Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Plt.Kadispendikpora Kabupaten Tulungagung Berikan Penghargaan Pada Pemenang FDP 2020

Plt.Kadispendikpora Kabupaten Tulungagung Berikan Penghargaan Pada Pemenang FDP 2020

Written By BBG Publizer on Minggu, 15 Maret 2020 | 18.12

Peserta FDP dari tingkat SMA/SMK usai menerima penghargaan dari Plt. Kadisdindikpora, kab.Tulungagung
Tulungagung,OposisiNews.co.id- Kabupaten Tulungagung merupakan Barometer untuk wilayah di Jawa Timur dalam hal pelestarian seni dan budaya warisan nenek moyang, utamanya pada seni wayang. Meskipun mungkin agak berbeda dengan tempo dulu, wayang tetap menanamkan nilai - nilai luhur di dalamnya,sehingga tidak lekang oleh perubahan zaman.

Dewan Pengamat
 saat membacakan juara
 FDP 2020
Seperti yang di sampaikan Plt.Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung, Haryo Dewanto Wicaksono saat menutup kegiatan Festival Dalang Pelajar tahun 2020, di Taman Bina Bakat dan Kompetensi Siswa, Jl. R.A Kartini, Utara Aloon - Aloon Kabupaten Tulungagung. Sabtu, (14/03/2020).

"Festival Dalang Pelajar memang rutin di gelar setiap tahun, sebagai wadah penyaluran bakat untuk mengembangkan dan melestarikan seni wayang kulit di Tulungagung, mulai dari  tingkat SD/MI, tingkat SMP/Mts, dan tingkat SMA/SMK baik negeri maupun swasta. Selain itu sebagai pendidikan karakter bagi anak-anak," ucapnya.

Ia berharap, kegiatan Festival Dalang Pelajar terus berlanjut dari tahun ke tahun untuk menumbuhkan dan melestarikan semangat cinta terhadap budaya tanah air.
"Semoga kegiatan ini terus berlanjut. Kalau kita tidak mau melestarikan budaya kita, siapa lagi yang akan melakukannya," tandasnya.

Dalam kesempatannya, Dewan Pengamat Festival Dalang Pelajar, Kukuh Ridho Laksono, S.Sen., menyampaikan bahwa, Festival Dalang sangatlah berbeda dengan kompetisi lainnya.

"Pada Festival Dalang ini sebenarnya bukan cuma mencari pemenang,tapi yang lebih penting menumbuh kembangkan semangat cinta terhadap budaya tanah air, khususnya wayang kulit," ucapnya.

Ia mengakui bahwa, perkembangan seni wayang kulit di Tulungagung sangatlah pesat. Hampir setiap saat ada pagelaran wayang kulit, mulai dari orang hajatan dan lain sebagainya. Untuk itu ia berpesan kepada para peserta Festival Dalang Pelajar untuk lebih mendalami dalam hal menggunakan kesenian tersebut.

"Dalam hal melakonkan pagelaran wayang, penggunaan wayang harus di perhatikan. Sabet dalam pedalangan itu tidak melulu pada perangnya wayang. Sabet meliputi tancepan, pola wayang, posisi wayang, dan masih banyak lagi," tuturnya.

Di tempat yang sama, panitia kegiatan M.Gufron, mengatakan bahwa, Festival Dalang Pelajar tahun 2020 masih tetap menggunakan 5 kategori, yakni kategori Dalang Catur terbaik, kategori Dalang Penyaji terbaik, kategori Dalang Sabet terbaik, kategori Dalang berbakat, dan kategori Dalang Mumpuni. Untuk cerita yang dibawahkan harus sesuai dengan pakem yang ada.

"Untuk cerita atau lakon yang di bawakan disesuaikan dengan kemampuan peserta, Sehingga ada yang membawakan cerita Mahabarata atau Ramayana," tambahnya.

Dari hasil penilaian Dewan Pengamat pada Festival Dalang Pelajar tahun 2020 yang berlangsung selama dua hari, yang di ikuti peserta mulai dari tingkat SD/MI, SMP/Mts, dan juga di tingkat SMA/SMK baik negeri dan swasta, maka di putuskan ketetapan sebagai berikut :

Plt. Kepala Dinas Pemuda Dan Olah Raga, Kabupaten Tulungagung, usai memberikan penghargaan pada peserta FDP 2020
Untuk Tingkat Sekolah Dasar :

Untuk kategori Dalang Berbakat, juara 1 di raih oleh Fikri Deva Saputra, dari SDN 1 Bungur, Kecamatan Karangrejo, sedangkan juara 2 di raih oleh Muhamad Bayu Saputra, dari SDN2 Sukoharjo, Kecamatan Bandung.

Untuk kategori Dalang Catur terbaik, di raih oleh Opera Flamboyan Jingga, dari SDN1 Bulus, Kecamatan Bandung.

Untuk kategori Dalang Sabet terbaik, di raih oleh  Ridho Fajri Fadillah, dari SDN1 Bandung, Kecamatan Bandung.

Untuk Dalang Penyaji terbaik, juara1 di raih oleh Ahmad Faza Shidqul Aziz Yusuf, dari SDI AL-MUBAROK. Juara ke-2 di raih oleh Frilian Tri Ardhiantara,.dari SDN3 Pojok, Kecamatan Campurdarat, dan untuk juara ke-3 di raih oleh Andhika Muhammad muhlis Saputra, dari SDN1 Botoran, Kecamatan Tulungagung.

Sedangkan untuk kategori Dalang Mumpuni, di raih oleh Dani Aji Cahyo Bawono, dari MI AL-AZHAR, Kecamatan Bandung, Kabupaten Tulungagung.

Untuk tingkat SMP :

Untuk kategori Dalang Catur terbaik, juara 1 diraih oleh, Nicko Devany Angga Saputra, dari SMPN2 Tulungagung. Sedangkan untuk juara ke-2 di raih oleh Muhamad Yunus Zakaria, dari SMPN1 Boyolangu.

Untuk kategori Dalang Sabet terbaik, Juara 1 di raih oleh, Miftahul Ulumudin, dari Mts. Sunan Kalijaga, Kecamatan Kalidawir. Sedangkan untuk juara ke-2 di raih oleh Muhammad Yusuf.Maulana, dari SMPN.3 Kedungwaru.

Untuk kategori Dalang Penyaji Terbaik, juara 1 di raih oleh, Ahmad Arifin, dari SMPN1 Ngunut.

Untuk tingkat SMA :

Untuk kategori Dalang Catur terbaik di raih oleh, Aufa Fairuzdhiar Virgianza, dari SMAN1 Kauman.

Untuk kategori Dalang Sabet terbaik di raih oleh, Tito Tirto Wicahyo,dari SMKN1 Tulungagung.

Untuk kategori Dalang Penyaji terbaik, juara 1 di raih oleh Ulung Dwi Santoso, dari SMAN1 Tulungagung, sedangkan juara ke-2 di raih oleh Andika Malia Pratama Putra, dari SMKN3 Boyolangu.( AG.P )

Reporter : A.purnomo.

Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon