempatan itu , Kadi Widodo Kades Mengger pada OposisiNews mengatakan , " Dalam penanggulangan virus Corona khususnya di wilayah Desa Mengger , Pemerintah akan selalu berkordinasi dengan lembaga penanganan covid-19 yang berada di Kecamatan Karanganyar dan membuat satgas Corona dengan melibatkan semua elemen pemerintah desa ( perangkat , BPD,LPMD,Pemuda dan RT/RW ) ".

" Karena kondisi sekarang bersifat urgen , sebagai kepala desa jelas saya akan bertanggung jawab menganggarkan semua kegiatan siaga covid-19 dengan dana pribadi , insyallah dipencairan tahap ke 2 dana desa bisa diganti karena sesuai musyawarah bersama dengan melibatkan semua elemen masyarakat dan pemerintah , Pemdes Mengger tetap akan menganggarkan dana dalam kasus covid-19 ini di Dana Desa tahap 2 ", ujarnya.

" Untuk sementara dalam penanggulangan merebaknya virus Corona dibawah kendali saya secara langsung semua satgas yang terbentuk bertugas melakukan monitoring pendatang maupun warga desa yang baru pulang dari perantauan dan melakukan sosialisasi pada masyarakat yang akan melaksanakan hajatan sesuai protap yang telah dianjurkan pemerintah ", imbuhnya.
( BB.Adv )





Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon