Email : oposisi2015@gmail.com... Pusat : Jl. Hayam Wuruk, No 79, Kota Kediri...Sekretariat : Jl. Trunojoyo, Gg. Mayang, No 1/20, Ngawi, Jawa Timur
Home » » SPENSA LIMAR: Peduli Lingkungan dan Inspiratif

SPENSA LIMAR: Peduli Lingkungan dan Inspiratif

Written By BBG Publizer on Sabtu, 15 Februari 2020 | 17.36

Asem Limar' ikon' SMPN 1 Ngawi
Ngawi.OposisiNews.co.id-Sayup terdengar suara riang anak-anak Spensa Limar. Mereka memulai kegiatan Sabtu bersih dengan  mengumandangkan yel yel. Adiwiyata 
"Salam bumi..., pasti lestari...
Adiwiyata.., bisa...
Ngawi.., ijo royo-royo...
Jawa Timur.., jaya.....

Spensa Limar adalah sebutan beken SMPN 1 Ngawi yang memiliki makna bahwa SMPN 1 Ngawi merupakan sekolah yang PEDULI LINGKUNGAN, MANUSIAWI dan RAMAH (LIMAR). Kata Limar dikaitkan dengan pohon Asam Limar yang merupakan ikon sekolah.

Bila kita memasuki halaman SMPN 1 Ngawi maka kesan pertama yang terasa adalah suasana sejuk dan ramah. Suasana sejuk dan ramah terpancar dari pohon asam limar yang  rindang. Pohon asam limar yang sudah berusia di atas setengah abad ini setia menjaga SMP tertua di kota Ngawi dari masa ke masa. Setiap siswa memiliki kenangan indah di bawah pohon ini. Maka wajar dan sepantasnya bila dalam perkembangannya pohon asam limar menjadi ikon SMPN 1 Ngawi.

Anggota Pokja merawat
Dan menyiangi bibit
Asam Limar
Untuk menjaga dan melestarikan asam limar, melalui gerakan Sabtu bersih dan peduli lingkungan terus digalakkan. Bagai gayung bersambut. Program sekolah peduli lingkungan tersebut mendapat sambutan antusias dari seluruh komponen sekolah. Para guru, karyawan dan siswa bersinergi untuk membudidayakan asam limar dan mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih dan ijo royo-royo.

Anggota Pokja merawat
Bibit asam limar
Untuk menciptakan lingkungan ijo royo-royo, sekolah mencanangkan gerakan pohon asuh dan taman asuh. Supaya pelaksanaan program sekolah berjalan efektif maka para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kerja (pokja). Setiap pokja dibimbing oleh guru pendamping.

Bonsai Asam Limar hasil
Budidaya biji warga
Besar SMPN 1 Ngawi
Diantara sekian banyak pokja yang tampak menarik dan disenangi oleh para siswa adalah proses budidaya asam limar. Asam limar mudah dibudidayakan. Selain mudah membudidayakannya, asam limar memiliki nilai guna dan nilai ekonomi.

Prakteknya sederhana dan mudah. Para siswa memunguti buah asam limar yang berserakan di halaman sekolah. Selanjutnya mereka mengambil biji asam (klungsu) untuk ditanam. Media tanamnya menggunakan berbagai bahan bekas, seperti gelas minuman atau bahan lain. Sebagian biji yang sudah tumbuh ditanam untuk mewujudkan lingkungan yang ijo royo-royo baik di lingkungan sekolah atau di rumah siswa.

Diharapkan dengan program Limar yang dicanangkan oleh SMPN 1 para siswa memiliki kesadaran akan pentingnya mewujudkan lingkungan yang sejuk dan sehat. Semakin banyak pohon yang ditanam maka akan semakin banyak menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup.

Sebagian bibit asam limar dibuat BONSAI IKAT khas Spensa Limar yang bernilai ekonomi. Bonsai ikat ini muncul dari ide kreatif pembimbing pokja. Caranya beberapa pohon asam limar diikat menjadi satu menggunakan kawat bonsai. Setelah beberapa minggu tanaman tersebut sudah tumbuh segar, maka langkah selanjutnya bisa dibentuk sesuai daya kreasi dan selera seninya.

Asam limar memiliki beraneka ragam nilai guna dan nilai ekonomi. Misalnya buahnya untuk minuman dan jamu tradisional (kunir asem), untuk aneka masakan, bijinya (klungsu) direbus kemudian diberi parutan kelapa atau direbus selanjutnya diberi bumbu sesuai selera dan digoreng sebagai camilan. Pohonnya bisa untuk berbagai bahan kreasi seni dan yang berukuran besar bisa untuk bahan bangunan. Limbahnya untuk bahan bakar.

Melihat kegiatan Sabtu bersih di Spensa Limar sungguh menarik. Menyenangkan dan memiliki nilai tambah sebagai bekal ketrampilan nyata bagi peserta didik. Semoga Spensa Limar semakin bersinar dan menjadi inspirator bagi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Ngawi.( BD)

Penulis , Budi H
Editor.Bambang PW
Share this article :

0 komentar:

OPOSISI NEWS VERSI CETAK

Icon