Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Ancaman Corona , Desa Sekarjati Berencana Alihkan Pekerjaan Fisik Desa Untuk Kemanusiaan

Ancaman Corona , Desa Sekarjati Berencana Alihkan Pekerjaan Fisik Desa Untuk Kemanusiaan

Written By BBG Publizer on Kamis, 26 Maret 2020 | 18.06

Musyawarah semua tokoh desa Sekarjati di Pendopo Desa, Kamis 26/03/2020
Ngawi , OposisiNews .Co.Id - Semakin masifnya penyebaran Covid 19 berimbas pada realisasi pembangunan infrastruktur yang dibiayai Alokasi Dana Desa ( ADD - DD ) TA.2020 di berbagai desa.

Belum adanya obat yang pasti untuk mengobati korban yang terjangkit virus Covid 19 , banyak Kepala desa yang berani tegas dalam memutuskan kebijakan pengunaan Dana Desa demi kemanusiaan dan kelangsungan hidup warganya.

Sugeng Purnomo
Kades Sekarjati
" Sebagai kepala desa saya dituntut untuk berani mengambil sikap tegas terkaid keselamatan warga saya ditengah maraknya virus Corona , saya siap salah dan bertanggung jawab dengan sikap yang saya ambil ", ucap Sugeng Purnomo Kepala Desa  Sekarjati , Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi.

" Jika memang akan ada LockDown semua dana desa akan kami belikan bahan pakan warga selama dilakukan lockdown",imbuhnya.

" Untuk sementara data yang masuk desa dan terdata di Puskesmas Karanganyar , selama maraknya virus Corona , kurang lebih 50 orang /warga kami yang berada di perantauan sudah kembali ke desa dan sudah melakukan cek-up dipuskesmas serta melakukan isolasi mandiri ," papar Kades.

" Kejadian yang akan datang (musim mudik th 2020 ) memasuki pertengahan bulan puasa - lebaran seperti tahun sebelumnya jumlah pertambahan warga desa Sekarjati berkisar 300-400 warga yang ber-kerja di ( kota- luar pulau dan LN ) , hal ini mendasari pemerintah desa Sekarjati extra memerangi merebaknya virus Corona demi keselamatan dan kesehatan warga di desa Sekarjati " , cerita Sugeng.

Langkah apa yang telah diambil Pemerintah desa Sekarjati dengan kondisi sekarang ? Dengan kepulangan 50 warganya dari rantau ?

Sejak maraknya penyebaran virus Corona dan sebelum pemerintah mengumumkan bisa memanfaatkan dana desa untuk penanggulangan virus Corona , pemerintah desa sudah membentuk Tim satgas Corona desa yang berawak-kan Perangkat Desa , BPD , LPMD , Tokoh Masyarakat / Agama , RT- RW dan Pemuda bahu membahu dalam memberikan informasi dan pengawasan pada warga yang mengadakan isolasi mandiri .

Kds Sekarjati beri
Arahan pada peserta
Musyawarah covid-19
"Seperti saat ini , Kamis 26/03/2020 dengan adanya kebijakan / SE pemerintah semua yang terlibat dalam Satgas Corona mengadakan pertemuan untuk memfokuskan pembagian tugas dan melakukan evaluasi perubahan pemanfaatan dana desa ", ujarnya.

Apakah benar desa Sekarjati akan mengalihkan bahkan meniadakan kegiatan infrastruktur desa yang sudah disepakati sesuai APBDes 2020 ?

" Benar , jika kondisi mencekam ini tidak beransur baik bahkan semakin buruk .Pemerintah desa akan mengalihkan kegiatan infrastruktur dari Dana Desa untuk Kegiatan Kemanusiaan / kelangsungan hidup warga desa karena di Pemendes Nomor 11 tahun 2019 sudah diatur apalagi diperkuat dengan instruksi presiden RI ",ujarnya.

" Jika memang harus terjadi dan menjadi temuan BPK saya selaku kepala desa Sekarjati siap mempertanggung jawabkan , buat apa infrastruktur desa Sekarjati bagus jika rakyatnya harus menderita tanpa ada solusi Kemanusiaan dari pemerintah desa dan sampai hari ini pemerintah desa belum mencairkan dana desa melihat kondisi sekarang ", Tutup Sugeng P ( Rif.Adv )
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon