Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » DISPERTA BOJONEGORO BERIKAN STIMULAN INSEKTISIDA BERANTAS WERENG BATANG COKLAT

DISPERTA BOJONEGORO BERIKAN STIMULAN INSEKTISIDA BERANTAS WERENG BATANG COKLAT

Written By BBG Publizer on Kamis, 12 Maret 2020 | 19.40

Ft.Ilustrasi Copy Block Bojonegoro
Bojonegoro,OposisiNews.co.id- Serangan hama Wereng Batang Coklat (WBC) perlu pengendalian sejak awal perkembangbiakannya , jika populasinya sudah tinggi dan varietas padi yang ditanam petani rentan serangan WBC bisa berakibat tanaman padi berubah  kecoklatan seperti terbakar .

Perkembang biakan WBC sangat cepat jika tidak secepatnya dikendalikan dan bakal mengancam gagal panen . Untuk menekan populasi wereng coklat dengan penyemprotan insektisida pada rumpun padi.

Untuk mengantisipasi serangan WBC kelompok  tani Dewi Sri Desa Sumberarum, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro mengadakan gerakan pengendalian yang  dihadiri anggota komisi IV DPR RI, Farida Hidayati, didampingi Forkompimka, Kepala UPT Pertanian dan penyuluh pertanian, Petugas POPT-PHP Kecamatan Ngraho, Babinsa, jajaran pemerintah desa, Minggu (8/3/2020).

Endah Suparti, Kepala UPT Pertanian Ngraho mengatakan bahwa wereng coklat harus dikendalikan sejak awal agar kerugian dampak seranganya bisa ditekan seminiminal mungkin.Dari pengamatan petuga POPT populasi wereng coklat di wilayah poktan Dewi Sri ini sudah 3-4 ekor/rumpun. Maka harus segera dikendalikan.

"Bersama anggota poktan pagi ini kita kendalikan dengan insektisida bantuan dari Disperta," kata Endang

Masih menurut Endang, penggunaan insektisida kimia harus tepat dan bijaksana, dengan mempertimbangkan ekosistem dan kesehatan lingkungan sekitar."Untuk itu petani agar melakukan pengendalian secara 6 (enam) tepat, yaitu tepat sasaran, mutu, jenis, waktu, dosis, dan penggunaan. Bukan untuk wereng coklat saja, tetapi untuk semua hama dan penyakit lainya," terang Endang.

Sementara itu ,Farida Hidayati yang kebetulan ikut terlibat secara langsung  pengendalikan wereng coklat bersama-sama petani di Kecamatan Ngraho bisa merasakan dan tahu problema serta apa yang diharapkan petani selama ini.

Sebagai perwakilan dari komisi IV DPR-RI , Farida mengatakan, terkait tentang teknik (teori) pengendalian hama wereng petani sudah faham dan tidak perlu di ragukan lagi , kebanyakan dari mereka sudah paham dan tahu bagaimana cara mengatasi hama wereng tanpa banyak teori," katanya .
Yang menjadi PR  komisi IV DPR RI yang membidangi urusan pertanian, lingkungan hidup, kelautan, dan perikanan, terus berjuang agar kesejahteraan petani semakin meningkat.

"Pupuk tersedia, panen melimpah dan harga yang stabil menjadi harapan petani kedepannya saya yang kebetulan di komisi IV akan memperjuangkan para petani agar lebih sejahtera, Aamiinn," kata wanita kelahiran Bojonegoro tersebut.

Beberapa waktu yang lalu saat gerakan pengendalian wereng coklat di Kecamatan Padangan, Helmy Elisabeth, Kepala Disperta Bojonegoro mengatakan bahwa pada prinsipnya pemberantasan wereng coklat ini merupakan bukti dan wujud kehadiran Pemkab Bojonegoro ditengah-tengah permasalahan yang dihadapi petani.

"Disperta memberikan bantuan stimulan insektisida agar petani bisa melaksanakan gerakan pengendalian secara serentak dari  serangan wereng coklat ( WBS ) dan petani bisa terhindar dari gagal panen," kata Helmy.  (DW)
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon