Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » Wakil Bupati Sidoarjo Himbau Dahulukan Program Skala Prioritas

Wakil Bupati Sidoarjo Himbau Dahulukan Program Skala Prioritas

Written By BBG Publizer on Senin, 10 Februari 2020 | 18.28

Musenbang Kecamatan Sidoarjo , Jawa Timur .Senin 10/03/2020
Sidoarjo,OposisiNews.co.id - Dalam sambutannya di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Sidoarjo pagi tadi, bertempat di kantor Kecamatan Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH berpesan untuk mendahulukan program skala proiritas.

Program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat harus dilaksanakan terlebih dahulu. Setelah itu barulah bergeser ke program yang lain. Dirinya berharap melalui Musrenbang seperti ini dapat merumuskan program apa saja yang menjadi skala prioritas. Senen , 10/2/2020.

Dihadapan seluruh kepala Desa/Kelurahan, Kepala Sekolah dan kepala Puskesmas yang hadir di Kecamatan Sidoarjo, Wabup mengatakan ," Mohon skala prioritas itu betul-betul dilaksanaka dan diwujudkan. Tidak boleh tidak, Berbeda dengan keinginan yang orientasinya untuk melakukan kemajuan dan trobosan melalui sebuah program. Program yang benar-benar dibutuhkan masyarakat harus diprioritaskan. Salah satunya program penanganan banjir".

Masih menurut Wabup ,keberhasilan pembangunan ditentukan dari cara mengatur dan mengolah setiap anggaran dengan sebuah program yang tepat sasaran dan bagaimana cara melaksanakan program tersebut. Apakah sudah benar pelaksanaannya atau tidak. Sebagai evaluasi Akir dengan membuat pelaporan LPJ sebagai langkah aktualitas yang dilaksanakan sudah sesuai standar RAB nya atau belum dan sudah sesuai regulasi aturan yang telah ditetapkan pemerintah atau belum.

"Jadi programnya sudah benar, tepat sasaran, strategis lalu pelaksanaannya baik tidak menyimpang lalu pelaporannya sesuai sesuai standart yang dibutuhkan, ini  yang dikatakan berhasil,”ucapnya.

H. Nur Ahmad Syaifuddin juga mengatakan akan ada program Pagu Indikatif Wilayah Kecamatan (PIWK). Program tersebut merupakan program pelimpahan wewenang kepada kecamatan. Kegiatan yang tidak dijangkau oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat dilakukan oleh kecamatan. Seperti kegiatan penanganan PKL, sampah maupun penanganan jalan rusak. Dengan begitu nantinya banyak permasalahan-permasalahan yang dapat diselesaikan oleh kecamatan.

“Kalau demikian akan sedikit mengurangi beban tugas yang ada di OPD, kami akan lakukan itu jika di kecamatan sudah siap SDM nya dan harus siap karena ini sudah diatur oleh pemerintah,”ujarnya.

Camat Sidoarjo Agustin Iriani SH mengatakan Musrenbangcam kali ini tindak lanjut dari Musrenbangdes tingkat desa/kelurahan. Seluruh kepala desa/kelurahan sudah menjaring aspirasi warganya masing-masing melalui Musrenbang tingkat desa/kelurahan. Dikatakannya usulan dalam Musrenbang bukan semata-mata keinginan. Namun suatu kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat.

Agustin mengatakan ada 648 kegiatan dalam usulan Musrenbang tahun ini yang akan dilaksanakan di tahun 2021 nanti. Usulan tersebut berasal dari 24 desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Sidoarjo serta usulan dari berbagai bidang. Semua usulan tersebut tidak semuanya dapat di akomodir. Oleh karenanya dirinya berharap melalui Musrenbang seperti ini dapat ditentukan program-program prioritas. Baik program fisik maupun non fisik. Dari usulan kegiatan tersebut 90 persen berupa program fisik dan 10 persen non fisik.

“Tidak seluruh kegiatan itu diakomodir karena pemerintah daerah tidak hanya mengakomodir Kecamatan Sidoarjo saja,”khatanya.  ( BG )
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon